Format Excel Laporan Keuangan Pribadi dan Pengertian Laporan Keuangan

Mengetahui format excel laporan keuangan pribadi dan pengertian laporan keuangan sangatlah berguna. Hal ini untuk mengendalikan keuangan. Kuncinya ada dalam diri kamu sendiri, yakni rajin atau tidaknya kamu menulis penghasilan dan pengeluaran setiap hari secara periodik.

Lantas apa perannya catatan keuangan bagaimana format excel laporan keuangan pribadi itu?

Dari catatan itu, nanti kita akan ketahui apa kita sehat secara keuangan atau justru semakin besar pasak dibanding tiang.

Jika kamu bisa mengendalikan keuangan, kamu pasti dapat memutus sisi mana saja yang dapat kamu potong ongkosnya untuk hidup lebih hemat. Atau, bila pendapatannya masih tidak cukup, kamu dapat cari pekerjaan yang tentu saja dengan pendapatan semakin besar.

Ada tehnologi sekarang ini, mengendalikan keuangan tentu saja makin lebih gampang. Begitupula dengan membuat format excel laporan keuangan pribadi. Tidak lagi susah.

Read More: Download Software Akuntansi Excel Gratis Full Version

Beberapa orang yang memakai handphone untuk mengendalikan keuangannya. Misalnya dengan memakai Program Keuanganku, menu catatan keuangan dan laporan keuangan.

Kamu bisa juga memakai Microsoft Excel sebagai salah satunya jalan keluar yang menolong untuk mengendalikan keuangan. Format excel laporan keuangan pribadi sangatlah mudah dipraktekkan.

Nah, untuk kamu yang masih belum memiliki keluarga dan ingin menulis keuangan bulanan pribadi, kamu dapat memakai Excel bulanan untuk individual.

Excel ini mempunyai kolom pengeluaran setiap hari, selingan dan yang tidak diperkirakan. Benar-benar gampang memakainya. Excel ini cuman satu halaman dan bisa diciptakan di satu kertas HVS. Membuat format excel laporan keuangan pribadi bisa kita pelajari.

Laporan keuangan simpel umumnya dicatat dan memiliki bentuk kurang lebih semacam ini:

Membuat Contoh format excel laporan keuangan pribadi

Sesudah mengenali laporan keuangan simpel, tentu saja banyak yang bertanya, harus mulai darimanakah dalam membuat laporan keuangan? Bila kamu siap dalam menulis keuangan dan pengeluaran kamu, di bawah ini yang perlu kamu kerjakan:

Pada contoh laporan keuangan Excel atau membuat format excel laporan keuangan pribadi, hal yang terpenting harus diketahui adalah istilah Debet ialah penghasilan kamu tiap bulannya, Credit ialah uang yang kamu mengeluarkan untuk penuhi keperluan bulanan dan setiap hari, dan Saldo ialah jumlahnya uang yang telah di turunkan pengeluaran.

Janganlah lupa untuk menulis tanggal uang masuk atau uang keluar!

Dalam membuat format excel laporan keuangan pribadi hal pertama, kamu dapat tulis penghasilan di kolom penghasilan, dimulai dari penghasilan utamamu, yakni upah, lalu bila ada bonus, sokongan, penghasilan pasif atau penghasilan yang lain, dapat kamu input di penghasilan dan totalkan penghasilan kamu.

Ke-2 , kamu dapat masukkan pengeluaranmu, dimulai dari menulis pengeluaran untuk tabungan/investasi, lalu dapat dipisah pengeluaran untuk sedekah tiap bulannya.

Kemudian, kamu dapat masukkan pengeluaran secara teratur tiap bulannya, seperti KPR Rumah, angsuran Kendaraan, asuransi atau angsuran yang lain yang tiap bulannya tentu kamu mengeluarkan secara teratur.

Ke-3 , pengeluaran seterusnya yang penting kamu tulis, yakni pengeluaran bulanan, seperti uang makan, biaya/bensin, pulsa, internet, listrik, air, dan sebagainya.

Laporan keuangan mencakup hal berikut:

  1. Neraca
  2. Laporan laba rugi mendalam
  3. Laporan pengubahan ekuitas
  4. Laporan pengubahan status keuangan yang bisa dihidangkan berbentuk laporan cash flow atau laporan arus dana
  5. Catatan dan laporan lain dan materi keterangan yang disebut sisi integral dari laporan keuangan

Tapi untuk catatan keuangan pribadi yang simpel ini, kamu cukup hanya membuat kolom mirip contoh awalnya saja, supaya lebih gampang dalam menulis keuangan. Ikuti saja format excel laporan keuangan pribadi yang sudah ada.

Dengan menulis secara teratur penghasilan dan pengeluaranmu, karena itu yang akan datang keuangan kamu akan jadi lebih bagus di dalam mengendalikan keuangan pribadi.

