Cara Menyetir Mobil Manual
Cara Menyetir Mobil Manual

Cara Menyetir Mobil Manual

Cara menyetir mobil manual tentunya sangat berbeda apabila mengendarai mobil matic. Berikut ini cafeberita akan membeberkan beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Sebaiknya cari tahu juga mengenai cara menyetir mobil matic, gigi mobil manual, cara mengemudi mobil manual di tanjakan, biaya belajar mobil, belajar nyetir mobil untuk wanita, video cara menyetir mobil manual, cara mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi, mobil manual vs matic

Baca Juga Mobil Matic Murah Dibawah 50 Juta

Cara Menyetir Mobil Manual

Cara Menyetir Mobil Manual Yang Mudah memang ada tipsnya. Yuk disimak.

Dapat mengendarai mobil, rasanya sekarang seperti sebuah kemampuan dasar yang harus dipunyai oleh mereka khususnya yang tinggal di perkotaan. Menyetir baik mobil manual atau automatis sudah pasti dapat berguna untuk kegiatan setiap hari.

Apa lagi dalam beberapa macam tugas, kekuatan mengendarai mobil terkadang jadi persyaratan yang harus tercukupi. Untuk Anda yang ingin pelajari cara menyetir mobil manual, dapat ikuti pelatihan berkendara atau cobanya sendiri.

Tetapi untuk Anda yang pemula dan benar-benar ingin belajar menyetir mobil manual sendiri, seharusnya mengenali beberapa instrumen dalam kendaraan sesaat akan berkendara.

Baca Juga Tips Membeli Mobil Bekas

Cara – Cara Mengendarai Mobil Manual

Mengenali Elemen Harus Dalam Mobil Manual

Dalam kabin sopir mobil manual, ada 7 buah kompenen dasar yang harus Anda ketahui dan kenali perannya, seperti berikut:

  • Setir atau kemudi, berguna untuk mengontrol arah kendaraan.
  • Pedal gas, dipakai untuk membuat kedaraan maju atau bergerak.
  • Pedal rem, berguna untuk menghalangi alju kendaraan atau stop.
  • Pedal kopling, dipakai saat peralihan persneling atau dipakai saat stop supaya mesin mobil tidak mati.
  • Rem tangan, dipakai untuk berhanti dalam waktu yang lama, parkir atau stop di jalan yang tidak rata.
  • Tongkat persneling, dipakai untuk meningkatkan atau turunkan gigi kecepatan.
  • Tuas lampu sein, dipakai untuk memberikan pertanda kendaraan bila ingin membelok.

Baca Juga Cara Mundur Mobil Matic

Cara Mengendarai Mobil Manual

Tiap elemen itu harus dioperasionalkan dengan tepat. Untuk Anda yang baru pertama kalinya belajar menyetir mobil manual, berikut tutorial singkat mengenai operasionalisasinya.

  1. Setir. Pegang setir dengan ke-2 tangan, status tangan santai tak perlu mencekram dengan tegang. Yakinkan ke-2 tangan bebas memutar roda setir ke kiri dan kanan.
  2. Pedal kopling rem dan gas. Ke-3 pedal ini dioperasionalkan dnegan dua kaki Anda berganti-gantian. Kaki kiri untuk mencapai kopling. Kaki kanan untuk mencapai gas dan rem. Tiap ingin jalankan kendaraan, menambahkan atau kurangi gigi tuas persneling, ingat selalu mencapai pedal kopling yang berada paling kiri.
  3. Tuas persneling umumnya tertulis code 1-2-3-N-4-5-R. Angka memperlihatkan gigi pemercepatan, angka makin tinggi untuk meluncur makin cepat. Sementara N ialah status netral di mana gigi pemercepatan tidak aktif. Lantas huruf R memperlihatkan reverse atau mundur. Dipakai saat Anda ingin mengundurkan kendaraan.
  4. Rem tangan. Pakai secara cara menarik tuasnya ke atas. Pencet tombol pada bagian depan tuas sekalian mengusung sedikit tuas saat akan melepaskan rem ke status netral.

Teori Dasar Berkendara

Sesaat akan berkendara mobil manual, Anda dapat mempraktikkan langkah-langkah berikut ini.

  • Hidupkan mesin mobil

Yakinkan tuas persneling pada keadaan netral. Rem tangan dipasang. Putar kunci contact ke on/hidup sampai mesin hidup. Sesudah sukses berpijar, diamkan sesaat.

  • Jalankan di depan

Ke-2 tangan pada setir, santai. Pijak pedal rem dengan kaki kanan, pedal kopling dengan kaki kiri. Saran persneling ke angka 1, bebaskan kopling perlahan-lahan dan alihkan kaki kanan ke pedal gas. Mobil akan bergerak perlahan-lahan bersamaan dilepasnya pedal kopling dan rem. Tambah kecepatan sama sesuai keperluan dengan memindahkan gigi ke angka 2 dengan mencapai pedal kopling seperti langkah awal.

  • Stop atau kurangi kecepatan

Saat meluncur, coba perlahan-lahan pijak pedal rem dengan kaki kanan dan kaki kiri mencapai pedal kopling. Kerjakan sampai mobil stop prima. Sesudah sukses alihkan persneling ke netral dan terlepas pedal kopling perlahan-lahan. Bila ingin parkir atau stop di jalan tidak rata, ambil tuas rem tangan.

  • Bekerja mundur

Dari status stop, pijak kopling dan rem lalu tujukan tuas persneling ke R. Terlepas kopling dan rem perlahan-lahan. Mobil akan bekerja mundur. Anda dapat memantau gerakan lewat kaca spion kiri, kanan dan tengah.

  • Memakai rem tangan

Dipakai untuk menghindar pergerakan mobil saat stop di jalan naik atau turun. Saat macet di jalan itu, pijak rem dan ambil tuas rem tangan. Saat ingin kembali bergerak, pijak kopling dan masukan persneling ke 1, terlepas rem tangan dan pijak gas perlahan-lahan.

Untuk Diingat

Yang perlu Anda ingat saat menyetir mobil manual ialah, pertama, mobil tidak bergerak bila tuas persneling dalam status N atau netral. Atau jika tuas rem tangan sedang aktif, kecepatan kendaraan akan berasa lebih berat.

Ke-2 , selalu pijak kopling untuk semua keadaan mobil manual. Mengawali jalan, stop atau ingin mengundurkan kendaraan. Kontrol gerakan mobil dengan mainkan pedal rem sama sesuai kondisi.

Ke-3 , saat stop di jalan naik atau turun, selalu pakai rem tangan untuk menahan mobil bergerak dalam luar kendalian. Bukan hanya di mobil manual, pada mobil matic juga diperlengkapi rem tangan sebagai feature keselamatan.

Bagaimana? Apa Anda tertarik untuk mempunyai mobil manual?