Father’s Day International Dicetuskan oleh Seorang Perempuan

Father’s day inter­na­tion­al — father’s day indone­sia, sela­mat hari ayah sedunia, father’s day inter­na­tion­al 2021, father’s day inter­na­tion­al 2022, father’s day inter­na­tion­al 2020, hari ayah inter­na­sion­al 2021, hari ayah inter­na­sion­al 2020, father’s day sin­ga­pore 2021

Father’s Day International Dicetuskan oleh Seorang Perempuan

Father’s day inter­na­tion­al atau yang juga dike­nal den­gan nama Hari Ayah Inter­na­sion­al adalah hari yang dite­tap­kan seba­gai ben­tuk peng­hor­matan kepa­da bapak.

Tahun ini, hari ayah sedunia atau hari Ayah Inter­na­tion­al sebe­narnya jatuh pada 21 Juni 2020. Hanya saja, terkhusus di Indone­sia father’s day 2020 Indone­sia ini dirayakan seti­ap tang­gal 12 Novem­ber.

Dan mes­ki sudah dite­tap­kan seba­gai peringatan hari nasion­al, tetapi per­ayaan­nya belum masuk seba­gai hari libur nasion­al.

Bagaimana sebenarnya sejarah Father’s Day International ini?

Pada 2019 lalu. Hari Ayah Inter­na­sion­al dirayakan pada 16 Juni, berdasarkan penghi­tun­gan tang­gal Ameri­ka Serikat. Hari Ayah Inter­na­sion­al ini sebe­narnya mulai diperingati tahun 1910.

Tujuan­nya, untuk mengin­gat per­juan­gan para ayah yang telah berjuang mem­be­sarkan anak-anak mere­ka sela­ma ini.

Dilan­sir dari Green­fields, Hari Ayah Inter­na­sion­al sebe­narnya bermu­la dari kisah seo­rang perem­puan berna­ma Sono­ra Smart Dodd.

Kala itu ayah Sono­ra mem­be­sarkan enam orang anak. Dia mer­awat­nya seo­rang diri pas­ca dit­ing­gal mati oleh ibun­ya.

Baca Juga Kemiski­nan Struk­tur­al Menu­rut Hadi Supeno, Kemiski­nan Adalah

Sang ayah melakukan itu seo­rang diri. Dia tidak menger­jakan seper­ti orang pada umum­nya kala itu.

Di mana pada zaman itu, anak-anak yang dit­ing­galkan ibun­ya mestinya dia­suh oleh orang lain atau ibu tiri, namun ayah Sorona hanya berjuang seo­rang diri mer­awat anak-anaknya itu.

Maka beraw­al dari kisah ini­lah, kemu­di­an Sono­ra terin­spi­rasi dari Anna Jarvis si peng­gas per­ayaan Hari Ibu, agar Hari Ayah kiranya juga per­lu dice­tuskan. Jan­gan hanya ada Hari Ibu.

Menu­rut Sorona. Per­juan­gan seo­rang ayah, uta­manya ayah­nya per­lu dihar­gai. Begi­tu pula den­gan ayah lain­nya di dunia ini.

Apala­gi kalau sang ayah benar-benar bek­er­ja den­gan ikhlas untuk mem­be­sarkan buah hati yang di titip­kan Tuhan kepa­da mere­ka.

Olehnya itu. Ia merasa bah­wa ayah­nya pan­tas men­da­p­atkan pen­gakuan atas apa yang telah dilakukan­nya dan ten­tun­ya ayah lain­nya juga dis­elu­ruh bela­han dunia ini.

Namun, ide atau gagasan Sorona ini ten­tun­ya bukan hal mudah untuk diakui bisa sesegera mungkin. Banyak hal yang per­lu dili­batkan dan dim­intai pen­da­p­at.

Namun, akhirnya. Sete­lah mengumpulkan dukun­gan den­gan berba­gai cara, maka Hari Ayah ini lalu diakui untuk kali per­ta­ma di Ameri­ka pada Juni 1910 sil­am.

Per­juan­gan Sorona akhirnya hing­ga saat ini diami­ni oleh semua orang di dunia ini. Ten­tun­ya tak terke­cuali di Indone­sia.

Kalau di Indone­sia Hari Ayah ini selalu diperingati tang­gal 12 Novem­ber. Biasanya pada hari Selasa atau Rabu.

Sedan­gkan Hari Ayah Inter­na­sion­al, pada biasanya diperingati seti­ap Hari Ming­gu atau tepat pada pekan keti­ga bulan Juni.

