Dampak Internet untuk Anak-anak dan Cara Mengatasinya

Posted on

Dampak Internet – Kehadiran Internet tidak hanya memiliki banyak dampak positif, tetapi juga dampak negatif, meskipun penggunaannya bertujuan untuk memudahkan manusia pada aspek kehidupan.

Internet juga merupakan jaringan terluas dalam sistem teknologi informasi yang kemudian memungkinkan perangkat di seluruh dunia untuk kemudian terhubung satu sama lain.

Baca Juga: Trading Saham Online Modal Kecil Harus Perhatikan Hal Ini

Karena tingkat jaringan internet, teknologi informasi ini juga selalu memiliki dampak positif dan dampak negatif pada penggunanya. Jaringan Internet juga dapat diakses oleh publik yang kemudian mengirimkan data menggunakan standar Internet Protocol (IP).

Informasi ini sendiri tersebar di internet dapat diakses melalui jaringan World Wide Web (WWW) baik dalam bentuk teks, video, musik, foto, atau apa pun. Dalam sistem operasionalnya, web juga dilayani oleh browser seperti Chrome, Opera, Safari, Firefox, dan sebagainya.

Mengutip dari The Guardian, Google juga menangani lebih dari 40.000 pencarian per detik dan memiliki 60 persen pasar browser global melalui Chrome. Ada hampir dua miliar situs web yang kemudian sebagian besar tidak dikunjungi.

Informasi yang dapat diakses melalui internet sangat banyak dan luas. Cara mengukur jumlah informasi di internet itu sendiri termasuk sekitar lima exabytes sehari. Jumlah ini juga setara dengan 40.000 film dengan durasi dua jam per detik.

Baca Juga: Suasana Baru dengan Variasi Warna Rumah

Menurut Situs Kamus Indonesia Besar (KBBI) Internet itu sendiri ditafsirkan sebagai jaringan komunikasi elektronik yang kemudian menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer. Asosiasi kedua jaringan ini diselenggarakan di seluruh dunia melalui telepon atau satelit.

Sementara itu, dalam buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas IX dari Kementerian Pendidikan dan Budaya dinyatakan bahwa Internet ada di jutaan komputer di seluruh dunia, dengan menghubungkannya melalui protokol TCP/IP.

Awalnya, Internet sebagai jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui proyek ARPA (Advanced Research Project Agency). Kemudian, ARPA sendiri memutuskan untuk kemudian melakukan penelitian tentang cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga kemudian membentuk jaringan organik.

Menurut Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas IX yang kemudian diterbitkan oleh Pusat Buku Kementerian Pendidikan 2010 dan ditulis oleh Mashadi dan Arif Dwi Armawan, program penelitian ini kemudian dikenal sebagai Arpanet.

Mereka juga menghubungkan beberapa komputer berbasis UNIX melalui saluran telepon dengan jarak yang sangat jauh sehingga komputer ini dapat terhubung satu sama lain.

Baca Juga: Uji Kecepatan Internet Kamu di Sini

UNIX adalah sistem operasi komputer yang dimulai dari proyek Multics pada tahun 1965. Kemudian, proyek itu sendiri dirancang bagaimana bentuk jaringan, keandalan, dan berapa banyak data atau informasi yang akan dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain.

Jaringan pertama yang kemudian dibangun dengan menghubungkan empat tempat, yaitu University of California Santa Barbara (UCSB), University of Utah, University of California Los Angeles (UCLA), dan Stanford Research Institute (SRI). Sampai tahun 1972 Internet kemudian menghubungkan lebih dari 20 komputer. Arpanet sendiri adalah tulang punggung internetworking untuk lembaga pendidikan, penelitian, industri, dan kontraktor, terutama yang terkait dengan jaringan militer.

Dampak Negatif Internet

1. Kurangnya komunikasi dengan tatap muka

Kedengarannya sangat ironis ketika kurangnya komunikasi tatap muka disebut-sebut sebagai salah satu efek negatif dari internet karena internet juga dapat membuat seseorang orang lebih dekat.

Tetapi pada kenyataannya entah bagaimana banyak orang merasa lebih mudah untuk berkomunikasi melalui internet jika dibandingkan dengan cara langsung dengan cara bertatap muka.

