Lagu Ampar Ampar Pisang Berasal Dari

Lagu Ampar Ampar Pisang Berasal Dari
Lagu Ampar Ampar Pisang

Lagu Ampar Ampar Pisang Berasal Dari Kalimantan, Apa Saja Faktanya?

Penasaran den­gan asal-usul Lagu Ampar Ampar Pisang? Simak fak­ta-fak­tanya dalam artikel ini, yuk!

Lagu Ampar Ampar Pisang mungkin sudah tidak asing lagi di telin­ga kita. Lagu yang memi­li­ki ira­ma yang riang dan lirik yang mudah diin­gat ini ser­ing dinyanyikan di acara-acara hajatan atau per­ayaan di Indone­sia. Namun, tahukah kamu dari mana asal-usul lagu ini?

Bacaan Lain­nya

Di dalam artikel ini, kita akan mem­ba­has asal-usul lagu Ampar Ampar Pisang berasal dari mana. Selain itu, kita juga akan mem­ba­has lirik, mak­na, dan bagaimana lagu ini men­ja­di pop­uler di kalan­gan masyarakat Indone­sia.

Asal-usul Lagu Ampar Ampar Pisang

Lagu Ampar Ampar Pisang berasal dari Kali­man­tan Sela­tan, tepat­nya dari daer­ah Ban­jar­masin. Lagu ini dicip­takan oleh seo­rang tokoh masyarakat berna­ma Tarmi­di Karim pada tahun 1960-an. Awal­nya, lagu ini dicip­takan seba­gai sarana hibu­ran bagi masyarakat setem­pat.

Lagu ini terin­spi­rasi dari tar­i­an ampar-ampar, yang meru­pakan tar­i­an yang meng­gu­nakan pisang seba­gai prop­er­ti. Dalam tar­i­an terse­but, pisang dijadikan seba­gai pelengkap kos­tum para penarinya.

Lirik dan Makna Lagu Ampar Ampar Pisang

Lirik lagu Ampar Ampar Pisang cukup seder­hana dan mudah diin­gat. Lagu ini mencer­i­takan ten­tang seo­rang anak kecil yang san­gat senang meli­hat tar­i­an ampar-ampar. Dia bahkan rela mem­be­li pisang hanya untuk meli­hat tar­i­an terse­but.

Mak­na dari lagu ini adalah bah­wa keba­ha­giaan dap­at dite­mukan dari hal-hal seder­hana, seper­ti tar­i­an ampar-ampar dan mem­be­li pisang. Lagu ini juga men­ga­jarkan kita untuk selalu bersyukur atas apa yang kita mili­ki.

Popularitas Lagu Ampar Ampar Pisang

Lagu Ampar Ampar Pisang men­ja­di pop­uler di kalan­gan masyarakat Indone­sia pada tahun 1970-an. Lagu ini men­ja­di san­gat pop­uler sete­lah diaranse­men ulang oleh penyanyi kon­dang asal Indone­sia, Bing Slamet.

Selain itu, lagu ini juga ser­ing dinyanyikan oleh para penyanyi daer­ah pada acara-acara per­ayaan. Hal ini mem­bu­at lagu Ampar Ampar Pisang semakin dike­nal di selu­ruh Indone­sia.

Siapa Tarmidi Karim?

Tarmi­di Karim adalah seo­rang tokoh masyarakat asal Kali­man­tan Sela­tan yang men­cip­takan lagu Ampar Ampar Pisang. Dia lahir pada tahun 1930 dan mening­gal dunia pada tahun 2012. Selain seba­gai pen­cip­ta lagu, Tarmi­di Karim juga dike­nal seba­gai sen­i­man dan budayawan.

Apa Itu Tarian Ampar-Ampar?

Tar­i­an ampar-ampar adalah tar­i­an tra­di­sion­al yang berasal dari Kali­man­tan Sela­tan. Tar­i­an ini meng­gu­nakan pisang seba­gai prop­er­ti. Para penari akan mem­bawa pisang dan menarik pisang-pisan­gan sam­bil menari. Tar­i­an ini biasanya dipen­taskan dalam acara-acara per­ayaan atau hajatan.

