hakpen rajut
Macam-macam hakpen rajut

Hakpen Rajut Mengenal Macam-Macam Ukuran dan Bentuk

Hakpen rajut itu memiliki ukuran dan bentuk yang bermacam-macam. Berikut ini kami dari cafeberita akan membeberkan mengenai hal tersebut. Silakan disimak!

Sebaiknya cari tahu juga mengenai harga hakpen rajut satuan, hakpen untuk pemula, ukuran hakpen rajut untuk pemula, hakpen rajut yang bagus, hakpen 3/4, macam-macam hakpen, hakpen set, ukuran hakpen rajut, jenis benang rajut beserta gambar, benang rajut untuk taplak meja

Mengenal Macam-Macam Hakpen Rajut

Mengenal Jarum Rajut – Knitting and Crocheting

Jarum rajut pada umumnya adalah jarum yang digunakan untuk merajut/merajut benang sampai hasilkan kain rajutan.

Secara umum, aktivitas rajut-merajut terdiri dari 2 jenis yakni knitting dan crocheting. Knitting kerap ditranslate ke bahasa Indonesia menjadi “merajut”, dan crocheting ditranslate “merenda”.

Walau menurut saya penafsiran crocheting menjadi “merenda” kurang cocok rasanya, karena “renda” mayoritas adalah datang dari aktivitas crocheting, tetapi tidak seluruhnya crocheting hasilkan “renda”. Dengan bahasa Inggris juga, istilah yang umum digunakan untuk renda adalah “lace”.

Tetapi karena kebatasan bahasa Indonesia, banyak yang menterjemahkan crochet dengan renda.

Karena knitting dan crocheting adalah dua hal yang berbeda, oleh karena itu jarum yang digunakan berbeda juga.

Jarum rajut untuk crochet mempunyai ujung yang berkait.

Lihat Juga Taplak Meja Rajut Motif Bunga atau Hati, Ini Cara Membuatnya

Nach, crochet sebetulnya terbaik ditranslate dengan mengait, yang mana makin tidak terkenal pemakaiannya, karena kata “kait” berkonotasi dengan pancing. Negara jiran Malaysia lah yang menggunakan istilah “kait” ini untuk crochet.

Dalam rekomendasi rajut berbahasa Inggris benar-benar gampang membandingkan di antara jarum crochet dan knitting. Bila menggunakan istilah “hook”, memiliki arti yang diartikan adalah hakpen/crochet. Dan untuk knitting, istilah yang digunakan adalah “needle”.

Jarum Rajut / Crochet Hook / Hakpen

Jarum rajut berkait ini terkenal bernama hakpen, ada pula yang menyebutkan hakken yang bahasa Inggrisnya adalah crochet hook.

Jarum rajut atau crochet hook mempunyai ujung berkait yang panjang jarum kesemuaannya sekitar di antara 13-15 cm.

Jarum rajut ini mempunyai ukuran yang berbagai macam, sesuai besar penampang benang yang digunakan untuk hasilkan kreativitas rajutan.

Ukuran paling kecil yang pernah saya jumpai adalah 0,6 mm, dan terbesar adalah 10mm. Ukuran itu dihitung berdasar lebar pengaitnya (saksikan gambar).

Untuk hasilkan rajutan yang rapat, umumnya saya menggunakan ukuran jarum yang lebih kecil dari standard benangnya.

Kebalikannya untuk hasilkan rajutan yang renggang, saya pakai jarum yang semakin besar dibanding standard benang.

Jarum rajut yang tersebar di pasar umumnya dibuat berbahan besi, stainless steel, aluminium dan bambu.

Macamnya ada dua, yakni singgel pointed dan ganda pointed. Singgel pointed mempunyai satu kait per jarum, dan ganda pointed mempunyai dua kait sama ukuran yang berbeda pada setiap ujungnya.

Jarum rajut crochet yang kecil (lace) sama ukuran di bawah 2 mm biasanya menggunakan bahan stainless steel atau besi yang kuat.

Lihat Juga Benang Rajut untuk Selimut Bayi

Dan yang semakin besar dari 2 mm menggunakan bahan aluminium karena lebih enteng bila untuk jarum besar.

Crochet hook tidak dibikin secara eksklusif untuk digunakan dengan tangan kanan atau tangan kiri. Langkah menggenggamnya juga terserah ke penggunanya, sesuai dengan selera semasing.

Akan tetapi pada umumnya orang menggenggam hakpen dengan salah satunya langkah berikut ini:

  1. Style pensil. Menggenggam jarum seperti menggenggam pensil.
  2. Style pisau. Menggenggam jarum seperti memegang pisau untuk mengiris.

Jarum Knit / Knitting Needle / Breien

Jenis yang ke-2 adalah jarum rajut untuk knitting, bahasa Inggrisnya adalah knitting needle. Jarum knit ini terkenal dengan panggilan “breien”.

Breien ini mempunyai ujung yang lancip, tetapi tidak seruncing jarum untuk menjahit. Dapat disebutkan lancip tetapi pijakl.

Jarum breien ini biasanya lebih panjang dibanding hakpen, juga ukuran benar-benar bervariasi, mulai 1,25 mm sampai 20 mm. Bahan jarum knit ini yang umum adalah besi, aluminium, bambu dan plastik.

Berbeda dengan hakpen, satu ukuran breien ini terbagi dalam 2 buah jarum (ataupun lebih) yang digunakan secara bertepatan, digenggam oleh tangan kanan dan kiri.

Dan pada crochet, satu tangan menggenggam jarum, tangan satunya menggenggam benang.

Type jarum knit ini terdiri menjadi tiga, yaitu; singgel pointed (satu ujung lancip), ganda pointed (dua ujung lancip) dan circular (melingkar).

Pada jarum knit singgel pointed, satu ujungnya lancip, dan ujung yang lain berupa bundar besar (atau wujud yang lain) yang semakin besar dibanding diameter jarum untuk menahan benang selip/terpeleset.

Lihat Juga Cara Membuat Gelang Dari Benang Rajut

Jarum knit ganda pointed adalah yang paling tua, di mana setiap ujungnya lancip. Type yang paling akhir adalah yang paling baru; circular needle.

Type circular ini hampir serupa dengan ganda pointed, namun ke-2 jarum disambungkan dengan sebuah bahan lentur seperti benang atau yang umum adalah seperti selang air.

Masing-masing type jarum knit yang tertera di atas mempunyai manfaat dan kelebihan masing-masing bergantung pada kreativitas rajutan yang sedang dibuat.

Fun fact: Jarum knit paling besar di dunia berdiameter 6,5 cm dengan panjang 3,5 m! Dibikin oleh Julia Hopson bernegara Inggris.