Kopiriolo Nama Cafe Unik dengan Nuansa Jadul
Gambar: Cafeberita.com

Kopiriolo Nama Cafe Unik dengan Nuansa Jadul

Diposting pada

Cafe Riolo atau Kopiriolo nama cafe unik, kini cukup dikenal di Makassar. Tempat nongkrong satu ini, cukup murah dan nyaman menghabiskan waktu lowong. Membangun usaha cafe tentunya bukan perkara mudah. Butuh ide, khususnya pada nama cafe dan artinya.

Baca Juga; Nama Cafe Keren dan Artinya

Cari tahu juga mengenai; nama kedai keren, nama cafe keren dan artinya, nama cafe unik di dunia, nama cafe unik di korea, nama cafe unik di indonesia, nama cafe anak muda, nama cafe yang aesthetic, nama-nama cafe islami

Cafe Riolo atau Kopiriolo adalah Nama Cafe Unik di Makassar

Memang cafe atau warung kopi kini kian menjamur dengan berbagai nuansa. Beberapa diantaranya mengusung konsep jadul.

Seperti, cafe Kopiriolo atau cafe riolo. Tempat ngopi yang terletak di Jalan Beruang ini mengusung konsep jadul. Sejumlah aksesorinya dari barang bekas.

Hanya saja, barang bekasnya tersebut berkelas. Langka. Unik. Diambil dari benda-benda peninggalan tempo dulu.

Kesan-kesan jadulnya mulai menyodok dari sejak halaman bistro dengan lantai dua tidak berpagar ini. Disongsong pohon kembang sepatu dea yang bunganya mulai memeras.

Lihat Juga fireflies hertasning di sini

Situasi jadul terasa di lantai dua. Ada beberapa figura beberapa foto warna putih hitam. Beberapa lampu petromak menghias dinding atas musala.

Masalah lantainya, baik di lantai satu dan lantai dua itu beralas tegel jadul warna abu-abu yang dengan bahan semen dan pasir beton, dipadupadankan dengan keramik memiliki motif batik.

Sementara Ivan, pendesain bistro ini menjelaskan, konsep jadul ini opsi si owner. “Ia deskripsikan mimpinya dan saya translate. Nyaris 100 % bangunan lama ini diperbaiki dan dipulas sama sesuai konsep yang diharapkan yaitu minum-minum kopi di rumah tidak di kafe. Seperti bertamu dan minum kopi,” kata Ivan.

Ada Sepeda Ontel di Cafe Riolo – Cafe Jadul Nuansa 70-an di Makassar

Kopiriolo Cafe
Foto: cafeberita.com

Sebutlah, di tempat ngopi ini masih bisa kita jumpai sepeda ontel sebagai penghias. Ada pula canteng atau canting.

Cangkir ini dari besi dan juga cerek atau teko besi. Motif burik. Cukup terkenal pada era 70-an. Kopiriolo nama cafe unik ini sangat cocok untuk disandangnya.

Lihat Juga inspirasi nama cafe bahasa perancis

Tak hanya itu, dalam ruangan berlantai dua ini masih bisa kita jumpai kursi yang sandaran dan alas duduknya menggunakan tali plastik zaman dulu serta yang juga masih memakai rajutan rotan.

Di Cafe Riolo yang menjadi nama unik ini pula, juga terasa di lantai dua. Ada sejumlah figura foto-foto warna hitam putih lengkap dengan hiasan lampu-lampu petromaks terpasang di dinding.

Soal lantainya, baik di lantai satu dan lantai dua lantainya beralaskan tegel jadul. Berwarna abu-abu yang berbahan semen dan pasir beton, dipadu dengan keramik bermotif batik.

Desain dan Interior Ala-ala 70-an ini memang sengaja diusung.

Untuk kamu yang menyenangi konsep vintage, Cafe Riolo ialah opsi terbaik. Tiap pojok coffee shop ini mempunyai sentuhan jadul atau vintage, dimulai dari penyeleksian bangku dan meja, sampai piring dan gelas yang dipakai dalam menyuguhkan menu.

Di muka Café Riolo ini ada teras kecil yang dapat digunakan pengunjung untuk nongkrong sekalian rasakan angin sepoy-sepoy membelai sekujur badan.

