Macam-macam Bahasa yang Ada di Dunia dan yang Paling Banyak Digunakan
Macam-macam Bahasa yang Ada di Dunia dan yang Paling Banyak Digunakan

Macam-macam Bahasa yang Ada di Dunia dan yang Paling Banyak Digunakan

Macam-macam bahasa yang ada di dunia sangatlah banyak. Sedikitnya ada 6.912 jenis bahasa yang dituturkan orang di seluruh dunia ini.

Dilansir dari laman situs Ethnologue. Jumlah dari macam macam bahasa ini memang masih belum final sebab masih ada beberapa di antaranya yang belum tercatat. Salah satu alasannya, ada beberapa bahasa yang kini sudah punah.

Nah, berikut ini ada 10 macam-macam bahasa yang ada di dunia ini dan ada 5 di antaranya yang paling banyak di gunakan di dunia. Yuk kita cek satu per satu di bawah ini.

Macam-macam Bahasa yang Ada di Dunia

10. Bahasa Prancis

macam-macam Bahasa yang pertama yang kerap disebut selaku bahasa paling romantis di dunia ini adalah Prancis. Bahasa Prancis adalah bahasa sah di Federasi Bangsa-bangsa (PBB) kecuali bahasa Inggris, Mandarin, Rusia, Spanyol, dan Arab.

Jumlah pengucap Bahasa: seputar 200 juta jiwa

Tipe aksara: Latin

Negara pengucap macam-macam bahasa Prancis:

Prancis, Monako, Kanada, Swiss, Belgia, Luxemburg, Benin, Burkina Faso, Burundi, Kamerun, Afrika tengah, Chad, Komoro, Kongo, Zaire, Pantai Gading, Djibouti, Guinea, Guinea Katulistiwa, Gabon, Guernsey, Madagaskar, Mali, Mauritius, Niger, Rwanda, Senegal, Seychelles, Togo, Haiti, Lebanon, Kaledonia Baru, Vanuatu, Polynesia, Martinique, Guadalupe.

9. Bahasa Bengali

Selanjutnya macam-macam bahasa yang ada di dunia ini adalah bahasa Bangladesh. Ini adalah ialah satu negara dengan daerah geografis yang kecil, tetapi jumlah warganya capai 162 juta orang. Bahasa sah mereka ialah Bahasa Bengali.

Sebab daerah Bangladesh nyaris semuanya bersebelahan dengan India karena itu jumlah pengucap Bahasa Bengali semakin makin tambah meluas sampai ke banyak wilayah India.

Jumlah pengucap: Seputar 230 juta jiwa

Tipe aksara: Bengali

Negara pengucap macam-macam bahasa Bengali:

Bangladesh, India.

8. Bahasa Portugis

Portugal memang hanya satu negara yang kecil dan dapat disebutkan salah satunya negara miskin di Eropa. Tetapi pada era ke-15, Portugal adalah bangsa yang besar sebab mereka yang pertama kali lakukan penelusuran maritim ke bermacam pelosok dunia.

Karena layanan beberapa pelacak seperti Vasco da Gama, Henry the Navigator, Afonso de Albuquerque, dan Pedro lvares Cabral, Portugal kuasai daerah-daerah utama di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan, yang selanjutnya memberikan dampak kebudayaannya di situ.

Jumlah pengucap: seputar 240 juta jiwa

Tipe aksara: Latin

Negara pengucap macam-macam bahasa Portugis:

Portugal, Brasil, Angola, Cape Verde, Timor Leste, Guinea-Bissau, Makau, Mozambik, Republik Demokratik Sao Tome dan Principe.

7. Bahasa Indonesia – Melayu

Mengapa bahasa Indonesia masuk kategori macam-macam bahasa yang kerap dipakai orang? Yah, salah satu alasannya karena negara ini memiliki jumlah pengucap seputar 259 juta orang.

Perhitungan kasar ini didapat dari prediksi jumlah warga Indonesia tahun 2009 yang capai 230 juta jiwa ditambahkan warga Malaysia 28 juta, warga Brunei 388 ribu dan sejumlah kecil warga Thailand, Singapura, dan Timor Leste.

Jumlah ini kemungkinan dapat makin bertambah sebab semenjak tahun 2007, Bahasa Indonesia sudah diputuskan selaku bahasa sah ke-2 di Vietnam.

