cara mengendarai Mobil Matic Xtrail
cara mengendarai Mobil Matic Xtrail

Cara Mengendarai Mobil Matic Xtrail

Diposting pada

Ada begitu banyak orang yang hingga saat ini masih bertanya-tanya bagaimana cara mengemudikan mobil matic atau cara mengendarai mobil matic Xtrail, yang baik dan benar. Hal ini dikarenakan mobil matic satu ini masih kerap dikeluhkan kerap mengayun atau anjut-anjutan saat berakselerasi atau lagi asyik-asyiknya melaju cukup kencang.

Baca Juga Cara Mengendarai Mobil Matic di Tanjakan Macet

Cari tahu juga cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet, cara mengendarai mobil matic honda jazz, cara pindah gigi mobil matic, cara mengemudi mobil matic avanza, cara mengemudi mobil matic xpander, contoh mobil matic, cara mengendarai mobil matic innova, cara mengendarai mobil matic brio

Cara Mengendarai Mobil Matic Xtrail

Malah terkadang pula jarum RPM naik-turun padahal pedal gas yang ada di mobil matix Xtrail ini sudah diinjak konstan? Malah terkadang ada yang juga mengeluhkan kerap terdengar bunyi aneh.

Memang, mengendarai mobil matic atau mobil yang memiliki transmisi secara otomatis, memiliki cara khusus untuk mengendarainya. Ini tentunya tak sama dengan yang masih menggunakan persneling manual.

Di sinilah letak kenyamanan mobil matic yang memakai transmisi otomatis buat perpindahan gigi. Pengemudi tinggal memakai gas dan rem, tidak perlu lagi direpotkan dengan gas, atau kopling, serta stik persneling.

Baca Juga: Ekspor Mobil CBU Sulit Dicapai, Ini Penyebabnya

Meski begitu, rasa muak akan muncul apabila tiba-tiba mobil yang kita kendarai tersebut mengalami masalah.

Apabila kalau kita adalah pengemudi yang baru mengemudikan mobil matic. Nah, berikut mengendarai mobil matic xtrail agar nyaman dan aman.

Baca Buku Manual Mobil Matic Xtrail

Setiap pembelian mobil baru pastilah diiringi novel manual yang informatif serta gampang dimengerti. Jangan buru- buru mengoperasikannya. Buka dulu buku manual terlebih dulu, setelah itu baca dengan seksama.

Apabila terdapat perihal yang kurang dimengerti, kitanya mendatangi Tanya pada costumer servicenya yang senantiasa siap sepanjang 24 jam untuk ditelepon.

Baca Juga 4 Cara Sederhana Memutihkan Gigi Kuning

Ingat Posisi Serta Kode Stik Persneling cara mengemudikan mobil matic

Berbeda dengan mobil manual yang penuh angka, mobil matic memakai kode bagaikan berikut:

  • P ( Parking): mobil dalam keadaan parkir.
  • R ( Reverse): mobil berjalan mundur.
  • N ( Neutral): tanpa gigi.
  • D ( Drive): mobil berjalan ke depan.

Pelajari kode tersebut dengan seksama. Tentunya kita perlu mengingat kode tersebut di atas. Agar tak ada kesalahan. Ini penting, agar ketika mengendarainya, khususnya di jalan menanjak ataupun memerlukan kecepatan kita bisa lebih mengatur akselerasinya.

Baca Juga Fakta Menarik Lee Min Ho yang Tak Banyak Orang Tahu

Diawali Dari P Ataupun N cara mengemudikan mobil matic

Biasakan mengawali mobil matic dari P ataupun N. Ini agar bisa menghindari adanya tabrakan akibat mobil bergerak seketika. Biasakan injak rem sebelum memindahkan stik persneling ke posisi“ D”. Cara mengendarai Mobil Matic Xtrail atau cara mengemudikan mobil matic pun demikian.

Ini harus rutin dilakukan agar kita terhindar dari tabrakan akibat mobil melaju secara seketika saat di- starter. Jangan pernah lupa pula untuk mengecek persneling, apabila mobil tidak ingin dinyalakan, sebab sebagian jenis mobil tidak dapat dinyalakan apabila persneling tidak di posisi ini.

Bebaskan Kaki Kiri cara mengemudikan mobil matic

Terpenting lainnya cara mengendarai Mobil Matic Xtrail yang harus dilakukan adalah selalu membebaskan kaki kiri, jangan memakainya untuk menginjak rem. Perkuat feeling untuk membedakan mana yang harus diinjak oleh kaki kiri serta kaki kanan.

Mungkin semua orang sepakat bahwa kaki kiri yang sudah terbiasa menginjak kopling pasti berbeda rasanya ketika harus dibiasakan untuk menggantikan fungsi kaki kanan. Meski begitu, hal tersebut harus dibiasakan demi menghindari adanya hal yang tak diingkan.

Baca Juga Air Terjun Pinrang Kurang Perhatian, Berikut 7 Diantaranya

Buang Anggapan Rem Sama Dengan Kopling

Untuk sebagian orang mempunyai anggapan yang umumnya menyangka rem bagaikan kopling. Jadi rem diinjak pelan- pelan saat injak gas. Hal ini perlu dihindari, sebab bisa menghancurkan girboks mobil matic.

