spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Cara Menggambar Pohon Besar Di Tepi Danau Dengan Oil Pastels

Cafeberita.com – Tutorial menggambar panorama pohon besar di pinggir danau untuk pemula step by step dilengkapi dengan gambar dan video agar lebih gampang dipahami. Ini merupakan panorama danau ketiga yang edutafsi bagikan dalam panduan menggambar. Sebelumnya sudah dibagikan cara menggambar panorama danau dengan tema yang menyerupai tetapi berlainan objeknya. Sesuai dengan judulnya , objek utama pada panorama yang mau digambar kali ini merupakan suatu pohon besar yang berada di tepi danau. Sebagai suplemen , gambar kemudian dilengkapi dengan gambar rumah dan pepohonan yang terlihat di kejauhan.

Gambar panorama kali ini sebenarnya tidak sulit dan relatif gampang untuk disertai alasannya cuma berisikan beberapa objek saja yakni suatu pohon berskala besar , suatu rumah , danau , pepohonan , dan sampan. Salah satu kesusahan pada gambar kali ini mungkin terletak pada gambar pohonnya lantaran kali ini pohonnya berskala cukup besar dan memiliki banyak cabang. Tapi sebenarnya gambar pohon ini tidak berlainan jauh dengan tutorial-tutorial sebelumnya.

Seperti yang sanggup teman-teman lihat pada gambar di bawah ini , panorama yang mau dibentuk juga masih didominasi oleh warna-warna yang sebelumnya dipakai yakni hijau , biru , dan cokelat. Ketiga warna ini tergolong warna yang paling kerap edutafsi gunakan di saat menggambar pemandangan. Teknik yang dipakai juga masih sama menyerupai gambar sebelumnya yakni menggunakan teknik gradasi. Gradasi warna dihasilkan dengan menyusun warna sedemikian rupa dari warna yang paling gelap ke warna yang paling muda.

Belajar menggambar pohon dengan oil pastels

Untuk menggambar panorama pohon besar di tepi danau ini , alat dan materi yang dibutuhkan antaralain , kertas gambar untuk media gambar , pensil dan spidol untuk menciptakan skema atau kerangka gambar , penggaris untuk alat bantu menciptakan garis lurus , penghapus untuk meniadakan bab yang tidak dibutuhkan , cat crayon oil pastels untuk mewarnai gambar , kertas tisu untuk blending dan meratakan warna , serta pensil warna untuk menyempurnakan bagian-bagian tertentu yang menyibukkan dijangkau dengan oil pastels. Kadang-kadang juga dibutuhkan alat peraut untuk meraut cat oil pastels agar ujungnya agak lancip.

Langkah #1 : Membuat Kerangka
Seperti yang sudah edutafsi jelaskan pada panduan sebelumnya , ada dua cara yang sanggup kita pakai untuk menciptakan outline gambar , yakni dengan menggunakan pensil dan spidol atau eksklusif menggunakan spidol tanpa menggunakan pensil. Cara yang paling lazim dipakai untuk tahap berguru merupakan cara yang pertama yakni menggambar dengan pensil gres kemudian dipertebal dengan spidol.

Pada cara yang pertama , kita menggambar beberapa objek yang ada dalam panorama tersebut yakni pohon , rumah , danau , sampan , dan pepohonan menggunakan pensil. Gambar yang dibentuk tidak perlu terlalu terperinci lantaran cuma dijadikan teladan saja. Setelah gambarnya selesai , berikutnya dipakai spidol hitam untuk menebalkan garis-garis dari masing-masing objek. Setelah itu garis-garis yang dibentuk dengan pensil tadi dihapus sehingga tersisa gambar yang dibentuk dengan spidol.

Jika teman-teman menggunakan cara kedua (cara langsung) , maka sebelum menggambar coba tentukan dahulu objek mana yang mesti digambar apalagi dahulu. Tujuannya merupakan agar garis spidol tidak saling timpang tindih. Biasanya , objek yang apalagi dahulu digambar merupakan objek yang berada paling akrab dengan mata pengamat atau objek yang berada di depan. Setelah itu gres digambar objek-objek lain yang berada di belakang objek tersebut.

Pada gambar di bawah sudah ada empat bab gambar yang memamerkan tahapan menggambar secara eksklusif menggunakan spidol. Pertama-tama edutafsi menggambar pohon apalagi dahulu. Seperti terlihat pada gambar kiri atas , tafsi memulainya dengan menggambar batang pohonnya apalagi dahulu gres kemudian digambar daunnya. Teman-teman boleh saja menggambar daunnya apalagi dahulu apabila itu dirasa lebih mudah.

Kemudian , tafsi menggambar suatu rumah yang terletak di belakang agak ke kanan dari pohon yang sebelumnya digambar. Setelah itu , digarik garis lurus dari kiri ke kanan sempurna di belakang rumah. Selanjutnya digambar pepohonan yang terlihat dari kejauhan. Tepat di belakang rumah juga digambar dua pohon yang lebih tinggi dibanding pepohonan lain di belakangnya menyerupai terlihat pada gambar kiri bawah.