Bukti menarik mengenai bahasa Indonesia:

  • Bahasa Indonesia menempati rangking 3 di Asia dan rangking 26 di dunia dalam soal Tata Bahasa Terumit di Dunia.
  • Bahasa Indonesia go-international di dunia maya, faktanya Wikipedia berbahasa Indonesia sudah menempati rangking 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia dan rangking 3 di Asia sesudah bahasa Jepang dan Mandarin. Disamping itu, Bahasa Indonesia jadi bahasa ketiga yang paling banyak digunakan dalam posting website di WordPress.

6. Bahasa Rusia

Mikhail Gorbachev, Vladimir Putin, Roman Abramovich, Anna Kournikova, dan sang elok Maria Sharapova ialah beberapa pengucap Bahasa Rusia yang kita telah mengenal melalui bermacam kabar berita media.

Tetapi, kecuali mereka sudah pasti masihlah ada 278 juta orang yang lain yang memakai Bahasa Rusia selaku bahasa setiap hari.

Bahasa Rusia termasuk juga salah satunya bahasa sah di PBB dan macam-macam bahasa yang kerap dipakai di dunia ini juga dipakai di sejumlah negara di dunia.

Jumlah pengucap: seputar 278 juta jiwa

Tipe aksara: Cyrillic

Negara pengucap macam-macam bahasa Rusia:

Rusia, Belarus, Uzbekistan, Kazakhstan, Kirgizstan, Ukraina, Moldova, Latvia, Tajikistan, Turkmenistan, Estonia.

5. Bahasa Arab

Adalah salah satunya bahasa paling tua di dunia dan adalah bahasa yang dipakai dalam kitab suci umat Islam, Al Quran.

Bahasa Arab banyak pinjamkan kosa ucapnya ke beberapa bahasa di Eropa, intinya Bahasa Spanyol, Portugis dan Sisilia.

Seperti bahasa Ibrani dan Persia, Bahasa Arab menggunakan mekanisme tulisan aksara dari kanan ke kiri.

Semenjak tahun 1974, Bahasa Arab dipakai selaku salah satunya bahasa sah di PBB.

Jumlah pengucap: seputar 300 juta orang

Tipe aksara: Arabik

Negara pengucap macam-macam bahasa Arab:

Arab Saudi, Aljazair, Bahrain, Chad, Komoro, Djibouti, Mesir, Eritrea, Irak, Israel, Yordania, Kuwait, Lebanon, Libya, Maroko, Niger, Oman, Palestina, Qatar, Somalia, Sudan, Syria, Tunisia, Uni Emirat Arab, Sahara Barat, Yaman, Mauritania, Senegal, Mali.

4. Bahasa Spanyol

Sesudah Portugal kuasai jalur-jalur maritim di Asia, Afrika, dan Amerika pada era ke-15, giliran Spanyol yang memimpin daerah-daerah itu semenjak era ke-16 dan 17. Mengakibatkan, banyak kebudayaan Spanyol yang tertancap kuat di situ.

Sekarang ini, Bahasa Spanyol sering digunakan selaku bahasa sah beberapa negara di Amerika tengah dan Selatan.

Disamping itu, Bahasa Spanyol banyak juga dikatakan di sejumlah negara sisi Amerika Serikat yang bersebelahan dengan Meksiko.

Jumlah pengucap: seputar 400 juta

Tipe aksara: Latin

Negara pengucap macam-macam bahasa Spanyol:

Spanyol, Argentina, Bolivia, Chile, Dominika, Ekuador, El Salvador, Guinea Katulistiwa, Guatemala, Honduras, Kolombia, Kosta Rika, Kuba, Meksiko, Nikaragua, Panama, Paraguay, Peru, Puerto Rico, Uruguay, Venezuela.

3. Bahasa Hindi

Bahasa Hindi jadi bahasa nasional India kecuali bahasa Inggris. Selain itu jadi bahasa sah di negara sisi Himachal Pradesh, New Delhi, Haryana, Uttar Pradesh, Chandigarh, Bihar, Madhya Pradesh dan Rajashtan. Kecuali digunakan luas di Kota Bombai dan Hyderabad.

Seputar 180 juta orang India memandang bahasa Hindi selaku bahasa ibunya, sedang 300 juta yang lain memakainya selaku bahasa ke-2 atau kesekian.

