Beranda Berita Kumpulan Berita Sidrap: Positif Bertambah 9 Orang Hingga Gratiskan Rapid Test

Kumpulan Berita Sidrap: Positif Bertambah 9 Orang Hingga Gratiskan Rapid Test

106
0
HARI INI, KASUS BARU COVID-19 DI SIDRAP BERTAMBAH 9 ORANG
Data kasus Covid-19 di Kabupaten Sidrap.

Kumpulan Berita Sidrap yang pertama yaitu Pusat Data dan Informasi Penanganan Covid-19 Sidrap, Selasa (21/7/2020) melaporkan adanya tambahan kasus baru Covid-19 di Kabupaten Sidrap.

Data yang dirilis Pukul 17.00 Wita itu menunjukkan tambahan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 9 orang.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Sidrap, Ishak Kenre yang dihubungi membenarkan hal tersebut. Hari ini ada tambahan 9 orang positif, terangnya.

Adapun kasus baru itu, lanjut Ishak, berasal dari Kecamatan Baranti 3 orang, Maritengngae 3 orang, Dua Pitue 1 orang, Watang Sidenreng 1 orang, dan Watangpulu 1 orang.

Sementara berdasar data yang diterima, 3 pasien menjalani isolasi mandiri dan 6 menjalani program duta Covid-19.

Secara keseluruhan, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sidrap saat ini sebanyak 66 orang. Sebanyak 50 orang dinyatakan sembuh, dan 2 orang meninggal dunia.

Ishak Kenre selanjutnya mengingatkan, tambahan kasus positif itu menandakan penularan Covid-19 masih terjadi.

Karenanya, kewaspadaan harus terus dijaga. Protokol kesehatan harus tetap diterapkan, gunakan masker, jaga jarak, hindari kerumunan, rajin mencuci tangan dan jaga imunitas, pesannya.

Kumpulan Berita Pemkab Sidrap Gratis Rapid Test

Kumpulan Berita Sidrap, Pemkab Sidrap Gratiskan Rapid Test
Bupati Sidrap, Dollah Mando

Kumpulan Berita Sidrap lainnya yaitu Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang menggratiskan biaya pemeriksaan rapid test bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke luar daerah.

Namun, rapid test ini hanya untuk warga Sidrap yang hendak atau bertujuan perjalanan keluar daerah. Misalnya ke Kota Makassar.

Tak hanya itu, tujuannya pun harus jelas dan penting serta sifatnya mendesak. Jika tidak. Harus bayar.

Kebijakan itu tertuang dalam Surat Edaran Bupati Sidrap, Nomor: 180/3808/HUK tanggal 13 Juli 2020.

Isinya tentang Pemberian Surat Keterangan Bebas Covid-19 Secara Gratis hanya Kepada Warga Kabupaten Sidrap yang akan Melakukan Perjalan Ke Luar Daerah.

Pemkab Sidrap sudah menggratiskan rapid test ini di RSUD Arifin Nu’mang dan RSUD Nene Mallomo.

Kedua rumah sakit ini sudah mengantongi Surat Rekomendasi Bebas Covid-19. Isinya agar warga tidak dikenakan biaya alias diberikan pembebasan biaya ketika ingin rapid test.

Begitu pula dengan pembebasan retribusi pelayanan kesehatan agar warga tidak dibebani.

Adapun, surat rekomendasi ini diantaranya hanya diberikan kepada mahasiswa dan pelajar yang mau mengurus administrasi perkuliahan atau pendaftaran masuk perguruan tinggi.

Syaratnya mereka harus melampirkan Surat Keterangan Tujuan Perjalanan dari Pemerintah Desa/Kelurahan masing-masing.

Hal yang sama berlaku kepada anggota dewan. Surat Rekomendasi ini gratis. Mereka juga bisa menikmatinya baik itu diberikan kepada anggota DPRD atau PNS/ASN.

Khususnya yang melaksanakan tugas negara. Asalkan mereka bisa melampirkan surat tugas dari pejabat yang berwenang.

Adapun untuk warga masyarakat lainnya juga berlaku. Asal tujuannya bisa dibeberkan. Salah satunya hendak melaksanakan perjalanan luar daerah.

Salah satu tujuan itu adalah sangat penting dan mendesak. Syaratnya cukup melampirkan Surat Keterangan Tujuan Perjalanan dari Pemerintah Desa/Kelurahan.

