spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Jenis-Jenis Benda Menurut Kondisi Muatannya

Cafeberita.com – Ketika menyaksikan suatu benda , pernahkah anda berfikir perihal partikel yang menyusun benda tersebut? Sebuah benda pada dasarnya berisikan molekul-molekul benda , yakni bab kecil benda yang masih mempunyai sifat yang serupa dengan benda tersebut. Jika molekul suatu benda dibagi lagi , maka akan diperoleh suatu bab terkecil dari benda yang sudah tidak sanggup dibagi dengan reaksi kimia biasa yang disebut selaku atom. Pada peluang ini , edutafsi akan membahas perihal bab terkecil yang menyusun suatu benda dan penggolongan benda menurut kondisi muatan listriknya.

A. Pengertian Atom dan Muatannya

Atom yakni bab terkecil dari suatu benda yang sudah tidak sanggup dibagi lagi dengan reaksi kimia biasa. Tidak sama menyerupai molekul yang sifatnya sama dengan benda , atom suatu benda lazimnya tidak lagi mempunyai sifat yang serupa dengan bendanya.

Meski tidak sanggup dibagi dengan reaksi kimia biasa , tetapi para ilmuwan sudah sukses menerima suatu fakta bahwa atom benda masih berisikan beberapa partikel-partikel yang sungguh kecil selaku penyusunnya. Sebuah atom disusun oleh jarak tiga partikel subatom yang penting , yakni proton , neutron , dan elektron.

Secara garis besar , atom berisikan dua bab yakni inti atom dan kulit atom. Inti atom atau nukleus ialah bab sentra atom yang tersusun oleh proton dan neutron. Sedangkan pada bab kulit terdapat elektron yang bergerak mengitari inti atom.

Neutron ialah partikel penyusun inti atom yang tidak bermuatan listrik atau bersifat netral. Proton yakni partikel bermuatan nyata sedangkan elektron yakni partikel bermuatan negatif. Besar muatan listrik proton dan elektron yakni sama , tetapi jenisnya berlainan (proton nyata sedangkan elektron negatif).

Baca juga : Kumpulan Rumus Listrik Statis.

B. Muatan Listrik dalam Atom

Secara lazim , suatu atom mempunyai jumlah proton di dalam nukleus yang sempurna sama dengan jumlah elektron yang mengitarinya sehingga pada kondisi itu , atom disebut tidak bermuatan atau netral. Karena muatan proton dan elektron sama besar tetapi berlainan tanda , maka pada atom yang jumlah proton dan elektronnya sama , muatan totalnya sama dengan nol.

Proton ialah bab atom yang terikat mempunyai efek di dalam nukleus sehingga sungguh sulit lepas dari atom. Sebaliknya , elektron yang posisinya relatif agak jauh dari inti atom sanggup lepas dari atom. Karena sanggup bergerak , pada kondisi tertentu elektron sanggup meninggalkan atom.

Jika elektron bergerak meninggalkan atom , maka muatan inti atom akan menjadi lebih besar ketimbang muatan seluruh elektron yang tersisa. Karena jumlah muatan inti lebih besar dari muatan elekronnya , maka atom tersebut akan bermuatan positif.

Sebaliknya , dikala suatu atom netral mendapatkan elektron bebas dari atom lain , maka jumlah muatan elektronnya menjadi lebih banyak ketimbang muatan intinya. Karena jumlah muatan seluruh elektron lebih besar ketimbang muatan pada dasarnya , maka atom menjadi bermuatan negatif.

Nah , menurut ulasan tersebut , maka kita sanggup membedakan atom menurut kondisi muatannya. Berdasarkan jumlah muatan nyata dan muatan negatifnya , atom sanggup dibedakan menjadi tiga , yakni atom netral , atom bermuatan nyata , dan atom bermuatan negatif.