Baca Juga: Inilah Potret Kebersamaan Anjasmara dengan Sang Putri

Kemudahan komunikasi yang ditawarkan oleh Internet juga akan membuat Anda lebih suka berdiskusi melalui aplikasi obrolan dan pesan yang tersedia di Internet. Ini juga akan memengaruhi hubungan pribadi Anda dengan teman dan keluarga. Karena entah bagaimana, kebiasaan suka mengobrol online akan memisahkan Anda dari kehidupan dunia nyata.

2. Kurang kreativitas

Salah satu fitur internet penting adalah sumber informasi yang tidak terbatas. Fitur ini juga akan menguntungkan pengguna dengan akses cepat untuk mendapatkan informasi dengan mudah berdasarkan kebutuhan masing-masing pengguna internet.

Namun, ini juga akan membuat Anda kurang kreatif, sadar atau tidak, kemudahan mendapatkan semua informasi yang Anda butuhkan dari internet itu sendiri akan meningkatkan plagiarisme, yang akan menyebabkan kurangnya kreativitas.

3. Bullying cyber

Bullying cyber pada dasarnya adalah istilah untuk menggambarkan intimidasi dalam menggunakan Internet. Kerugian itu sendiri dapat dianggap sebagai salah satu efek negatif paling jahat dari Internet. Banyak orang telah menjadi korban intimidasi cyber.

Pengguna internet juga lebih rentan menjadi korban intimidasi karena cara intimidasi di internet juga lebih aman dan lebih mudah daripada intimidasi fisik karena hampir tidak ada aturan atau undang -undang untuk mengendalikan masalah intimidasi cyber.

Baca Juga: Cek Koneksi Internet yang Dapat Anda Lakukan dengan Beberapa

Korban intimidasi dunia maya juga terasa dihina atau malu karena komentar dan pendapat jahat dan buruk. Efek negatif akan lebih buruk pada remaja, terutama pada mereka yang berada dalam pubertas dengan semua kerentanan dan sensitivitas yang mereka miliki. Ada beberapa kasus korban intimidasi cyber yang akan membuat korban mereka menjadi gila dan akhirnya bunuh diri.

4. Mengabaikan keluarga dan orang -orang di sekitar

Penggunaan sesuatu yang berlebihan maka selalu menciptakan efek samping, paling tidak di internet. Ketika Anda akan menggunakan internet terlalu banyak, Anda secara tidak sadar mengabaikan keluarga Anda dan orang -orang yang paling dekat dengan Anda.

Ketika Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda untuk kemudian menjelajahi internet, Anda juga menjadi tidak peka terhadap kehidupan nyata dan orang -orang di sekitar Anda, termasuk anggota keluarga Anda sendiri. Tujuan awal menggunakan internet adalah untuk membuka pintu ke dunia baru, bukan untuk menutup diri dari kehidupan nyata.

Bagi sebagian besar remaja dan milenium, internet juga merupakan satu -satunya teman yang dimiliki, sementara pada saat keluarga dan orang -orang terdekat diganti dengan jam penelusuran internet.

Ini juga akan menyebabkan Anda mengabaikan keluarga Anda dan membuat Anda ragu untuk berbicara atau berinteraksi dengan orang -orang di sekitar Anda.

Dampak internet negatif pada anak -anak

Banyak manfaat yang dirasakan dengan kemajuan teknologi  dengan hadirnya internet. Fungsi internet dalam kehidupan sehari -hari adalah untuk memfasilitasi dan menyelesaikan pekerjaan, berkomunikasi dengan orang lain, atau mengembangkan kemampuan melalui berbagai pelatihan online.

Tetapi, Anda harus menyadari dampak positif dan dampak negatif dari Internet, terutama untuk anak -anak yang tidak akan menyaring informasi. Berikut adalah dampak negatif dari internet pada anak -anak:

1. Sulit berinteraksi dengan lingkungan sosial

Anak -anak yang kemudian mengalami ketergantungan pada gadget cenderung menghabiskan waktunya di dunia maya sehingga kurangnya waktu untuk berinteraksi dengan orang lain di dunia nyata. Jika dibiarkan, anak itu akan merasa sulit untuk bergaul dengan teman -teman sekolahnya atau dengan keluarga.

Meskipun dengan dampak positif dari internet kemudian dengan mendapatkan teman dari dunia maya, interaksi sosial secara langsung di dunia nyata masih sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak -anak.

