Makanan yang Harus Dihindari Bayi

Pilih makanan yang pas untuk bayi tahun awal adalah poin penting. Tahun awal adalah waktu di mana tingkat perkembangan bayi bertambah. Olehnya itu, sangat penting orang tua mengetahui apa saja makanan yang harus dihindari bayi terlebih pada tahun pertama kalinya.

Hal ini di karenakan, bayi mempunyai mekanisme pencernaan yang ringkih dan beberapa makanan yang kurang pas bisa memunculkan imbas negatif untuk mereka, misalkan alergi.

Baca Juga:

Dikutip Boldsky, berikut 8 makanan yang harus dihindari bayi pada tahun pertama kalinya:

1. Madu

Madu mempunyai spora-spora bakteri Clostridium botulinum yang jika dimakan oleh bayi bisa turunkan mekanisme imun, sembelit, selera makan rendah dan infeksi bakteri.

2. Gandum Lembut

Makanan yang Harus Dijauhi Bayi di bawah satu tahun berikutnya adalah Gandum. Meski lembut tetapi tidak mempunyai nutrisi-nutrisi penting seperti magnesium, serat, kalsium dan vitamin B yang paling perlukan bayi pada tahun pertama mereka.

Karenanya, lebih bagus untuk memberi mereka gandum utuh. Gandum utuh kaya senyawa-senyawa bioaktif yang mengendalikan mikrobiota dalam perut dan jaga aliran pencernaan masih sehat.

3. Juice Buah

Sekolah tinggi Pediatri Amerika Serikat (AAP) merekomendasikan beberapa orangtua untuk menghindar juice buah 100% untuk bayi yang berusia kurang dari 6 bulan.

Argumennya ialah sebab juice tidak memberi gizi untuk bayi pada tahun pertama mereka dan bisa juga gantikan peranan Air Susu Ibu (ASI).

4. Cokelat

Makanan yang Harus dihindari Bayi di bawah satu tahun lainnya yaitu cokelat. Tidak boleh beri cokelat untuk bayi pada tahun pertama sebab makanan ini memiliki kandungan susu padat yang bisa memunculkan reaksi alergi.

5. Beberapa bijian olahan

Beberapa bijian utuh lebih padat gizi dibanding dengan beberapa bijian olahan.

Beberapa bijian olahan kekurangan gizi penting seperti magnesium, serat makanan, kalsium, dan vitamin B yang diperlukan bayi sepanjang tahun awal.

Beberapa bijian utuh kaya senyawa bioaktif yang memodulasi mikrobiota usus dan jaga aliran pencernaan masih sehat.

6. Susu sapi

Menurut satu riset, pemberian susu sapi ke bayi mempunyai dampak jelek pada kesehatan mereka.

Susu sapi mempunyai kandung zat besi yang rendah hingga mempersulit bayi untuk memperoleh jumlah zat besi yang diperlukan untuk perkembangan.

Disamping itu, kalsium dan kasein yang ada pada susu sapi hentikan peresapan zat besi non-heme makanan

7. Daging

Produk daging jangan dikasih ke bayi sebab benar-benar susah diolah dan memiliki kandungan banyak natrium dan lemak hewani, yang ke-2 nya tidak bagus untuk bayi Anda.

8. Makanan Laut

Makanan laut, khususnya kerang dan ikan yang lain memiliki kandungan banyak merkuri, seharusnya tidak dikasih ke bayi. Bukannya pilih ikan seperti salmon, nila, tuna kaleng, dan lele

ASI adalah Makanan Bayi Paling Utama

Air susu ibu (ASI) adalah sumber gizi yang perlu untuk memberikan dukungan tumbuh dan kembang bayi sampai capai umur enam bulan.

Kemudian, bayi mulai akan memerlukan semakin banyak gizi yang bisa dipenuhi oleh makanan pengiring ASI (MPASI). Makanan yang harus dihindari Bayi tentunya sangatlah penting untuk diperhatikan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mereferensikan pemberian ASI eksklusif sampai umur bayi enam bulan dan MPASI pada umur enam bulan.

Mencuplik dari HealthLine, bila bayi dikasih MPASI lebih cepat, bisa mengakibatkan bayi menyusu semakin sedikit hingga ke arah dalam diet yang rendah protein, lemak, dan gizi yang lain.

Adapun beberapa sinyal bayi siap untuk MPASI, yaitu:

  1. Sanggup meredam kepala dan duduk tegak.
  2. Mempunyai rasa ingin tahu waktu menyaksikan makanan disekelilingnya.
  3. Sudah kehilangan refleks menggerakkan lidah yang secara automatis menggerakkan makanan keluar dari mulut.
  4. Masih terlihat lapar walau telah menyusu dengan jatah yang banyak
  5. Dapat ambil makanan dan memasukkan ke dalam mulutnya secara berdikari.
  6. Bila pertanda ini tampil saat sebelum bayi berumur seputar enam bulan, Bunda bisa mengulas dan mengonsultasikannya ke dokter anak saat sebelum memutus
    memberikan MPASI.
  7. Ini penting sebab pada umur itu mekanisme pencernaan bayi kemungkinan belumlah cukup masak untuk terima makanan padat. Makanan yang Harus dihindari Bayi pun harus diketahui.

Kebalikannya, bila bayi telah capai enam bulan dan belum memperlihatkan sinyal, Bunda perlu memeriksakan. Pada umur itu, bayi memerlukan semakin banyak gizi dibanding yang didapatkannya dari ASI atau susu formulasi, hingga peranan MPASI akan penting dalam mempengaruhi perubahannya.

Namun tentunya kita harus bisa bisa mengetahui jenis makanan yang harus dihindari Bayi di tahun pertama mereka, ini agar sang bayi bisa terus berkembang dengan baik. (*)