Gambar Panorama Bunga Menggunakan Corel Draw

Posted on
Corel draw ialah salah satu aktivitas komputer yang sungguh berfaedah terutama di bidang desain. Aplikasi ini banyak digunakan untuk merancang logo perusahaan , permohonan ijab kabul , logo sekolah , logo universitas , sampai merancang cover untuk buku , majalah , atau film. Meski corel draw bukanlah satu-satunya aktivitas komputer yang bergerak di bidang rancangan , tetapi corel draw tergolong salah satu aktivitas rancangan berbasis vektor yang sangan bagus. Program rancangan berbasis vektor ialah aktivitas yang digunakan untuk menciptakan gambar vektor atau graphic vektor yang tersusun atas garis atau kurva. Hal ini menjadi salah satu kelebihan corel draw sebab gambar yang dihasilkan lewat perangkat corel draw tidak akan pecah apabila diperbesar sehingga tetap terlihat utuh. Berbeda dengan gambar bitmap misalnya foto yang hendak pecah apabila diperbesar melalui batas maksimal. Kaprikornus , mutu gambar yang dihasilkan dengan corel draw akan lebih anggun dibanding gambar bitmap.

Pada kesepmatan sebelumnya , kita sudah berguru bagaimana cara menggambar suatu panorama memakai corel draw. Pada potensi ini , kita akan berguru menggambar panorama yang lain yakni suatu panorama yang didominasi oleh bunga.

Pemandangan kali ini berisikan beberapa unsur utama yakni bunga , gunung , maritim , dan awan. Tantangan dalam menggambar panorama ini terletak pada komposisi bunga yang rapat dengan batang yang saling timpang tindih.

Sama mirip sebelumnya , pada potensi kali ini kita masih akan mempergunakan beberapa tool dalam toolbox dan property bar. Beberapa tool yang paling kerap digunakan antara lain bezier tool , shape tool , pallete color , mirror , dan rectangle tool.

Rectangle tool kita pakai untuk menciptakan suatu kotak persegi yang kita jadikan selaku kanvas atau kertas dasar untuk menggambar.  Nah , di atas persegi inilah unsur-unsur panorama yang kita gambar akan kita gabungkan menjadi satu..

Untuk menciptakan outline atau kerangka dari tiap-tiap objek yang hendak digambar (misal bunga , gunung , tangkai , awan , dll) , kita memakai bezier tool. Dengan bezier tool kita sanggup menghubungkan titik ke titik lain menjadi garis dan membentuk teladan sesuai objek yang kita inginkan.

Pola yang dihasilkan dengan bezier tool masih berupa bernafsu (berupa garis lurus) sehingga kita membutuhkan proteksi shape tool untuk merubah garis menjadi kurva dan membentuk garis tersebut sesuai dengan bentuk yang kita inginkan.

Baca juga : Cara Menggambar Pemandangan Alam dengan Corel Draw.

Setelah kerangka objek final , kita sanggup gunakan pallete color atau fill untuk mewarnai objek. Fill berada di toolbox yakni di sebelah kiri halaman corel draw sedangkan pallete color sanggup kita peroleh di kepingan kanan halaman corel draw.

Berikut gambar panorama bunga yang hendak kita gambar.

Gambar Pemandangan Bunga Menggunakan Corel Draw

Membuat Kerangka Gunung
Langkah pertama buat suatu bidang persegi memakai rectangle tool dan beri warna merah muda dengan intesitas rendah. Kurang lebih mirip yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Gambar Pemandangan Bunga Menggunakan Corel Draw

Selanjutnya , gunakan bezier tool untuk membentuk teladan gunung. Perhatikan pada gambar di atas terdapat lima teladan dengan warna berbeda. Buatlah teladan tersebut dimulai dari yang paling belakang.

Selanjutnya , gunakan shape tool untuk merubah garis menjadi kurva. Klik salah satu teladan , letakkan kursor di salah satu garis , klik kanan kemudian conver to curve untuk merubah garis menjadi kurva.

Setelah kurva aktif , maka geser tanda panah yang muncul sesuai keperluan sehingga dihasilkan bentuk gunung yang kita inginkan. Kurang lebih balasannya mirip gambar di atas.

Baca juga : Cara Menggambar Wajah Kartun di Corel Draw.

Mewarnai Gunung
Langkah selanjutnya yakni mewarnai gunung. Gunakan warna biru yang condong kelabu untuk mewarnai teladan paling belakang. Selanutnya gunakan warna biru yang lebih muda untuk mewarnai bagia depannya. Dengan cara yang serupa warnai teladan gunung berikutnya.

