Beranda Wisata Makanan Khas dan Tempat Wisata Pinrang, Terlupakan?

Makanan Khas dan Tempat Wisata Pinrang, Terlupakan?

0
Makanan Khas Pinrang dan Tempat Wisata di Pinrang
Unplash/Jacqueline Martinez

Kabupaten Pinrang punya segudang Makanan Khas dan Tempat Wisata yang jarang terekspos. Mirisnya, bahkan nyaris terlupakan.

Tentunya hal ini sangat disayangkan. Sebab, daerah bagian Sulawesi Selatan tersebut punya potensi menjadi daerah maju namun belum digarap sebaik mungkin.

Dan hampir bisa dipastikan bila daerah ini dikembangkan. Kabupaten Pinrang bakal menjadi primadona dibandingkan daerah lainnya di Sulawesi Selatan.

Sebutlah salah satu potensi Pinrang yang layak untuk dikembangkan tersebut adalah, makanan khas dan tempat wisata-nya. Daerah ini memiliki semua itu.

Namun kenyataannya tidaklah demikian. Tak diperhatikan dan dibiarkan berkembang secara alami. UMKM tak berjalan sesuai harapan.

Pemerintah setempat sibuk apa ?

Lantas apa kuliner atau jenis makanan khas dan tempat wisata di Pinrang yang kiranya layak untuk dikembangkan?

Berikut diantaranya yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber:

1. Kue Didara Belanda

Kue Didara Belanda Makanan Khas
Kue Didara Belanda (Sumber: Gramho)

Makanan khas Pinrang satu ini adalah salah satu kuliner tradisional yang paling yang menjadi incaran sejumlah orang . Menurut warga setempat, Disebut Didara Belanda, karena kue ini sudah ada sejak zaman belanda.

BACA JUGA :   Laiden Kota Sastra dan Sejarah, Yuk Intip!

Kue ini berbahan dasar tepung terigu dicampur telur. Warnanya sangat khas. Orange atau Jingga dan ada juga berwarna kuning. Rasanya manis dan gurih.

2. Kue Karasa

Kue Karasa Pinrang Makanan Khas Pinrang
Kue Karasa (Sumber: Gramho)

Berikutnya kuliner atau makanan khas Pinrang yang sangat potensial dikembangkan yaitu Kue Kurasa. Kue tradisional ini berbahan dasar tepung beras yang dicampur dengan gula aren.

Tak mudah membuatnya. Butuh keahlian khusus dan hingga kini sudah sangat jarang dijumpai bila bukan acara-acara besar yang digelar.

3. Kue Beppa Cella

Kue Beppa Cella Makanan Khas Pinrang
Kue Beppa Cella (sumber: Twitter)

Selanjutnya ada Kue Beppa Cella. Kue ini mungkin sudah bisa kita jumpai di sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan.

Makanan khas Pinrang satu ini punya banyak nama tergantung wilayah masing-masing. Misalnya di Kabupaten Gowa biasa disebut dengan Cucuru Te’ne.

Kue ini terbuat dari tepung beras dan gula merah. Rasanya mani, gurih, dan renyah yang pada umumnya berbentuk kerucut.

BACA JUGA :   Tempat Wisata Australia yang Terkenal Pasar Bunga Sydney

4. Nasi Palekko

Nasi Palekko
Nasi Palekko (Sumber: Twitter.com/FOOD_FESS)

Makanan khas Pinrang yang terakhir yaitu Nasi Palekko. Kuliner satu ini mungkin sudah tak asing di wilayah Ajatappareng dan Makassar.

Kuliner ini sudah menjadi primadona dan tak sedikit diantaranya bisa dijumpai di luar Sulsel. Rasanya, sangat khas dengan cita rasa pedas.

Makanan khas Pinrang ini ciri utamanya adalah menggunakan bebek yang dipotong kecil-kecil. Dan hingga kini resep olahannya juga biasa diterapkan pada ayam. Meski begitu, tak senikmat bebek itu sendiri.

Selanjutnya adalah objek wisata Pinrang yang menjadi potensi kabupaten ini. Sayang jika panorama satu ini dibiarkan terbengkalai begitu saja.

Berikut dua diantaranya:

1. Puncak Karomba

Puncak Karomba Tempat Wisata Pinrang
Puncak Karomba (Istagram.com/makassarguide)

Objek wisata satu ini adalah salah satu primadona di Pinrang. Daerah ini juga biasa disebut dengan Negeri di Atas Awan Pinrang.

Ketinggian yang dimiliki Puncak Karomba ini sekitar 1.200 meter dari permukaan laut (mdpl) dan dengan ketinggian tersebut pengunjung bisa melihat secara kasat mata hamparan awan menyelimuti puncak pegunungan.

BACA JUGA :   Kampung Halaman Shakespeare, Mari Berkelana

Objek wisata ini terletak tepat di Desa Sali-sali, Kecamatan Lembang dan mulai dibuka sejak 2016 lalu hingga sekarang. Kini sudah banyak tempat menginap yang disewakan warga di sana.

2. Air Terjun Karawa

Air terjun Karawa Tempat Wisata Pinrang
Sumber : instagram.com/alfinmadhe/

Hal yang juga sangat potensial untuk dikembangkan di Pinrang adalah air terjunnya. Sedikinya ada tujuh tempat wisata air terjun di daerah ini. Sayang, tak terekspos dan terpelihara denga baik.

Terkhusus air terjun Kawara memiliki panorama yang sangat indah dan tak kalah dengan air terjun di daerah lainnya di Sulsel.

Disebut air terjun Karawa sebab tempat wisata ini tepat berada di Desa Karawa, Kecamatan Lembang. Letaknya tak jauh dari Ibu Kota Pinrang.

Itulah makanan khas dan Tempat Wisata Pinrang yang patut kamu cicipi dan kunjungi. Sayang jika dilewatkan begitu saja.

Menurut kamu, jenis kuliner dan tempat wisata apa lagi yang kiranya layak agar dikembangkan di Pinrang?

Mari bersama memberikan saran kepada pemerintah setempat, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan!

Tinggalkan Komentar