Cek Koneksi Internet yang Dapat Anda Lakukan dengan Beberapa Pilihan
Cek Koneksi Internet yang Dapat Anda Lakukan dengan Beberapa Pilihan

Cek Koneksi Internet yang Dapat Anda Lakukan dengan Beberapa Pilihan

Diposting pada

Cek koneksi internet Internet yang cepat tentu saja adalah impian semua orang hari ini. Karena, internet diperlukan untuk mendukung beberapa kegiatan sehari -hari seperti pembelajaran online, pekerjaan, dan pertemuan online.

Baca Juga: Cara Mengendarai Mobil Matic Xtrail

Untuk mengetahui kecepatan internet di rumah, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa kecepatan internet yang dapat dipraktikkan dengan mudah melalui ponsel dan PC.

Untuk menghindari hambatan saat menggunakan internet, tidak ada salahnya mengetahui kecepatan internet yang digunakan sehingga Anda dapat meningkatkan kinerja jaringan di rumah di masa depan.

Persiapan sebelum memeriksa kecepatan internet

Perlu diingat, bahwa ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memeriksa kecepatan internet. Apa persiapan sebelum memeriksa kecepatan internet? Berikut ini adalah penjelasan.

1. Mulai ulang modem

Modem atau Router adalah perangkat yang berguna untuk menyalurkan koneksi internet baik melalui kabel LAN atau WiFi.

Dengan modem atau router restart Anda, harapannya adalah bahwa jaringan internet dapat pulih seperti sebelumnya.

Baca Juga: Bisnis dari Hp yang Menghasilkan Uang

2. Mulai ulang smartphone yang digunakan

Ketika koneksi internet dimulai dengan lambat, cara berikutnya yang dapat Anda lakukan sebelum memeriksa kecepatan internet adalah dengan memulai kembali smartphone yang Anda gunakan.

Karena, ketika kondisi smartphone yang digunakan kurang bagus, itu akan mempengaruhi koneksi internet yang diterima.

3. Bersihkan cache di ponsel dan PC Anda

Cache berfungsi untuk membuat lebih mudah ketika Anda ingin menelusuri internet. Namun, terlalu banyak cache juga dapat membuat koneksi internet lambat. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan cache secara rutin pada perangkat digital yang Anda gunakan.

4. Tutup program yang tidak digunakan

Jika Anda membuka terlalu banyak program atau aplikasi, maka kemungkinan juga dapat membuat internet lambat. Karena itu, Anda harus segera menutup aplikasi atau program yang tidak lagi Anda gunakan. Dengan demikian, koneksi internet akan stabil lagi.

Setelah menyiapkan beberapa hal sebelumnya, berikut adalah cara memeriksa kecepatan internet yang dapat dilakukan pada ponsel dan PC.

Baca Juga: 10 Bisnis dari Hp yang Menghasilkan Uang Tanpa Modal

Cara memeriksa kecepatan internet di ponsel dan PC
Jika Anda ingin memeriksa kecepatan internet di ponsel dan PC Anda, Anda dapat menggunakan situs atau aplikasi berikut:

1. Speedtest.net

Cara pertama untuk melihat kecepatan internet adalah melalui aplikasi speedtest.net. Cara menggunakan aplikasi ini cukup sederhana, berikut adalah langkah -langkahnya:

Unduh Aplikasi SpeedTest.net di PlayStore atau AppStore
Kemudian buka aplikasi
Klik “Go” dan pengujian akan segera dilakukan
Tunggu sampai beberapa saat sampai hasil pengukuran selesai.
SpeedTest.net tidak hanya dapat diakses melalui aplikasi digital, tetapi juga dapat diakses melalui browser. Dengan cara ini, Anda dapat memeriksa kecepatan internet dengan mudah.