Faedah lainnya saat kamu menulis keuangan: Bila kamu memiliki gagasan atau arah keuangan yang ingin kamu raih (misalnya beberapa hal simpel, seperti beli barang atau untuk berlibur), adanya catatan keuangan ini, kamu makin lebih dipermudahkan dalam mendapati langkah untuk capai arah keuangan.

Read More: Software Akuntansi Gratis Offline Online, Terbaik untuk Perusahaan dan UKM

Dengan menyaksikan hasil pendataan keuangan tiap bulannya, kamu dapat menyaksikan pengeluaran apa yang dapat turunkan untuk diarahkan buat penuhi arah keuanganmu, misalkan beli barang atau berlibur. Tentu saja tidak mengusik cashflow-mu tiap bulannya.

Karena itu, janganlah lupa untuk menulis penghasilan dan pengeluaran kamu secara teratur karena akan berguna dalam capai sebuah arah atau gagasan keuangan kamu. Silakan ikuti saja format excel laporan keuangan pribadi yang sudah ada bila memang sulit mengikuti yang diberikan.

Pengertian Laporan Keuangan

Format Excel Laporan Keuangan Pribadi dan Pengertian Laporan Keuangan
Format Excel Laporan Keuangan Pribadi dan Pengertian Laporan Keuangan

Pada umumnya laporan keuangan ialah arsip yang berisi pendataan uang. Tujuannya ialah laporan yang berisi semua jenis transaksi bisnis yang mengikutsertakan uang, baik transaksi bisnis pembelian atau pemasaran dan credit.Umumnya laporan ini dibikin dalam masa tertentu. Penentuannya dipastikan oleh peraturan perusahaan apa dibikin tiap bulan atau tiap setahun sekali. Kadang perusahaan memakai ke-2 nya.

Laporan keuangan dibikin semata-mata untuk ketahui keadaan keuangan perusahaan. Hingga faksi atasan dapat menilai dengan pas bila keadaan keuangan usaha alami permasalahan.

Oleh karena itu format excel laporan keuangan pribadi ini harus dibikin dengan pas dan jeli. Karena ini berbentuk laporan pasti ada pertanggungjawaban yang diberikan secara mutlak ke operator keuangan. Ia yang perlu mempresentasikan laporan yang sudah dibikinnya dengan detil di muka atasan. Umumnya ini dilaksanakan di saat penilaian.

Bila menyaksikan dari keterangan di atas pasti dapat diambil simpulan jika pemahaman laporan keuangan ialah arsip yang berisi data transaksi bisnis keuangan perusahaan pada masa tertentu. Yang mana arsip itu harus disampaikan dan dipertanggungjawabkan sebagai ulasan penilaian untuk perubahan usaha di depan.

Itulah Pengertian Laporan Keuangan secara singkat.

Jenis Laporan Keuangan

Beberapa jenis laporan keuangan banyak. Semua disamakan dengan wujud transaksi bisnis yang terjadi dalam perusahaan. Karena ini mempunyai peranan yang konsep, pasti operator harus dapat membuat beberapa jenis laporan itu.

Di bawah ini diterangkan mengenai beberapa jenis laporan keuangan. Silahkan dibaca dan didalami khususnya untuk Anda yang fresh graduated dalam soal pendataan keuangan perusahaan. Karena dengan belajar yang rajin kekuatan membuat semua laporan keuangan akan makin memiliki bobot. Berikut penuturannya:

1. Laporan Laba Rugi

Tipe Laporan yang pertama ialah laporan laba rugi. Kita juga bisa merancang sendiri format excel laporan keuangan pribadi di laporang laba rugi. Laporan laba rugi ialah arsip yang berisi beberapa data penghasilan dan pengeluaran perusahaan. Bila semakin banyak penghasilan dibanding pengeluaran karena itu disebutkan laba perusahaan.

Kebalikannya bila yang semakin besar ialah pengeluaran, pasti perusahaan tidak untung. Karena tidak ada laba atau keuntungan yang masuk di perusahaan. Ini yang diartikan rugi usaha.
Ada dua tipe laporan laba rugi yang umum dipakai oleh usaha pertama ialah single tahap dan ke-2 ialah multiple tahap.

Apakah itu laba rugi single step?

Laporan laba rugi single tahap ialah laporan keuangan yang menyediakan penghasilan, pengeluaran, dan selanjutnya laporan laba atau rugi yang dibuat oleh usaha, tapi laporan ini cuman memberikan laporan info dengan memakai cuman satu kesamaan untuk hitung keuntungan. Kesamaan yang dipakai dalam laporan laba rugi single step ialah:

Pendapatan Bersih = (Penghasilan + Keuntungan) – (Beban + Kerugian)

Laporan laba rugi single tahap memakai kesamaan landasan akuntansi langsung dari rutinitas keuangan usaha Anda. Gampang dimengerti dan relatif gampang dibikin dan pas untuk usaha bertaraf kecil.

