spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Contoh Format Laporan Keuangan Bulanan Excel

Laporan keuangan merupakan salah satu alat yang sangat penting bagi setiap perusahaan untuk memantau kinerja keuangan dan membuat keputusan yang tepat dalam bisnis.

Laporan keuangan yang baik harus terstruktur, mudah dibaca, dan memberikan informasi yang akurat tentang keuangan perusahaan.

Salah satu cara untuk membuat laporan keuangan yang efektif adalah dengan menggunakan format Excel.

Artikel ini akan membahas contoh format laporan keuangan bulanan Excel yang dapat membantu perusahaan dalam membuat laporan keuangan yang akurat dan efisien.

Pendahuluan

Laporan keuangan adalah ringkasan dari keuangan perusahaan dalam periode tertentu. Laporan keuangan meliputi neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.

Laporan keuangan sangat penting bagi manajemen dan investor untuk membuat keputusan yang tepat dalam bisnis. Dalam artikel ini, kita akan membahas contoh format laporan keuangan bulanan Excel.

Tujuan Laporan Keuangan Bulanan

Tujuan dari laporan keuangan bulanan adalah untuk memberikan informasi tentang posisi keuangan perusahaan pada periode bulanan. Laporan keuangan bulanan harus memberikan informasi yang akurat dan terperinci tentang penerimaan, pengeluaran, aset, dan kewajiban perusahaan.

Struktur Laporan Keuangan Bulanan

Laporan keuangan bulanan harus memiliki struktur yang terorganisir dengan baik untuk memudahkan pembaca dalam memahami informasi yang disajikan. Struktur laporan keuangan bulanan biasanya terdiri dari tiga bagian utama, yaitu:

1. Neraca

Neraca adalah laporan keuangan yang memberikan informasi tentang aset, kewajiban, dan ekuitas perusahaan pada akhir periode tertentu. Neraca harus mencantumkan semua aset dan kewajiban perusahaan pada akhir periode tersebut.

2. Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang memberikan informasi tentang pendapatan, biaya, dan laba bersih perusahaan selama periode tertentu. Laporan laba rugi harus mencantumkan semua pendapatan dan biaya yang diperoleh atau dikeluarkan oleh perusahaan pada periode tersebut.

3. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas adalah laporan keuangan yang memberikan informasi tentang arus kas masuk dan keluar dari perusahaan selama periode tertentu. Laporan arus kas harus mencantumkan semua arus kas masuk dan keluar dari perusahaan pada periode tersebut.

Contoh Format Laporan Keuangan Bulanan Excel

Berikut adalah contoh format laporan keuangan bulanan Excel yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk membuat laporan keuangan bulanan yang efektif.

1. Pendahuluan

Pada bagian ini, terdapat informasi tentang tanggal dan periode laporan keuangan bulanan.

2. Neraca

Neraca adalah salah satu bagian penting dari laporan keuangan bulanan yang memberikan gambaran tentang posisi keuangan perusahaan pada suatu waktu tertentu. Neraca terdiri dari dua bagian utama, yaitu aset dan liabilitas.

Contoh format neraca dapat dilihat pada tabel berikut:

No.NamaJumlah
1.Aset Lancar
2.Aset Tetap
3.Aset Lainnya
4.Jumlah Aset
5.Liabilitas Lancar
6.Liabilitas Jangka Panjang
7.Jumlah Liabilitas
8.Ekuitas
9.Jumlah Liabilitas dan Ekuitas

Aset Lancar adalah aset yang dapat dengan mudah dicairkan dalam waktu satu tahun atau dalam siklus operasi perusahaan. Contoh aset lancar antara lain kas, piutang, persediaan, dan investasi jangka pendek.

Aset Tetap adalah aset yang dimiliki perusahaan dalam jangka waktu yang lebih lama dari satu tahun dan digunakan untuk kegiatan operasional perusahaan. Contoh aset tetap antara lain tanah, bangunan, mesin-mesin, kendaraan, dan perlengkapan kantor.

Aset Lainnya adalah aset yang tidak termasuk dalam kategori aset lancar atau aset tetap. Contoh aset lainnya antara lain investasi jangka panjang, paten, merek dagang, dan goodwill.

Liabilitas Lancar adalah liabilitas yang jatuh tempo dalam waktu satu tahun atau dalam siklus operasi perusahaan. Contoh liabilitas lancar antara lain utang usaha, biaya yang masih harus dibayar, dan pajak penghasilan yang masih harus dibayar.

Liabilitas Jangka Panjang adalah liabilitas yang jatuh tempo dalam waktu lebih dari satu tahun setelah tanggal neraca. Contoh liabilitas jangka panjang antara lain utang obligasi, utang bank jangka panjang, dan sewa pembiayaan jangka panjang.

Ekuitas adalah sisa aset setelah dikurangi liabilitas. Ekuitas juga dikenal sebagai modal pemilik atau modal saham. Ekuitas dapat dibagi menjadi beberapa bagian, seperti modal saham, laba ditahan, dan laba rugi yang belum direalisasi.