Cara menggambar pohon step by step

Setelah itu , dari salah satu titik di akrab rumah ditarik suatu garis melengkung sedemikian rupa sehingga dihasilkan bentuk tepian danau. Kemudian selaku suplemen disertakan suatu sampan yang diikat di pinggiran danau tersebut. Lebih kurang akhirnya menyerupai gambar di kanan bawah. Jika teman-teman suka , sanggup juga disertakan gunung atau bukit sempurna di belakang rumah atau di belakang pepohonan , namun kali ini edutafsi tidak menyertakan gunung.

Langkah #2 : Mewarnai Gambar
Tahap berikutnya merupakan mewarnai gambar menggunakan cat oil pastels. Jenis atau merek oil pastels yang dipakai bebas terserah teman-teman , namun pada panduan ini edutafsi menggunakan merek Pentel (Karena cuma itu yang ada di rumah , hehe). Warna yang dipakai antara lain hijau bau tanah , hijau muda , kuning , cokelat bau tanah , cokelat muda , orange pucat , biru pucat , abu-abu , dan putih.

Pada gambar di bawah sanggup dilihat tahapan mewarnai yang tafsi lakukan. Dimulai dengan mewarnai danau dan langit , tafsi menggunakan warna biru muda atau biasa kita sebut biru langit. Untuk air danau digoreskan biru muda secara horizontal dari kiri ke kanan secara halus kemudian diratakan dengan kertas tisu. Untuk langit , pertama-tama dibentuk dahulu bentuk awan dengan biru muda kemudian dicat bab atasnya sedangkan bab bawah dibiarkan putih menyerupai terlihat pada gambar kiri atas.

Setelah itu , dipakai warna hijau dan kuning untuk mewarnai daun pohon. Teknik yang dipakai merupakan teknik gradasi yakni dengan menumpuk warna sedemikian rupa agar dihasilkan gradasi yang kita inginkan. Pada contoh ini , hijau bau tanah dipakai mewarnai bab bawah daun , hijau muda bab tengah dan agak ke atas , sedangkan kuning dipakai untuk mewarnai bab pucuk daun. lebih kurang akhirnya menyerupai terlihat pada gambar kanan atas.

Mewarnai panorama pohon besar dan danau

Selanjutnya , dengan menggunakan warna cokelat tuda dan cokelat muda diwarnai batang pohon dengan teknik gradasi cuma saja sedikit berlainan dengan cara mewarnai daun. Pada batang , warna cokelat bau tanah digoreskan di bab tepi batang atau di bab tertentu yang kita rasa cocok digelapkan sementara warna cokelat muda digoreskan di seluruh bab sisanya.

Cokelat bau tanah , cokelat muda , dan kuning dipakai juga untuk mewarnai atap rumah dan pintu. Kali ini caranya sama dengan mewarnai daun , yakni cokelat bau tanah di bab bawah , cokelat muda di bab tengah , dan kuning di bab atas. Selanjutnya , dipakai orange pucat untuk mewarnai pinggiran tanah dan dipakai perpaduan hijau kuning untuk menciptakan warna rumput menyerupai terlihat pada gambar kanan bawah.

Baca juga : Menggambar Pemandangan Bukit dan Sungai Simpel.

Langkah #3 : Finishing
Tahap terakhir merupakan tahap finishing atau penyempurnaan. Pada tahap ini , edutafsi menggunakan alat bantu pensil warna untuk memperbaiki bagian-bagian tertentu yang kurang rapi atau bab sempit yang menyibukkan dijangkau oleh cat oil pastels. Pensil warna juga dipakai untuk mempertegas warna atau pengaruh pada bab tertenti menyerupai gesekan batang pohon dan riak air danau.

Pada tahap finishing ini , kita juga sanggup mempertegas kembali garis-garis tepi objek yang mungkin tertutup oleh cat di saat proses pewarnaan. Untuk menggarisi ulang objek gambar , kita sanggup menggunakan pensil atau spidol. Pada contoh ini , tafsi menggunakan spidol untuk menggarisi ulang garis-garis objek yang tertutup cat. Akan tetapi tidak semua garis diperjelas lantaran ada beberapa bab yang memang tidak perlu dipertebal garisnya. Masalah selera sih.

Belajar menggambar pohon besar

Untuk panduan lengkap cara menggambar panorama pohon besar di tepi danau ini , teman-teman sanggup menonton video yang edutafsi lampirkan. Teman-teman juga sanggup mendatangi channel youtube kami di Tafsi Video untuk menyaksikan video panduan berguru menggambar lainnya. Jangan lupa subscribe dan like videonya apabila teman-teman suka. Bagikan juga ya apabila video itu bermanfaat.

Demikianlah panduan cara menggambar panorama berupa pohon besar di tepi danau yang sanggup edutafsi bagikan. Semoga berharga dan sanggup menjadi inspirasi atau tumpuan buat teman-teman yang sedang berguru menggambar. Jika konten ini berharga , bantu kami membagikannya terhadap teman-teman anda lewat tombol share agar faedah tersebut tidak berhenti pada anda saja. Terimakasih.

Share ke Facebook >>Share ke Twitter >>
Cafeberita.com merupakan blog wacana materi belajar. Gunakan sajian atau pencarian untuk mendapatkan materi berguru yang ingin dipelajari.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang! Pengunduh Video Online Gratis : https://r.cafe/

Popular Articles