spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Contoh Saat-Saat Menyeleksi Kecepatan Sebelum Tumbukan

Cafeberita.com – Contoh soal dan pembahasan wacana saat-saat linear , menyeleksi kecepatan benda sebelum bertumbukan. Contoh #5 : Dua benda A dan B masing-masing bermassa 4 kg dan 5 kg bergerak bertentangan arah (benda A ke kanan dan benda B ke kiri) dan saling mendekati. Benda A bergerak dengan kecepatan 6 m/s. Keduanya bertumbukan dan setelah tumbukan , keduanya berbalik arah dengan kecepatan A = 4 m/s dan kecepatan B = 2 m/s. Kecepatan benda B sebelum tumbukan merupakan …..
A. vB = 6 ,0 m/s
B. vB = 4 ,2 m/s
C. vB = 1 ,6 m/s
D. vB = 1 ,2 m/s
E. vB = 0 ,8 m/s

Pembahasan :
Dik : mA = 4 kg , mB = 5 kg , vA = 6 m/s , vA’ = -4 m/s , vB’ = 2 m/s
Dit : vB = ….. ?

Untuk menyelesaikan soal ini , Sobat Tafsi mesti mengetahui kembali desain saat-saat , terutama saat-saat pada bencana tumbukan.

Tumbukan ada tiga jenis , yakni tumbukan lenting tepat , tumbukan lenting sebagian , dan tumbukan tidak lenting sama sekali.

Pada tumbukan lenting tepat , berlaku aturan kekekalan saat-saat , berlaku kekekalan energi kinetik , dan koefisien restitusinya sama dengan satu.

Pada tumbukan lenting sebagian , berlaku aturan kekekalan saat-saat , tidak berlaku kekekalan energi kinetik , dan koefisien restitusi antara 0 dan 1.

Pada tumbukan tak lenting sama sekali , berlaku aturan kekekalan saat-saat , kecepatan setelah tumbukan sama , dan koefisien restitusinya sama dengan nol.

Pada soal tidak disebutkan jenis tumbukannya , tetapi kita dapat menggunakan desain kekekalan saat-saat alasannya berlaku untuk semua jenis tumbukan.

Hukum Kekekalan Momentum

Momentum merupakan besaran yang menyatakan tingkat kesukaran sebuah benda yang bergerak untuk dihentikan.

Secara matematis , besar saat-saat sebuah benda akan sama dengan hasil kali massa benda dengan kecepatannya.

p = m . v

Keterangan :
p = saat-saat benda (kg m/s)
m = massa benda (kg)
v = kecepatan benda (m/s).

Menurut aturan kekekalan energi mekanik , jumlah energi mekanik sebelum tumbukan akan sama dengan jumlah energi mekanik setelah tumbukan.

m1.v1 + m2.v2 = m1.v1‘ + m2.v2

Keterangan :
m1 = massa benda pertama (kg)
m2 = massa benda kedua (kg)
v1 = kecepatan benda pertama sebelum tumbukan (m/s)
v2 = kecepatan benda kedua sebelum tumbukan (m/s)
v1‘ = kecepatan benda pertama setelah tumbukan (m/s)
v2‘ = kecepatan benda kedua setelah tumbukan (m/s).

Nah , yang perlu diamati merupakan perjanjian tanda untuk kecepatan benda.

Umumnya , jikalau arah kecepatannya ke kanan , maka bertanda positif. Sebaliknya , kecepatan yang arahnya ke kiri bertanda negatif.

Contoh soal saat-saat tumbukan

Pada soal , benda A bergerak ke kanan , maka vA bertanda positif. Sedangkan setelah tumbukan A bergerak ke kiri , jadi vA’ bertanda negatif.

Benda B bergerak ke kiri , maka vB bertanda negatif. Setelah tumbukan benda B bergerak ke kanan , jadi vB’ bertanda positif.

Dik : mA = 4 kg , mB = 5 kg , vA = 6 m/s , vA’ = -4 m/s , vB’ = 2 m/s
Dit : vB = ….. ?

Berdasarkan aturan kekekalan saat-saat , maka berlaku:
⇒ mA.vA + mB.vB = mA.vA‘ + mB.vB
⇒ 4(6) + 5vB = 4(-4) + 5(2)
⇒ 24 + 5vB = -16 + 10
⇒ 5vB = -6 – 24
⇒ 5vB = -30
⇒ vB = -30/5
⇒ vB = – 6 m/s

Jadi , kecepatan benda B sebelum tumbukan merupakan 6 m/s. Tanda negatif berbincang bahwa kecepatan permulaan B arahnya ke kiri.

Jawaban : A

Demikian pembahasan pola soal wacana saat-saat , yakni menyeleksi kecepatan benda sebelum bertumbukan.

Contoh Momentum No 6

  • Sebuah bola yang bermassa 20 gram dilempar dengan mendatar dengan kecepatan 4 m/s ke kiri menuju dinding. Jika setelah membentur dinding , bola memantul dengan kecepatan 2 m/s ke kanan , maka besar impuls yang dihasilkan merupakan …..
    Pembahasan >>

Jika pembahasan ini berharga , bantu edutafsi ya untuk share ke teman-teman kalian lewat tombol share biar keuntungannya dapat kita rasakan bersama.

Untuk pembahasan pola soal wacana saat-saat dan impuls yang lain , Sobat Tafsi dapat melihatnya di Kolom Search pola fisika , atau lewat tombol klasifikasi di bawah.

Share ke Facebook >>Share ke Twitter >>
Cafeberita.com merupakan blog wacana materi belajar. Gunakan Kolom Search atau pencarian untuk mendapatkan materi berguru yang ingin dipelajari.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang!

Popular Articles