cara-menukar-bitcoin-ke-rupiah
cara-menukar-bitcoin-ke-rupiah

Cara Menukar Bitcoin Ke Rupiah

Jika Anda ingin menukarkan bitcoin ke rupiah, hal tersebut merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Berikut adalah langkah cara menukar bitcoin ke rupiah, yaitu:

Membuka Rekening Di Exchange Broker Kripto

Salah satu langkah pertama bagi Anda yang ingin menukarkan bitcoin milik Anda ke rupiah bisa menggunakan cara yang satu ini yaitu dengan membuka rekening di exchange atau di broker kripto. Exchange sendiri merupakan sebuah tempat untuk melakukan jual, beli, dan menyimpan cryptocurrency termasuk dengan bitcoin.

Di Indonesia sendiri melakukan exchange bitcoin ke rupiah merupakan hal yang legal dan ketentuannya sudah diatur oleh Bappebti sehingga melalukan transaksi exchange bitcoin ke rupiah ini tidak akan melanggar hukum. Anda bisa membaca secara lengkap dan mendalam proses traksaksi btc ke idr exchange crypto pada sumber berikut.

Hal penting yang sebaiknya diperhatikan oleh Anda adalah Bappebti telah menetapkan sebanyak 13 perusahaan exchange bitcoin ke rupiah yang telah terdaftar dan memiliki izin resmi. Jika Anda menemukan daftar perusahaan lain diluar dari 13 perusahaan yang sudah ditetapkan oleh Bappebti ini maka secara ketentuan transaksi exchange bitcoin ke rupiah dinyatakan ilegal karena tidak memenuhi prosedur.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan informasi mengenai perusahaan apakah perusahaan tersebut sudah terdaftar serta memiliki izin resmi dan sebaiknya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan lebih baik Anda membuka rekening cryptocurrency ini di 13 perusahaan yang memang sudah terdaftar secara resmi di Bappebti.

Untuk pembukaan rekeningnya pun sangat mudah dan praktis, berikut langkah langkah untuk Anda yang ingin membuka rekening di exchange bitcoin atau broker kripto, yaitu:

  1. Melakukan pengisian data registrasi. Biasanya Anda akan diminta untuk mengisi nama lengkap yang sesuai dengan identitas KTP / SIM / PASPOR, e-mail yang masih Anda gunakan serta membuat kata sandi yang Anda gunakan untuk mengakses rekening exchange bitcoin.
  2. Mengunggah kartu identias (KTP / SIM / PASPOR) milik Anda dan sertakan juga foto selfie.

Trading Saham Online Modal Kecil Harus Perhatikan Hal Ini

Tunggu beberapa saat dan Anda akan mendapatkan verifikasi jika akun rekening milik Anda telah berhasil dibuat. Akan tetapi, jika permohonan pembukaan akun rekening ini ditolak biasanya ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Berikut beberapa hal yang membuat permohonan pembukaan akun rekening exchange bitcoin milik Anda ditolak:

  1. Anda berusia dibawah 18 tahun.
  2. Foto kartu identitas milik Anda terpotong atau resulosi dari gambar kartu identitas yang Anda berikan tidak jelas sehingga tidak dapat terbaca.
  3. Masa berlaku dari kartu identitas milik Anda sudah kadaluarsa.
  4. Foto selfie yang Anda unggah tidak sesuai dengan ketentuan seperti wajah yang tidak terlihat dengan jelas atau kartu verifikasi tidak bisa terbaca dengan jelas.
  5. Nomor kartu identitas milik Anda sudah digunakan oleh akun lain.

Anda tidak perlu khawatir karena jika permohonan pembukaan akun Anda ini ditolak, Anda bisa kembali mengajukan pembuatan akun rekening exchange bitcoin. Akan tetapi, proses pembukaan akun rekening ini Anda akan menunggu antrian dari awal kembali.

Menyetor Uang Ke Dalam Akun Rekening

Setelah akun rekening exchange bitcoin milik Anda sudah berhasil dibuka di salah satu perusahaan broker kripto maka langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah Anda perlu menyetor sejumlah dana ke akun rekening Anda. Untuk melakukan penyetoran dana ke dalam akun rekening ini memiliki yang berbeda karena setiap perusahaan exchange pada umumnya memiliki ketentuan mereka sendiri dalam melakukan setoran minimum pembukaan rekening. Biasanya untuk jumlah setoran minimum ke dalam akun rekening mulai dari 50 ribu.

