Cara Menggambar Panorama Rumah Di Tepi Danau Untuk Pemula

Cafeberita.com — Tuto­r­i­al menggam­bar panora­ma memakai oil pas­tels untuk pem­u­la. Pada pan­d­u­an sebelum­nya , edutafsi sudah mem­bagikan cara menggam­bar panora­ma gunung dan mar­itim memakai oil pas­tels. Pada pelu­ang ini , kita masih akan bergu­ru menggam­bar panora­ma memakai cat oil pas­tels , namun kali ini panora­ma yang mau digam­bar meru­pakan panora­ma rumah di tepi danau. Kapriko­r­nus , panora­ma ini sung­guh gam­pang sebab cuma berisikan beber­a­pa objek uta­ma , yakni suatu rumah seder­hana , pohon , pohon kela­pa , tanah , sam­pan , danau , pepo­ho­nan di seberang danau , lan­git dan mata­hari.

Sama menyeru­pai pan­d­u­an sebelum­nya , kali ini juga digu­nakan cat oil pas­tels merek Pen­tel. Merek ini cukup famil­iar dan gam­pang dida­p­atkan. Selain itu , har­ganya juga masih relatif ter­jangkau dan memi­li­ki mutu yang bagus diband­ing beber­a­pa merek yang har­ganya sama. Untuk media gam­bar , tafsi memakai ker­tas gam­bar yang laz­im digu­nakan untuk men­cip­takan sket­sa. Teman-teman juga sang­gup memakai ker­tas gam­bar lain namun mesti diten­tukan mutu ker­tas­nya.

Bacaan Lain­nya

Kare­na kita memakai cat oil pas­tels , kadan­gkala dike­hen­da­ki aksen­tu­asi untuk men­cam­pur atau mer­atakan war­na. Oleh sebab itu , diusulkan untuk mene­gaskan ker­tas gam­bar yang tidak gam­pang robek atau tidak gam­pang berser­abut dikala dis­a­pu. Selain itu tetap­kan juga ker­tas terse­but memi­li­ki daya ser­ap war­na yang cukup baik sebab ker­ap kali ada ker­tas yang con­dong suit diwar­nai.

Tutorial menggambar panorama untuk pemula

Selain ker­tas dan cat oil pas­tels , untuk menggam­bar panora­ma menyeru­pai gam­bar di atas juga dike­hen­da­ki beber­a­pa alat ban­tu yang lain menyeru­pai peng­garis untuk meng­garis tepi ker­tas , peng­ha­pus untuk meni­adakan pec­a­han yang tidak per­lu atau pec­a­han yang salah , pen­sil dan spi­dol untuk men­cip­takan out­line , ser­ta pen­sil war­na untuk menyem­pur­nakan bagian-bagian ter­ten­tu yang meny­ibukkan dijangkau oleh oil pas­tels.

Jika alat dan materi sudah terse­dia , maka kita sang­gup men­gawali acara menggam­bar. Seper­ti biasa , ada tiga langkah atau taha­pan uta­ma dalam menggam­bar , yakni men­cip­takan kerang­ka atau out­line gam­bar , mewar­nai objek yang sudah digam­bar , dan sen­tuhan ter­akhir atau tahap fin­ish­ing.

Langkah #1 : Mem­bu­at Out­line
Seper­ti biasa sebelum mulai menggam­bar , kita buat apala­gi dulu garis tepi pada ker­tas gam­bar yang digu­nakan den­gan jarak dari tepi yang sama. Pada pan­d­u­an ini , tafsi memakai jarak 1 cm untuk mas­ing-mas­ing garis pem­bat­as dari tepi ker­tas. Teman-teman sang­gup mem­vari­asikan jaraknya ter­gan­tung sel­era teman-teman.

Langkah per­ta­ma dalam menggam­bar panora­ma ini meru­pakan men­cip­takan out­line atau kerang­ka gam­bar memakai pen­sil. Gam­barnya tidak per­lu ter­lalu terang sebab cuma meru­pakan denah antu­sias yang digu­nakan selaku con­toh dalam menggam­bar. Sete­lah sket­sanya jadi , selan­jut­nya digu­nakan spi­dol hitam untuk mem­per­jalas garis-garis tepi untuk mas­ing-mas­ing objek dalam gam­bar terse­but.

Pada tuo­r­i­al kali ini , tafsi apala­gi dulu menggam­bar rumah memakai spi­dol. Sete­lah itu menggam­bar pohon yang ter­letak di sebal­ah rumah. Langkah selan­jut­nya menggam­bar pohon kela­pa dan tanah yang meru­pakan kawasan di mana rumah dan pohon-pohon itu berdiri. Ter­akhir menggam­bar pepo­ho­nan yang ter­letak di seberang danau.

Saat mem­per­je­las garis objek memakai spi­dol , kita mesti teliti biar garis-garis terse­but tidak sal­ing tim­pang tindih. Oleh sebab itu , tafsi men­yarankan untuk menggam­bar (mem­per­je­las garis) untuk objek yang bera­da pal­ing depan apala­gi dulu gres kemu­di­an objek-objek yang bera­da di belakangnya. Sete­lah sele­sai , gunakan peng­ha­pus untuk meni­adakan gesekan pen­sil biar lebih rapi.