#1 Atom Netral
Atom netral atau atom yang tidak bermuatan listrik yakni atom yang jumlah muatan pada dasarnya sama dengan jumlah muatan elektronnya. Dengan kata lain , atom netral mempunyai jumlah proton dan jumlah elektron yang serupa besar.

#2 Atom Bermuatan Positif
Atom bermuatan nyata yakni atom yang jumlah muatan pada dasarnya lebih banyak ketimbang muatan elektronnya. Dengan kata lain , atom bermuatan nyata yakni atom yang kehilangan satu atau beberapa elektron sehingga jumlah protonnya lebih banyak ketimbang jumlah elektronnya. Ketika satu atau lebih elektron keluar meninggalkan atom , maka atom diionisasi dan menjadi ion positif.

#3 Atom Bermuatan Negatif
Atom bermuatan negatif yakni atom yang jumlah muatan pada dasarnya lebih minim ketimbang muatan elektronnya. Dengan kata lain , jumlah elektronnya lebih banyak ketimbang jumlah protonnya. Ketika suatu atom mendapatkan elektron , maka atom diionisasi menjadi ion negatif.

C. Pembagian Benda Berdasarkan Muatannya

Karena suatu benda tersusun oleh atom-atom , maka pada skala yang lebih besar , suatu benda juga sanggup ditinjau menurut kondisi muatannya. Berdasarkan kondisi muatannya , benda juga sanggup dibedakan menjadi tiga jenis , yakni benda netral , benda bermuatan nyata , dan benda bermuatan negatif.

#1 Benda Netral
Benda netral atau benda yang tidak bermuatan listrik yakni benda yang jumlah muatan positifnya sama dengan jumlah muatan negatifnya. Dengan kata lain , jumlah proton dan elektron dalam benda netral yakni sama besar.

#2 Benda Bermuatan Positif
Benda dibilang bermuatan nyata kalau jumlah muatan positifnya lebih besar ketimbang jumlah muatan negatifnya. Dengan kata lain , benda bermuatan nyata yakni benda yang jumlah protonnya lebih besar dari jumlah elektronnya. Benda bermuatan nyata lazimnya ditampilkan dengan tanda nyata selaku simbol ion positif.

Benda netral , bermuatan nyata , dan negatif

#3 Benda Bermuatan Negatif
Atom bermuatan negatif yakni benda yang jumlah muatan negatifnya lebih banyak ketimbang jumlah muatan positifnya. Dengan kata lain , pada benda bermuatan negatif , jumlah elektronnya lebih banyak ketimbang jumlah protonnya. Benda bermuatan negatif ditampilkan dengan tanda negatif selaku simbol ion negatif.

Benda yang tidak bermuatan listrik sanggup diubah menjadi benda bermuatan listrik. Salah satu cara yang digunakan untuk merubah benda netral menjadi bermuatan listrik yakni dengan cara menggosok benda tersebut dengan benda lain. Ketika digosok , benda akan mengobrol gejal listrik statis yang lemah akhir perpindahan elektron.

Demikian pembahasan singkat perihal pemahaman atom dan jenis-jenis benda menurut kondisi muatannya yang sanggup edutafsi bagikan. Semoga pembahasan ini berfaedah utamanya untuk proses pembelajaran. Jika konten yang anda baca berfaedah , bantu kami membagikannya terhadap teman-teman anda memalui tombol share yang tersedia.

Buat teman-teman yang lebih senang berguru lewat video , edutafsi juga sudah mempersiapkan video pembelajaran perihal jenis-jenis benda menurut muatannya yang sanggup teman-teman tonton di channel tafsi video. Like dan share video kita ya. Dan jangan lupa untuk berlangganan bagi yang belum subscribe. Terimakasih.

Share ke Facebook >>Share ke Twitter >>
Cafeberita.com yakni blog wacana materi belajar. Gunakan Kolom Search atau pencarian untuk menerima materi berguru yang ingin dipelajari.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang! Pengunduh Video Online Gratis : https://r.cafe/

Popular Articles