Setiap perusahaan exchange bitcoin ini menerima setoran dana atau deposit dengan berbagai metode transaksi, yaitu:

  1. Menggunakan transfer bank manual
  2. Menggunakan virtual akun (Mandiri dan Permata)
  3. Menggunakan dompet elektronik seperti Dana, OVO, hingga LinkAja.

Untuk metode transaksi penyetoran sejumlah dana ini tentu memiliki perbedaan, hanya saja yang membedakan ketika Anda menggunakan transaksi virtual akun dan dompet elektronik ini adalah Anda akan dikenakan biaya tambahan yaitu biaya admin. Sementara, ketika Anda menggunakan metode transaksi dengan transfer bank manual ini Anda tidak akan dikenakan biaya apapun.

Aplikasi Saham Tanpa Modal Online Terbaik Terdaftar di OJK

Membeli Bitcoin Crypto

Setelah Anda berhasil melakukan setoran sejumlah dana ke dalam akun rekening exchange bitcoin, maka Anda sudah bisa melakukan pembelian aset bictoin crypto. Terdapat banyak sekali jenis dari aset bitcoin crypto yang bisa Anda temukan, hal ini karena setiap orang pada dasarnya bisa membuat crypto sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Akan tetapi, Bappebti yang memiliki peranan sebagai regulator untuk memberi perlindungan kepada para konsumen atau masyarakat Indonesia telah menetapkan bahwa hanya ada beberapa jenis crypto yang bisa diperdagangkan di exchange broker crypto Indonesia.

Menjual Bitcoin Crypto

Saldo dari bitcoin yang ada di exchange ini akan mencerminkan jumlah bitcoin yang Anda miliki. Setiap harinya nilai dari bitcoin akan berubah karena nilai dari bitcoin dalam rupiah atau dollar berubah. Ketika ingin menjual bitcoin, Anda harus kembali memilih pair BTC / IDR.

Untuk order penjualan bitcoin terdapat dua pilihan, yaitu:

  1. Market order di mana order akan langsung tereksekusi sesuai dengan harga bitcoin yang ada di market saat itu.
  2. Limit order merupakan order yang akan menunggu hingga harga market sesuai dengan harga yang sudah Anda pasang.

Cara Bermain Saham Tanpa Modal Supaya Untung

Melakukan Transfer Rekening Bank

Untuk proses pencairan bitcoin ke rupiah ini sangat mudah untuk dilakukan, Anda hanya perlu memilih opsi ‘withdraw’ yang sudah tersedia di aplikasi. Setelah masuk ke halaman withdraw, Anda akan diminta untuk memasukan nama lengkap, nomor rekening, serta nama bank tujuan untuk melakukan transfer.

Untuk alasan keamanan, beberapa exchange hanya bisa melakukan transfer uang je rekening bank yang sudah terverifikasi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mendaftarkan akun rekening milik Anda terlebih dahulu dengan mengisi nama lengkap sesuai dengan identitas, nomor rekening, dan nama bank. Jika bank sudah sukses terverifikasi, nantinya pihak exchange akan memberi notifikasi.

Hal penting yang harus diperhatikan mengenai rekening bank ini, yaitu:

  1. Bank yang Anda daftarkan telah terdaftar secara resmi di Indonesia.
  2. Tidak bisa melakukan transfer ke bank luar negeri.
  3. Untuk proses penarikan dan withdraw saldo rupiah ini akan diproses selama 24/7 termasuk pada hari libur.
  4. Jika penarikan diatas 50 jura ke bank menggunakan jaringan RTGS maka dibutuhkan waktu selama satu hari kerja.

Tidak hanya melakukan penarikan rupiah ke rekening bank, proses penarikan tersebut juga bisa dilakukan ke dompet elektronik seperti OVO, GOPAY, DANA, hingga LinkAja.

Demikianlah penjelasan kami mengenai bagaimana cara menukar bitcoin ke rupiah. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa menukarkan bitcoin ke rupiah ini sangat mudah untuk dilakukan, Anda hanya perlu mengikuti langkah yang sudah kami berikan.