Memahami Dan Memilih Lampu Motor
Memahami Dan Memilih Lampu Motor

Memahami Dan Memilih Lampu Motor

Memahami Dan Memilih Lampu Motor – Tidak sedikit pemilik kendaraan motor kurang puas terhadap cahaya yang dihasilkan lampu utamanya. Kebanyakan merasakan kurang terang dan berfikir untuk mengganti dengan bohlam bertenaga besar. Apakah cara ini benar?

Cari tahu juga lampu led motor paling terang berapa watt, lampu motor paling terang dan fokus, standar watt lampu motor, lampu motor terang seperti mobil, lampu led motor paling terang dan fokus, perbedaan lampu led dan bohlam pada motor, merk lampu motor yang bagus, standar watt lampu motor beat

Memahami Dan Memilih Lampu Motor

Inilah perlunya kita memahami dan memilih lampu motor. Mari kita pahami dulu sifat lampu dan arus yang digunakannya.

Untuk motor bebek kebanyakan menggunakan arus searah atau AC dari aki. Dengan sistem ini, maka untuk menyalakan lampu kita harus men-starter motor kita terlebih dulu. Jika kita buka gas sedikit maka cahaya lampu motor juga makin terang.

Ini menunjukkan terang redup cahaya bergantung pada putaran mesin kita. Kesalahan umum para pemilik motor adalah mengganti bohlam dengan watt yang lebih besar.

Simak Juga New Jaguar XF, Sedan Premium Terbaru Dari Jaguar

Trik ini berlaku di lampu rumah kita. Tapi kenyataannya, dengan mengganti dengan watt yang lebih besar justru akan meredupkan cahaya yang dihasilkan lampu motor.

Hal ini terjadi karena daya listrik tidak bisa mensuplai daya yang dibutuhkan bohlam itu.

Kalau mau lebih terang, seharusnya malah cari bohlam dengan watt yang lebih kecil dari standar. Logikanya adalah, cahaya akan lebih terang karena daya yang disediakan motor dapat menyuplai bohlam dengan maksimal.

Namun cara seperti bukan tidak tanpa resiko. Karena besarnya daya sebanding dengan putaran mesin, jika anda sering menggeber mesin dengan kencang, bohlam akan overpower dan memiliki umur pendek.

Sedang motor yang menggunakan arus bolak-balik atau DC, seperti Honda Tiger misalnya, tanpa menyalakan mesin asal sudah dalam posisi stand by lampu sudah bisa menyala. Karena sistemnya yang DC, sama seperti arus dirumah.

Logika yang dipakai adalah, kalau ingin lebih terang, tambah saja ukuran watt nya. Tapi lagi-lagi ini bukan tanpa konsekuensi.

Semakin besar watt berarti dibutuhkan daya lebih untuk menyalakan lampu. Padahal daya listrik bukan hanya digunakan lampu depan.

Simak Juga Honda N-One, Mobil Mini dengan Gaya Retro Klasik

Ada lampu sein, lampu belakang, lampu panel utama motor dan klakson. Jadi, jika tetap memilih lampu motor ber-watt besar jangan heran jika aki anda cepat habis. Belilah bohlam yang mampu dipenuhi spesifikasi aki motor anda.

Ada dua jenis lampu motor yang marak menjadi pilihan, yaitu halogen dan xenon. Jika anda memilih untuk mengganti dengan lampu Halogen maka belilah yang asli dan teliti benar kualitas lampu anda.

Karena marak lampu halogen abal-abal dengan harga yang jauh dari standar yang ada. Sesuaikan kapasitas lampu dengan kemampuan aki kita. Sedang untuk lampu xenon anda dipastikan mendapatkan nyala yang lebih terang dari halogen.

Namun, panas yang dihasilkan juga lebih besar. Gantilah dudukan dan reflektor motor anda untuk menghindari melelehnya elemen itu.

Disarankan untuk tidak sembarangan dalam memilih lampu motor. Jangan membeli lampu xenon berwarna putih yang membias ke atas karena berbahaya bagi pengendara lain. Selamat mencoba.

Kalimat Yang Berkaitan Dengan Artikel :

lampu motor nyala putih, lampu halogen motor bebek terbaru, lampu nyala putih untuk motor, ArusLampu halogen motor, lampu halogen motor, lampu halogen motor tiger, lampu motor halogen, lampu motor supaya terang tanpa membahayakan, lampu terang untuk motor, lampu utama motor yang terang