Makanan Khas dan Tempat Wisata Pinrang
Unplash/Jacqueline Martinez

Makanan Khas dan Tempat Wisata Pinrang, Terlupakan?

Makanan Khas dan Tempat Wisata Pinrang – Kabupaten Pinrang punya segudang Makanan Khas dan Tempat Wisata Pinrang yang jarang terekspos. Mirisnya, bahkan nyaris terlupakan.

Cari tahu juga tempat wisata di makassar, tempat wisata di barru, tempat wisata baru di pinrang, tempat nongkrong di pinrang, tempat wisata di pinrang karomba, tempat wisata pantai di pinrang, tempat wisata di pare-pare, tempat camping di pinrang

Baca Juga Rumah Makan Losari Makassar

Tentunya hal ini sangat disayangkan. Sebab, daerah bagian Sulawesi Selatan tersebut punya potensi menjadi daerah maju namun belum digarap sebaik mungkin.

Dan hampir bisa dipastikan bila daerah ini dikembangkan. Kabupaten Pinrang bakal menjadi primadona dibandingkan daerah lainnya di Sulawesi Selatan. Tempat Wisata Pinrang banyak yang memesona.

Sebutlah salah satu potensi Pinrang yang layak untuk dikembangkan tersebut adalah, makanan khas dan tempat wisata-nya. Daerah ini memiliki semua itu.

Namun kenyataannya tidaklah demikian. Tak diperhatikan dan dibiarkan berkembang secara alami. UMKM tak berjalan sesuai harapan.

Baca Juga Restoran Seafood di Makassar

Pemerintah setempat sibuk apa ?

Lantas apa kuliner atau jenis makanan khas dan tempat wisata di Pinrang yang kiranya layak untuk dikembangkan?

Berikut diantaranya yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber:

Makanan Khas dan Tempat Wisata Pinrang

1. Kue Didara Belanda

Makanan khas Pinrang satu ini adalah salah satu kuliner tradisional yang paling yang menjadi incaran sejumlah orang . Menurut warga setempat, Disebut Didara Belanda, karena kue ini sudah ada sejak zaman belanda.

Kue ini berbahan dasar tepung terigu dicampur telur. Warnanya sangat khas. Orange atau Jingga dan ada juga berwarna kuning. Rasanya manis dan gurih.

2. Kue Karasa

Berikutnya kuliner atau makanan khas Pinrang yang sangat potensial dikembangkan yaitu Kue Kurasa. Kue tradisional ini berbahan dasar tepung beras yang dicampur dengan gula aren.

Tak mudah membuatnya. Butuh keahlian khusus dan hingga kini sudah sangat jarang dijumpai bila bukan acara-acara besar yang digelar.

Baca Juga Tempat Wisata di Bali yang Cocok Untuk Pacaran

3. Kue Beppa Cella

Selanjutnya ada Kue Beppa Cella. Kue ini mungkin sudah bisa kita jumpai di sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan.

Makanan khas Pinrang satu ini punya banyak nama tergantung wilayah masing-masing. Misalnya di Kabupaten Gowa biasa disebut dengan Cucuru Te’ne.

Kue ini terbuat dari tepung beras dan gula merah. Rasanya mani, gurih, dan renyah yang pada umumnya berbentuk kerucut.

4. Nasi Palekko

Makanan khas Pinrang yang terakhir yaitu Nasi Palekko. Kuliner satu ini mungkin sudah tak asing di wilayah Ajatappareng dan Makassar.

Kuliner ini sudah menjadi primadona dan tak sedikit diantaranya bisa dijumpai di luar Sulsel. Rasanya, sangat khas dengan cita rasa pedas.

Baca Juga Restoran Mewah di Makassar

Makanan khas Pinrang ini ciri utamanya adalah menggunakan bebek yang dipotong kecil-kecil. Dan hingga kini resep olahannya juga biasa diterapkan pada ayam. Meski begitu, tak senikmat bebek itu sendiri.

Tempat wisata di Pinrang

Selanjutnya adalah objek wisata Pinrang yang menjadi potensi kabupaten ini. Sayang jika panorama satu ini dibiarkan terbengkalai begitu saja.

Bila anda sedang berkunjung kota di Sulawesi Selatan ini tidak ada kelirunya mencoba langsung keelokan yang memesona tempat wisata di Pinrang sama seperti yang kami ulas di bawah ini.

1. Waterboom Pinrang Tempat wisata di Pinrang

Tempat wisata ini berLokasi: Jl. Basuki Karunia, Macorawalie, Kec. Watang Sawitto, Kab. Pinrang. Object wisata pertama kali yang harus anda datangi saat ke Pinrang apa ada waterboom Pinrang.

Lakukan beragam permainan air dengan seluncuran tinggi akan membuat anda dapat hilangkan capek anda dan keluarga.

Wisata air satu ini benar-benar populer dan jadi tempat wajib buat didatangi. Tempat yang dikuasai oleh warna pelangi ini mempunyai luas capai 2.400 mtr.

Sarana di tempat ini sudah mencukupi karena diatur langsung oleh Kepolisian Resor Pinrang.

2. Monumen Lasinrang

Tempat wisata di Pinrang ini berLokasi: Macorawalie, Kec. Barangay Sawitto, Kab. Pinrang. Berkunjung satu kota tidak komplet bila tidak berkunjung object wisata sejarahnya.

Begitupun saat anda bertandang ke Pinrang, sebaiknya untuk singgah ke Monumen Larinsang. Monumen ini sebagai salah satunya langkah warga untuk kenang kembali jasa beberapa pahlawan.

Tidak cuman menyaksikan monumen berbentuk patung, sarana di tempat ini termasuk komplet. Janganlah lupa untuk mendokumentasikan peristiwa saat berkunjung tempat wisata satu ini.

3. Pantai Lowita Tempat wisata Pinrang

Lokasi: Tasiwalie, Kec. Suppa, Kab. Pinrang. Berada di Tasiwalie, Kecamatan Suppa, Pinrang pantai Lowita jadi tujuan yang jangan dilewati demikian saja.

Kombinasi panorama eksotik dengan deburan ombak akan membuat anda kerasan lama-lama di pantai ini.

Saat hari liburan pantai ini selalu banjir oleh pengunjung karena mempunyai keelokan yang tidak dapat dilewati. Perjalanan menelusuri Sulawesi Selatan akan makin komplet dengan berkunjung pantai Lowita.

Tidak cuman mempunyai keelokan yang luas biasa, untuk ke arah lokasi pantai ini aksesnya gampang. Cukup dengan memakai kendaraan beroda 2 atau beroda 4 anda bisa nikmati keelokannya.

Bukanlah hal mengejutkan bila pantai Lowita selalu jadi tujuan wisata warga lokal atau luar negeri yang kebenaran singgah di Pinrang. Karena selainnya panoramanya memikat, harga tiketnya cukup dapat dijangkau.

4. Air Terjun Kalijodoh

Tempat wisata di Pinrang ini berLokasi: Paweleang, Betteng, Kec. Lembang, Kab. Pinrang. Wisata seperti air terjun sering kali mengundang perhatian, apa lagi air terjun kalijodoh yang mempunyai dogma yang tersebar. Berkunjung tempat wisata ini kabarnya akan memperoleh jodoh.

Karena dogma itu banyak pasangan muda mudi yang tiba dan mengharap mereka berjodoh. Selain mitosnya, keelokan air terjun ini akan membuat anda takjub. Lokasi air terjun ini ada di Dusun Benteng, Kec. Lembang, Pinrang.

Berikut dua diantaranya yang juga tak boleh dilewatkan.

1. Puncak Karomba

Tempat wisata di Pinrang atau Objek wisata satu ini adalah salah satu primadona di Pinrang. Daerah ini juga biasa disebut dengan Negeri di Atas Awan Pinrang.

Ketinggian yang dimiliki Puncak Karomba ini sekitar 1.200 meter dari permukaan laut (mdpl) dan dengan ketinggian tersebut pengunjung bisa melihat secara kasat mata hamparan awan menyelimuti puncak pegunungan.

Objek wisata ini terletak tepat di Desa Sali-sali, Kecamatan Lembang dan mulai dibuka sejak 2016 lalu hingga sekarang. Kini sudah banyak tempat menginap yang disewakan warga di sana.

Baca Juga Tempat Dinner Romantis di Makassar

2. Air Terjun Karawa

Hal yang juga sangat potensial untuk dikembangkan di Pinrang adalah air terjunnya. Sedikinya ada tujuh tempat wisata air terjun di daerah ini. Sayang, tak terekspos dan terpelihara denga baik.

Terkhusus air terjun Kawara memiliki panorama yang sangat indah dan tak kalah dengan air terjun di daerah lainnya di Sulsel.

Disebut air terjun Karawa sebab tempat wisata ini tepat berada di Desa Karawa, Kecamatan Lembang. Letaknya tak jauh dari Ibu Kota Pinrang.

Itulah makanan khas dan objek Wisata Pinrang yang patut kamu cicipi dan kunjungi. Sayang jika dilewatkan begitu saja.

Menurut kamu, jenis kuliner dan tempat wisata apa lagi yang kiranya layak agar dikembangkan di Pinrang?

Mari bersama memberikan saran kepada pemerintah setempat, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan!