spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Lagu Ampar Ampar Pisang Berasal Dari

Lagu Ampar Ampar Pisang Berasal Dari
Lagu Ampar Ampar Pisang

Lagu Ampar Ampar Pisang Berasal Dari Kalimantan, Apa Saja Faktanya?

Penasaran dengan asal-usul Lagu Ampar Ampar Pisang? Simak fakta-faktanya dalam artikel ini, yuk!

Lagu Ampar Ampar Pisang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Lagu yang memiliki irama yang riang dan lirik yang mudah diingat ini sering dinyanyikan di acara-acara hajatan atau perayaan di Indonesia. Namun, tahukah kamu dari mana asal-usul lagu ini?

Di dalam artikel ini, kita akan membahas asal-usul lagu Ampar Ampar Pisang berasal dari mana. Selain itu, kita juga akan membahas lirik, makna, dan bagaimana lagu ini menjadi populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Asal-usul Lagu Ampar Ampar Pisang

Lagu Ampar Ampar Pisang berasal dari Kalimantan Selatan, tepatnya dari daerah Banjarmasin. Lagu ini diciptakan oleh seorang tokoh masyarakat bernama Tarmidi Karim pada tahun 1960-an. Awalnya, lagu ini diciptakan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat setempat.

Lagu ini terinspirasi dari tarian ampar-ampar, yang merupakan tarian yang menggunakan pisang sebagai properti. Dalam tarian tersebut, pisang dijadikan sebagai pelengkap kostum para penarinya.

Lirik dan Makna Lagu Ampar Ampar Pisang

Lirik lagu Ampar Ampar Pisang cukup sederhana dan mudah diingat. Lagu ini menceritakan tentang seorang anak kecil yang sangat senang melihat tarian ampar-ampar. Dia bahkan rela membeli pisang hanya untuk melihat tarian tersebut.

Makna dari lagu ini adalah bahwa kebahagiaan dapat ditemukan dari hal-hal sederhana, seperti tarian ampar-ampar dan membeli pisang. Lagu ini juga mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas apa yang kita miliki.

Popularitas Lagu Ampar Ampar Pisang

Lagu Ampar Ampar Pisang menjadi populer di kalangan masyarakat Indonesia pada tahun 1970-an. Lagu ini menjadi sangat populer setelah diaransemen ulang oleh penyanyi kondang asal Indonesia, Bing Slamet.

Selain itu, lagu ini juga sering dinyanyikan oleh para penyanyi daerah pada acara-acara perayaan. Hal ini membuat lagu Ampar Ampar Pisang semakin dikenal di seluruh Indonesia.

Siapa Tarmidi Karim?

Tarmidi Karim adalah seorang tokoh masyarakat asal Kalimantan Selatan yang menciptakan lagu Ampar Ampar Pisang. Dia lahir pada tahun 1930 dan meninggal dunia pada tahun 2012. Selain sebagai pencipta lagu, Tarmidi Karim juga dikenal sebagai seniman dan budayawan.

Apa Itu Tarian Ampar-Ampar?

Tarian ampar-ampar adalah tarian tradisional yang berasal dari Kalimantan Selatan. Tarian ini menggunakan pisang sebagai properti. Para penari akan membawa pisang dan menarik pisang-pisangan sambil menari. Tarian ini biasanya dipentaskan dalam acara-acara perayaan atau hajatan.

Mengapa Lagu Ampar Ampar Pisang Sangat Populer?

Lagu Ampar Ampar Pisang sangat populer karena memiliki irama yang riang dan lirik yang mudah diingat. Selain itu, lagu ini juga memiliki makna yang positif, yaitu mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas hal-hal sederhana dalam hidup.

Lagu ini juga sering diaransemen ulang oleh para penyanyi Indonesia, sehingga semakin dikenal di seluruh Indonesia. Lagu Ampar Ampar Pisang juga menjadi salah satu simbol kekayaan budaya Indonesia yang harus dilestarikan.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang lagu Ampar Ampar Pisang:

  • Lagu Ampar Ampar Pisang berasal dari Kalimantan Selatan, tepatnya dari daerah Banjarmasin.
  • Lagu ini diciptakan oleh seorang tokoh masyarakat bernama Tarmidi Karim pada tahun 1960-an.
  • Lagu ini terinspirasi dari tarian ampar-ampar yang menggunakan pisang sebagai properti.
  • Lirik lagu Ampar Ampar Pisang cukup sederhana dan mudah diingat.
  • Makna dari lagu ini adalah bahwa kebahagiaan dapat ditemukan dari hal-hal sederhana, seperti tarian ampar-ampar dan membeli pisang.
  • Lagu ini menjadi populer di kalangan masyarakat Indonesia pada tahun 1970-an setelah diaransemen ulang oleh Bing Slamet.
  • Lagu ini sering dinyanyikan oleh para penyanyi daerah pada acara-acara perayaan, sehingga semakin dikenal di seluruh Indonesia.
  • Lagu Ampar Ampar Pisang menjadi salah satu simbol kekayaan budaya Indonesia yang harus dilestarikan.

FAQs

Apa saja properti yang digunakan dalam tarian ampar-ampar?

Properti yang digunakan dalam tarian ampar-ampar adalah pisang-pisangan.

Siapakah yang menciptakan lagu Ampar Ampar Pisang?

Lagu Ampar Ampar Pisang diciptakan oleh Tarmidi Karim, seorang tokoh masyarakat asal Kalimantan Selatan.

Apa makna dari lagu Ampar Ampar Pisang?

Makna dari lagu Ampar Ampar Pisang adalah bahwa kebahagiaan dapat ditemukan dari hal-hal sederhana dalam hidup, seperti tarian ampar-ampar dan membeli pisang.

Conclusion

Lagu Ampar Ampar Pisang merupakan salah satu lagu daerah Indonesia yang sangat populer. Lagu ini berasal dari Kalimantan Selatan dan diciptakan oleh Tarmidi Karim pada tahun 1960-an. Lagu ini terinspirasi dari tarian ampar-ampar yang menggunakan pisang sebagai properti.

Lirik dari lagu ini cukup sederhana dan mudah diingat. Lagu ini mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas hal-hal sederhana dalam hidup. Lagu Ampar Ampar Pisang menjadi populer di kalangan masyarakat Indonesia setelah diaransemen ulang oleh Bing Slamet pada tahun 1970-an.

Lagu Ampar Ampar Pisang menjadi salah satu simbol kekayaan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Lagu ini sering dipentaskan dalam acara-acara perayaan atau hajatan di seluruh Indonesia.

Dengan lagu ini, kita dapat belajar untuk menghargai budaya dan kekayaan Indonesia yang begitu beragam. Selain itu, kita juga dapat belajar untuk selalu bersyukur atas hal-hal sederhana dalam hidup, seperti tarian ampar-ampar dan membeli pisang.

Oleh karena itu, sebagai warga Indonesia, kita harus terus melestarikan lagu Ampar Ampar Pisang sebagai bagian dari kekayaan budaya Indonesia yang tidak boleh hilang atau terlupakan. Kita dapat menjaga lagu ini dengan cara memperkenalkannya kepada generasi muda dan memainkannya dalam berbagai acara perayaan atau hajatan.

Dengan menjaga dan melestarikan lagu Ampar Ampar Pisang, kita dapat memperkaya kekayaan budaya Indonesia dan menjadikannya semakin dikenal di seluruh dunia. Sehingga, kita dapat membuktikan bahwa Indonesia bukan hanya kaya akan keindahan alamnya, tetapi juga kaya akan budaya yang begitu beragam dan menarik.

***********

banana 4493420 960 720
(Sourche: FOTO Pixabay)

Mungkin tak banyak orang yang tahu lagu ampar ampar pisang berasal dari mana. CAFEBERITA Kali ini akan mengulas mengenai lagu tersebut. Yuk disimak hingga selesai.

Lagu Ampar Ampar Pisang Berasal Dari:

Lagu ampar-ampar pisang adalah lagu wajib daerah yang datang dari Kalimantan Selatan. Pembuat lagu ini yaitu Hamiedan AC. Menurut sejarahnya, lagu ini dibikin karena keisengan warga Kalimantan Selatan saat membuat makanan rimpi yang dibuat dari pisang.

Baca Juga 25 lagu daerah

Apa arti lagu ampar ampar pisang di brainly?

Arti lagu wilayah ampar-ampar pisang yakni Bercerita terkait makanan ciri-khas Kalimantan Selatan yang dikeroyoki oleh binatang-binatang kecil lantaran senang dengan wewangian pisang

Lihat Juga Cave Tubing KaliSuci Jogja

lagu ampar ampar pisang lirik

Ampar ampar pisang

Pisangku belum masak

Masak sabigi dihurung bari-bari

Masak sabigi dihurung bari-bari

Mangga lepak mangga lepok

Patah kayu bengkok

Bengkok dimakan api

apinya canculupan

Bengkok dimakan api

apinya canculupan

Jari kaki sintak dahuluakan masak

Jari kaki sintak dahuluakan masak

Ampar ampar pisang

Pisangku balum masak

Masak sabigi dihurung bari-bari

Masak sabigi dihurung bari-bari

Mangga ricak mangga ricak

Patah kayu bengkok

Tanduk sapi tanduk sapi kulibir bawang

Tanduk sapi tanduk sapi kulibir bawang

Nang mana batis kutung dikitip bidawang

Nang mana batis kutung dikitip bidawang

Selain lirik lagu ampar-ampar pisang tentu kita juga perlu tahu artinya.

