Goa Petruk, Objek Wisata Petualangan Di Kebumen
Goa Petruk, Objek Wisata Petualangan Di Kebumen

Goa Petruk, Objek Wisata Petualangan Di Kebumen

Goa Petruk, objek wisata petualangan di Kebumen. Pantas rasanya bagi warga Indonesia, masyarakat pulau Jawa pada khususnya bersyukur atas limpahan karunia dan karya abadi Tuhan di negeri Indonesia khususnya pulau Jawa.

Cari tahu juga goa jatijajar purwokerto, misteri gua petruk, si petruk, legenda goa petruk, asal usul goa petruk dalam bahasa jawa, petruk satriya ing, apa yang membuat gua petruk menarik untuk dikunjungi, larangan di goa jatijajar

Lihat Juga Taman Wisata Selecta Batu, Objek Wisata Di Kota Batu Malang

Goa Petruk, Objek Wisata Petualangan Di Kebumen

Bagaimana tidak, ratusan goa indah yang menyimpan keindahan serta bukti keagungan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Salah satu goa tersebut adalah Goa Petruk yang berada di daerah Kebumen. Secara admisintratif Goa Petruk terletak di kawasan dukuh Mandayana Kec. Ayah Kab. Kebumen. Jika anda memulai dari Goa Jatijajar, jaraknya sekitar 4,5 km.

Anda tak perlu susah-susah membuat peta karena petunjuk jalan sudah cukup jelas menunjukan letak goa yang indah ini.

Jika memang kebingungan, anda cukup menepi dan bertanya pada warga sekitar yang ramah dan sadar akan potensi wisata Goa Petruk yang juga menambah devisa daerah mereka.

Sesampainya anda disana ada, parkirakan dahulu kendaraan sebelum memulai perjalanan lumayan panjang menuju mulut Goa Petruk.

Sebuah rute berbentu anak tangga sejauh 250 meter siap menantang stamina anda.

Cave Tubing KaliSuci Jogja

Jalani saja dengan santai karena alam sekitar menawarkan kesegaran dan pemandangan indah yang jarang anda temui ditempat tinggal anda.

Saat asik berjalan, anda akan disambut sebuah air terjun kecil yang berada di kiri rute pendakian.

Sempatkan juga untuk mencoba dingin dan segarnya air yang ditampung disendang dibawahnya. Konon airnya berasal dari dalam goa.

Karena strategis dan indah, beberapa pasangan muda mudi memilihnya sebagai tempat memadu kasih. Romantisnya.

Beberapa meter kedepan anda akan disambut di mulut goa. Beberapa orang siap menjadi guide lokal dengan tarif yang bisa dinego.

Anda lalu akan dipandu memasuki Goa Petruk berbekal cahaya petromaks.

Goa Petruk dinamakan demikian karena dahulu ada sebuah batu yang memiliki bentuk seperti hidung khas Petruk, tokoh pewayangan dengan hidung panjang meruncing.

Namun, karena Belanda melakukan penambangan, hidung itu patah dan sekarang tak ada lagi. Sayang sekali. Namun tak mengurangi keasyikan menjelajah goa ini lho.

Goa ini terbagi tiga bagian. Bagian pertama adalah daerah penuh kelelawar dengan bau khas kotoran mereka yang memaksa segera berpindah ke ruangan lebih dalam.

Lalu anda akan dibuat takjub dengan stalagtit dan stalagmit indah didalam Goa Petruk yang luar biasa. Sampailah anda di Sendang Katak yang legendanya jika cuci muka bisa enteng jodoh.

Lalu masuk ke Goa semar yang dimana anda bisa temukan batu Semar yang sangat mirip dengan perawakan Semar yang tambun.

Semakin kedalam anda akan menemukan bantu beraneka bentuk mulai Batu Harimau, Batu Gajar bahkan batu Pocong.

Lalu ada sendang awet muda. Lalu ditutup dengan merangkak menuju pintu keluar yang langsung berhadapan dengan Pantai Ayah. Luar biasa indahnya!

Goa Petruk Paling indah di Nusantara

Goa selalu berkesan dengan kegelapan karena tidak ada cahaya atau sinar didalamnya hingga kelihatan mengerikan. Tetapi, bila gua itu telah jadi tujuan wisata karena itu sarana berbentuk sinar dari lampu akan ada, walau tidak membuat goa jadi sangat jelas.

Berdasar catatan yang ada, ada seorang Doktor Koo, ahli Gua dari luar negeri, menjelaskan jika Goa Petruk sebagai goa paling indah di Nusantara. Beliau menjelaskan jika pemerintahan Kebumen harus jaga kealamiahan goa ini.

Untuk rasakan kesan goa yang sebenarnya, beliau pun tidak memperbolehkan pemerintahan Kebumen memasangkan kebanyakan pencahayaan. Meski begitu, Anda tak perlu cemas karena bakal ada guide yang siap mengantarkan cara Anda dengan aman.

