Contoh format laporan keuangan bulanan excel
Contoh format laporan keuangan bulanan excel

Contoh format laporan keuangan bulanan excel

Contoh format laporan keuangan bulanan excel sebenarnya cuku banyak. Meski begitu, nyaris sama dengan contoh pada umumnya. Yakni harus memiliki tanggal dan keseimbangan neraca.

Baca Juga:

Format Excel Laporan Keuangan Pribadi dan Pengertian Laporan Keuangan

10 Aplikasi Laporan Keuangan Pribadi

Pengertian Analisis Rasio Keuangan (Manfaat, Jenis, Contoh Perhitungan)

Aplikasi Catatan Keuangan Harian serta Manfaatnya

Cara – cara simple dalam membikin pembukuan hingga neraca keuangan.

1. Tak boleh Lupa, Mengumpulkan Pengamatan Bukti Negosiasi

Proses pembukuan mulai dari megumpulkan semua bukti-bukti negosiasi yang sudah ada baik berwujud bukti pembayaran, bukti pendapatan, dan bukti-bukti yang lain yang berkaitan dengan usaha yang kita lakukan, bukti pembayaran ini bisa berwujud kwitansi, dokumen, surat persetujuan, wesel, dan seterusnya, sehabis kita mengumpulkannya saat ini melakukan analisis pada bukti-bukti itu biar kevalidan nilainya dan status dari negosiasi itu jelas.

2. Membikin Jurnal Negosiasi

Sehabis proses negosiasi di pengamatan, proses sesudah itu menulisnya ke Jurnal negosiasi, proses mendata negosiasi dapat dikerjakan di saat ada negosiasi baru atau kita mengumpulkan dalam satu hari baru kita menulisnya.

Tapi, akan pastilah lebih efektif kalau proses pendataan dikerjakan tiap ada negosiasi, karena buat menahan berlangsungnya kekeliruan di saat posting ke buku besar.

Di jurnal negosiasi sendiri, sekurang-kurangnya mesti ada sejumlah kolom info jadi berikut ini:

  1. Tanggal
  2. Nomor Bukti
  3. Account Negosiasi
  4. Info
  5. Debit
  6. Credit
  7. Saldo

3. Menempatkan Negosiasi ke Buku Besar

Sehabis negosiasi usai kita tulis di Jurnal negosiasi ini cara sesudah itu menempatkan ke buku besar, di jurnal semua account akun yang ada tertera,baik negosiasi kas, piutang, utang, pembayaran dan seterusnya semua tertera.

Setelah itu, kita akan menggolongkan account sama dengan type transaksi bisnisnya, umpama buat negosiasi yang libatkan piutang, kita cuman akan menggolongkan negosiasi account piutang saja. Ini yang dimaksud General Ledger (buku besar).

4. Membikin Neraca Uji coba

Proses membikin neraca uji coba (trial balance) bertujuan buat pastikan kalau nilai type account bersaldo debet sama dengan type account bersaldo credit (setimbang). Atau keseluruhannya, jumlah nilai negosiasi debet sama dengan negosiasi credit.

Bisa disebutkan saldo-saldo akhir account bersaldo debet dijumlahkan, dan saldo-saldo account bersaldo credit pula dijumlahkan, lalu dibanding.

Kalau nilainya sama mempunyai arti balance (telah betul). Nach, Bagaimana kalau tak setimbang? ada sejumlah peluang yang sebabkan neraca tak setimbang misalnya:

  • Rupanya ada negosiasi yang masih belum dicatat
  • Ada negosiasi yang keliru kalkulasi atau salah tulis

5. Laporan Keuangan

Sehabis membikin komponen contoh pola neraca keuangan bulanan excel di atas, dimulai dari menyatukan bukti, menulisnya ke jurnal, mem postkannya di buku besar (menggolongkan account) , membikin neraca uji coba biar segi debit dan angsurannya balance, ini finishhing nya Laporan Keuangan.

Neraca keuangan yaitu segi sangat penting dalam usaha yang anda lakukan, adanya neraca keuangan anda akan cepat dalam memastikan buat cara usaha anda kedepan. Contoh pola neraca keuangan bulanan excel adalah satu diantaranya produk khusus proses Akuntansi, yang terdiri dalam :

  1. Laporan Keuntungan Rugi, laporan ini berisi keuntungan atau rugi bersih perusahaan pada sebuah fase
  2. Laporan Status Keuangan , laporan ini berisi status keuangan yang berada di post asset, kewajiban, dan modal
  3. Laporan Transisi Modal berisi laporan ini berisi yang memberikan memperlihatkan modal pemilik pada sebuah fase
  4. Laporan Arus Kas laporan ini berisi info saluran masuk keluar kas pada suatu fase

Contoh format laporan keuangan bulanan excel

Contoh format laporan keuangan bulanan excel
Contoh format laporan keuangan bulanan excel

Membikin Laporan Bulanan

Dalam perumpamaan ini akan di perumpamaankan terkait bagaimana Trik membikin laporan bulanan keuangan keluarga seperti penampakan di bawah ini :

Info :

  1. Membuka file excel Budget Bulanan yang telah Anda ambil di artikel awal kalinya, lalu tambah satu sheet baru dan kasih nama umpamanya DataToshl
  2. Impor data CSV memakai menu tabs Data/Get Eksternal Data from Teks ke cell A1 sheet DataToshl kalau Anda memakai Excel 2007 atau langsung membuka file CSV dan kopi-paste data itu ke cell A1 sheet DataToshl
  3. Tambah kolom fase di kolom G dengan manfaat =MONTH dengan data reference kolom Date (kolom A)
  4. Isikan kolom Aktual di sheet ANGGARAN BULANAN dengan manfaat =SUMIFS yang disebut manfaat penjumlahan dengan lebih satu keadaan yakni berdasar pada tags dan fase atau bulan dengan rumus =SUMIFS(DataToshl!C:C,DataToshl!B:B,[Tags],DataToshl!G:G,MAR!$F$2) dan copy rumus ke tiap tabel bagian pengeluaran
  5. Mau membuat laporan bulan setelah itu Anda tinggal copy sheet Budget Bulanan dan mengubah bulan di kolom C2
  6. Usai.