Hal lain yang paling penting dilakukan adalah didalam mobil matic terdapat yang namanya Tombol OD ataupun menggeser tuas ke posisi 3. Itu gunanya agar bisa menolong kita ketika sedang melakukan akselerasi dalam memakai gigi 3.

Baca Juga: Forescom Chapter Makassar Apakah Masih Eksis?

Apabila kita mau melaju lebih cepat dan aman serta mau mendahului mobil yang terletak didepan kita, maka wajib memakai kecepatan diatas standar.

Kecepatan standar ini ialah antara 60- 80 kilometer/ jam atau dengan kecepatan 60- 80 kilometer/ jam.

Hal lainnya adalah apabila kita hendak menggunakan mode pengoperasian secara manual maka alangkah baiknya memilih metode Pengoperasian M (Manual).

Caranya cukup dengan menggeser tuas ke posisi M (Manual). Itu bisa kita lakukan ketika mobil dalam keadaan berhenti. Bisa juga ketika dalam keadaan berjalan dan langsung menggeser tuas (+) untuk menambah gigi dan tuas (-) untuk mengurangi gigi. (*)

*********

Cara pindah gigi mobil manual

Cara Mengalihkan Gigi Mobil Manual dengan Betul

Dalam memakai mobil tentu saja harus pahami cara mengontrolnya. Sekarang ini, mekanisme mobil terdiri dari 2 tipe yakni mobil matik dan mobil manual.

Kemungkinan, beberapa orang yang mulai tertarik untuk mempunyai mobil matik karena pemakaiannya lebih gampang dibanding mobil manual.

Mobil matik cuman membutuhkan pedal gas dan rem untuk mengoperkanasikannya.

Tidak pakai repot mengalihkan transmisi gigi dan pedal kopling sama dalam mobil manual.

Tetapi, pecinta mobil manual juga ada banyak.

Argumennya ialah akselerasi dari mobil manual lebih kuat dibanding mobil matik karena memiliki mekanisme kopling yang dipakai untuk atur kecepatan kendaraan seperti keinginan.

Biasanya, transmisi pada mobil manual mempunyai gigi 5 pemercepatan yang dioperasionalkan lewat tuas persneling.
Untuk mengalihkan tuas persneling ini diperlukan pijakan kopling dan harus berurut sesuai nomor yang berada di tuas itu.

Oleh karenanya, ada cara untuk mengalihkan gigi pada mobil manual. Dikutip dari Auto2000, berikut cara komplet menjalankan gigi mobil manual.

Cara Mengalihkan Gigi Mobil Manual

Saat memakai mobil manual, yakinkan Anda sudah mengetahui cara masukkan gigi waktu mobil mulai dilajukan.

Berikut cara masukkan gigi mobil dengan tepat, dimulai dari status netral sampai masuk gigi.

  • 1. Lihat Status Gigi Netral

Status gigi netral harus ada di tengah. Cara ketahuinya, bila tuas persneling dapat digerakkan ke kanan dan kiri, maknanya pada kondisi netral.

  • 2. Masukan Gigi

Masukan ke gigi satu sama cara geser tuas ke paling kiri dan dorong di depan. Masuk ke gigi dua, triknya ialah masuk dari gigi satu sama meredam tuas transmisi ke sisi kiri dan ambil ke belakang langsung, dan sebagainya.

  • 3. Status Mundur

Bila ingin mundur, statuskan tuas persneling ke netral, lalu dorong ke kanan dan tarik ke belakang.

Cara Turunkan Gigi Mobil Manual

Sesudah tahu cara masukkan gigi mobil manual, saat ini sebaliknya, yakni turunkan dari status tertinggi ke paling rendah.

Cara turunkan gigi mobil manual sebetulnya gampang saja, yakni dengan membalik cara masukkan gigi dari netral ke status tinggi.

Namun, ada sesuatu hal yang perlu jadi perhatian yakni masalah kecepatan mobil. Untuk turunkan gigi mobil, harus saat sudah capai kecepatan yang dianjurkan.

Sebagai contoh, bila kecepatan kendaraan masih di angka 50 km/jam, tidak boleh operkan ke status terendah (gigi satu atau dua).

Yakinkan Anda turunkan gigi bila kecepatan mobil telah di bawah 50 km/jam atau sesuai buku panduan.

Dan satu perihal kembali yang perlu jadi perhatian ialah cara turunkan gigi mobil manual harus berurutan.

Jika Anda sedang berkendara di status gigi lima, karena itu untuk turun ke gigi tiga harus melalui gigi empat dahulu.

Sekalian mengoperkan gigi, kecepatan kendaraan turut dipelankan. Tidak boleh mendadak turunkan gigi dari 5 ke tiga karena hal itu akan punya pengaruh pada mesin dan elemen yang lain.

Itu keterangan berkenaan cara mengalihkan gigi mobil manual selengkapnya dan dapat Anda kerjakan.

Silakan bagikan artikel ini apabila dirasa memberikan manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.