Apakah itu laporan laba rugi multiple step?

Laporan laba rugi multiple step berisi semakin banyak info umum dibanding yang diikutkan dalam laporan laba rugi single tahap, tapi laporan ini memakai banyak kesamaan untuk tentukan keseluruan penghitungan laba rugi.

Laporan laba rugi multiple step merusak penghasilan operasional dan ongkos operasional versi penghasilan non-operasional dan ongkos non-operasional.

Laporan keuangan ini pisahkan penghasilan dan pengeluaran yang berkaitan langsung dengan operasi usaha dari yang tidak berkaitan langsung dengan operasinya.

Laporan laba rugi multi-step memakai tiga formulasi akuntansi yang lain untuk mengetahui nilai akhir pada keuntungan bersih:

  • LABA KOTOR = PENJUALAN BERSIH – BIAYA BARANG TERJUAL

Harga dasar pemasaran dikurangkan dari pemasaran bersih. Ini memberi laba kotor.

  • PENDAPATAN OPERASI = LABA KOTOR – BEBAN OPERASI

Ongkos operasional dikurangkan dari laba kotor. Ini memberikan Anda pendapatan operasional.

  • PENGHASILAN BERSIH = PENGHASILAN OPERASI + ITEM NON-OPERASI

Penghasilan operasional ditambah ke penghasilan non-operasional bersih, keuntungan, beban dan rugi. Angka paling akhir ini memberi keuntungan bersih atau rugi bersih usaha untuk masa laporan.

Read More: Aplikasi Pembukuan Usaha Kecil Terbaik, 10 Aplikasi Bisa Android

2. Laporan Arus Kas

Tipe laporan yang ke-2 ialah laporan cash flow atau arus kas. Dalam laporan ini umumnya berisi data berkaitan arus masuk keluarnya uang perusahaan dalam masa tertentu. Sedang arah laporan ini untuk ketahui putaran keuangan awalnya.

Laporan cash flow atau arus kas dipakai sebagai bahan penilaian yang perlu. Karena ini jadi pemasti mekanisme putaran uang di masa seterusnya yang akan dilaksanakan. Bisa saja bila di masa pertama beberapa kerugian, akan terjadi pengubahan mekanisme cash flow di masa terkini.

3. Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal tipe laporan keuangan perusahaan. Oleh karena itu, operator keuangan harus dapat membuat bila tidak mau dipandang tidak becus kerja oleh pimpinan. Laporan perubahan modal berisi mengenai beberapa data modal perusahaan.

Umumnya laporan ini dibikin untuk masa tertentu, dapat 6 bulan atau setahun. Karena dalam saat-saat itu putaran modal beralih-alih hingga perlu pendataan.

4. Laporan Neraca

Laporan perusahaan yang setelah itu Laporan Neraca. Laporan Neraca umumnya berisi beberapa data keuangan perusahaan yang lebih detil dibanding laporan awalnya. Bahkan juga di laporan ini di-input aktiva, keharusan dan modal. Pokoknya laporan neraca ialah kombinasi dari semua laporan keuangan.

Ini dibikin dalam kurun waktu tertentu yang umumnya ialah setahun sekali. Maksudnya untuk tentukan cara berkaitan keuangan pada tahun seterusnya.

Laporan Neraca jadi fokus utama di perusahaan. Minimum untuk ketahui apa data laporan secara accumulative memang sesuai beberapa data yang terpisah di laporan-laporan awalnya. Data bahkan juga nominal uang di Laporan Neraca jangan beda sepeserpun. Karena dasarnya ialah laporan-laporan keuangan

Bila ada beda bermakna ada yang keliru dan harus dirubah. Ini adalah pekerjaan operator keuangan yang perlu merevisi sampai saat yang dipastikan. Bila tidak di koreksi akan terjadi ambiguitas saat membaca semua laporan keuangan perusahan.

5. Catatan atas Laporan Keuangan

Catatan atas laporan keuangan merujuk pada info tambahan yang menolong menerangkan bagaimana perusahaan sampai pada angka laporan keuangannya.Catatan ini menolong menerangkan penyelewengan atau asumsi tidak konsisten dalam metodologi account tahun ke tahun.

Catatan catatan laporan keuangan bukan hal yang harus , cuman untukmemberikan kepastian ke mereka yang memerlukannya tanpa mempunyai info yang ditaruh di kolom pengakuan. Akan tetapi, info yang terhitung dalam catatan atas laporan keuangan sering penting karena apat mengutarakan permasalahan fundamental terhasap kesehatan keuangan perusahaan. (*)

VIDEO TETORIAL MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN SECARA SEDERHANA

Default image
Razan
Articles: 219

Leave a Reply