Susun-susun pisang

Pisangku belum masak

Masak sebuah, dipenuhi bari-bari

Masak sebuah, dipenuhi bari-bari

Manggalepak, manggalepok (bunyi dahan/kayu yang patah)

Patah kayu yang bengkok

Yang bengkok dilalap api, apinya hampir padam

Yang bengkok dilalap api, apinya hampir padam

Yang mana kaki buntung, dipotong bulus

Yang mana kaki buntung, dipotong bulus

Susun-susun pisang

Pisangku belum masak

Masak sebuah, dipenuhi bari-bari

Masak sebuah, dipenuhi bari-bari

Menggericak, menggericak (bunyi dahan/kayu yang patah karena diseruduk sapi)

Patah kayu yang bengkok

Diseruduk sapi, diseruduk sapi, kulit bawang

Diseruduk sapi, diseruduk sapi, kulit bawang

Makna Dari kalimat: bengkok dimakan api apinya

Lagu Bengkok Dimakan Api juga sering dihubungkan dengan lagu daerah Kalimantan Selatan lainnya, yaitu lagu Ampar-Ampar Pisang. Lagu Ampar-Ampar Pisang sendiri memiliki makna yang berbeda dengan lagu Bengkok Dimakan Api, namun dalam beberapa versi lagu Ampar-Ampar Pisang, terdapat kalimat yang mengandung kata-kata Bengkok Dimakan Api.

Kalimat tersebut adalah “Ampar-ampar pisang, bengkok dimakan api, sirih kuning ditaruh di tengah”. Makna dari kalimat tersebut adalah tentang kehidupan yang tidak selalu mudah, namun kita harus tetap berjuang dan tidak menyerah dalam menghadapi rintangan dan kesulitan.

Kata-kata “bengkok dimakan api” dalam lagu Ampar-Ampar Pisang mengandung makna bahwa kehidupan seringkali tidak berjalan sesuai rencana dan penuh dengan rintangan dan kesulitan. Namun, kita harus terus berjuang dan tidak menyerah dalam menghadapinya.

Dalam lagu Ampar-Ampar Pisang, kalimat “sirih kuning ditaruh di tengah” juga memiliki makna yang dalam. Sirih kuning merupakan simbol persahabatan dan kebersamaan, yang mengajarkan kita untuk saling membantu dan mendukung satu sama lain dalam menghadapi rintangan dan kesulitan dalam kehidupan.

Dengan demikian, lagu Ampar-Ampar Pisang mengandung makna yang sangat penting bagi kehidupan kita sehari-hari, yaitu tentang semangat perjuangan dan kebersamaan dalam menghadapi rintangan dan kesulitan dalam kehidupan. Oleh karena itu, lagu ini sering dinyanyikan dan diwariskan dari generasi ke generasi di Kalimantan Selatan sebagai bentuk penghormatan terhadap budaya dan kearifan lokal.

Pencipta lagu ampar-ampar pisang

Ampar-ampar Pisang adalah lagu daerah Indonesia berbahasa Banjar, ciptaan Hamiedan AC.

Lagu ampar-ampar pisang berasal dari daerah dan menggunakan tempo

Lagu Ampar Ampar Pisang merupakan lagu daerah yang berasal dari Kalimantan Selatan. Lagu ini dinyanyikan dengan tempo moderato.

Selain dari tempo lagu ampar-ampar pisang. Contoh lagu yang menggunakan tempo moderato adalah lagu Soleram dari Riau, dan Sarinande dari Maluku.

Sumber: wikipedia.org

Hal berkaitan lainnya:

  • lirik lagu ampar ampar pisang berasal
  • kue rimpi
  • diciptakan oleh hamiedan ac
  • salah satu lagu daerah
  • lagu daerah ampar ampar
  • makanan khas
  • menggunakan bahasa banjar
  • banjar kalimantan selatan
  • pisang diciptakan oleh hamiedan
  • terbuat dari pisang
  • masak bigi dihurung bari bari
  • ampar ampar pisang diciptakan
admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang!

Popular Articles