Memahami Aturan Newton Dan Penerapannya

Gambar Gravatar
hukum I newton.image

Hukum Newton Tentang Gerak

Hukum Newton yang menganalisis wacana gerak berisikan 3 bab yakni :
  1. Hukum I Newton
  2. Hukum Newton yang pertama disebut juga aturan kelembaman. Menurut aturan ini , benda yang membisu akan tetap membisu dan benda yang bergerak akan tetap bergerak lurus beraturan selama tidak ada gaya luar yang mempengaruhinya.
     
    hukum I newton.image

    Karena tidak ada gaya yang melakukan pekerjaan dari luar , maka percepatan benda sama dengan nol. Jika percepatan benda sama dengan nol atau benda tidak mengalami percepatan , maka benda tidak mengalami pergeseran kecepatan.

    Bacaan Lainnya

    Itu artinya , kalau benda bergerak dengan kecepatan v , maka akan tetap bergerak dengan kecepatan tetap sebesar v. Begitupula dikala benda membisu atau tak mempunyai kecepatan , maka benda akan tetap diam.

    Dengan kata lain Hukum I Newton berlaku untuk benda membisu dan benda bergerak lurus beraturan. Konsep ini mesti kita ingat alasannya digunakan dalam aneka macam topik fisika yang lain menyerupai kerja keras , saat-saat , dinamika partikel , dan kesetimbangan benda tegar.

    Ketika diberikan soal , maka akan sungguh penting bagi kita untuk mengenali aturan Newton manakah yang berlaku pada soal tersebut. Jika keliru , maka pasti perkiraan yang kita peroleh juga akan keliru.

    Contoh soal

    1. Tentukan besar gaya wajar yang dijalankan lantai pada benda menyerupai gambar jika massa benda 10 kg. Pembahasan>>
      contoh soal hukum newton.image
    2. Tentukan besar gaya wajar yang dijalankan lantai pada benda menyerupai gambar dengan massa benda 5 kg. Pembahasan>>
      contoh soal hukum newton 1.image
    3. Pada gambar dipahami massa benda 2 kg. Hitunglah gaya wajar yang dilakukan dinding pada benda. Pembahasan>>
      contoh soal hukum newton 2.image

  3. Hukum II Newton
  4. Hukum Newton yang kedua menyatakan bahwa percepatan gerak yang dialami benda merupakan hasil bagi antara resultan gaya yang tentang benda tersebut dengan massa total.
    hukum II newton.image

    Contoh soal :
    Sebuah benda bermassa 5 kg terletak di atas lantai. Bila benda ditarik oleh gaya sebesar 20 N searah bidang mendatar dan gaya ukiran yang menghalangi gerak benda sebesar 2 N , hitunglah resultan gaya yang melakukan pekerjaan pada benda dan percepatan yang dialami benda. Pembahasan>>

  5. Hukum III Newton
  6. Hukum Newton ketiga menyatakan bahwa sebuah benda yang dikenai gaya akan menyediakan gaya reaksi dengan besar yang serupa tetapi arahnya berlawanan.
    hukum III newton.image
Share ke Facebook >>Share ke Twitter >>
Cafeberita.com merupakan blog wacana materi belajar. Gunakan suguhan atau pencarian untuk mendapatkan materi mencar ilmu yang ingin dipelajari.
Temukan Kursus Bahasa Inggris di Bekasi untuk Menguasai Bahasa Inggris dengan Cepat 1

Salah seorang pakar dan konsultan pendidikan yang kini mengabdikan hidup menjadi guru di pedalaman nun jauh di pelosok Indonesia.

Pos terkait