Bahasa Hindi menyebar di sejumlah negara di luar India, seperti pada AS (100.000 jiwa), Mauritius (685.170 jiwa), Afrika Selatan (890.292), Yaman (232.760 jiwa), Uganda (147.000 jiwa), Singapura (5.000 jiwa), Selandia Baru (20.000 jiwa), dan Jerman (30.000 jiwa).

Disamping itu, banyak pengucap Bahasa Hindi yang tinggal di beberapa negara seperti Fiji, Nepal, Suriname, Trinidad dan Tobago, Guyana, dan Uni Emirat Arab.

Jumlah pengucap: seputar 497 juta jiwa

Tipe aksara: Devanagari.

2. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris ialah bahasa yang pertamanya kali dikatakan di Inggris pada era tengah awalnya dan sekarang ini adalah bahasa yang paling umum digunakan di semua dunia.

Bahasa Inggris dikatakan selaku bahasa pertama oleh sebagian besar warga di beberapa negara, terhitung Britania Raya, Irlandia, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, dan beberapa beberapa negara Karibia; dan jadi bahasa sah nyaris di 60 negara berdaulat.

Bahasa Inggris ialah bahasa ibu ke-3 yang paling banyak dikatakan di semua dunia, sesudah bahasa Mandarin dan bahasa Spanyol.

Bahasa Inggris dipakai selaku bahasa ke-2 dan bahasa sah oleh Uni Eropa, Negara Persemakmuran, dan PBB, dan bermacam organisasi yang lain.

Jumlah pengucap: seputar 500 juta jiwa

Tipe aksara: Latin.

1. Bahasa Mandarin

Tidak salah kembali, Bahasa Mandarin ialah bahasa yang paling banyak dikatakan orang di semua dunia.

Jumlah warga di China sekarang ini diprediksi nyaris capai 1,4 miliar jiwa. Dari jumlah itu, semua diharuskan berbicara kata sah pada sebuah bahasa, yakni Bahasa Mandarin.

Belum juga, beberapa imigran Tionghoa di beberapa pelosok dunia yang setia memakai bahasa Mandarin selaku bahasa setiap harinya.

Bahasa Mandarin termasuk juga salah satunya bahasa sah di PBB.

Kata mandarin dalam Bahasa Indonesia sendiri kelihatannya diserap dari Bahasa Inggris yang menggambarkan ‘Bahasa China’ sebagai ‘Bahasa Mandarin’. Tetapi sesungguhnya, kata ‘Mandarin’ ini diserap Bahasa Inggris dari Bahasa China sendiri.

Mandarin secara harfiah berawal dari panggilan orang asing ke pembesar-pembesar Dinasti Qing di jaman dahulu. Dinasti Qing ialah dinasti yang dibangun oleh suku Manchu, hingga pembesar-pembesar kekaisaran umumnya dikatakan sebagai Mandaren yang bermakna Yang Mulia Manchu.

Disini, bahasa yang dipakai oleh beberapa petinggi Manchu saat itu dikatakan sebagai Bahasa Mandaren. Penulisannya berevolusi jadi Mandarin di masa datang.

Jumlah pengucap: seputar 1,5 miliar jiwa.

Tipe aksara: Watak China

Negara pengucap macam-macam bahasa Mandarin:

Negara pengucap: China, Taiwan, Singapura, Indonesia, Malaysia, dan komune turunan Tionghoa yang lain di semua dunia.

5 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia

Selain macam-macam bahasa yang ada di dunia tentunya adapula yang Paling Banyak Digunakan di dunia ini. Nah, Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia ada 5 yang berhasil dihimpun.

1. Bahasa Mandarin

Melihat dari bangsa Cina/ Tiongkok yang mempunyai jumlah warga paling besar di dunia, capai lebih dari 1,4 milyar jiwa.

Cina mempunyai penebaran ras di sebagian besar dunia bersamaan dengan berimigrasinya ke semua dunia. Penebaran ini tentu saja sekalian bawa bahasa mandarin menelusuri dunia.

Bahasa Mandarin sekarang telah lakukan migrasi ke lebih dari 33 negara di Dunia.

Tidak salah jika Bahasa Mandarin diplot selaku bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, bahkan juga ada yang mengatakan jumlah pemakainya di luar Cina capai lebih dari 1 milyar orang di dunia.

