Contoh Format Laporan Keuangan Bulanan Excel

Contoh Format Laporan Keuangan Bulanan Excel

Contoh Format Laporan Keuangan Bulanan Excel

Lapo­ran keuan­gan meru­pakan salah satu alat yang san­gat pent­ing bagi seti­ap perusa­haan untuk meman­tau kin­er­ja keuan­gan dan mem­bu­at kepu­tu­san yang tepat dalam bis­nis.

Lapo­ran keuan­gan yang baik harus ter­struk­tur, mudah diba­ca, dan mem­berikan infor­masi yang aku­rat ten­tang keuan­gan perusa­haan.

Bacaan Lain­nya

Salah satu cara untuk mem­bu­at lapo­ran keuan­gan yang efek­tif adalah den­gan meng­gu­nakan for­mat Excel.

Artikel ini akan mem­ba­has con­toh for­mat lapo­ran keuan­gan bulanan Excel yang dap­at mem­ban­tu perusa­haan dalam mem­bu­at lapo­ran keuan­gan yang aku­rat dan efisien.

Pendahuluan

Lapo­ran keuan­gan adalah ringkasan dari keuan­gan perusa­haan dalam peri­ode ter­ten­tu. Lapo­ran keuan­gan meliputi ner­a­ca, lapo­ran laba rugi, dan lapo­ran arus kas.

Lapo­ran keuan­gan san­gat pent­ing bagi man­a­je­men dan investor untuk mem­bu­at kepu­tu­san yang tepat dalam bis­nis. Dalam artikel ini, kita akan mem­ba­has con­toh for­mat lapo­ran keuan­gan bulanan Excel.

Tujuan Laporan Keuangan Bulanan

Tujuan dari lapo­ran keuan­gan bulanan adalah untuk mem­berikan infor­masi ten­tang posisi keuan­gan perusa­haan pada peri­ode bulanan. Lapo­ran keuan­gan bulanan harus mem­berikan infor­masi yang aku­rat dan ter­per­in­ci ten­tang pener­i­maan, pen­gelu­aran, aset, dan kewa­jiban perusa­haan.

Struktur Laporan Keuangan Bulanan

Lapo­ran keuan­gan bulanan harus memi­li­ki struk­tur yang teror­gan­isir den­gan baik untuk memu­dahkan pem­ba­ca dalam mema­ha­mi infor­masi yang dis­ajikan. Struk­tur lapo­ran keuan­gan bulanan biasanya ter­diri dari tiga bagian uta­ma, yaitu:

1. Neraca

Ner­a­ca adalah lapo­ran keuan­gan yang mem­berikan infor­masi ten­tang aset, kewa­jiban, dan ekuitas perusa­haan pada akhir peri­ode ter­ten­tu. Ner­a­ca harus men­can­tumkan semua aset dan kewa­jiban perusa­haan pada akhir peri­ode terse­but.

2. Laporan Laba Rugi

Lapo­ran laba rugi adalah lapo­ran keuan­gan yang mem­berikan infor­masi ten­tang pen­da­p­atan, biaya, dan laba bersih perusa­haan sela­ma peri­ode ter­ten­tu. Lapo­ran laba rugi harus men­can­tumkan semua pen­da­p­atan dan biaya yang diper­oleh atau dikelu­arkan oleh perusa­haan pada peri­ode terse­but.

3. Laporan Arus Kas

Lapo­ran arus kas adalah lapo­ran keuan­gan yang mem­berikan infor­masi ten­tang arus kas masuk dan kelu­ar dari perusa­haan sela­ma peri­ode ter­ten­tu. Lapo­ran arus kas harus men­can­tumkan semua arus kas masuk dan kelu­ar dari perusa­haan pada peri­ode terse­but.

Contoh Format Laporan Keuangan Bulanan Excel

Berikut adalah con­toh for­mat lapo­ran keuan­gan bulanan Excel yang dap­at digu­nakan oleh perusa­haan untuk mem­bu­at lapo­ran keuan­gan bulanan yang efek­tif.