Simak Juga Cara Men­ja­di Kaya, Jan­gan­lah Menung­gu

Kapan Hari Ayah Dicetuskan di Indonesia?

Terkhusus di Indone­sia. Hari Ayah per­ta­ma kali diny­atakan di Bal­ai Kota Solo pada tahun 2006 lalu.

Sejauh ini belum banyak yang tahu bah­wa sebe­narnya Father’s Day Inter­na­tion­al atau Hari Ayah Nasion­al di Indone­sia ini beraw­al dari lom­ba menulis surat untuk ibu yang diprakar­sai Perkumpu­lan Putra Ibu Per­ti­wi (PPIP).

Kala itu pada 2014 lalu yang dipelo­pori oleh PPIP. Organ­isasi yang dihu­ni sejum­lah ibu — ibu terse­but awal­nya hanya men­gadakan peringatan Hari Ibu.

Tem­pat­nya berlang­sung di Solo. Salah satu kegiatan yang dilakukan yakni men­ge­nai lom­ba atau sayem­bara, Menulis Surat untuk Ibu.

Diku­tip dari kemdikbud.go.id, saat berlang­sung acara ini­lah kemu­di­an salah seo­rang peser­ta den­gan iseng bertanya, untuk Hari Ayah kapan dige­lar?

Son­tak dari ribuan orang yang hadir pun ter­gu­gah atas per­tanyaan terse­but. Tak sedik­it diantaranya mem­berikan respon yang serius.

“Kapan diadakan Sayem­bara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah? Kami pasti ikut lagi.”

Dan dari per­tanyaan ini­lah kemu­di­an para pen­gu­rus PPIP lalu men­cari tahu kapan sebe­narnya tang­gal Hari Ayah di Indone­sia itu dige­lar? Lama men­cari tak ada jawa­ban.

Akhirnya, para pen­gu­rus akhirnya mengge­lar audi­en­si den­gan DPRD Surakar­ta. Jawa­ban yang dihara­p­kan pun tak memuaskan.

Akhirnya, melalui kajian yang pan­jang, para wani­ta yang ter­gabung di Perkumpu­lan Putra Ibu Per­ti­wi (PPIP) ini lalu memu­tuskan untuk mengge­lar deklarasi Hari Ayah dan dite­tap­kan­lah pada 12 Novem­ber 2006 di Pen­da­pa Gede Bal­ai, Solo.

Pada saat pene­ta­pan ini diga­bung pula den­gan hari kese­hatan sem­bari men­gangkat tema, ‘Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya’.

Tak ket­ing­galan saat deklarasi ada sebuah buku yang dilun­curkan berjudul ‘Kenan­gan untuk Ayah’. Buku ini berisi sebanyak 100 surat dari sejum­lah anak Nusan­tara. Anak-anak ini diam­bil dari peser­ta sayem­bara Menulis Surat untuk Ayah.

Usai deklarasi, PPIP men­gir­imkan buku terse­but dan piagam deklarasi Hari Ayah kepa­da Pres­i­den Susi­lo Bam­bang Yud­hoy­ono (SBY) ser­ta bupati di empat pen­ju­ru Indone­sia yakni Sabang, Mer­auke, San­gir Talaud dan Pulau Rote.

Lebih jauh, saat per­ayaan ada begi­tu banyak orang yang menyem­patkan untuk hadir. Jum­lah­nya sek­i­tar ratu­san orang.

Mere­ka terba­gi atas berba­gai kelom­pok lapisan masyarakat. Bahkan di antaranya ter­ma­suk orang-orang dari berba­gai lin­tas aga­ma yang ter­gabung dalam sebuah komu­ni­tas.

Sebe­narnya, bila diband­ingkan den­gan negara lain. Mis­al­nya di Ameri­ka, dan lebih dari 75 negara lain­nya seper­ti di Kana­da, Jer­man, Italia, Jepang, Belan­da, Tur­ki, Pak­istan, Malaysia, Sin­ga­pu­ra, Tai­wan, Fil­ip­ina, dan Hongkong maka Hari Ayah atau Father’s Day (dalam bahasa Ing­gris) dirayakan pada hari Ming­gu di pekan ke tiga bulan Juni.

Dan Father’s Day Inter­na­tion­al atau Hari Ayah Inter­na­tion­al ini dirayakan ham­pir di selu­ruh dunia yang dim­u­lai pada awal abad ke-12 lalu.

