spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Kisaran Ongkos Hidup Untuk Kuliah Di Medan

Medan masih menjadi kota tujuan banyak orang untuk melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Salah satu alasannya merupakan alasannya merupakan ongkos hidup di Medan relatif lebih terjangkau. Di universitas Sumatera Utara bahkan banyak pelajar dari Malaysia yang kuliah di jurusan kedokteran alasannya merupakan ongkosnya jauh lebih hemat biaya dibanding ongkos kuliah di Malaysia. Padahal , ongkos yang mereka bilang murah itu merupakan ongkos jalur sanggup bangun diatas kaki sendiri yang bagi sebagian besar orang niscaya mahal. Jika anda berkuliah di USU , anda akan niscaya akan berjumpa dengan mereka suatu saat.

Jika anda bertujuan melanjutkan kuliah di kota Medan , maka tidak ada salahnya anda mencari tahu kisaran ongkos hidup di sana untuk menyiapkan dana anda. Secara lazim , ongkos hidup di kota Medan relatif terjangkau sesuai dengan kemampuan. Baik ongkos untuk wilayah tinggal , duit makan , transportasi , ongkos kebutuhan kuliah , seluruhnya sanggup kita sesuaikan. 
biaya hidup di medan

Berikut ini kami suguhkan kisaran ongkos hidup di kota Medan :

  1. Biaya Tempat Tinggal

    Untuk wilayah tinggal , jikalau anda menegaskan tinggal di suatu kamar kos maka anda mesti menyiapkan duit sekitar 2 juta − 5 juta untuk satu kamar pertahunnya. Biasanya dalam satu kamar bisa berisikan dua atau tiga orang bergantung daya tampungnya sehingga ongkos di atas sanggup dibagi menurut jumlah penghuni. Untuk wilayah tinggal yang perbulan , biasanya harga sewanya berkisar antara 300 ribu hingga 600 ribu perbulan. Biasanya , kamar kos yang telah berisi kepraktisan lengkap menyerupai wilayah tidur , lemari busana , dan meja mencar ilmu akan lebih mahal.

    Selain kamar kos , anda juga sanggup mencari rumah kontrakan. Sejauh ini harga sewa rumah kontrakan berkisar antara 5 juta − 10 juta pertahun tergantung pada jumlah ruangan dan fasilitasnya. Harga tersbut akan menjadi lebih ringan jikalau anda punya teman dekat yang sanggup anda ajak untuk menyewa bareng sehingga ongkosnya sanggup diatasi bersama. Temat tinggal yang terletak di lingkungan kampus biasanya lebih mahal dari wilayah yang lebih jauh dari kampus.

  2. Biaya Makan

    Untuk ongkos makan ada bebepa opsi alternatif yang sanggup anda laksanakan sesuai dengan kesanggupan anda. Anda sanggup menggunakan jasa katering , masak sendiri , makan lepas , atau berbelanja lauk dan sayur. Jika anda menggunakan jasa katering maka harga yang mesti anda bayar merupakan berkisar antara 350 ribu − 500 ribu perbulan untuk paket lengkap nasi , sayur , dan lauk dan itu biasanya untuk 2 kali makan yakni makan siang dan malam. Jika anda mengolah masakan nasi sendiri di kamar anda dan cuma katering lauk dan sayur maka harganya akan lebih murah.

    Alternatif kedua yang dapat anda laksanakan merupakan mengolah masakan sendiri. Sebagian besar mahasiswi menyampaikan bahwa mengolah masakan sendiri lebih ekonomis alasannya merupakan anda sanggup menyesuaikan apa yang mau anda makan dan akan lebih ekonomis lagi jikalau anda melakukan pekerjaan sama dengan teman-teman anda untuk masak bersama. Untuk citra , anda dapat saja masak bareng dengan 4 orang teman dekat anda , jikalau anda menghimpun duit 10 ribu perorangnya maka anda telah bisa berbelanja bahan-bahan masakan anda untuk satu haru atau lebih. Masak sendiri condong lebih sehat alasannya merupakan anda dapat menegaskan proses dan kebersihannya.

    Jika anda tentukan untuk makan lepas (membeli nasi di warung) maka ongkos yang anda keluarkan berkisar antara 8 ribu − 15 ribu untuk satu porsi. Di lingkungan sekitar kampus biasanya harga nasi dengan lauk ikan atau ayam lengkap dengan sayurnya merupakan 8 ribu atau 10 ribu untuk satu porsi. Sedangkan jikalau anda cuma berbelanja sayur dan lauk maka harganya 5 ribu atau 6 ribu perporsinya. 

  3. Biaya Keperluan Sehari-hari

    Jika anda kuliah di luar kota maka anda perlu menyetok barang-barang kebutuhan sehari-hari anda menyerupai perlengkapan mandi , perlatan mencuci , tisu , pewangi , dan sebagainya. Harga yang anda perlukan akan sungguh beragam. yang mesti anda amati dalam hal ini merupakan mencari wilayah pembelian yang menampilkan harga lebih murah. Tanyalah teman dekat atau senior anda perihal hal tersebut alasannya merupakan kadang-kadang ada beberapa wilayah yang memasarkan barang dengan harga di atas harga pasarana.

