Beranda Wisata Es Pala, Minuman Khas Kota Bogor

Es Pala, Minuman Khas Kota Bogor

246
0
Es Pala

Es Pala minuman khas surganya kuliner kota Bogor. Kota Bogor selain terkenal dengan kota hujan dan kota sejuta angkutan umum. Di kota ini pun memiliki banyak sekali kuliner-kuliner menarik yang patut dicoba. Bahkan banyak yang menyebut Bogor sebagai surganya kuliner.

Di Bogor ada salah satu minuman yang unik yang sangat cocok sebagai penghilang dahaga saat cuaca terik. Minuman tersebut dikenal dengan kebeningan airnya, yakni es pala. Es pala merupakan minuman khas kota Bogor. Buah pala yang bijinya biasanya digunakan untuk penyedap masakan. Daging buahnya ternyata sangat nikmat jika diolah dalam bentuk sajian es.

BACA JUGA :   Tempat Wisata Pinrang Puncak Karomba, Ini Fotonya

Es pala terbuat potongan buah pala yang sudah matang, biasanya dipilih yang agak keras dan disajikan bersama air gula dan es batu. Kesegarannya tiada tara. Membuat tenggorokan yang kering kembali segar karena ketika meneguk es pala ini akan terasa perpaduan rasa dingin dan manis yang sangat pas sehingga sangat terasa sekali kesegarannnya.

Es pala ini mempunyai tampilan yang cantik ketika ditaruh di dalam gelas. Air gulanya yang bening ditambah potongan buah pala di dalamnya yang berwarna kuning kecoklatan membuat tampilannya begitu sedap dipandang dan sangat menggugah selera. Di daerah Suryakencana, Bogor yang terkenal dengan surganya kuliner Bogor. Terdapat banyak pedagang es pala di berbagai sisi. Salah satu penjualnya ialah Pak Ujang. Pak Ujang yang merupakan asli orang Bogor ini mengaku sudah 60 tahun berjualan es pala. Bisa dibilang beliau adalah sesepuhnya penjual es pala.

BACA JUGA :   Sate Cungkring Sate Kikil Sapi Kuliner Unik Khas Bogor

Es buatan Pak Ujang ini mempunyai tampilan yang begitu bening dan alami, tidak seperti pedagang es pala lainnya yang umumnya memberi tambahan sirup di dalam es pala-nya, buatan Pak Ujang ini sengaja dibiarkan bening karena Ia ingin membuat es pala buatannya itu terjaga keaslian rasanya. Aroma dari es pala Pak Ujang pun begitu wangi. Wangi buah pala yang khas sangat menggoda selera dan sangat mengundang siapapun untuk mencicipinya.

Harga satu gelas es palaini sangatlah murah. Anda hanya tinggal membayar sebesar Rp.3000 saja sudah bisa menikmati es unik yang satu ini. Banyak manfaat yang diperoleh dari es pala. Manfaat tersebut antara lain, memperlancar pencernaan, mengobati insomnia, mencegah masuk angin, mengatasi sakit haid, dan juga mengurangi rasa mual.

BACA JUGA :   Tempat Wisata Australia yang Terkenal Pasar Bunga Sydney

Tinggalkan Komentar