Pada umum­nya, mes­ki belum begi­tu pop­uler di Indone­sia. Namun, father’s day ini biasanya dirayakan den­gan pem­ber­ian hadi­ah kepa­da ayah. Bahkan ada pula beber­a­pa diantaranya yang sen­ga­ja mem­bu­at kegiatan kekelu­ar­gaan.

Mengapa Hari Ayah Perlu Dirayakan?

Tak bisa dipungkiri. Sejauh ini terkhusus di Indone­sia seo­rang Ayah adalah tulang pung­gung kelu­ar­ga. Mere­ka adalah san­daran, dan pelin­dung.

Bahkan, sebe­narnya tak hanya di Indone­sia namun seo­rang ayah pada beber­a­pa negara Eropa dan Timur Ten­gah, pun demikian. Mere­ka umum­nya yang men­cari nafkah untuk kelu­ar­ga di rumah.

Kata-kata Bijak untuk father’s day 2020

Seba­gai ben­tuk untuk men­gungkap­kan rasa kasih sayang kepa­da seo­rang sang ayah, di Hari Ayah Nasion­al ini. Berikut sejum­lah kata-kata bijak yang bisa kamu ucap­kan ;

1. Ter­i­ma kasih telah berjuang untuk kelu­ar­ga. Sela­mat Hari Ayah Nasion­al. Pin­ja­mi kami hatimu agar kami bisa bela­jar men­ja­di seper­ti dirimu. Meny­im­pan masalah tan­pa men­geluh.

2. Ter­i­ma kasih Ayah. Kami menyayangimu. Ter­i­ma kasih pula, engkau telah tulus menc­in­tai kami dalam diam.

Keti­ka orang-orang di sek­i­tar kami, tidak menger­ti perasaan kami, kamu hadir meme­nangkan. Sela­mat Hari Ayah.

3. Ter­i­ma kasih ayah. Engkau adalah laki-laki per­ta­ma yang menc­in­tai kami dan bakal men­ja­di laki-laki per­ta­ma yang akan patah hati keti­ka kami menikah. Sela­mat Hari Ayah!

4. Ter­i­ma kasih ayah engkau telah men­didik saya saat masih kecil hing­ga sekarang. Engkau adalah sebe­nar-benarnya seo­rang saha­bat yang menger­ti perasaan kami.

Tan­pa berbicara pun, engkau tahu apa yang sebe­narnya sedang kami rasakan. Sela­mat Hari Ayah.

Semoga engkau diberi umur yang pan­jang untuk mem­berikan kami kesem­patan mem­balas budi baik­mu. Aami­in.

Ayah meru­pakan pahlawan yang tidak memi­li­ki sen­ja­ta, selain ker­ja keras dan doa untuk anak-anaknya. Sela­mat Hari Ayah Nasion­al. Father’s Day Inter­na­tion­al.

Sebaiknya cari tahu juga men­ge­nai Hari Ibu tang­gal, tang­gal bera­pa hari ibu, tang­gal bera­pa, bera­pa hari ibu, hari ibu pada tang­gal, hari ibu adalah tang­gal, hari ibu tang­gal 2021, hari ibu 2021, hari ibu tang­gal bera­pa 2021, tang­gal apa hari ibu, hari ini tang­gal, hari ini, kapan hari ibu, kapan tang­gal hari ibu,

5. Sela­mat Hari Ayah Nasion­al kepa­da semua ayah yang selalu berjuang demi keba­ha­giaan kelu­ar­ga ter­cin­ta. Semoga Ayah selalu sehat dan diberikan kese­la­matan.

Itu­lah dere­tan uca­pan Hari Ayah Nasion­al yang kiranya bisa kamu pakai apa­bi­la berni­at mem­berikan keju­tan kepa­da ayah ter­cin­ta kamu.

Sebe­narnya, seo­rang ayah itu hanya butuh kata-kata indah dari sang anak. Mere­ka hanya menginginkan uca­pan yang tulus dari sang Anak. Tidak butuh mater­imu atau uang­mu.

Sekadar dike­tahui. Hari Laki-laki Inter­na­sion­al atau Inter­na­tion­al Men’s Day (dalam bahasa Ing­gris) juga diperingati seti­ap bulan 19 Novem­ber.

Dan pada father’s day 2020 ini, terkhusus di Indone­sia jatuh pada tang­gal 12 Novem­ber. Bagi sia­papun yang mer­ayakan­nya, semoga berba­ha­gia. Selalu dalam lin­dun­gan Tuhan Yang Maha Esa. Aami­in. (*)

Orig­i­nal­ly post­ed 2020-11-07 05:56:34.

Pos terkait