Mengapa Lagu Ampar Ampar Pisang Sangat Populer?

Lagu Ampar Ampar Pisang san­gat pop­uler kare­na memi­li­ki ira­ma yang riang dan lirik yang mudah diin­gat. Selain itu, lagu ini juga memi­li­ki mak­na yang posi­tif, yaitu men­ga­jarkan kita untuk selalu bersyukur atas hal-hal seder­hana dalam hidup.

Lagu ini juga ser­ing diaranse­men ulang oleh para penyanyi Indone­sia, sehing­ga semakin dike­nal di selu­ruh Indone­sia. Lagu Ampar Ampar Pisang juga men­ja­di salah satu sim­bol kekayaan budaya Indone­sia yang harus dilestarikan.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang lagu Ampar Ampar Pisang:

  • Lagu Ampar Ampar Pisang berasal dari Kali­man­tan Sela­tan, tepat­nya dari daer­ah Ban­jar­masin.
  • Lagu ini dicip­takan oleh seo­rang tokoh masyarakat berna­ma Tarmi­di Karim pada tahun 1960-an.
  • Lagu ini terin­spi­rasi dari tar­i­an ampar-ampar yang meng­gu­nakan pisang seba­gai prop­er­ti.
  • Lirik lagu Ampar Ampar Pisang cukup seder­hana dan mudah diin­gat.
  • Mak­na dari lagu ini adalah bah­wa keba­ha­giaan dap­at dite­mukan dari hal-hal seder­hana, seper­ti tar­i­an ampar-ampar dan mem­be­li pisang.
  • Lagu ini men­ja­di pop­uler di kalan­gan masyarakat Indone­sia pada tahun 1970-an sete­lah diaranse­men ulang oleh Bing Slamet.
  • Lagu ini ser­ing dinyanyikan oleh para penyanyi daer­ah pada acara-acara per­ayaan, sehing­ga semakin dike­nal di selu­ruh Indone­sia.
  • Lagu Ampar Ampar Pisang men­ja­di salah satu sim­bol kekayaan budaya Indone­sia yang harus dilestarikan.

FAQs

Apa saja properti yang digunakan dalam tarian ampar-ampar?

Prop­er­ti yang digu­nakan dalam tar­i­an ampar-ampar adalah pisang-pisan­gan.

Siapakah yang menciptakan lagu Ampar Ampar Pisang?

Lagu Ampar Ampar Pisang dicip­takan oleh Tarmi­di Karim, seo­rang tokoh masyarakat asal Kali­man­tan Sela­tan.

Apa makna dari lagu Ampar Ampar Pisang?

Mak­na dari lagu Ampar Ampar Pisang adalah bah­wa keba­ha­giaan dap­at dite­mukan dari hal-hal seder­hana dalam hidup, seper­ti tar­i­an ampar-ampar dan mem­be­li pisang.

Conclusion

Lagu Ampar Ampar Pisang meru­pakan salah satu lagu daer­ah Indone­sia yang san­gat pop­uler. Lagu ini berasal dari Kali­man­tan Sela­tan dan dicip­takan oleh Tarmi­di Karim pada tahun 1960-an. Lagu ini terin­spi­rasi dari tar­i­an ampar-ampar yang meng­gu­nakan pisang seba­gai prop­er­ti.

Lirik dari lagu ini cukup seder­hana dan mudah diin­gat. Lagu ini men­ga­jarkan kita untuk selalu bersyukur atas hal-hal seder­hana dalam hidup. Lagu Ampar Ampar Pisang men­ja­di pop­uler di kalan­gan masyarakat Indone­sia sete­lah diaranse­men ulang oleh Bing Slamet pada tahun 1970-an.

Lagu Ampar Ampar Pisang men­ja­di salah satu sim­bol kekayaan budaya Indone­sia yang harus dilestarikan. Lagu ini ser­ing dipen­taskan dalam acara-acara per­ayaan atau hajatan di selu­ruh Indone­sia.

Den­gan lagu ini, kita dap­at bela­jar untuk meng­har­gai budaya dan kekayaan Indone­sia yang begi­tu beragam. Selain itu, kita juga dap­at bela­jar untuk selalu bersyukur atas hal-hal seder­hana dalam hidup, seper­ti tar­i­an ampar-ampar dan mem­be­li pisang.

Oleh kare­na itu, seba­gai war­ga Indone­sia, kita harus terus melestarikan lagu Ampar Ampar Pisang seba­gai bagian dari kekayaan budaya Indone­sia yang tidak boleh hilang atau terlu­pakan. Kita dap­at men­ja­ga lagu ini den­gan cara mem­perke­nalkan­nya kepa­da gen­erasi muda dan memainkan­nya dalam berba­gai acara per­ayaan atau hajatan.

Den­gan men­ja­ga dan melestarikan lagu Ampar Ampar Pisang, kita dap­at mem­perkaya kekayaan budaya Indone­sia dan men­jadikan­nya semakin dike­nal di selu­ruh dunia. Sehing­ga, kita dap­at mem­buk­tikan bah­wa Indone­sia bukan hanya kaya akan kein­da­han alam­nya, tetapi juga kaya akan budaya yang begi­tu beragam dan menarik.

***********

banana 4493420 960 720
(Sourche: FOTO Pix­abay)

Mungkin tak banyak orang yang tahu lagu ampar ampar pisang berasal dari mana. CAFEBERITA Kali ini akan men­gu­las men­ge­nai lagu terse­but. Yuk dis­i­mak hing­ga sele­sai.

Lagu Ampar Ampar Pisang Berasal Dari:

Lagu ampar-ampar pisang adalah lagu wajib daer­ah yang datang dari Kali­man­tan Sela­tan. Pem­bu­at lagu ini yaitu Hamiedan AC. Menu­rut sejarah­nya, lagu ini dibikin kare­na keisen­gan war­ga Kali­man­tan Sela­tan saat mem­bu­at makanan rimpi yang dibu­at dari pisang.

Baca Juga 25 lagu daer­ah

Apa arti lagu ampar ampar pisang di brainly?

Arti lagu wilayah ampar-ampar pisang yakni Berceri­ta terkait makanan ciri-khas Kali­man­tan Sela­tan yang dikeroyo­ki oleh binatang-binatang kecil lan­taran senang den­gan wewan­gian pisang

Lihat Juga Cave Tub­ing KaliSu­ci Jog­ja

lagu ampar ampar pisang lirik

Ampar ampar pisang

Pisangku belum masak

Masak sabi­gi dihu­rung bari-bari

Masak sabi­gi dihu­rung bari-bari

Mang­ga lep­ak mang­ga lep­ok

Patah kayu bengkok

Bengkok dimakan api

apinya can­culu­pan

Bengkok dimakan api

apinya can­culu­pan

Jari kaki sin­tak dahu­lu­akan masak

Jari kaki sin­tak dahu­lu­akan masak

Ampar ampar pisang

Pisangku balum masak

Masak sabi­gi dihu­rung bari-bari

Masak sabi­gi dihu­rung bari-bari

Mang­ga ricak mang­ga ricak

Patah kayu bengkok

Tan­duk sapi tan­duk sapi kuli­bir bawang

Tan­duk sapi tan­duk sapi kuli­bir bawang

Nang mana batis kutung dik­i­tip bidawang

Nang mana batis kutung dik­i­tip bidawang

Selain lirik lagu ampar-ampar pisang tentu kita juga perlu tahu artinya.

Susun-susun pisang

Pisangku belum masak

Masak sebuah, dipenuhi bari-bari

Masak sebuah, dipenuhi bari-bari

Mang­galepak, mang­gale­pok (bun­yi dahan/kayu yang patah)

Patah kayu yang bengkok

Yang bengkok dilalap api, apinya ham­pir padam

Yang bengkok dilalap api, apinya ham­pir padam

Yang mana kaki bun­tung, dipo­tong bulus

Yang mana kaki bun­tung, dipo­tong bulus

Susun-susun pisang

Pisangku belum masak

Masak sebuah, dipenuhi bari-bari

Masak sebuah, dipenuhi bari-bari

Meng­ger­i­cak, meng­ger­i­cak (bun­yi dahan/kayu yang patah kare­na diseruduk sapi)