Baca Juga: Aplikasi Keuangan Gratis, Aplikasi Keuangan Gratis untuk PC, Aplikas

2. Internet Speed ​​Meter Lite

Cara Memeriksa Kecepatan Internet WiFi pada Smartphone Berikutnya juga dapat dilakukan melalui aplikasi LITE Meteran Kecepatan Internet. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memantau kecepatan internet secara real time.

Nah, untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi. Setelah aplikasi diunduh, Anda dapat segera menjalankan aplikasi. Secara otomatis, data kecepatan internet akan muncul pada pemberitahuan bar.

3. Meter.net

Salah satu keuntungan menggunakan meter.net adalah Anda tidak perlu mengunduhnya di ponsel. Di dalamnya sudah ada sejumlah fitur seperti kecepatan unduhan, kecepatan unggah, dan ping.

Untuk memeriksa kecepatan internet, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 detik. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu, Anda baru saja mengunjungi situs meter.net, lalu klik “Mulai”.

Baca Juga: 8 Aplikasi Penghasil Uang Rupiah di Internet

4. SpeedSmart.net

Speed ​​Smart menyediakan dua opsi untuk pengguna. Anda dapat mengunduhnya ke perangkat Android atau iOS atau Anda juga dapat menggunakannya melalui situs SpeedSmart.net.

Speed ​​Smart dapat menampilkan pengunduhan kecepatan, kecepatan unggah, server IP, dan penyedia. Untuk memeriksa kecepatan internet, Speed ​​Smart hanya membutuhkan waktu sekitar 40 detik.

Situs ini dianggap lebih cepat dan lebih akurat karena menggunakan HTML5. Berbeda dari layanan lain yang menggunakan flash atau java.

5. Aplikasi Uji Kecepatan Internet

Aplikasi digital lain yang dapat digunakan untuk memeriksa kecepatan internet adalah aplikasi uji kecepatan internet.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga dapat mengetahui informasi kecepatan unggahan, unduh, dan ping. Cara untuk memeriksa kecepatan internet melalui aplikasi ini adalah sebagai berikut:

Unduh aplikasi dan gunakan jika instalasi selesai
Lalu klik “Tes”
Tunggu sampai tes selesai dan informasi kecepatan internet akan muncul di layar ponsel cerdas Anda.

6. Bandwidthplace.com

Fitur dan cara menggunakan situs ini sama dengan meter.net. Anda baru saja mengunjungi situs lalu klik “Mulai”

Namun, di tempat bandwidth ada fitur “server” yang berguna untuk memudahkan pengguna memilih lokasi keberadaannya. Aplikasi ini juga dapat mendeteksi jenis penyedia apa yang digunakan oleh pengguna.

7. Penganalisa WiFi Uji Kecepatan oleh Analis

Aplikasi berikutnya yang dapat Anda gunakan adalah penganalisa WiFi uji kecepatan oleh analis. Aplikasi ini tersedia secara gratis. Penggunaan berbayar dapat dilakukan jika Anda tidak ingin memenuhi iklan dan mengakses fitur lain di dalamnya. Sayangnya, aplikasi ini tidak disediakan untuk pengguna iOS.

Informasi di dalamnya diberikan secara rinci dan juga memberikan analisis WiFi bawaan untuk membantu rincian cakupan di rumah.

8. Speedtest oleh Ookla

Aplikasi ini ditemukan di sistem Android, iOS, Windows, dan Mac. Speedtest oleh Ookla juga tersedia secara gratis, tetapi Anda harus membayar jika Anda ingin menggunakannya tanpa iklan.

Di dalamnya ada VPN default, yang dapat menunjukkan riwayat hasil tes dalam aplikasi, dan menunjukkan hasil peta jaringan seluler yang sehat.

9. Cepat oleh Netflix

Nah, cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa kecepatan internet di rumah adalah dengan Fast oleh Netflix. Berita baiknya, aplikasi ini tidak membutuhkan banyak memori pada smartphone. Di dalamnya, Anda bisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.