Dengan memahami bagian-bagian neraca dan format laporan keuangan yang tepat, perusahaan dapat membuat laporan keuangan bulanan yang efektif dan memberikan informasi yang akurat tentang posisi keuangan perusahaan pada suatu waktu tertentu.

3. Laporan Laba Rugi

Pada bagian ini, terdapat informasi tentang pendapatan, biaya, dan laba bersih perusahaan selama periode tersebut. Contoh format laporan laba rugi dapat dilihat pada tabel berikut:

No.NamaJumlah
1.Pendapatan
2.Biaya Operasional
3.Laba Kotor
4.Biaya Non-Operasional
5.Laba Bersih

4. Laporan Arus Kas

Pada bagian ini, terdapat informasi tentang arus kas masuk dan keluar dari perusahaan selama periode tersebut. Contoh format laporan arus kas dapat dilihat pada tabel berikut:

No.NamaJumlah
1.Arus Kas Dari Aktivitas Operasi
2.Arus Kas Dari Aktivitas Investasi
3.Arus Kas Dari Aktivitas Pendanaan
4.Kenaikan (Penurunan) Kas dan Setara Kas

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dibahas tentang contoh format laporan keuangan bulanan Excel yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk membuat laporan keuangan yang efektif. Laporan keuangan yang efektif harus terstruktur, mudah dibaca, dan memberikan informasi yang akurat tentang keuangan perusahaan.

Contoh Format Laporan Keuangan Bulanan Excel
Contoh Format Laporan Keuangan Bulanan Excel Arus Kas

Contoh format laporan keuangan bulanan excel sebenarnya cukup banyak. Meski begitu, nyaris sama dengan contoh pada umumnya. Yakni harus memiliki tanggal dan keseimbangan neraca.

Cara – cara simple dalam membikin pembukuan hingga neraca keuangan.

1. Tak boleh Lupa, Mengumpulkan Pengamatan Bukti Negosiasi

Proses pembukuan mulai dari megumpulkan semua bukti-bukti negosiasi yang sudah ada baik berwujud bukti pembayaran, bukti pendapatan, dan bukti-bukti yang lain yang berkaitan dengan usaha yang kita lakukan

bukti pembayaran ini bisa berwujud kwitansi, dokumen, surat persetujuan, wesel, dan seterusnya, sehabis kita mengumpulkannya saat ini melakukan analisis pada bukti-bukti itu biar kevalidan nilainya dan status dari negosiasi itu jelas.

Baca Juga:

2. Membikin Jurnal Negosiasi

Sehabis proses negosiasi di pengamatan, proses sesudah itu menulisnya ke Jurnal negosiasi, proses mendata negosiasi dapat dikerjakan di saat ada negosiasi baru atau kita mengumpulkan dalam satu hari baru kita menulisnya.

Tapi, akan pastilah lebih efektif kalau proses pendataan dikerjakan tiap ada negosiasi, karena buat menahan berlangsungnya kekeliruan di saat posting ke buku besar.

Di jurnal negosiasi sendiri, sekurang-kurangnya mesti ada sejumlah kolom info jadi berikut ini:

  1. Tanggal
  2. Nomor Bukti
  3. Account Negosiasi
  4. Info
  5. Debit
  6. Credit
  7. Saldo

3. Menempatkan Negosiasi ke Buku Besar

Sehabis negosiasi usai kita tulis di Jurnal negosiasi ini cara sesudah itu menempatkan ke buku besar, di jurnal semua account akun yang ada tertera,baik negosiasi kas, piutang, utang, pembayaran dan seterusnya semua tertera.

Setelah itu, kita akan menggolongkan account sama dengan type transaksi bisnisnya, umpama buat negosiasi yang libatkan piutang, kita cuman akan menggolongkan negosiasi account piutang saja. Ini yang dimaksud General Ledger (buku besar).

4. Membikin Neraca Uji coba

Proses membikin neraca uji coba (trial balance) bertujuan buat pastikan kalau nilai type account bersaldo debet sama dengan type account bersaldo credit (setimbang). Atau keseluruhannya, jumlah nilai negosiasi debet sama dengan negosiasi credit.

Bisa disebutkan saldo-saldo akhir account bersaldo debet dijumlahkan, dan saldo-saldo account bersaldo credit pula dijumlahkan, lalu dibanding.

Kalau nilainya sama mempunyai arti balance (telah betul). Nach, Bagaimana kalau tak setimbang? ada sejumlah peluang yang sebabkan neraca tak setimbang misalnya:

  • Rupanya ada negosiasi yang masih belum dicatat
  • Ada negosiasi yang keliru kalkulasi atau salah tulis

5. Laporan Keuangan

Sehabis membikin komponen contoh pola neraca keuangan bulanan excel di atas, dimulai dari menyatukan bukti, menulisnya ke jurnal, mem postkannya di buku besar (menggolongkan account) , membikin neraca uji coba biar segi debit dan angsurannya balance, ini finishhing nya Laporan Keuangan.