1. Pendahuluan

Pada bagian ini, ter­da­p­at infor­masi ten­tang tang­gal dan peri­ode lapo­ran keuan­gan bulanan.

2. Neraca

Ner­a­ca adalah salah satu bagian pent­ing dari lapo­ran keuan­gan bulanan yang mem­berikan gam­baran ten­tang posisi keuan­gan perusa­haan pada suatu wak­tu ter­ten­tu. Ner­a­ca ter­diri dari dua bagian uta­ma, yaitu aset dan lia­bil­i­tas.

Con­toh for­mat ner­a­ca dap­at dil­i­hat pada tabel berikut:

No. Nama Jum­lah
1. Aset Lan­car  
2. Aset Tetap  
3. Aset Lain­nya  
4. Jum­lah Aset  
5. Lia­bil­i­tas Lan­car  
6. Lia­bil­i­tas Jang­ka Pan­jang  
7. Jum­lah Lia­bil­i­tas  
8. Ekuitas  
9. Jum­lah Lia­bil­i­tas dan Ekuitas  

Aset Lan­car adalah aset yang dap­at den­gan mudah dicairkan dalam wak­tu satu tahun atau dalam sik­lus operasi perusa­haan. Con­toh aset lan­car antara lain kas, piu­tang, perse­di­aan, dan inves­tasi jang­ka pen­dek.

Aset Tetap adalah aset yang dim­i­li­ki perusa­haan dalam jang­ka wak­tu yang lebih lama dari satu tahun dan digu­nakan untuk kegiatan opera­sion­al perusa­haan. Con­toh aset tetap antara lain tanah, ban­gu­nan, mesin-mesin, kendaraan, dan per­lengka­pan kan­tor.

Aset Lain­nya adalah aset yang tidak ter­ma­suk dalam kat­e­gori aset lan­car atau aset tetap. Con­toh aset lain­nya antara lain inves­tasi jang­ka pan­jang, pat­en, merek dagang, dan good­will.

Lia­bil­i­tas Lan­car adalah lia­bil­i­tas yang jatuh tem­po dalam wak­tu satu tahun atau dalam sik­lus operasi perusa­haan. Con­toh lia­bil­i­tas lan­car antara lain utang usa­ha, biaya yang masih harus diba­yar, dan pajak peng­hasi­lan yang masih harus diba­yar.

Lia­bil­i­tas Jang­ka Pan­jang adalah lia­bil­i­tas yang jatuh tem­po dalam wak­tu lebih dari satu tahun sete­lah tang­gal ner­a­ca. Con­toh lia­bil­i­tas jang­ka pan­jang antara lain utang oblig­asi, utang bank jang­ka pan­jang, dan sewa pem­bi­ayaan jang­ka pan­jang.

Ekuitas adalah sisa aset sete­lah diku­ran­gi lia­bil­i­tas. Ekuitas juga dike­nal seba­gai modal pemi­lik atau modal saham. Ekuitas dap­at diba­gi men­ja­di beber­a­pa bagian, seper­ti modal saham, laba dita­han, dan laba rugi yang belum dire­al­isasi.

Den­gan mema­ha­mi bagian-bagian ner­a­ca dan for­mat lapo­ran keuan­gan yang tepat, perusa­haan dap­at mem­bu­at lapo­ran keuan­gan bulanan yang efek­tif dan mem­berikan infor­masi yang aku­rat ten­tang posisi keuan­gan perusa­haan pada suatu wak­tu ter­ten­tu.