Cara menggambar panorama step by step

Pada pan­d­u­an ini , bersamaan tafsi tidak memakai pen­sil untuk men­cip­takan gam­bar melainkan eksklusif menggam­bar objeknya memakai spi­dol sebab memang gam­barnya tidak ter­lam­pau rumit. Kapriko­r­nus , kalau teman-teman sudah sudah biasa menggam­bar eksklusif den­gan spi­dol , teman-teman tidak mesti men­cip­takan skte­sa den­gan pen­sil apala­gi dahu­lu.

Langkah #2 : Mewar­nai Objek
Sete­lah gam­bar panora­ma yang berisikan beber­a­pa objek sele­sai digam­bar , langkah selan­jut­nya meru­pakan mewar­nai objek. Pada gam­bar ini war­na yang lebih banyak didom­i­nasi digu­nakan meru­pakan war­na hijau , kun­ing , biru , dan coke­lat. Teknik mewar­nai yang tafsi gunakan meru­pakan mewar­nai den­gan men­cip­takan gradasi war­na yakni den­gan men­gu­rutkan war­na yang renta sam­pai ke war­na yang lebih muda.

Nah pada gam­bar di bawah ini sudah ada empat pec­a­han pros­es pewar­naan yang tafsi lakukan. Per­ta­ma-tama , kita mewar­nai lan­git dan air danau memakai war­na biru pucat atau biru muda. Cukup berikan gesekan halus dari kiri ke kanan untuk men­cip­takan war­na biru yang soft. War­na terse­but kemu­di­an sang­gup diper­je­las sam­bil mem­ben­tuk pen­garuh gelom­bang air.

Pada gam­bar kanan atas , tafsi mewar­nai pepo­ho­nan yang bera­da di seberang pulau dan mata­hari. Untuk pepo­ho­nan , menyeru­pai laz­im­nya digu­nakan war­na hijau renta , hijau muda , dan kun­ing. Untuk men­cip­takan gradasi war­na , goreskan war­na hijau renta pada pec­a­han bawah flo­ra , kemu­di­an hijau muda di pec­a­han ten­gah , dan war­na kun­ing di pec­a­han pucuk. Gunakan juga war­na kun­ing untuk mewar­nai mata­hari.

Berikut­nya mewar­nai pohon yang ada di seke­lil­ing rumah. Untuk mewar­nai daun pohon dan daun pohon kela­pa , tafsi memakai war­na yang seru­pa yakni hijau renta , hijau muda , dan kun­ing den­gan teknik yang seru­pa untuk men­cip­takan gradasi war­na. Sedan­gkan untuk batangnya , digu­nakan war­na coke­lat muda dan coke­lat tua.

Cara mewarnai panorama dengan cat oil pastels

Langkah selan­jut­nya mewar­nai rumah , tanah , dan sam­pan. Untuk rumah dan sam­pan digu­nakan war­na coke­lat muda dan coke­lat renta den­gan teknik gradasi. Kemu­di­an untuk tanah digu­nakan war­na coke­lat dan orange pucat pada pec­a­han tepi-tepinya. Semen­tara biar ke ten­gah digu­nakan war­na hijau muda dan kun­ing untuk men­cip­takan pen­garuh rerumputan.

Baca juga : Menggam­bar Peman­dan­gan Gunung dan Laut Sim­pel.

Langkah #3 : Fin­ish­ing
Langkah ter­akhir meru­pakan tahap fin­ish­ing atau penyem­pur­naan. Paa tahap ini , kita men­ja­jal menyem­pur­nakan bagian-bagian ter­ten­tu yang dirasa masih belum pas. Mis­al­nya ada pec­a­han di celah-celah daun pohon yang belum terke­na war­na atau war­nanya masih belum rata. Untuk mer­atakan­nya , tafsi memakai pen­sil war­na sebab pen­sil war­na lebih gam­pang digu­nakan untuk men­ca­pai bagian-bagian sem­pit yang meny­ibukkan dijangkau oleh cat oil pas­tels.

Menggambar panorama rumah dan danau

Tafsi juga memakai pen­sil war­na biru renta untuk men­cip­takan gore­san-gore­san pada air dananu untuk mem­per­je­las pen­garuh gelom­bang air. Selain itu , juga digu­nakan war­na coke­lat renta untuk meng­hasi­lan garis-garis atap dan ding­ing pada rumah­nya. Untuk lebih jelas­nya , teman-teman sang­gup menon­ton video cara menggam­bar panora­ma di atas yang sudah tafsi sedi­akan di bawah ini.

Demikian­lah pan­d­u­an cara menggam­bar panora­ma rumah di tepi danau yang sang­gup edutafsi bagikan. Semoga sang­gup meno­long teman-teman yang ingin bergu­ru menggam­bar. Jika pan­d­u­an ini berfaedah , ban­tu tafsi ya mem­bagikan­nya ter­hadap teman-teman anda lewat tombol share yang terse­dia. Ter­i­makasih.

Share ke Face­book »Share ke Twit­ter »
Cafeberita.com meru­pakan blog men­ge­nai materi bela­jar. Gunakan Kolom Search atau pen­car­i­an untuk mener­i­ma materi bergu­ru yang ingin dipela­jari.

Pos terkait