spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Kecenderungan Energi Ionisasi Atom Dalam Satu Kelompok Dan Periode

Cafeberita.com – Sifat Periodik Unsur Energi Ionisasi. Ketika pertama mempelajari wacana muatan listrik dalam suatu atom , sudah disebutkan bahwa suatu atom secara total yakni netral atau tidak bermuatan. Hal itu terjadi lantaran jumlah partikel yang bermuatan positif (proton) dan jumlah partikel bermuatan negatif (elektron) sama besar. Meski begitu , pada beberapa keadaan , suatu atom sanggup mengalami ionisasi dan membentuk ion. Ion yang terbentuk sanggup berupa ion positif atau ion negatif. Ketika suatu atom kehilangan atau melepas elektron , maka akan terbentuk ion positif. Proses pelepasan elektron dari kulit terluar suatu atom membutuhkan energi dan ini bermitra dengan energi ionisasi.

Saat membahas perihal jari-jari atom , edutafsi sudah memaparkan korelasi antara nomor atom dan gaya tarik inti. Gaya tarik inti bergantung pada besar muatan inti dan jari-jari atom. Semakin besar muatan inti maka akan kian besar gaya tarik inti tersebut. Akan tetapi , dalam hal ini perlu juga diamati imbas jari-jari atom.

Jari-jari atom diputuskan oleh banyak kulit atom dan kulit atom bermitra dengan konfigurasi elektron. Itu artinya bermitra juga dengan nomor atom. Semakin besar nomor atom atau muatan inti , maka jari-jari atom kian besar. Semakin besar jari-jari atom , maka gaya tarik inti kian lemah lantaran kulit terluar sudah kian jauh.

Nah , berikutnya gaya tarik inti ini mempengaruhi besar energi ionisasi suatu atom. Energi ioniasi yakni besarnya energi yang dikehendaki untuk melepas satu elektron dari suatu atom netral  dalam wujud gas sehingga terbentuk ion berwujud gas dengan muatan positif satu.

Kecenderungan energi ionisasi atom

Pelepasan elektron kedua (dari ion positif satu) disebut energi ionisasi kedua , pelepesan elektron ketiga disebut energi ionisasi ketiga , dan begitu seterusnya. Harga energi ionisasi dipengaruhi oleh jari-jari atom dan jumlah elektron valensi atau muatan inti.

Sebagai referensi , bila dinyatakan dalam satuan mol , Litium memiliki energi ionisasi sebesar 520 kJ. Itu artinya , untuk melepas satu elektron dari atom litium netral dalam wujud gas dikehendaki energi sebesar 520 kJ atau setara dengan 8 ,64 x 10-19 J per atomnya.

A. Energi Ionisasi Pada Satu Golongan

Unsur-unsur yang berada pada satu kelompok memiliki elektron valensi yang serupa , tetapi memiliki jumlah kulit yang berbeda. Jumlah kulit dalam satu kelompok dari atas ke bawah kian besar sehingga jari-jari atomnya kian ke bawah juga kian besar.

Karena jari-jari atom dalam satu kelompok , dari atas ke bawah kian besar , maka gaya tarik inti terhadap elektron terluar kian lemah (sebab jarak kulit terluar dengan inti sudah kian jauh). Karena gaya tarik kian lemah , maka energi ionisasi berkurang.

Jadi , dalam satu kelompok , dari atas ke bawah , energi ionisasi atom condong kian kecil (perhatikan ilustrasi di atas). Gambar di atas menyediakan kecenderungan energi ionisasi dari unsur-unsur kelompok utama. Perhatikan tanda panah dan keterangannya.

Dengan demikian , bila kita bandingkan energi ionisasi dari unsur-unsur kelompok IA (H , Li , Na , K , Rb , Cs) , atom hidrogen memiliki energi ionisasi lebih besar dibandingkan dengan atom Natrium. Sedangkan atom Natrium memiliki energi ionisasi lebih kecil dibandingkan dengan atom Litium.

B. Energi Ionisasi Pada Satu Periode

Unsur-unsur yang berada pada satu periode memiliki jumlah kulit yang serupa , tetapi memiliki elektron valensi atau muatan inti yang berbeda. Muatan inti dalam satu periode , dari kiri ke kanan kian besar sehingga gaya tarik inti terhadap elektron terluar kian besar dan jari-jari menjadi lebih kecil.

Karena gaya tarik inti dalam satu periode , dari kiri ke kanan kian besar , maka untuk melepaskan suatu elektron dari kulit terluar juga diperlukan energi yang lebih besar. Dengan demikian , kian ke kanan , energi ionisasi kian besar.

Jadi , dalam satu periode , dari kiri ke kanan , energi ionisasi atom condong kian besar (perhatikan gambar). Gambar di atas menyediakan kecenderungan energi ionisasi dari unsur kelompok utama yang terletak pada satu periode. Perhatikan arah anak panah dan keterangannya.

Demikianlah pembahasan singkat perihal kecenderungan sifat energi ionisasi atom dalam satu kelompok dan satu periode. Jika materi mencar ilmu ini berharga , bantu kami membagikannya terhadap kawan anda lewat tombol share di bawah ini.

Share ke Facebook >>Share ke Twitter >>
Cafeberita.com yakni blog wacana materi belajar. Gunakan suguhan atau pencarian untuk mendapatkan materi mencar ilmu yang ingin dipelajari.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang!

Popular Articles