3. Laporan Laba Rugi

Pada bagian ini, ter­da­p­at infor­masi ten­tang pen­da­p­atan, biaya, dan laba bersih perusa­haan sela­ma peri­ode terse­but. Con­toh for­mat lapo­ran laba rugi dap­at dil­i­hat pada tabel berikut:

No. Nama Jum­lah
1. Pen­da­p­atan  
2. Biaya Opera­sion­al  
3. Laba Kotor  
4. Biaya Non-Opera­sion­al  
5. Laba Bersih  

4. Laporan Arus Kas

Pada bagian ini, ter­da­p­at infor­masi ten­tang arus kas masuk dan kelu­ar dari perusa­haan sela­ma peri­ode terse­but. Con­toh for­mat lapo­ran arus kas dap­at dil­i­hat pada tabel berikut:

No. Nama Jum­lah
1. Arus Kas Dari Aktiv­i­tas Operasi  
2. Arus Kas Dari Aktiv­i­tas Inves­tasi  
3. Arus Kas Dari Aktiv­i­tas Pen­danaan  
4. Kenaikan (Penu­runan) Kas dan Setara Kas  

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah diba­has ten­tang con­toh for­mat lapo­ran keuan­gan bulanan Excel yang dap­at digu­nakan oleh perusa­haan untuk mem­bu­at lapo­ran keuan­gan yang efek­tif. Lapo­ran keuan­gan yang efek­tif harus ter­struk­tur, mudah diba­ca, dan mem­berikan infor­masi yang aku­rat ten­tang keuan­gan perusa­haan.

Con­toh for­mat lapo­ran keuan­gan bulanan excel sebe­narnya cukup banyak. Mes­ki begi­tu, nyaris sama den­gan con­toh pada umum­nya. Yakni harus memi­li­ki tang­gal dan kese­im­ban­gan ner­a­ca.

Cara — cara simple dalam membikin pembukuan hingga neraca keuangan.

1. Tak boleh Lupa, Mengumpulkan Pengamatan Bukti Negosiasi

Pros­es pem­bukuan mulai dari megumpulkan semua buk­ti-buk­ti negosi­asi yang sudah ada baik berwu­jud buk­ti pem­ba­yaran, buk­ti pen­da­p­atan, dan buk­ti-buk­ti yang lain yang berkai­tan den­gan usa­ha yang kita lakukan

buk­ti pem­ba­yaran ini bisa berwu­jud kwi­tan­si, doku­men, surat per­se­tu­juan, wesel, dan seterus­nya, sehabis kita mengumpulkan­nya saat ini melakukan anal­i­sis pada buk­ti-buk­ti itu biar keval­i­dan nilainya dan sta­tus dari negosi­asi itu jelas.

Baca Juga:

2. Membikin Jurnal Negosiasi

Sehabis pros­es negosi­asi di penga­matan, pros­es sesu­dah itu menulis­nya ke Jur­nal negosi­asi, pros­es men­da­ta negosi­asi dap­at dik­er­jakan di saat ada negosi­asi baru atau kita mengumpulkan dalam satu hari baru kita menulis­nya.

Tapi, akan pasti­lah lebih efek­tif kalau pros­es pen­dataan dik­er­jakan tiap ada negosi­asi, kare­na buat mena­han berlang­sungnya keke­liru­an di saat post­ing ke buku besar.

Di jur­nal negosi­asi sendiri, seku­rang-kurangnya mesti ada sejum­lah kolom info jadi berikut ini:

  1. Tang­gal
  2. Nomor Buk­ti
  3. Account Negosi­asi
  4. Info
  5. Deb­it
  6. Cred­it
  7. Sal­do

3. Menempatkan Negosiasi ke Buku Besar

Sehabis negosi­asi usai kita tulis di Jur­nal negosi­asi ini cara sesu­dah itu men­em­patkan ke buku besar, di jur­nal semua account akun yang ada tertera,baik negosi­asi kas, piu­tang, utang, pem­ba­yaran dan seterus­nya semua tert­era.

Sete­lah itu, kita akan meng­go­longkan account sama den­gan type transak­si bis­nis­nya, umpa­ma buat negosi­asi yang libatkan piu­tang, kita cuman akan meng­go­longkan negosi­asi account piu­tang saja. Ini yang dimak­sud Gen­er­al Ledger (buku besar).