Patah kayu yang bengkok

Diseruduk sapi, diseruduk sapi, kulit bawang

Diseruduk sapi, diseruduk sapi, kulit bawang

Makna Dari kalimat: bengkok dimakan api apinya

Lagu Bengkok Dimakan Api juga ser­ing dihubungkan den­gan lagu daer­ah Kali­man­tan Sela­tan lain­nya, yaitu lagu Ampar-Ampar Pisang. Lagu Ampar-Ampar Pisang sendiri memi­li­ki mak­na yang berbe­da den­gan lagu Bengkok Dimakan Api, namun dalam beber­a­pa ver­si lagu Ampar-Ampar Pisang, ter­da­p­at kali­mat yang men­gan­dung kata-kata Bengkok Dimakan Api.

Kali­mat terse­but adalah “Ampar-ampar pisang, bengkok dimakan api, sir­ih kun­ing ditaruh di ten­gah”. Mak­na dari kali­mat terse­but adalah ten­tang kehidu­pan yang tidak selalu mudah, namun kita harus tetap berjuang dan tidak meny­er­ah dalam meng­hadapi rin­tan­gan dan kesuli­tan.

Kata-kata “bengkok dimakan api” dalam lagu Ampar-Ampar Pisang men­gan­dung mak­na bah­wa kehidu­pan ser­ingkali tidak ber­jalan sesuai ren­cana dan penuh den­gan rin­tan­gan dan kesuli­tan. Namun, kita harus terus berjuang dan tidak meny­er­ah dalam meng­hadapinya.

Dalam lagu Ampar-Ampar Pisang, kali­mat “sir­ih kun­ing ditaruh di ten­gah” juga memi­li­ki mak­na yang dalam. Sir­ih kun­ing meru­pakan sim­bol per­sa­ha­batan dan keber­samaan, yang men­ga­jarkan kita untuk sal­ing mem­ban­tu dan men­dukung satu sama lain dalam meng­hadapi rin­tan­gan dan kesuli­tan dalam kehidu­pan.

Den­gan demikian, lagu Ampar-Ampar Pisang men­gan­dung mak­na yang san­gat pent­ing bagi kehidu­pan kita sehari-hari, yaitu ten­tang seman­gat per­juan­gan dan keber­samaan dalam meng­hadapi rin­tan­gan dan kesuli­tan dalam kehidu­pan. Oleh kare­na itu, lagu ini ser­ing dinyanyikan dan diwariskan dari gen­erasi ke gen­erasi di Kali­man­tan Sela­tan seba­gai ben­tuk peng­hor­matan ter­hadap budaya dan kear­i­fan lokal.

Pencipta lagu ampar-ampar pisang

Ampar-ampar Pisang adalah lagu daer­ah Indone­sia berba­hasa Ban­jar, cip­taan Hamiedan AC.

Lagu ampar-ampar pisang berasal dari daer­ah dan meng­gu­nakan tem­po

Lagu Ampar Ampar Pisang meru­pakan lagu daer­ah yang berasal dari Kali­man­tan Sela­tan. Lagu ini dinyanyikan den­gan tem­po mod­er­a­to.

Selain dari tem­po lagu ampar-ampar pisang. Con­toh lagu yang meng­gu­nakan tem­po mod­er­a­to adalah lagu Sol­er­am dari Riau, dan Sari­nande dari Maluku.

Sum­ber: wikipedia.org

Hal berkai­tan lain­nya:

  • lirik lagu ampar ampar pisang berasal
  • kue rimpi
  • dicip­takan oleh hamiedan ac
  • salah satu lagu daer­ah
  • lagu daer­ah ampar ampar
  • makanan khas
  • meng­gu­nakan bahasa ban­jar
  • ban­jar kali­man­tan sela­tan
  • pisang dicip­takan oleh hamiedan
  • ter­bu­at dari pisang
  • masak bigi dihu­rung bari bari
  • ampar ampar pisang dicip­takan

Pos terkait