Pertama kalinya melalui pintu, kamu akan dimanja dengan lagu Bugis-Makassar. Tempat indoor terasa demikian besar dan luas. Antiknya kembali, Kopi Riolo disanggupi dengan dekor dan ornament yang sudah ada semenjak tahun 1970-an, seperti almari kayu, jam duduk, termos air, guci, dan dinding yang disanggupi photo putih hitam.

Coba cek di sini warkop terdekat dari lokasi saya atau kamu

Kopi Riolo jadi tempat pas untuk habiskan waktu. Nuansa vintage-nya sudah pasti bukan hanya disukai beberapa golongan milenial, tetapi tua-muda berasa nyaman nongkrong di sini.

Minuman dan Makanan Cafe Riolo

Menu minuman dan makanan cukup. Umumnya ialah kulineran ciri khas Sulawesi Selatan. Kopi Riolo memakai kopi opsi ciri khas dari pertanian Sulsel dan bermacam tipe kopi ciri khas Nusantara dari beragam wilayah.

Tidak hanya kopi, beragam minuman modern ada di sini, seperti ice chocolate dan yang lain. Untuk tipe makanan, ada dimulai dari kue sampai makanan berat.

Harga minuman dan makanan sekitar Rp5.000-an sampai Rp20.000-an. Masih cocok di kantong kan?

Lokasi Kopi Riolo atau Cafe Riolo ; Kopi Riolo ada di Jl. Beruang No.19, Mamajang Luar, Kec. Mamajang, Kota Makassar. Membuka start pukul 06:00 sampai 22:00 WITA.

Cafe Riolo – Cafe Jadul – Terinspirasi Orang Jawa

Cafe Jadul
Foto: cafeberita.com

Kata ownernya, Sudomo Pakusadewo, Kopiriolo ini dari kata Kopi Riolo. Kalau dalam bahasa Bugis artinya kopi zaman dahulu.

“Memanfaatkan barang-barang bekas zaman jadul ini sebenarnya terinspirasi dari orang-orang Jawa. Mereka itu banyak kolektor benda tempo dulu,” bebernya.

Coba Intip juga cafe termurah di bandung

Menurut putra kelahiran Jeneponto ini, Kopiriolo nama cafe unik ini sebenarnya sudah lama terpikir untuk diadakan. Sudah cukup lama terpikir.

Pasalnya, daripada tersimpan begitu saja di gudang mending dibersihkan, dirawat untuk kemudian dipasang untuk kian menambah kesan artistik.

“Barang bekas ini beberapa di antaranya saya dapatkan dari teman-teman dan juga hunting (berburu) sana sini,” bebernya.

Misalnya mesin ketik, lampu delman, serta beberapa petromaks yang kini sudah dimodif lampunya nan diganti dengan lampu neon.

Makassar menjadi satu diantara kota besar di daerah timur. Tidak mengejutkan bila kota ini mempunyai banyak sekali warung kopi yang menyebar setiap pojok kota. Bahkan juga di lokasi terasing juga kita bisa mendapati café dengan keunikan berbeda. Tiap café mempunyai kekhasan masing-masing, satu diantaranya adalah Kopi Riolo.

Lihat Juga lacamera coffee bandung menu di sini

Riolo datang dari bahasa Bugis-Makassar yang maknanya jaman dulu. Secara harfiah, kopi Riolo adalah kopi jaman dulu. Sama dengan namanya, coffee shop ini mempunyai konsep unik dan sudah pasti instagramable.

Tidak cuma lokasi yang nyaman sekedar untuk nongkrong bersama sahabat, tetapi tempat yang tenang sekedar untuk kerjakan pekerjaan. Kopi Riolo mempunyai konsep homey ala-ala vintage, jadi jika kamu nongkrong di sini akan terasa seperti sedang berada di rumah sendiri, nyaman, dan malas bergerak.

Konsep jadul demikian terasa dimulai dari pertama kalinya datang di café ini. Pada bagian depan café, ada pohon kembang sepatu dea dengan bunga bercorak merah ceria. Ingat pohon kembang sepatu dea sudah jarang-jarang diketemukan, malah di Kopi Riolo dapat mekar demikian cantik.

Inilah Kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno Tentang Cafe Riolo atau Kafe Riolo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.