4. Membikin Neraca Uji coba

Pros­es mem­bikin ner­a­ca uji coba (tri­al bal­ance) bertu­juan buat pastikan kalau nilai type account bersal­do debet sama den­gan type account bersal­do cred­it (setim­bang). Atau keselu­ruhan­nya, jum­lah nilai negosi­asi debet sama den­gan negosi­asi cred­it.

Bisa dise­butkan sal­do-sal­do akhir account bersal­do debet dijum­lahkan, dan sal­do-sal­do account bersal­do cred­it pula dijum­lahkan, lalu diband­ing.

Kalau nilainya sama mem­pun­yai arti bal­ance (telah betul). Nach, Bagaimana kalau tak setim­bang? ada sejum­lah pelu­ang yang sebabkan ner­a­ca tak setim­bang mis­al­nya:

  • Rupa­nya ada negosi­asi yang masih belum dicatat
  • Ada negosi­asi yang keliru kalku­lasi atau salah tulis

5. Laporan Keuangan

Sehabis mem­bikin kom­po­nen con­toh pola ner­a­ca keuan­gan bulanan excel di atas, dim­u­lai dari meny­atukan buk­ti, menulis­nya ke jur­nal, mem postkan­nya di buku besar (meng­go­longkan account) , mem­bikin ner­a­ca uji coba biar segi deb­it dan angsuran­nya bal­ance, ini fin­ish­hing nya Lapo­ran Keuan­gan.

Ner­a­ca keuan­gan yaitu segi san­gat pent­ing dalam usa­ha yang anda lakukan, adanya ner­a­ca keuan­gan anda akan cepat dalam memas­tikan buat cara usa­ha anda kede­pan. Con­toh pola ner­a­ca keuan­gan bulanan excel adalah satu diantaranya pro­duk khusus pros­es Akun­tan­si, yang ter­diri dalam :

  1. Lapo­ran Keun­tun­gan Rugi, lapo­ran ini berisi keun­tun­gan atau rugi bersih perusa­haan pada sebuah fase
  2. Lapo­ran Sta­tus Keuan­gan , lapo­ran ini berisi sta­tus keuan­gan yang bera­da di post asset, kewa­jiban, dan modal
  3. Lapo­ran Tran­sisi Modal berisi lapo­ran ini berisi yang mem­berikan mem­per­li­hatkan modal pemi­lik pada sebuah fase
  4. Lapo­ran Arus Kas lapo­ran ini berisi info salu­ran masuk kelu­ar kas pada suatu fase

Contoh format laporan keuangan bulanan excel

Contoh format laporan keuangan bulanan excel

Membikin Laporan Bulanan

Dalam perumpa­maan ini akan di perumpa­maankan terkait bagaimana Trik mem­bikin lapo­ran bulanan keuan­gan kelu­ar­ga seper­ti penam­pakan di bawah ini :

Info :

  1. Mem­bu­ka file excel Bud­get Bulanan yang telah Anda ambil di artikel awal kalinya, lalu tam­bah satu sheet baru dan kasih nama umpa­manya DataToshl
  2. Impor data CSV memakai menu tabs Data/Get Ekster­nal Data from Teks ke cell A1 sheet DataToshl kalau Anda memakai Excel 2007 atau lang­sung mem­bu­ka file CSV dan kopi-paste data itu ke cell A1 sheet DataToshl
  3. Tam­bah kolom fase di kolom G den­gan man­faat =MONTH den­gan data ref­er­ence kolom Date (kolom A)
  4. Isikan kolom Aktu­al di sheet ANGGARAN BULANAN den­gan man­faat =SUMIFS yang dise­but man­faat pen­jum­la­han den­gan lebih satu keadaan yakni berdasar pada tags dan fase atau bulan den­gan rumus =SUMIFS(DataToshl!C:C,DataToshl!B:B,[Tags],DataToshl!G:G,MAR!$F$2) dan copy rumus ke tiap tabel bagian pen­gelu­aran
  5. Mau mem­bu­at lapo­ran bulan sete­lah itu Anda ting­gal copy sheet Bud­get Bulanan dan men­gubah bulan di kolom C2
  6. Usai.

