spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Contoh Soal Saat-Saat Menyeleksi Impuls Yang Dihasilkan

Cafeberita.com – Contoh soal dan pembahasan tentang saat-saat dan impuls , yakni menyeleksi besar impuls yang dihasilkan. Contoh #6 : Sebuah bola yang bermassa 20 gram dilempar dengan mendatar dengan kecepatan 4 m/s ke kiri menuju dinding. Jika sesudah membentur dinding , bola memantul dengan kecepatan 2 m/s ke kanan , maka besar impuls yang dihasilkan merupakan …..
A. I = 0 ,04 N.s
B. I = 0 ,08 N.s
C. I = 0 ,12 N.s
D. I = 0 ,24 N.s
E. I = 0 ,36 N.s

Pembahasan :
Dik : m = 20 g = 0 ,02 kg , v = – 4m/s , v’ = 2 m/s
Dit : I = …. ?

Untuk menyelesaikan soal ini , Sobat Tafsi mesti mengerti kembali rancangan dasar saat-saat dan impuls serta hubungan keduanya.

Momentum merupakan besaran yang menyatakan ukuran kesukaran suatu benda yang bergerak untuk tidak boleh atau seberapa sukar benda dihentikan.

Semakin besar saat-saat suatu benda maka akan condong makin sukar untuk dihentikan. Sebaliknya , makin kecil momentumnya makin mudah dihentikan.

Secara matematis , saat-saat yang dimiliki oleh suatu benda akan sama dengan hasil kali massa benda dengan kecepatannya.

p = m . v

Keterangan :
p = saat-saat benda (kg m/s)
m = massa benda (kg)
v = kecepatan benda (m/s).

Impuls merupakan besaran yang menyatakan pergantian momentun suatu benda. Oleh sebab itu , saat-saat dan impuls merupakan besaran yang setara.

Secara matematis , besar impuls akan sama dengan besar pergantian saat-saat benda atau selisih saat-saat tamat dengan saat-saat permulaan benda.

I = Δp = p’ – p
I = m (v’ – v)

Keterangan :
I = besar impuls yang diahsilkan (N.s atau kg m/s)
p’ = saat-saat benda sesudah berubah (kg m/s)
p = saat-saat mula-mula benda (kg m/s)
m = massa benda (kg)
v’ = kecepatan benda pada keadaan sesudah (m/s)
v = kecepatan mula-mula benda (m/s).

Nah , menyerupai biasa dalam perkiraan saat-saat dan impuls yang melibatkan kecepatan , maka biasanya mesti memperhatikan arah kecepatan.

Oleh sebab itu , mari kita tinjau perjanjian tanda untuk kecepatan. Berikut ilustrasi untuk gerakan bola sebelum dan sehabis tumbukan.

contoh soal saat-saat dan impuls

Dari gambar di atas sanggup Sobat Tafsi lihat bagaimana arah kecepatan bola sebelum dan sehabis menabrak dinding.

Sebelum membentur dinding , bola bergerak dengan kecepatan 4 m/s ke kiri , maka kecepatan permulaan bola kita sepakati bertanda negatif.

Setelah membentur dinding , bola memantul dengan kecepatan 2 m/s ke kanan , maka kecepatan tamat bola kita sepakati bertanda positif.

Dik : m = 20 g = 0 ,02 kg , v = – 4m/s , v’ = 2 m/s
Dit : I = …. ?

Berdasarkan hubungan saat-saat dan impuls , maka:
⇒ I = m(v’ – v)
⇒ I = 0 ,02 (2 – (-4))
⇒ I = 0 ,02 (6)
⇒ I = 0 ,12 N.s

Jadi , besar impuls yang dihasilkan merupakan 0 ,12 N.s.

Jawaban : C

Demikian pembahasan tumpuan soal tentang saat-saat dan impuls , yakni menyeleksi besar impuls yang dihasilkan dari insiden pemantulan bola oleh dinding.

Baca juga : Kumpulan Soal Momentum dan Impuls.

Jika pembahasan ini berharga , bantu edutafsi membagikannya terhadap teman-teman Kalian lewat share sosial media yang kalian punya.

Contoh Momentum No 7

  • Sebuah bola bermassa m1 begerak ke kanan dengan kecepatan 3 m/s dan bertabrakan dengan bola bermassa 1 kg yang bergerak dengan kecepatan 6 m/s ke kiri. Jika keduanya bertumbukan tak lenting sama sekali dan kecepatan sesudah tumbukan sama dengan nol , maka nilai m1 sama dengan …..
    Pembahasan >>

Untuk pembahasan tumpuan soal yang lain tentang saat-saat dan impuls sanggup Sobat lihat di Kolom Search tumpuan soal fisika atau lewat tombol tumpuan saat-saat dan impuls.

Share ke Facebook >>Share ke Twitter >>
Cafeberita.com merupakan blog tentang materi belajar. Gunakan Kolom Search atau pencarian untuk mendapatkan materi berguru yang ingin dipelajari.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang!

Popular Articles