Neraca keuangan yaitu segi sangat penting dalam usaha yang anda lakukan, adanya neraca keuangan anda akan cepat dalam memastikan buat cara usaha anda kedepan. Contoh pola neraca keuangan bulanan excel adalah satu diantaranya produk khusus proses Akuntansi, yang terdiri dalam :

  1. Laporan Keuntungan Rugi, laporan ini berisi keuntungan atau rugi bersih perusahaan pada sebuah fase
  2. Laporan Status Keuangan , laporan ini berisi status keuangan yang berada di post asset, kewajiban, dan modal
  3. Laporan Transisi Modal berisi laporan ini berisi yang memberikan memperlihatkan modal pemilik pada sebuah fase
  4. Laporan Arus Kas laporan ini berisi info saluran masuk keluar kas pada suatu fase

Contoh format laporan keuangan bulanan excel

Contoh format laporan keuangan bulanan excel
Contoh format laporan keuangan bulanan excel

Membikin Laporan Bulanan

Dalam perumpamaan ini akan di perumpamaankan terkait bagaimana Trik membikin laporan bulanan keuangan keluarga seperti penampakan di bawah ini :

Info :

  1. Membuka file excel Budget Bulanan yang telah Anda ambil di artikel awal kalinya, lalu tambah satu sheet baru dan kasih nama umpamanya DataToshl
  2. Impor data CSV memakai menu tabs Data/Get Eksternal Data from Teks ke cell A1 sheet DataToshl kalau Anda memakai Excel 2007 atau langsung membuka file CSV dan kopi-paste data itu ke cell A1 sheet DataToshl
  3. Tambah kolom fase di kolom G dengan manfaat =MONTH dengan data reference kolom Date (kolom A)
  4. Isikan kolom Aktual di sheet ANGGARAN BULANAN dengan manfaat =SUMIFS yang disebut manfaat penjumlahan dengan lebih satu keadaan yakni berdasar pada tags dan fase atau bulan dengan rumus =SUMIFS(DataToshl!C:C,DataToshl!B:B,[Tags],DataToshl!G:G,MAR!$F$2) dan copy rumus ke tiap tabel bagian pengeluaran
  5. Mau membuat laporan bulan setelah itu Anda tinggal copy sheet Budget Bulanan dan mengubah bulan di kolom C2
  6. Usai.

FAQ

Apa laporan keuangan bulanan?

Laporan Keuangan Bulanan

  • Ketahui Keadaan Keuangan Perusahaan. Keadaan keuangan perusahaan akan tercermin dalam laporan keuangan.
  • Menghitung Perubahan Usaha.
  • Membantu Ambil Keputusan.
  • Laporan Keuntungan Rugi.
  • Laporan Peralihan Ekuitas.
  • Neraca.
  • Laporan Arus Kas.
  • Bukti Transaksi bisnis.

Perlukah kita membuat laporan keuangan dari uang individu kita?

Keutamaan membuat laporan keuangan individu

Memberinya info yang terang mengenai keadaan keuangan individu. Menolong membuat rencana bujet. Menolong mengurus peruntukan asset dan utang. Jadi bukti yang hendak menolong proses pengajuan utang.

Laporan keuangan itu seperti apakah?

Laporan keuangan ialah laporan yang memberinya perincian info keuangan perusahaan terhitung asset , kewajiban , ekuitas, penghasilan dan beban, kontributor pemegang saham, cash flow, dan info berkaitan yang lain sepanjang waktu periode tertentu.

Bagaimanakah cara membuat laporan keuangan?

Berikut posisi atau jalur dalam langkah membuat laporan keuangan:

  • Kumpulkan dan Menulis Transaksi bisnis pada Jurnal.
  • Mempublikasikan Jurnal ke Buku Besar.
  • Membuat Neraca Saldo.
  • Mengumpulkan Data untuk Membuat Jurnal Rekonsilasi.
  • Membuat Neraca Jalur.
  • Membuat Laporan Keuangan.

Laporan keuangan Ada 5 Apa Saja?

Baca 5 Tipe Laporan Keuangan di Sini, Apa Saja?

  1. 1. Laporan Keuntungan Rugi. Sama dengan namanya, pasti laporan ini akan memperlihatkan keadaan keuntungan dan rugi pada sebuah perusahaan.
  2. 2. Laporan Arus Kas.
  3. 3. Laporan Peralihan Modal.
  4. 4. Laporan Neraca.
  5. 5. Catatan Atas Laporan Keuangan.

Cari tahu juga tentang: download file excel laporan keuangan perusahaan dagang, download format laporan keuangan excel, download laporan keuangan excel gratis, download file excel laporan keuangan perusahaan jasa, download format excel laporan keuangan pribadi, download laporan keuangan pemasukan dan pengeluaran excel gratis, download format laporan keuangan sederhana excel, contoh laporan keuangan pribadi mahasiswa excel

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang!

Popular Articles