FAQ

Apa laporan keuangan bulanan?

Lapo­ran Keuan­gan Bulanan

  • Ketahui Keadaan Keuan­gan Perusa­haan. Keadaan keuan­gan perusa­haan akan ter­cer­min dalam lapo­ran keuan­gan.
  • Menghi­tung Peruba­han Usa­ha.
  • Mem­ban­tu Ambil Kepu­tu­san.
  • Lapo­ran Keun­tun­gan Rugi.
  • Lapo­ran Per­al­i­han Ekuitas.
  • Ner­a­ca.
  • Lapo­ran Arus Kas.
  • Buk­ti Transak­si bis­nis.

Perlukah kita membuat laporan keuangan dari uang individu kita?

Keu­ta­maan mem­bu­at lapo­ran keuan­gan indi­vidu

Mem­berinya info yang terang men­ge­nai keadaan keuan­gan indi­vidu. Meno­long mem­bu­at ren­cana bujet. Meno­long men­gu­rus perun­tukan asset dan utang. Jadi buk­ti yang hen­dak meno­long pros­es pen­ga­juan utang.

Laporan keuangan itu seperti apakah?

Lapo­ran keuan­gan ialah lapo­ran yang mem­berinya per­in­cian info keuan­gan perusa­haan ter­hi­tung asset , kewa­jiban , ekuitas, peng­hasi­lan dan beban, kon­trib­u­tor pemegang saham, cash flow, dan info berkai­tan yang lain sep­a­n­jang wak­tu peri­ode ter­ten­tu.

Bagaimanakah cara membuat laporan keuangan?

Berikut posisi atau jalur dalam langkah mem­bu­at lapo­ran keuan­gan:

  • Kumpulkan dan Menulis Transak­si bis­nis pada Jur­nal.
  • Mem­pub­likasikan Jur­nal ke Buku Besar.
  • Mem­bu­at Ner­a­ca Sal­do.
  • Mengumpulkan Data untuk Mem­bu­at Jur­nal Rekon­si­lasi.
  • Mem­bu­at Ner­a­ca Jalur.
  • Mem­bu­at Lapo­ran Keuan­gan.

Laporan keuangan Ada 5 Apa Saja?

Baca 5 Tipe Lapo­ran Keuan­gan di Sini, Apa Saja?

  1. 1. Lapo­ran Keun­tun­gan Rugi. Sama den­gan namanya, pasti lapo­ran ini akan mem­per­li­hatkan keadaan keun­tun­gan dan rugi pada sebuah perusa­haan.
  2. 2. Lapo­ran Arus Kas.
  3. 3. Lapo­ran Per­al­i­han Modal.
  4. 4. Lapo­ran Ner­a­ca.
  5. 5. Catatan Atas Lapo­ran Keuan­gan.

DOWNLOAD DI SINI — TERABOX

Cari tahu juga ten­tang: down­load file excel lapo­ran keuan­gan perusa­haan dagang, down­load for­mat lapo­ran keuan­gan excel, down­load lapo­ran keuan­gan excel gratis, down­load file excel lapo­ran keuan­gan perusa­haan jasa, down­load for­mat excel lapo­ran keuan­gan prib­a­di, down­load lapo­ran keuan­gan pema­sukan dan pen­gelu­aran excel gratis, down­load for­mat lapo­ran keuan­gan seder­hana excel, con­toh lapo­ran keuan­gan prib­a­di maha­siswa excel

Orig­i­nal­ly post­ed 2021-04-10 10:45:47.

Pos terkait