Walau dari segi karakter, bahasa mandarin mempunyai tingkat kesusahan tinggi, dimulai dari huruf yang dipakai, intonasi pelafalannya sampai penulisannya.

2. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris jadi bahasa paling populer di dunia, bahkan juga jadi bahasa harus warga usaha dan industri. Itu berarti, waktu kalian pelesiran ke bermacam negara di dunia, bahasa Inggris jadi bahasa harus yang kalian pakai untuk sama-sama berbicara.

Warga negara Inggris adalah pemakai khusus bahasa ini, walau bukan negara dengan penduduk paling besar di dunia, bahasa Inggris dalam perubahannya sekarang dipakai lebih dari 335 juta orang di lebih dari 101 negara di dunia.

Demikian terkenalnya di dunia, bahasa Inggris banyak dipungut di sebagian besar negara di dunia selaku bahasa ke-2 sesudah bahasa nasionalnya semasing. Terdaftar, dalam dunia usaha dan industri, bahasa Inggris jadi bahasa sah sebagian besar orgaisasi internasional.

3. Bahasa Arab

Beberapa negara di Timur tengah biasanya dan Arab Saudi terutamanya jadikan bahasa Arab selaku bahasa nasionalnya. Bahkan juga ada antara negara di Afrika seperti Mesir dan al Jazair memakai Bahasa Arab.

Dipakainya bahasa Arab selaku Bahasa Al Qur’an, jadi argumen untuk semua umat Islam pelajari atau memakai bahasa Arab. Bahasa Arab dalam perubahannya dipakai lebih dari 250 juta orang di hampir lebih 60 negara di dunia.

Bahasa Arab jadi salah satunya bahasa paling tua di dunia dan banyak pinjamkan kosa ucapnya ke beberapa bahasa di Eropa intinya bahasa Spanyol, Portugis dan Sisilia.

Dalam karakternya, seperti bahasa Ibrani dan Persia, bahasa Arab menggunakan mekanisme tulisan aksara dari kanan ke kiri. Semenjak tahun 1974, bahasa Arab dipakai selaku salah satunya bahasa sah di PBB.

4. Bahasa Spanyol

Lajur perdagangan dan jaman penjajahan jadi awalnya perubahan bahasa Spanyol ke semua dunia. Dalam catatan sejarahnya, pada era ke 16 dan 17 Spanyol sukses kuasai jalur-jalur maritim di Asia, Afrika dan Amerika.

Kehadirannya sekalian menanamkan kebudayaan atau bahasanya berkembang cepat di kawasan-kawasan itu, bahkan juga bahasa spanyol banyak digunakan selaku bahasa sah beberapa negara di Amerika tengah dan Selatan.

Dalam perubahannya, pembicaraan atau kosakata bahasa Spanyol banyak juga di gabungkan dengan bahasa asal atau bahasa Inggris hingga menambahkan khasanah bahasa asli di kawasan-kawasan itu.

Tetapi seringkali bahasa Spanyol dipakai selaku bahasa sah di teritori itu. Sekarang, bahasa Spanyol banyak digunakan lebih dari 340 juta orang di 31 negara di dunia.

5. Bahasa Perancis

Pada periode penjajahan perang dunia, Perancis jadi salah satunya negara adidaya yang mempunyai wilayah jajahan yang luas.

Tidak salah, jika Bahasa Perancis banyak digunakan selaku Bahasa sah beberapa negara jajahannya. Keindahan bahasa Perancis banyak juga dibicarakan selaku bahasa paling romantis di dunia.

Dalam perubahannya, bahasa Perancis sudah dikatakan oleh lebih dari 200 juta jiwa di semua dunia. Dan sekarang, seperti bahasa Inggris, Mandarin, Rusia, Spanyol dan Arab, bahasa Perancis sekarang jadi bahasa sah PBB (Federasi Bangsa-Bangsa).\

Nah, itulah macam-macam bahasa yang ada di dunia dan yang Paling Banyak Digunakan. Dari daftar di atas tentunya masih banyak yang jenis bahasa yang belum disebutkan.

Meski begitu, setidaknya kita bisa mengetahui jenis bahasa yang paling banyak dipakai di dunia ini.

(Berbagai Sumber)