Beranda Berita Mahasiswa IAIN Parepare Bantu Korban Bencana Alam Masamba

Mahasiswa IAIN Parepare Bantu Korban Bencana Alam Masamba

0
Mahasiswa IAIN Parepare Bantu Korban Bencana Alam Masamba
Foto : Husnil

CAFEBERITA.COM, PAREPARE – Puluhan Mahasiswa IAIN Parepare turun ke jalan menggalang dana untuk mem-bantu korban bencana alam di Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Aksi sosial yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa ini sudah berlangsung sejak Selasa (14/7/2020) dan tergabung dalam Ormawa IAIN Parepare.

Musibah banjir Bandang di Masamba ini terjadi pada Senin (13/7/2020). Dari sejumlah data yang dihimpun, tak sedikit warga dinyatakan hilang dan meninggal.

Foto: Husnil

Kini mereka mengharapkan bantuan. Baik berupa pakaian atau pun selimut serta perlengkapan lainnya. Tentunya pula, bahan makanan serta air bersih.

BACA JUGA :   BAIN HAM RI Kasus Korupsi dan Pencemaran Lingkungan Jadi Prioritas

Dilansir kompas.com, hingga Kamis (16/7/2020), korban meninggal akibat banjir bandang di Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan ini sudah mencapai belasan orang.

Kepala Operasi dan Siaga Basarnas Makassar, Rizal, mengatakan jumlah korban meninggal dunia akibat bencana banjir Bandang sudah 19 orang. Itupun baru yang berhasil ditemukan.

Adapun jenazah sejauh ini dievakuasi ke RSU Hikmah Masamba dan di RSU Hikmah. Korban lainnya masih dalam tahap pencarian.

Atas musibah ini, Mahasiswa IAIN Parepare kini ikut bergerak menggalang bantu-an untuk disalurkan kepada korban Bencana Alam di Masamba. Baik berupa uang juga dalam bentuk kebutuhan lainnya.

BACA JUGA :   PKK Kabupaten Sidrap Salurkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Banjir di 3 Lokasi
Mahasiswa IAIN Parepare Bantu Korban Bencana Alam Masamba
Foto: Husnil

Koordinator Aksi Sosial, Indra Albar Amsary mengatakan, pihaknya juga kini sudah membuka donasi bagi yang ingin berderma.

“Aksi kali ini untuk membentuk tim dalam open donasi. Kami akan melakukan penggalangan dana secara bertahap dan begitu pula pendistribusiannya nanti,” ungkapnya.

Ahmad Ricardy selaku Presiden Mahasiswa IAIN Parepare, ikut menyerukan aksi ini. Dia mengatakan, keprihatian ini harus dilakukan secara bersama-sama atas nama kemanusian.

“Kami berusaha mengimplementasikan nilai nilai kemanusian yang seharusnya kita berikan kepada masyarakat di manapun ketika dia membutuhkan pertolongan,” ujarnya.

BACA JUGA :   Sidrap Tiap Tahun Banjir, Tunggu Tumbal Dulu?

Ahmad menambahkan, akan mencoba meramu formasi yang jelas dan bertanggung jawab. Misalnya, merencanakan aksi sosial yang lebih kreatif lagi.

“Setelah donasi terkumpul berupa pakaian, buku tulis, buku pelajaran, dan sembako. Kami akan terjun langsung ke lokasi untuk penyalurannya,” bebernya.

Tentunya, kata Ahmad, akan berkoordinasi dengan pihak kampus dan pemerintah dalam hal ini BPBD Parepare agar bisa saling mendukung dalam aksi kemanusiaan ini. (*)

Penulis : Husnil

Tinggalkan Komentar