Cara Menyeleksi Jenis Grafik Yang Cocok Dengan Data

Seo­rang sobat men­ga­jukan per­tanyaan ter­hadap admin men­ga­pa grafik yang dia buat meng­gu­nakan MS Excel tidak cocok den­gan ben­tuk yang dihara­p­kan. Sete­lah diperik­sa , terny­a­ta dia men­gu­nakan jenis grafik yang salah sehing­ga grafik yang dita­mpilkan berlainan den­gan ver­si yang sudah dia ren­canakan. Hal ini terang berbin­cang bah­wa  mene­gaskan jenis grafik yang sesuai den­gan data yang kita mili­ki san­gat­lah pent­ing.

Agar warta yang ingin dis­am­paikan sang­gup difa­ha­mi den­gan mudah pasti mesti digu­nakan jenis grafik yang tepat. Seba­gai pola , dikala kita hen­dak menyak­sikan persen­tase dari sebuah kumpu­lan data , maka jenis grafik yang sem­pur­na yakni pie chart sebab memamerkan den­gan terang luasan tem­pat atau jur­ing untuk mas­ing-mas­ing kat­e­gori. 

Bacaan Lain­nya

Menentukan Jenis Grafik Berdasarkan Tujuan

Pada dasarnya , tujuan kita merubah data men­ja­di grafik yakni untuk menyak­sikan beber­a­pa hal dari data-data terse­but. Berikut lima hal yang pal­ing ker­ap men­ja­di tujuan dari penger­jaan grafik yakni :

Hubun­gan
Pada poin ini , tujuan dari penger­jaan grafik yakni untuk berbin­cang kek­er­abatan atau kek­er­abatan antara dua vari­abel atau lebih lewat data yang dis­ajikan. Untuk tujuan ini , maka jenis grafik yang cocok yakni scat­ter chart dan line chart. Biasanya yang digu­nakan yakni scat­ter plot atau bub­ble chart.

Per­bandin­gan

Jika tujuan penger­jaan grafik yakni untuk mem­band­ingkan satu set data den­gan data yang lain. Per­bandin­gan ten­tukan satu set vari­abel ter­pisah dari lain­nya , dan mem­per­li­hatkan bagaimana dua vari­abel berin­ter­ak­si. untuk tujuan ini , maka jenis grafik yang sang­gup digu­nakan yakni Bar charts , Col­umn Charts , Scat­ter Charts , Pie Charts , dan Line Charts.

Kom­po­sisi

Jika kita men­ja­jal untuk menghim­pun ane­ka macam jenis warta yang mem­ben­tuk keselu­ruhan dan mem­per­li­hatkan mere­ka bahu-mem­bahu , maka jenis grafik yang sang­gup kita gunakan yakni com­bo charts. Kita sang­gup mengkom­bi­nasikan dua jenis grafik dan yang biasa dikom­bi­nasikan yakni Scat­ter charts dan Col­umn charts.
Dis­tribusi
Grafik dis­tribusi men­ja­jal untuk mem­per­li­hatkan kumpu­lan warta terkait atau tidak terkait untuk menyak­sikan apakah ada inter­ak­si antara vari­abel. Tujuan kita yakni untuk berbin­cang dis­tribusi dari serangka­ian nilai. Jenis grafik yang sang­gup kita gunakan yakni Col­umn Charts , Scat­ter Plots , Line charts dan Box Plots.

Tren dari wak­tu ke wak­tu
Untuk berbin­cang tren dari wak­tu ke wak­tu menu­rut beber­a­pa vari­abel , maka jenis grafik yang sang­gup kita gunakan yakni Col­umn charts dan Line charts.

Share ke Face­book »Share ke Twit­ter »
Cafeberita.com yakni blog wacana materi bela­jar. Gunakan Kolom Search atau pen­car­i­an untuk mener­i­ma materi bergu­ru yang ingin dipela­jari.

Pos terkait