Beranda Berita Jelang Idul Adha Ustad Abdullah Renre, Ini Anjurannya

Jelang Idul Adha Ustad Abdullah Renre, Ini Anjurannya

88
0
Jelang Idul Adha Ustad Abdullah Renre
Ustad Abdullah Renre.

CAFEBERITA.COM – Jelang Idul Adha Ustad Abdullah Renre MA memberikan pencerahan. Berikut hal yang menurutnya harus diperhatikan.

Jelang Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1441 Hijriah yang jatuh pada tanggal 31Juli 2020 mendatang, Ustad Dr KH Abdullah Renre MA menyampaikan mengenai kurban yang identik dengan perayaan tersebut.

Hal itu dikatakannya saat menjadi penceramah pada Pencerahan Qalbu Jumat Ibadah yang dilakukan Pemkab Gowa melalui via zoom di Peace Room A’Kio, Jumat (17/7/2020).

Ustad Abdullah Renre yang juga dosen UIN Alauddin itu mengatakan, Jelang Idul Adha udhiyah disebut juga kurban yang merupakan apa yang disembelih pada hari penyembelihan.

Ini untuk disedekahkan kepada fakir miskin, dinamai dengan itu karena dilakukan pada hari adha dan waktu dhuha.

Menurutnya udhiyah, dalam memberikan bantuan sosial sebaiknya dibedakan. Meskipun dalam islam berbagi kepada saudara yang terkena musibah sangat dianjurkan.

“Dalam Islam ada atau tidak ada musibah udhiyah tetap terlaksana, sehingga jika melakukan udhiyah dan bansos lebih baik dibedakan tetapi tidak ada salahnya saat memberikan bantuan sosial kepada saudara yang terkena musibah udhiyah itu bisa diikutkan,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu dirinya juga mengingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan selalu menggunakan masker hingga menjaga kebersihan diri karena Islam selalu mengajarkan mengenai kebersihan.

“Dimasa pandemi ini protokol kesehatan saat penting, jadi tetap jaga jarak dan menggunakan masker serta selalu cuci tangan,” ungkapnya.

Ia berharap apa yang menjadi syariat islam untuk selalu ditatati, dijalani dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. (JN/rls)

Jelang Idul Adha

Hari Raya Idul Adha adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Ada sejumlah ibadah puasa sunnah yang bisa dilakukan.

Ada tiga puasa Adha yang dianjurkan dalam agama Islam. Yakni melaksanakan Puasa Dzulhijjah, Puasa Tarwiyah, dan Puasa Arafah.

Ketiga puasa sunah ini dilaksanakan pada hari yang berbeda. Misalnya untuk puasa Arafah dilaksanakan saat wukuf di tanah Arafah.

Untuk Puasa Tarwiyah itu dilakukan sehari setelah puasa Dzulhijjah. Tepatnya pada 8 Dzulhijjah.

Nabi Muhammad SAW bersabda, barang siapa yang menjalankan puasa Tarwiyah maka akan dihapus dosa satu tahun silam yang telah terlewati. (*)

Penulis : Mis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here