lagu daerah beserta penciptanya dan asalnya
lagu daerah beserta penciptanya dan asalnya

Lagu Daerah Beserta Penciptanya dan Asalnya

Lagu daerah beserta penciptanya dan asalnya adalah salah satu bahan ajar di sekolah. Berikut ini akan dibeberkan apa saja lagu daerah tersebut.

Sedikitnya ada 10 Lagu daerah dan penciptanya lengkap menggunakan daerah asalnya yang memang merupakan pembahasan primer bahan ajar Seni Budaya yg akan dijelaskan secara lengkap dan lebih jelas dalam materi belajar berikut ini.

Yuk cari tahu juga mengenai lagu daerah dan asalnya 34 provinsi, pencipta lagu daerah, 15 lagu daerah beserta penciptanya, 20 lagu daerah beserta asalnya dan maknanya, sebutkan 10 lagu daerah beserta asal dan penciptanya, 10 lagu daerah makna dan penciptanya, 100 lagu daerah beserta penciptanya, sebutkan 15 lagu daerah beserta asalnya

Lagu Daerah Beserta Penciptanya dan Asalnya

Adapun pembahasan tentang daftar lagu-lagu daerah didalam belajar pendidikan Seni dan Budaya yg akan diuraikan yakni sebagai berikut :

  • 1. Anak kambing saya.
  • 2. Anging mamiri.
  • 3. Manuk dadali.
  • 4. Injit-injit semut.
  • 5. Gundul pacul.
  • 6. Keroncong kemayoran.
  • 7. Ampar-ampar pisang.
  • 8. Rasa sayange.
  • 9. Ayam den lapeh.
  • 10. Ambon manise

Silakan disimak Pembahasan Daftar lagu daerah berikut ini.

Dibawah ini masih ada 10 lagu daerah lengkap menggunakan penciptanya dan asal daerahnya yg bisa dijelaskan dan diuraikan menjadi berikut.

1. Lagu Daerah Anak kambing saya

Anak kambing saya merupakan sebuah lagu daerah yg asalnya dari provinsi Nusa Tenggara Timur. Pencipta lagu anak kambing saya ini merupakan Ibu Sud.

2. Lagu Daerah Anging mamiri

Anging mamiri merupakan sebuah lagu daerah yg asalnya dari provinsi Sulawesi Selatan. Pencipta lagu anging mamiri yaitu Arshinta P. Aziz.

3. Manuk dadali

Manuk dadali merupakan sebuah lagu daerah yg asalnya dari provinsi Jawa Barat. Pencipta lagu manuk dadali yaitu Sambas Mangundikarta.

4. Injit-injit semut

Injit-injit semut merupakan sebuah lagu daerah yg asalnya dari provinsi Jambi. Pencipta lagu injit-injit semut adalah Rinto Harahap.

5. Lagu Daerah Beserta Penciptanya dan Asalnya Gundul-gundul pacul

Gundul-gundul pacul merupakan sebuah lagu daerah yg asalnya dari provinsi Jawa Tengah. Pencipta lagu gundul pacul yaitu R.C. Hardjosubroto.

6. Keroncong kemayoran

Keroncong kemayoran merupakan sebuah lagu daerah yg asalnya dari Jakarta. Pencipta lagu keroncong kemayoran yaitu Helen Sparingga.

7. Ampar-ampar pisang

Ampar-ampar pisang merupakan sebuah lagu daerah yg asalnya dari provinsi Kalimantan Selatan. Pencipta lagu ampar-ampar pisang yaitu Hamiedan AC.

8. Lagu Daerah Beserta Penciptanya dan Asalnya Rasa sayange

Rasa sayange merupakan sebuah lagu daerah yg asalnya dari provinsi Maluku. Pencipta lagu rasa sayange yaitu Paulus Pea.

9. Ayam den lapeh

Ayam den lampeh merupakan sebuah lagu daerah yg asalnya dari provinsi Sumatera Barat. Pencipta lagu ayam den lapeh yaitu Ally Kasim.

10. Lagu Daerah Beserta Penciptanya dan Asalnya Ambon manise

Ambon manise merupakan sebuah lagu daerah yg asalnya dari provinsi Maluku. Pencipta lagu ambon manise adalah Anthony B.T.

Demikian pembahasan tentang #10 lagu daerah dan penciptanya lengkap dengan masing-masing daerah asalnya. Semoga bermanfaat dan bisa sebagai referensi untuk bisa mengetahui daftar lagu-lagu daerah asal dan penciptanya.

Apakah lagu daerah ada penciptanya?

Berikut contoh lagu daerah yg terdapat di Indonesia. AMPAR-AMPAR PISANG, diciptakan Hamiedan AC, Kalimantan Selatan. CUBLAK-CUBLAK SUWENG, diciptakan Sunan Giri, Jawa Tengah. BUBUY BULAN, diciptakan Benny Corda, Jawa Barat.

Lagu daerah itu apa saja?

Daftar Lagu Daerah pada Indonesia & Asalnya

  • Ampar-ampar Pisang – asal dari Kalimantan Selatan (Kalsel)
  • Anak Kambing Saya – berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT)
  • Angin Mamiri – asal dari Sulawesi Selatan (Sulsel)
  • Anju Ahu – asal dari Sumatra Selatan (Sumsel)
  • Apuse – asal dari Papua.

Siapa yg dimaksud pencipta lagu?

Penulis lagu (bahasa inggris: Songwriter) artinya musisi yg menciptakan komposisi musik & menulis lirik buat sebuah lagu. Penulis lagu bisa jua diklaim komponis, lantaran awalnya sebuah lagu digubah menggunakan cara menuliskan notasinya, misalnya dalam aliran musik klasik.

Apa saja ciri ciri lagu daerah?

Lirik atau syair lagunya berbahasa daerah. Misalnya memakai bahasa Sunda. Itu kalau lagunya asal dari wilayah Jawa Barat. Biasanya liriknya juga Diwariskan secara turun-temurun menurut generasi kegenerasi selanjutnya. Serta Alunan melodi & iramanya bersifat sederhana, menggunakan menunjukkan karakteristik spesial kedaerahan.

Siapa yg menciptakan lagu jali jali?

Lagu Si Jali-Jali merupakan lagu wilayah yg asal dari DKI Jakarta. Lagu ini diyakini diciptakan sang mendiang M. Sagi, seseorang pimpinan orkes keroncong.