Daya Hantar Listrik Pada Senyawa Ion Dan Kovalen Polar

Cafeberita.com — Elek­trolit Senyawa Ion dan Senyawa Kovalen Polar. Pada pem­ba­hasan sebelum­nya , sudah diba­has per­i­hal daya han­tar listrik pada beber­a­pa laru­tan dan dari hasil pen­gu­jian laru­tan dibedakan men­ja­di laru­tan elek­trolit dan laru­tan nonelek­trolit. Jika dihubungkan den­gan jenis ikatan yang ada pada senyawa elek­trolit , maka bagaimana keterkai­tan antara daya han­tar listrik den­gan jenis senyawa menu­rut ikatan­nya? Adakah dampak jenis ikatan pada senyawa ter­hadap sifat aya han­tar listriknya? Dalam ben­tuk apa senyawa ion dan kovalen polar sang­gup meng­han­tarkan listrik?

Kebanyakan unsur-unsur di alam dida­p­atkan tidak dalam ben­tuk unsur bebas melainkan dalam ben­tuk senyawa. Senyawa terse­but ter­ben­tuk alasan­nya meru­pakan unsur-unsur sal­ing berikatan. Ikatan antara unsur-unsur ini bervari­asi bergan­tung pada jenis unsur. Secara garis besar ikatan antar unsur dibedakan men­ja­di dua jenis , yakni ikatan logam dan ikatan kovalen. Ikatan ion mem­ben­tuk senyawa ion sedan­gkan ika­ta kovalen mem­ben­tuk senyawa kovalen.

Bacaan Lain­nya

Keti­ka unsur logam bereak­si den­gan unsur non­logam , maka ter­ben­tuk ikatan ion sehing­ga dihasilkan senyawa ion. Sedan­gkan jikalau unsur non­logam berikatan den­gan unsur non­logam , maka akan ter­ben­tuk ikatan kovalen dan dihasilkan senyawa kovalen.

SUBTOPIK

  • Daya Han­tar Listrik Senyawa Ion dan Senyawa Kovalen Polar
  • Mengi­den­ti­fikasi Beber­a­pa Laru­tan Elek­trolit dan Laru­tan Nonelek­trolit
  • Sifat Koli­gatif Laru­tan (Kenaikan Titik Didih dan Penu­runan Titik Beku)
  • Pem­ba­hasan Con­toh Soal wacana Kon­sen­trasi Laru­tan

A. Daya Hantar Listrik Senyawa Ion

Senyawa ion meru­pakan senyawa yang ter­ben­tuk dari ion-ion lewat ikatan ionik. Ion-ion yang menyusun senyawa ion ter­diri atas ion nya­ta (kation) dan ion negatif (anion). Senyawa ion dalam ben­tuk laru­tan ter­go­long senyawa elek­trolit alasan­nya meru­pakan di saat dilarutkan ke dalam air , senyawa akan teru­rai men­ja­di ion-ion.

Ion yang teru­rai dari senyawa ion meru­pakan ion-ion pem­ben­tuk senyawa terse­but. Keti­ka ion­nya teru­rai , ion-ion terse­but akan berg­er­ak bebas dan meng­han­tarkan listrik lewat han­taran. Jika diu­ji , maka laru­tan senyawa ion akan memamerkan tan­da-tan­da menyeru­pai hal­nya laru­tan elek­trolit.

Akan tetapi , jikalau senyawa ion bera­da dalam ben­tuk padatan , senyawa terse­but tidak teru­rai sehing­ga ion-ion­nya tidak berg­er­ak den­gan bebas. Itu artinya , tidak ada ion yang berg­er­ak bebas untuk meng­han­tarkan listrik. Oleh alasan­nya meru­pakan itu , senyawa ion dalam ben­tuk padatan tidak sang­gup meng­han­tarkan listrik.

Lalu bagaimana jikalau senyawa ion dalam ben­tuk lele­han? Dap­atkan senyawa terse­but meng­han­tarkan listrik? Jawa­ban­nya meru­pakan bisa. Keti­ka dalam ben­tuk lele­han , ion-ion senyaa ionik sang­gup berg­er­ak sehing­ga sang­gup meng­han­tarkan listrik menyeru­pai hal­nya laru­tan.

Den­gan demikian , sang­gup dis­im­pulkan bah­wa senyawa ion sang­gup bertin­dak selaku elek­trolit atau nonelek­trolit bergan­tung pada ben­tuknya. Jika beru­pa lele­han atau laru­tan , maka senyawa ion sang­gup meng­han­tar listrik , namun jikalau beru­pa padatan senyawa ion tidak sang­gup meng­han­tarkan listrik.

B. Daya Hantar Senyawa Kovalen Polar

Senyawa kovalen meru­pakan senyawa yang berisikan atom-atom yang berikatan secara kovalen. Senyawa kovalen berisikan molekul-molekul bersi­fat netral dan tidak sang­gup meng­han­tarkan listrik. Sehing­ga pada biasanya senyawa kovalen meru­pakan nonelek­trolit.

Dalam ben­tuk padatan atau lele­han , senyawa kovalen tidak sang­gup meng­han­tarkan lis­rik alasan­nya meru­pakan molekul­nya tidak men­gan­dung ion-ion. Lalu bagaimana jikalau senyawa kovalen bera­da dalam ben­tuk laru­tan? Dap­atkan meng­han­tarkan listrik?

Mes­ki seba­gian molekul penyusun senyawa kovalen bersi­fat non­po­lar , tetapi seba­gian molekul juga sang­gup bersi­fat polar sehing­ga dimenger­ti selaku pelarut polar. Itu artinya , dalam ben­tuk laru­tan , ada juga senyawa kovalen yang sang­gup meng­han­tarkan listrik mis­al­nya senyawa HCl , HNO3 , dan CH3COOH.

Beber­a­pa senyawa kovalen polar jikalau dilarutkan ke dalam air sang­gup men­gala­mi ion­isasi sehing­ga laru­tan­nya sang­gup meng­han­tarkan listrik. Hal itu ter­ja­di alasan­nya meru­pakan antar­molekul polar ter­da­p­at gaya tarik-menarik yang sang­gup pastikan ikatan ter­ten­tu dalam molekul terse­but.

Daya hantar listrik senyawa ion dan kovalen

Namun per­lu dike­nang bah­wa tidak semua molekul polar sang­gup men­gala­mi ion­isasi dalam air. Itu artinya , tidak semua molekul polar sang­gup meng­han­tarkan listrik di saat men­ja­di laru­tan. Sedan­gkan mplekul non­po­lar secara laz­im bersi­fat nonelek­trolit.

Demikian­lah pem­ba­hasan singkat per­i­hal daya han­tar listrik pada senyawa ion dan senyawa kovalen polar. Jika postin­gan ini berhar­ga , silahkan bagikan ter­hadap kawan anda lewat tombol share di bawah ini.

Share ke Face­book »Share ke Twit­ter »
Cafeberita.com meru­pakan blog wacana materi bela­jar. Gunakan Kolom Search atau pen­car­i­an untuk mener­i­ma materi bergu­ru yang ingin dipela­jari.

Pos terkait