Beranda Kesehatan Cara Mengobati Penyakit Cacingan Secara Alami

Cara Mengobati Penyakit Cacingan Secara Alami

97
0
Cacingan

Cacingan merupakan penyakit yang ditimbulkan karena adanya cacing yang masuk ke dalam tubuh. Cacing tersebut masuk melalui makanan yang tidak higienis, sehingga tidak terlihat jelas. Cacing dapat berkembang didalam tubuh manusia sebagai parasit, sehingga sangat merugikan bagi tubuh.

Cacingan bisa menyerang siapa saja, tak hanya anak-anak, orang dewasapun bisa mengalaminya. Ciri utama penderita cacingan yaitu berbadan kurus, namun berperut buncit. Kondisi ini dikarenakan sebagian zat makanan diambil oleh cacing.

Ada tiga macam cacing yang menjadi penyebab yaitu cacing pita, cacing kremi dan cacing gelang. Ketiga cacing tersebut menyebabkan gejala yang berbeda-beda, dan mampu mempengaruhi aktivitas anda sehari-hari. Untuk mengatasi penyakit cacingan bisa dilakukan dengan cara alami. Berikut ini bahan herbal yang bermanfaat mengatasi penyakit cacingan.

Cacing Gelang

Cacing gelang mempunyai panjang mulai dari 15 cm sampai dengan 25 cm. Berbagai tanda penderita yang mengidap penyakit cacing ini adalah perut buncit, rambut berwarna kemerahan, rambut tumbuh jarang dan kerap tidur tengkurap di lantai tanpa alas.

Cara penyembuhannya dengan meracik obat herbal dengan menggunakan bawang putih dan madu. Sediakan beberapa siung bawang putih dan memarutnya sampai diperoleh kurang lebih 2 sendok teh. Lalu mencampur parutan bawang putih dengan madu. Setelah itu sudah bisa diberikan kepada anak-anak atau orang dewasa setiap bangun tidur di pagi hari.

Terapkan cara tersebut minimal tiga hari, hingga kondisi tubuh membaik. Cara lainnya dengan memarut satu siung bawang putih dan menambahkan segelas air masak. Kemudian menyaring bawang putih lembut tersebut dan air saringannya baru bisa dikonsumsi.

Cacing Kremi

Sesuai namanya cacing ini berukuran kecil atau kremi. Namun keberadaannya di dalam tubuh sangat mengganggu dan bisa mengakibatkan derita rasa gatal, terutama di daerah anus atau dubur. Cara penanganannya dengan berbagai metode untuk meracik obat herbal berbahan dasar bawang putih dan bawang merah.

Resep pertama dengan menggiling dua hingga tiga siung bawang merah. Bila tidak ada alat penggilingnya bisa dengan memarutnya. Selanjutnya ramuan herbal tersebut bisa ditempelkan di daerah yang terasa gatal atau di dubur. Tak membutuhkan waktu lama, maka rasa gatal di daerah dubur akan menghilang. Sebaiknya cara ini diterapkan menjelang akan tidur.

Ramuan herbal kedua dengan memakai satu siung bawang putih dan juga temu hitam dengan ukuran sebesar ibu jari orang dewasa. Kedua bahan herbal itu diparut dan dicampur dengan merata bersamaan dengan madu sebanyak dua sendok teh. Selanjutnya memerasnya dan menyaringnya. Setelah itu bisa meminum air perasan tersebut sebanyak dua kali dalam seminggu.

Untuk resep herbal ketiga dengan menggiling dua hingga tuga siung bawang putih. Kemudian ditempelkan di daerah lubang dubur yang terasa gatal. Rasa gatal akan lenyap dalam waktu singkat setelah menggunakan obat herbal ini. Sebaiknya ramuan ini diterapkan menjelang tidur.

Cacing Pita

Mengatasi penyakit cacingan ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi ramuan herbal yang dibuat dari biji buah delima kering yang telah ditumbuk. Campurkan serbuk biji delima dengan dua gelas air dan direbus hingga mendidih selama 30 menit. Ramuan herbal ini bisa dicampur dengan gula jawa, agar rasanya lebih nikmat saat dikonsumsi.

Itulah beberapa cara mengobati penyakit cacingan secara alami yang bisa anda coba. Karena ramuan di atas merupakan pengobatan alami, untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka anda dituntut untuk rutin melakukannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here