spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Klasifikasi Alat Musik Menurut Fungsi| Cara Dan Sumber Bunyinya

Cafeberita.com – Penggolongan jenis-jenis alat musik. Instrumen atau alat musik ialah salah satu media seni musik yang memegang peranan penting dalam penciptaan suatu karya musik. Dalam seni musik dimengerti beraneka ragam instrumen musik dengan karakternya masing-masing yang kalau digunakan baik secara tunggal atau secara ensambel akan menciptakan musik dengan abjad tertentu yang lalu dimengerti selaku anutan musik. Penggunaan beraneka ragam alat musik yang berlainan yang dipadukan dengan tenik tertentu juga menciptakan abjad musik yang sanggup dibedakan menurut tananan masyarakat. Jika ditinjau dari sisi tersebut , maka instrumen musik secara garis besar sanggup dibedakan menjadi dua jenis , yakni alat musik tradisional dan alat musik modern. Seiring dengan perkembangannya , alat musik tradisi dan alat musik terbaru terkadang dipadukan sehingga berbaur dan menciptakan musik tertentu. Pada potensi ini , Edutafsi akan membahas pengelompokkan alat musik berdasarakn fungsi , cara memainkan dan sumber bunyinya.

A. Jenis Alat Musik Berdasarkan Fungsinya

Sebagai media seni musik , tentunya instrumen atau alat musik sengaja diciptakan dengan fungsi tertentu sesuai dengan abjad yang dihasilkan. Setiap alat musik memiliki faedah yang khas sehingga keberadaannya memberi warna tersendiri dalam karya musik yang dihasilkan.

Dilihat menurut fungsinya , alat musik sanggup dibedakan menjadi tiga jenis , yakni alat musik melodis , alat musik serasi , dan alat musik ritmis. Ketiga fungsi tersebut ialah fungsi vital dari suatu alat musik sehingga dihasilkan suatu karya musik yang menawan dan nikmat untuk didengar.

#1 Alat Musik Melodis
Alat musik melodis yakni alat musik yang sanggup berfungsi untuk menciptakan melodi dalam suatu lagu. Secara lazim , alat musik melodis tidak sanggup memainkan kord secara tunggal. Beberapa alat musik yang memiliki faedah melodis antara lain biola , rekorder , harmonika , flute , saxofon , trombon , dan sebagainya.

#2 Alat Musik Harmonis
Alat musik yang memiliki faedah serasi disebut alat musik harmonis. Fungsi serasi yakni memainkan harmoni dalam suatu lagu. Alat ini sanggup memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan. Contoh : gitar , keyboard , harpha , piano , organ , siter , kentrung , dan sebagainya.

#3 Alat Musik Ritmis
Alat musik ritmis yakni alat musik yang berfungsi selaku pengiring pengatur tempo pada lagu. Alat musik ini menolong memberi ketukan pada suatu lagu. Alat musik ini biasanya bernada tetap atau tidak bernada , umpamanya drum , triangele , tifa , ketipung , tamborin , cymbal , kedang , dan sebagainya.

Baca juga :  Jenis Seni Musik Berdasarkan Tatanan Masyarakat.

B. Macam Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkannya

Selain fungsi , abjad suatu alat musik juga sanggup dilihat dari cara memainkannya. Berdasarkan cara memainkannya , instrumen musik sanggup dibedakan menjadi enam kalangan , yakni alat musik gesek , petik , pukul , tiup , getar , dan alat musik tekan.

#1 Alat Musik Gesek
Alat musik gesek yakni alat musik yang dimainkan dengan cara digesek. Alat musik ini biasanya ialah alat musik kordofon yang menggunakan dawai atau senar. Beberapa alat musik gesek antaralain viola , celo , rebab , contre bass , dan sebagainya.

#2 Alat Musik Petik
Alat musik petik yakni alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari atau alat kecil khusus untuk menolong petikan. Sama seumpama alat musik gesek , alat musik petik biasanya juga menggunakan senar , umpamanya gitar , siter , kecapi , lute , harpa , banjo , ukulele dan sebagainya.

#3 Alat Musik Pukul
Alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul disebut selaku alat musik pukul. Alat musik ini dipukul secara mekanik sanggup ialah alat idifofon atau membranofon. Beberapa pola alat musik pukul antaralain kendang , drum , tamborine , timpani , rebana , bongo , talempong , gong , saron , dan sebagainya.

#4 Alat Musik Tiup
Sesuai dengan namanya , alat musik tiup yakni alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Bunyi pada alat musik ini berasal dari getaran udara dalam tabung sehingga tergolong alat musik aerofon. Contoh alat musik tiup antaralain rekorder , flute , terompet , trombone , klarinet , pianika , suling , horn , oboe , saxofon , harmonika , dan sebagainya.

#5 Alat Musik Goyang
Alat musik goyang atau alat musik getar ialah alat musik yang dimainkan dengan cara diguncang atau digoyang biar bergetar. Contoh alat musik ini yang paling pouler yakni angklung , tamborin , dan marakas.

#6 Alat Musik Tekan
Alat musik tekan yakni alat musik yang dimainkan dengan cara memberi tekanan menggunakan jari. Alat musik ini biasanya mengunakan bilah nada dalam susunan yang khusus , umpamanya keyboard , organ , piano , dan akordeon.

Baca juga : Perbedaan Seni Musik Tradisional dan Musik Modern.

C. Instrumen Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya

Jika ditinjau menurut sumber bunyinya , maka alat atau instrumen musik sanggup dikelompokkan menjadi tiga golongan , yakni alat musik idiofon , membranofon , kordofon , aerofon , dan elektrofon. Berikut klarifikasi dari masing-masing alat musik tersebut.
 
#1 Idiofon → getaran inti

Idiofon yakni jenis alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran badan pecahan inti dari instrumen itu sendiri. Alat musik idifofon biasanya dimainkan dengan cara dipukul. Beberapa pola idiofon antaralain gong , kastanyet , bonang , angklung , saron , gender , dan sebagainya.

#2 Membranofon → selaput membran
Sesuai dengan namanya , membranofon yakni alat musik yang sumber bunyinya berasal dari membran atau selaput yang terdapat pada instrumen tersebut. Alat musik ini biasanya dimainkan dengan cara dipukul menggunakan jari atau alat pemukul , umpamanya gendang , conga , rebana , timpani , bongo , bass drum , dan sebagainya.

Klasifikasi alat musik menurut  fungsi dan sumber bunyinya.

#3 Kordofon → dawai atau senar
Kordofon yakni jenis instrumen musik yang sumber bunyinya berasal dari seutas tali yang disebut dawai atau senar. Alat musik ini dimainkan dengan cara yang beraneka ragam , ada yang dipetik , ada yang digesek , dan ada yang dipukul. Contoh : harpa , lute , mandolin , gitar , ukelele , banji , siter , viola , celo , rebab , dan piano.

#4 Aerofon → getaran udara
Alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara dalam tabung disebut alat musik aerofon. Alat musik ini biasanya dimainkan dengan cara ditiup. Beberapa alat musik aerofon antaralain terompet , suling , flute , rekorder , horn , trombone , saxofon , oboe , harmonika , akordeon , pianika , dan sebagainya.

#5 Elektrofon → sirkuit elektronik
Elektrofon yakni alat musik yang sumber bunyinya berasal dari suatu sinyal yang dihasilkan dari hasil getaran atau osilasi sirkuit listrik. Contoh alat musik elektrofon yang cukup terkenal antaralain organ , electon , keyboard , dan sebagainya.

Baca juga : Contoh Musik Modern Nusantara dan Mancanegara.

Share ke Facebook >>Share ke Twitter >>
Cafeberita.com yakni blog wacana materi belajar. Gunakan Kolom Search atau pencarian untuk mendapatkan materi mencar ilmu yang ingin dipelajari.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang! Pengunduh Video Online Gratis : https://r.cafe/

Popular Articles