Gambar Pemandangan Bunga Menggunakan Corel Draw

Membuat Kerangka Pepohonan
Berikutnya , dengan memakai bezier tool dan shape tool buatlah kerangka pepohonan mirip gambar di bawah ini. Pada gambar ada empat kerangka yang terlihat timpang tindih dengan warna yang berbeda.

Gambar Pemandangan Bunga Menggunakan Corel Draw

Mewarnai Pepohonan
Gunakan warna biru yang selaras dengan pegunungan untuk mewarnai kerangka yang paling dalam yakni pepohonan yang letaknya lebih bersahabat dengan gunung. Sedangkan untuk pepohonan yang letaknya paling luar , gunakan warna hijau bau tanah mirip terlihat pada gambar di bawah ini.

Gambar Pemandangan Bunga Menggunakan Corel Draw

Membuat Bayangan
Langkah selanjutnya yakni membentuk bayangan gunung dan pepohonan dalam air. Untuk menciptakan bayangan gunung , klik gambar gunung kemudian tekan ctrl + c dan ctrl + v untuk mengkopi gambar. Lalu pada propety kafe pilih verticaly mirror untuk membalikkan gambar gunung.

Setelah diperoleh gambar gunung yang terbalik mirip dicerminkan , ubah warnanya menjadi sedikit lebih muda dan atur posisinya sempurna di bawah pepohonan. Agar bayangan berada di belakang pepohonan , klik kanan gambar bayangan gunung kemudian pilih order – behind – klik gambar pepohonan.

Gambar Pemandangan Bunga Menggunakan Corel Draw

Dengan cara yang serupa buatlah bayangan untuk gunung yang lebih kecil dan bayangan untuk pepohonan. Letakkan bayangan pepohonan sempurna di atas bayangan gunung tetapi di bawah gambar pepohonan. Untuk lebih jelasnya amati gambar di atas.

Baca juga : Cara Menggambar Masjid Dengan Corel Draw.

Membuat Kerangka Bunga
Langkah selanjutnya yakni menciptakan kerangka bunga. Untuk menciptakan kerangka bunga , gunakan bezier tool dan shape tool. Pertama-tama buatlah suatu bunga berskala besar kemudian perbanyak bunga tersebut dan ubah ukurannya sesuai kebutuhan.

Gambar Pemandangan Bunga Menggunakan Corel Draw

Setelah kerangka bunga final , letakkan tiap-tiap bunga mirip pada gambar di atas , kemudian tambahkan tangkai dengan memakai bezier tool. Gunakan shape tool untuk menciptakan lengkukan batang.

Mewarnai Bunga
Selanjutnya , warnai bunga dengan warna merah muda dan beberapa bunga yang lain dengan warna merah yang lebih tua. Untuk jelasnya amati gambar di bawah ini.

Gambar Pemandangan Bunga Menggunakan Corel Draw

Memperbanyak Bunga
Langkah selanjutnya yakni memperbanyak bunga dan batang bunga sehingga dihasilkan sekumpulan bunga yang saling berdekatan dan timpang tindih mirip gambar di bawah ini.

Gambar Pemandangan Bunga Menggunakan Corel Draw

Untuk memperbanyak bunga , cukup kopi bunga yang sudah ada menjadi beberapa bunga kemudian sesuaikan warna dan ukurannya. Letakkan bunga sedemikian biar mirip gambar di atas dan jangan lupa untuk mengendalikan tata letaknya (gunakan order to behind or in front of apabila perlu).

Dengan cara yang serupa perbanyaklah batang bunga dan letakkan saling timpang tindih mirip gambar di atas. Cukup kopi batang yang sudah ada kemudian sesuaikan ukuran dan kemiringannya dengan memakai shape tool. Atur sedikian rupa biar sebagaian batang berada di belakang bunga dan sebagian lagi berada di depan bunga.

Baca juga : Mengenal Tampilan Lembar Kerja dan Peralatan Corel Draw.

Melengkapi Detail
Lengkapi gambar dengan menyertakan awan , riak air , dan beberapa helai daun pada celah-celah di antara kembang-kembang serta berikan kombinasi warna pada bunga biar terlihat lebih hidup. Untuk menciptakan daun , gunakan saja bunga yang sudah ada kemudian ubah ukuran dan warnanya menjadi hijau tua.

Demikianlah cara menggambar panorama bunga memakai Corel Draw. Semoga berfaedah dan selamat berkreasi.

Share ke Facebook >>Share ke Twitter >>
Cafeberita.com yakni blog tentang materi belajar. Gunakan hidangan atau pencarian untuk menerima materi berguru yang ingin dipelajari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *