Cave Tubing KaliSuci Jogja
Cave Tubing KaliSuci Jogja

Cave Tubing KaliSuci Jogja

Cave Tubing KaliSuci Jogja – Selain Goa Pindul daerah Gunung Kidul Jogja menyimpan satu lagu sungai dalam gua yang sayang untuk dilewatkan. Namanya ialah Kalisuci.

Cari tahu juga goa pindul, sri gethuk, wisata kalisuci, wisata goa jogja, harga tiket kalisuci jogja, wisata gunungkidul, harga tiket cave tubing kalisuci, rafting jogja gunung kidul

Viral Tanjung Lesung Banten Bak Gadis Berkulit Kuning

Cave Tubing KaliSuci Jogja

Hampir serupa dengan Goa Pindul namun beberapa pelancong menyatakan bahwa Kalisuci lebih menantang dibanding Goa Pindul.

Goa kalisuci sebagai objek tamasya alam di gunung kidul, yakni susur sungai (rafting) sekalian susur goa (cave tubing). Teritori goa kalisuci ini sebagai tamasya susur goa yang pertama di Indonesia . Maka teritori goa kalisuci ini sudah terlebih dahulu ada sebelumnya Goa Pindul tenar.

Goa kalisuci ini bertempat di padukuhan jetis wetan, dusun doiejo, kecamatan semanu, kabupaten gunung kidul, serta memiliki jarak lebih kurang 12 km dari pusat perkotaan wonosari, wilayah spesial yogyakarta.

Goa kalisuci ini tawarkan daya pikat serta kehebohan yang hampir mendekati dengan goa pindul yang bertempat di kabupaten gunung kidul tamasya di jogja

Anda yang bertandang berpiknik ke situ di goa kalisuci dapat mendapatkan kekhasan berbentuk pertanda bukit karst dan goa yang dialiri sungai bawah tanah.

Saluran sungai bawah tanah yang mengucur lewat goa-goa itu rupanya sebagai satu metode kesatuan saluran sungai yang sama sama terjalin satu-sama lain di teritori bukit-bukit karst Gunungkidul persewaan mobil jogja

Di goa kalisuci ini beberapa pelancong dapat lakukan kegiatan susur sungai sekalian susur goa dengan memanfaatkan perlengkapan privat yang sudah disajikan faksi pengurus goa kalisuci, diantaranya perahu karet, tali, helm pengaman, serta jaket pelampung.

Goa termasuk cukuplah panjang dengan langit-langit yang lumayan tinggi serta sungai memiliki kedalaman kurang lebih 2-3 mtr.

Viral Kuliner Jogja Kekinian Yang Hits Dengan Cita Rasa Lezat

Serta Sewaktu Anda datang di lokasi basecamp pengurus,lebih dahulu harus menuruni tangga tebing batu-batuan yang cukup curam serta terjal. Hati-hatilah karena jalanan yang licin serta berbatu dapat membuat Anda terpeleset.

Kehebohan serta kegembiraan sudah mulai! Anda juga turun tuju pintu goa. Perjalanan tuju pintu goa ini dapat memerlukan waktu kurang lebih 10 menit. Perjalanan awalnya ini cukup membuat tegang buat Anda yang belum pernah melaksanakan pengembaraan.

Bila Anda belumlah sempat melaksanakannya, tak perlu waswas karena Anda dapat didampingi oleh pemandu yang sudah miliki keterampilan privat dibagiannya.

Disamping itu saluran sungai bawah tanah ini cukuplah aman buat pemula, tidak seperti sungai-sungai berarus deras yang umum dipakai untuk olahraga arung jeram

Seusai Anda memakai semuanya peralatan, pengembaraan dahsyat juga lekas mulai, Anda dapat terbenam bersama perahu karet mengikut saluran air.

Saluran sungai bawah tanah tetap akan bawa Anda dari goa kalisuci tuju Luweng Senglat, Luweng Geleng, serta sampai selesai di Goa Mburi Omah.

Jarak menempuh cave tubing di goa ini kurang lebih 500 mtr. serta menghabiskan waktu lebih kurang 2 jam.