Kita bisa juga lakukan caving untuk telusuri gua sampai ke dalam. Ada video dan informasi mengenai gua Petruk yang menjadi pembekalan kita saat sebelum lakukan perjalanan sampai mendapati jalan tembusan sama seperti yang diterangkan oleh wikipedia.

Tiga Sisi dari Goa Petruk

Gua Petruk sebetulnya mempunyai tiga sisi dengan keindahan alamnya semasing. Sisi pertama ada di lantai satu. Pada bagian ini, Anda cuman akan menemui kelelawar yang berterbangan dan berbau tidak lezat dari kotoran kelelawar itu.

photo by komikendy.com Sisi ke-2 atau lantai ke-2 kerap dikatakan sebagai Gua Semar. Sisi ini simpan batu-batuan demikian cantik dan akan membuat Anda kagum. Beberapa pengunjung akan dipenuhi dengan menyaksikan keindahan alam tidak ada tara ini.

Daya tarik stalaktit dan stalagmit benar-benar mengagumkan.

Sisi paling akhir berikut yang disebutkan Goa Petruk karena ada batu-batuan panjang yang membuat seperti hidung Petruk. Sayang, penjajahan Belanda yang lakukan peebangan phosfat ambil hidung petruk itu. Sekarang, lambang dari hidung petruk itu juga tidak ada.

photo by directory-wisata.com Mayoritas orang, stop pada bagian satu karena tidak tahan dengan berbau meyengat dari kotoran kelelawar. Walau sebenarnya, keindahan mengagumkan disimpan pada bagian seterusnya . Maka, tidak boleh stop pada bagian satu karena Anda akan menyesal tidak bisa nikmati keindahan itu.

Berdasar riwayat, membuat warga memercayai legenda berbentuk pesugihan dan beberapa orang sebelumnya yang kerap lakukan semedi dalam gua. Walau semua narasi tersebut berbentuk mistis tetapi ada warga yang memercayainya.

Tempat Wisata Favorite untuk Pelancong Asing

Keindahan goa petruk bukan hanya ada di dalamya saja. Sesampai di teritori tempat wisata ini, Anda akan menyaksikan wujud goa unik dan menarik. Ditambah pada bagian dalam yang simpan keindahan batu-batuan stalaktit dan stalagmitnya.

Tidaklah aneh bila panorama ini jadi ketertarikan kuat untuk beberapa pelancong asing. Keidahan alam ini jarang-jarang ditemui di luar negeri jadi beberapa pelancong asing pilih beberapa tempat dengan keindahan alam mengagumkan, terhitung Goa Petruk ini.

Maka untuk masyarakat lokal, kita harus juga melestarikan tempat wisata yang dipunyai oleh Indonesia, ditambah dengan keindahan alam yang tidak pantas untuk disia-siakan ini. Harus untuk kita untuk bertandang dan turut nikmati keindahan alam tidak ada tara dari Goa Petruk ini.

Selainnya di Gua Petruk, kita dapat bertandang ke tempat wisata lain di Jateng.

Panduan Berekreasi di Goa Petruk

1. Pakai alas kaki yang tidak licin

Batu-batuan goa umumnya akan meteskan air ke bawah (air terjun) atau batu-batuan yang hendak kita tapaki. Bila kita tidak waspada, dapat tergelincir . Maka, persiapkan alas kaki yang tidak licin, seperti sepatu atau sadal dari karet.

2. Pakai masker bila di Gowa Petruk

Di bagian pertama, Anda akan menghirup bau tidak lezat dari kotoran kelelawar. Sebagian orang bahkan juga tidak ingin meneruskan perjalanan karena berbau yang demikian menusuk. Dengan memakai masker, berbau itu sedikit akan menyusut.

3. Membawa senter dan kipas

Seperti goa lainnya, Goa Petruk mempunyai pencahayaan yang kurang hingga kita memerlukan senter untuk menyinari jalanan. Disamping itu, kipas diperlukan karena saat ada dalam goa, Anda akan merasakann panas karena minimnya udara dalam.

4. Mencari spot photo yang jelas

Janganlah lupa untuk mendokumentasikan keindahan alam dari goa dengan berpose. Karena pencahayaan yang kurang, cari spot photo di dekat sinar atau memakai flash saat berpose.

5. Teruskan perjalanan sampai sisi ke-3

Stop pada bagian satu dari goa membuat Anda akan menyesal karena sebenarnya keindahan goa ada di sisi ke-2 . Maka, tidak boleh menyia-nyiakan perjalanan Anda. Terus masuk sampai menyaksikan lambang dari petruk pada bagian ke-3 goa.

Berapa Bermanfaatkah Artikel ini?

Kalimat Yang Berkaitan Dengan Artikel :

kenapa dinamai goa petruk?, Petunjuk petruk, sendang jodoh petruk, Tempat wisata dikebumen untuk muda mudi