spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Cover Buku: Daya Tarik Utama yang Membuat Buku Terlihat Menarik

Jika masuk ke toko buku dan melihat rak-rak buku berderet-deret, apa yang paling menarik perhatian? Buku, tentu saja. Lalu, apa yang paling menarik dari buku itu? Apakah judulnya? Ternyata bukan. Daya tarik utama sebuah buku ada pada bagian cover buku.

Tak semua orang yang datang ke toko buku sudah mempunyai tujuan pasti untuk membeli buku dengan judul tertentu. Lebih banyak lagi yang datang ke toko buku tanpa tujuan yang pasti. Ada yang datang ke toko buku hanya untuk melihat-lihat dan berharap kalau-kalau ada buku bagus yang bisa dibeli atau siapa tahu sedang ada diskon dan obral buku.

Ada pula yang datang ke toko buku dengan keinginan untuk membeli buku namun tidak ada judul buku yang diincar atau memang belum mengetahui judul pasti buku yang akan dibeli. Di sini, calon pembeli pun akan mulai melihat-lihat dan memilih-milih buku yang akan dibelinya.

Membeli semua tentu bukan pilihan utama. Selain dana yang mungkin terbatas, isi buku pun tak jauh berbeda. Hanya penyajiannya yang berbeda. Ada yang hitam putih, ada yang penuh warna. Ada yang dijilid hardcover, ada yang softcover. Saat memilih-milih ini, yang pertama kali dilihat oleh calon pembeli adalah cover buku.

Cover Buku Anak

Cover buku ini juga yang menjadi pertimbangan utama ketika hendak memilih buku untuk anak-anak, lebih-lebih jika anak-anak diizinkan memilih sendiri buku untuk mereka. Anak-anak akan mudah terpikat melihat tampilan cover buku yang penuh warna ceria dengan ilustrasi yang bagus. Tak jarang anak-anak langsung memilih sebuah buku hanya karena melihat covernya.

Cover buku anak-anak memang didesain lebih cerah dan atraktif dibandingkan buku untuk remaja dan dewasa. Hal ini sesuai dengan tingkat perkembangan pemikiran anak-anak yang masih berada pada tahap visual.

Di sini diperlukan pendampingan dan kebijakan orang tua. Pameo don’t judge a book by it’s cover dapat diterapkan di sini. Jangan terkecoh oleh cover buku yang sangat menggoda. Anak-anak mungkin akan langsung tergiur, tetapi tidak dengan orang tua yang memiliki pertimbangan lebih matang.

Panduan Memilih Buku Anak

Berikut panduan yang dapat digunakan oleh orang tua ketika hendak memilih buku untuk anak-anak:

  1. Cover buku haruslah menggambarkan isi buku.
  2. Ilustrasi yang digunakan di cover buku harus sesuai dengan usia anak.
  3. Perhatikan informasi penting yang tercantum di cover buku, terutama judul buku dan  nama pengarang. Judul buku menggambarkan isi buku tersebut, sedangkan nama pengarang akan memberikan gambaran tentang bagaimana cara penceritaan dalam buku tersebut. Setiap pengarang mempunyai gaya khas masing-masing dalam bercerita.
  4. Bacalah sinopsis yang terdapat di cover buku bagian belakang (back cover) dengan teliti.
  5. Perhatikan apakah buku itu adalah buku untuk segmen anak-anak secara umum atau hanya untuk anak-anak dari agama tertentu.

Jika ada, perhatikan pula peruntukkan buku itu. Beberapa penerbit buku mencantumkan informasi di cover buku mengenai usia anak yang tepat untuk membaca buku tersebut, misalnya: balita, 5-7 tahun, 7-9 tahun, atau 9-12 tahun.

Dari informasi itu orang tua bisa mengira-ngira bagaimana isi buku karena buku-buku di toko buku umumnya dalam keadaan tersegel rapat dan tak selalu tersedia buku sampel yang tak tersegel.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang!

Popular Articles