    Jika anda bebelanja kebutuhan bulanan (untuk stok) maka akan relatif lebih hemat biaya jikalau anda membelinya di market besar menyerupai Metro , Carefour , Hypermart , mini market , atau kedai di sekeliling anda yang harganya memang lebih hemat biaya dari wilayah lain. Bila anda jeli menjumlah , maka anda akan lebih ekonomis berbelanja di tempat-tempat tersebut dengan catatan anda memang belanja untuk stok (dalam jumlah relatif besar) , alasannya merupakan kalau cuma beli sabun sebiji saja anda pergi ke Carefour maka bukan meminimalisir namanya tetapi ‘ngabis-ngabisin’ ongkos.

  4. Biaya Transportasi

    Untuk transportasi anda dapat menggunakan jasa transportasi lazim atau angkot , sudako , becak dayung , dan betor. Untuk angkot , ongkos yang mesti kita siapkan merupakan Rp 4.600 ,- perestafet (1 estafet = 10 km). Jika anda menggunakan jasa angkot untuk pergi ke wilayah yang jaraknya akrab maka berilah duit pas 2 ribu atau 3 ribu sesuai dengan kewajaran. Jika jarak yang anda tempuh kurang dari 10 km , maka biasnya anda cuma mesti mengeluarkan duit 4 ribu saja (anda akan paham nantinya).

    Untuk betor , harga yang mesti bayar bergantung pada kepintaran anda dalam menawar harga. Sekedar kiat , tanyalah apalagi dulu terhadap teman dekat anda yang tahu ongkos betor ke wilayah tujuan anda biar anda punya patokan harga dan tidak tertipu oleh tukang betor yang mematok harga di atas persyaratan (Biasalah , kakak becak). 

  5. Biaya Keperluan Kuliah

    Sama menyerupai no 3 tadi , jikalau anda menerima wilayah yang murah maka anda akan bisa meminimalisir pengeluaran anda , sebaliknya jikalau anda menegaskan wilayah yang di atas persyaratan , maka anda mesti mengeluarkan ongkos lebih besar dari harapan. Sebagai teladan dikala ini rata-rata ongkos fotocopy merupakan Rp 100 ,- atau Rp 150 ,- perlembarnya. Tetapi jikalau anda kurang hati-hati maka anda akan menerima wilayah fotokopi yang harganya lebih mahal dari itu. Adakalanya nanti anda merasa ongkos fotokopi kok nyaris sama dengan harga buku aslinya. Makara , pintar-pintarlah.

    Ketika kuliah maka anda akan sering mengetik dan mencetak tugas. Biaya print (cetak) di lingkungan kampus akan sungguh beragam. Harga pasaran dikala ini berkisar antara Rp 250 ,- hingga Rp 350 ,- untuk print hitam putih dan Rp 500 ,- hingga Rp 1500 ,- untuk print warna tergantung pada banyak warnanya. Jika anda cermat maka anda dapat meminimalisir ongkos tersebut alasannya merupakan di sekeliling kampus biasanya ada wilayah yang harganya lebih miring. Banyaklah mengajukan pertanyaan maka anda akan tahu.

  6. Biaya Hiburan

    Tidak bisa disangkal bagaimanapun juga kita butuh hiburan untuk menetralisir frustasi akhir acara kuliah yang menumpuk. Ada banyak hiburan yang dapat anda nikmati di kota Medan dengan harga yang relatif terjangkau. Hiburan yang paling lazim di golongan mahasiswa merupakan nonton bioskop , karaoke , jalan-jalan di mall , membaca di toko buku , masakan , dunia fantasi , atau sekedar ngumpul bareng teman.

    Biaya tiket nonton biasanya berkisar Rp 30.000 ,- atau lebih untuk hari biasa dan menjadi lebih mahal untuk tamat pekan dan hari libur. Jika anda kegemaran menyanyi maka anda dapat bernyanyi di wilayah karaoke dengan harga bermacam-macam sesuai dengan ukuran ruangan. Secara lazim harga tersebut berkisar antara Rp 30.000 ,- hingga Rp 60.000 ,- perjamnya untuk satu ruangan dan akan lebih mahal pada jam-jama ramai. Anda juga bisa menjajal alternatif karaoke yakni karaoke box dengan ongkos Rp 2.500 ,- perlagunya.

    Jika anda kegemaran membaca , maka wilayah hiburan yang tepat merupakan toko buku yang dapat anda kunjungi dengan menyiapkan ongkos transportasi saja jikalau anda cuma sekedar lihat-lihat sambil baca-baca.

Share ke Facebook >>Share ke Twitter >>
Cafeberita.com merupakan blog wacana materi belajar. Gunakan Kolom Search atau pencarian untuk menerima materi mencar ilmu yang ingin dipelajari.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang!

Popular Articles