Bupati Sidrap, H Dollah Mando, berharap agar kebijakan tersebut dapat disosialisasikan kepada masyarakat dan dipatuhi demi keselamatan bersama. Khususnya warga Sidrap.

Olehnya itu, dia mengimbau agar warga paham akan bahaya virus ini dan sebaiknya yang tidak memiliki tujuan yang sifatnya penting dan mendesak untuk tidak melakukan perjalanan keluar daerah.

Kata Dollah, semua ini dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Kami juga ingatkan agar warga senantiasa menerapkan protokol kesehatan.

Gugus Rakor Virtual

Kumpulan berita Sidrap, GUGUS TUGAS SIDRAP IKUTI RAKOR VIRTUAL BERSAMA PANGLIMA TNI DAN KAPOLRI
GUGUS TUGAS SIDRAP IKUTI RAKOR VIRTUAL BERSAMA PANGLIMA TNI DAN KAPOLRI

Berikutnya kumpulan Berita Sidrap yakni kala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sidrap mengikuti rakor terbatas secara virtual membahas penanganan Covid-19 di Sulsel dari Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Sidrap, Jum’at (10/7/2020).

Dalam kesempatan ini turut hadir Wakil Bupati Sidrap, H. Mahmud Yusuf bersama dengan Dandim 1420 Sidrap, Letkol Inf J.P Situmorang.

Hadir pula Kapolres Sidrap, AKBP Leonardo Panji Wahyudi dan ketiganya menjabat wakil ketua dalam Gugus Tugas Sidrap.

Tampak pula hadir Inspektur Kabupaten Rohady Ramadhan serta sejumlah personil Kodim 1421 dan Polres Sidrap.

Rakor terbatas virtual itu digelar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jendral Idham Asiz yang tengah melakukan kunjungan kerja ke Kota Makassar.

Kegiatan dipusatkan di Gedung M Jusuf (Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Prov Sulsel), diikuti Gugus Tugas kabupaten dan kota se-Sulsel.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dalam kesempatan itu melaporkan, salah satu inovasi yang dilakukan Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulsel adalah program Duta Covid-19.

Ia menguraikan, untuk Jumlah peserta Duta Covid-19 per tanggal (9/7) sebanyak 3.138 peserta, dirawat 779 orang, 2.359 dinyatakan sembuh dengan tingkat kesembuhan 75 persen dari program ini.

Peserta Duta Covid-19 yang telah sembuh ini menjadi edukator dan kembali ke tengah-tengah masyarakat untuk memberikan edukasi ke masyarakat, kata Nurdin Abdullah.

Kapolri Jendral, Idham Asiz dalam sambutannya mengatakan, kunjungannya bersama Panglima TNI untuk memantau, dan mengetahui perkembangan situasi Covid-19 di Sulsel sekaligus memberikan motivasi kepada Gugus Tugas Covid-19.

Kapolri mengaku, sangat mengapresiasi upaya dan inovasi yang telah dilakukan Gugus Tugas dan Forkopimda. Salah satunya adalah Balla Ewako yang telah terbentuk di 355 desa.

Ke depan dia berharap jangan pernah bosan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, semoga usaha yang selama ini kita lakukan bisa diridhoi Allah SWT, lontarnya.

Sementara, Panglima TNI Hadi Tjahjanto dalam arahannya juga tak lupa mengapresiasi Penanganan Covid-19 di Sulsel yang telah melakukan satu langkah inovatif.

Ini sesuai dengan keinginan Bapak Presiden bahwa dalam rangka memerangi pandemi Covid-19 ini. Kita harus laksanakan langkah-langkah strategi independensi berbasis lokal, paparnya.

Kita patut apresiasi penanganan Covid-19 di Sulsel, Seperti yang telah dipaparkan Gubernur Sulsel bahwa dari program Duta Covid-19 yang telah sembuh 2.359 orang atau 75 persen.

Ini tentu sangat luar biasa, dari yang sembuh ini telah kembali ke lingkungan menjadi edukator untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, sambungnya.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto juga mengatakan, sampai saat ini vaksin virus belum ditemukan.

Olehnya itu perlu terus memberikan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu mengikuti protokol kesehatan.

Libatkan semua stakeholder serta tokoh masyarakat dan pemuda dalam memberikan pemahaman edukasi.

Mari kita bangun kesepahaman dan sinergi agar kita bisa terlepas dari wabah ini, harapnya.(*)

Editor : Abu Bakar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here