Pemandu dapat memberi beberapa perihal yang berhubungan dengan bentukan goa, kekuatan goa, dan arahkan perjalanan Anda sampai tuju titik akhir .

Maka kecuali berpiknik serta bertualang, Anda akan juga memperoleh banyak pandangan.

Situasi di goa cukup gelap, karena tidak ada pencahayaan buat jaga kelestarian ekosistem yang berada di dalamnya, diantaranya hewan mamalia kelelawar yang terdapat banyak di sejumlah sudut goa.

Kendati situasi gelap, waktu perjalanan telusuri goa beberapa pelancong terus nikmati kecantikan alami goa dengan bermacam relief stalaktit serta stalakmit dengan sejuta daya pikatnya yang memesona. Semua seakan bersatu bersama gemericik saluran air yang melawan.

Untuk nikmati semua kehebohan yang berada di cave tubing goa kalisuci ini, beberapa pelancong butuh bayar biaya senilai Rp. 80.000,00. Bila Anda berkeinginan untuk coba pengembaraan dahsyat itu dapat ada langsung ke situ.

Sama-sama berada di area pegunungan kapur (Karst) Cave Tubing KaliSuci menawarkan sensasi baru dalam Cave Tubing dengan pemandangan dan cita rasa yang berbeda dari Cave Tubing lain yang ada.

Wisata ini berlokasi di Desa Pacarejo, Kec. Semanu Gunung Kidul. Jaraknya kurang lebih 60 km dari Jogja. Untuk menuju tempat ini diperlukan antara 1.5 hingga 2 jam perjalanan.

Kami sarankan untuk membawa kendaraan pribadi yang prima. Hal ini untuk menghadapi rute perjalanan yang berupa tanjakan serta turunan.

Setelah sampai di area parkir anda harus berjalan kurang lebih 500 meter menuju basecamp dengan jalan kaki.

Sesampainya di basecamp sekelompok penyelenggara telah siap menyambut anda. Sedikit pengenalan, tata cara, pemanasan dan peringatan diberikan oleh para instruktur.

Selanjutnya anda akan dikenakan perangkat keselamatan yang berupa helm, head lamp, pelindung lutut, pelampung, sepatu boat dan pastinya ban dalam(tube) yang siap mengapungkan anda di Kalisuci. Setelah semua siap saatnya beraksi.

Anda lalu dituntut untuk menuruni goa sedalam 30 – 40 meter untuk mencapai Cave Tubing KaliSuci.

Selama perjalanan itu saja kita sudah dibuat terpesona dengan pemandangan bawah gua yang menajubkan.

Sesampainya di Kalisuci sebuah aliran sungai berwarna hijau toska yang indah dengan arus yang cukup kuat akan menyambut anda.

Siapkan tube anda dan posisikan diri anda senyaman mungkin karena perjalanan akan dimulai. Anda akan menyusuri jalur sepanjang 500 – 700 meter selama kurang lebih 2 jam.

Rute yang anda akan nikmati antara lain Goa Suci, Luweng Geleng, Luweng Sengat lalu finish di Goa Mburi Omah.

Oh ya, dinamakan KaliSuci karena sungai ini memiliki sumber mata air yang tak tercemar oleh terjangan banjir lumpur sekalipun, seolah selalu terjaga kesuciannya.

Selama perjalanan anda akan terpesone dengan agungnya ciptaan Tuhan yang terukir pada dinding goa, stalagtit & stalagmit, serta warna warni yang serasi dari pemandangan sekitar.

Beberapa kelelawar yang terganggu huniannya akan kabur keluar.

Selama perjalanan instruktur akan menjelaskan sejarah, mitos dan informasi menarik tentang rute yang dilewati.

Setelah sampai di Goa Mburi Omah kita akan disambut penduduk dengan ramah dan warung-warung sederhana yang menjual beraneka panganan dan minuman hangat.

Harga untuk satu kali paket perjalanan ini dikenakan Rp. 65.000 – 100.000 /orang.

Sungguh pengalaman yang unik dan takkan terlupakan berwisata ke Cave Tubing KaliSuci.