2. Cenderung isolasi diri

Seiring dengan banyaknya waktu yang digunakan berseluncur di dunia maya dengan berbagai intensitas kegiatan di ruangan maya yang terus meningkat, Anak -anak juga akan menjadi kurang peduli dan responsif terhadap kondisi di sekitar mereka. Ketika Anda memutuskan untuk membelikan anak gadget baru, cobalah juga untuk membuat aturan yang akan mempertahankan kehidupan sosial mereka.

3. Menjadi orang yang pemarah

Ketika anak -anak mulai merasa terobsesi dengan gadget, mereka juga akan memberikan reaksi berlebihan ketika perangkat elektronik favorit mereka dijauhkan darinya. Mereka menjadi orang yang mudah marah dan sering mengamuk.

Sebelum anak mengalami hal ini, sangat penting untuk dapat mengatur durasi dan membuat peraturan terkait dengan penggunaan gadget.

4. Mendapat pengaruh yang buruk

Di media sosial, anak -anak juga akan berinteraksi dengan orang -orang dengan berbagai karakter. Tanpa pengawasan, anak -anak bisa mendapatkan berbagai efek buruk dari pihak dengan niat jahat.

Selain itu, konten yang tidak mendidik yang mereka nonton dapat menjadi penyebab utama anak -anak dalam memiliki berbagai kebiasaan yang tidak menguntungkan, seperti senang memukul, berteriak, atau menjadi anak yang tidak pendiam.

Langkah -langkah untuk menangani dampak internet negatif

Bagaimana cara mencegah dampak internet negatif? Jumlah berita negatif yang terkait dengan penggunaan internet pada anak -anak kemudian dapat membuat orang tua khawatir ketika anak -anak menghabiskan lebih banyak waktu dengan perangkat. Bahkan, hal -hal buruk ini juga akan diatasi dengan pengawasan yang tepat.

1. Ajarkan pentingnya privasi

Masih ada cukup banyak anak yang kemudian tidak memahami bahaya penyalahgunaan data. Jadi sangat penting bagi orang tua untuk dapat mengajarkan batas privasi yang dapat dibagikan di dunia maya.

Melarang anak -anak untuk memasukkan berbagai informasi pribadi seperti nomor telepon, email, alamat rumah, dan alamat sekolah, serta kata sandi, atau foto -foto tertentu. Jelaskan juga berbagai kemungkinan yang dapat terjadi jika seseorang menggunakan informasi pribadi mereka seperti kasus penculikan di lingkungan sekolah yang terjadi dengan mengandalkan foto dari media sosial.

2. Menerapkan batas -batas bermain internet

Juga berikan daftar situs apa pun yang tidak dapat mereka akses saat bermain internet, seperti situs pronografi, game online yang penuh dengan kekerasan, atau berkenalan dengan orang -orang yang tidak diketahui tanpa sepengetahuan orang tua. Jangan ragu juga untuk membahas sanksi anak -anak yang akan diterima jika mereka melanggar batasan ini.

3. Jelaskan tentang intimidasi cyber

Bermain media sosial akan terasa menyenangkan bagi anak -anak karena mereka dapat berteman dengan siapa pun. Namun, Anda juga perlu menjelaskan bahwa mereka masih harus baik dalam persahabatan dunia maya.

Jelaskan bahwa di Indonesia ada undang -undang ITE yang melindungi seseorang dari pelecehan dan akan menghukum para pelaku. Mintalah anak -anak untuk dapat memberi tahu Anda ketika mereka menjadi korban intimidasi cyber. Membangun hubungan emosional yang lebih dekat dengan anak -anak sehingga mereka dapat terbuka terhadap berbagai masalah yang dihadapi.

4. Manfaatkan fitur kontrol orang tua

Juga aktifkan pengaturan kontrol orang tua yang biasanya tersedia di perangkat. Fitur ini akan membantu orang tua dalam mengelola situs apa yang dapat ditampilkan dan ditonton oleh anak -anak. Di mesin pencari seperti Google, Anda juga dapat mengaktifkan pencarian yang aman

dampak negatif internet,dampak positif internet,dampak positif dan negatif dari internet,5 dampak negatif internet,5 dampak positif internet,dampak positif dan negatif internet brainly,dampak negatif internet brainly,dampak negatif internet bagi remaja,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *