Cara Mengendarai Mobil Matic Xtrail

Ada begi­tu banyak orang yang hing­ga saat ini masih bertanya-tanya bagaimana cara menge­mudikan mobil mat­ic atau cara men­gen­darai mobil mat­ic Xtrail, yang baik dan benar. Hal ini dikare­nakan mobil mat­ic satu ini masih ker­ap dikeluhkan ker­ap men­gayun atau anjut-anju­tan saat berak­sel­erasi atau lagi asyik-asyiknya mela­ju cukup ken­cang.

Baca Juga Cara Men­gen­darai Mobil Mat­ic di Tan­jakan Macet

Bacaan Lain­nya

Cari tahu juga cara men­gen­darai mobil mat­ic di tan­jakan macet, cara men­gen­darai mobil mat­ic hon­da jazz, cara pin­dah gigi mobil mat­ic, cara menge­mu­di mobil mat­ic avan­za, cara menge­mu­di mobil mat­ic xpander, con­toh mobil mat­ic, cara men­gen­darai mobil mat­ic inno­va, cara men­gen­darai mobil mat­ic brio

Cara Mengendarai Mobil Matic Xtrail

Malah terkadang pula jarum RPM naik-turun pada­hal ped­al gas yang ada di mobil matix Xtrail ini sudah diin­jak kon­stan? Malah terkadang ada yang juga men­geluhkan ker­ap ter­den­gar bun­yi aneh.

Memang, men­gen­darai mobil mat­ic atau mobil yang memi­li­ki trans­misi secara otoma­tis, memi­li­ki cara khusus untuk men­gen­darainya. Ini ten­tun­ya tak sama den­gan yang masih meng­gu­nakan per­snel­ing man­u­al.

Di sini­lah letak kenya­manan mobil mat­ic yang memakai trans­misi otoma­tis buat per­pin­da­han gigi. Penge­mu­di ting­gal memakai gas dan rem, tidak per­lu lagi dire­potkan den­gan gas, atau kopling, ser­ta stik per­snel­ing.

Baca Juga: Ekspor Mobil CBU Sulit Dica­pai, Ini Penye­bab­nya

Mes­ki begi­tu, rasa muak akan muncul apa­bi­la tiba-tiba mobil yang kita kendarai terse­but men­gala­mi masalah.

Apa­bi­la kalau kita adalah penge­mu­di yang baru menge­mudikan mobil mat­ic. Nah, berikut men­gen­darai mobil mat­ic xtrail agar nya­man dan aman.

Baca Buku Manual Mobil Matic Xtrail

Seti­ap pem­be­lian mobil baru pasti­lah diirin­gi nov­el man­u­al yang infor­matif ser­ta gam­pang dimenger­ti. Jan­gan buru- buru men­g­op­erasikan­nya. Buka dulu buku man­u­al ter­lebih dulu, sete­lah itu baca den­gan sek­sama.

Apa­bi­la ter­da­p­at per­i­hal yang kurang dimenger­ti, kitanya men­datan­gi Tanya pada cos­tumer ser­vi­cenya yang senan­ti­asa siap sep­a­n­jang 24 jam untuk ditele­pon.

Baca Juga 4 Cara Seder­hana Memu­tihkan Gigi Kun­ing

Ingat Posisi Serta Kode Stik Persneling cara mengemudikan mobil matic

Berbe­da den­gan mobil man­u­al yang penuh angka, mobil mat­ic memakai kode bagaikan berikut:

  • P ( Park­ing): mobil dalam keadaan parkir.
  • R ( Reverse): mobil ber­jalan mundur.
  • N ( Neu­tral): tan­pa gigi.
  • D ( Dri­ve): mobil ber­jalan ke depan.

Pela­jari kode terse­but den­gan sek­sama. Ten­tun­ya kita per­lu mengin­gat kode terse­but di atas. Agar tak ada kesala­han. Ini pent­ing, agar keti­ka men­gen­darainya, khusus­nya di jalan menan­jak ataupun memer­lukan kecepatan kita bisa lebih men­gatur aksel­erasinya.

Baca Juga Fak­ta Menarik Lee Min Ho yang Tak Banyak Orang Tahu

Diawali Dari P Ataupun N cara mengemudikan mobil matic

Biasakan men­gawali mobil mat­ic dari P ataupun N. Ini agar bisa menghin­dari adanya tabrakan aki­bat mobil berg­er­ak seketi­ka. Biasakan injak rem sebelum memindahkan stik per­snel­ing ke posisi“ D”. Cara men­gen­darai Mobil Mat­ic Xtrail atau cara menge­mudikan mobil mat­ic pun demikian.

Ini harus rutin dilakukan agar kita ter­hin­dar dari tabrakan aki­bat mobil mela­ju secara seketi­ka saat di- starter. Jan­gan per­nah lupa pula untuk menge­cek per­snel­ing, apa­bi­la mobil tidak ingin dinyalakan, sebab seba­gian jenis mobil tidak dap­at dinyalakan apa­bi­la per­snel­ing tidak di posisi ini.

Bebaskan Kaki Kiri cara mengemudikan mobil matic

Ter­pent­ing lain­nya cara men­gen­darai Mobil Mat­ic Xtrail yang harus dilakukan adalah selalu mem­be­baskan kaki kiri, jan­gan memakainya untuk meng­in­jak rem. Perku­at feel­ing untuk mem­be­dakan mana yang harus diin­jak oleh kaki kiri ser­ta kaki kanan.

Mungkin semua orang sep­a­kat bah­wa kaki kiri yang sudah ter­biasa meng­in­jak kopling pasti berbe­da rasanya keti­ka harus dib­i­asakan untuk meng­gan­tikan fungsi kaki kanan. Mes­ki begi­tu, hal terse­but harus dib­i­asakan demi menghin­dari adanya hal yang tak diingkan.

Baca Juga Air Ter­jun Pin­rang Kurang Per­ha­t­ian, Berikut 7 Diantaranya

Buang Anggapan Rem Sama Dengan Kopling

Untuk seba­gian orang mem­pun­yai angga­pan yang umum­nya menyang­ka rem bagaikan kopling. Jadi rem diin­jak pelan- pelan saat injak gas. Hal ini per­lu dihin­dari, sebab bisa meng­han­curkan gir­boks mobil mat­ic.

Hal lain yang pal­ing pent­ing dilakukan adalah didalam mobil mat­ic ter­da­p­at yang namanya Tombol OD ataupun menggeser tuas ke posisi 3. Itu gunanya agar bisa meno­long kita keti­ka sedang melakukan aksel­erasi dalam memakai gigi 3.

Baca Juga: Forescom Chap­ter Makas­sar Apakah Masih Eksis?

Apa­bi­la kita mau mela­ju lebih cepat dan aman ser­ta mau men­dahu­lui mobil yang ter­letak dide­pan kita, maka wajib memakai kecepatan diatas stan­dar.

Kecepatan stan­dar ini ialah antara 60- 80 kilometer/ jam atau den­gan kecepatan 60- 80 kilometer/ jam.

Hal lain­nya adalah apa­bi­la kita hen­dak meng­gu­nakan mode pen­g­op­erasian secara man­u­al maka alangkah baiknya memil­ih metode Pen­g­op­erasian M (Man­u­al).

Caranya cukup den­gan menggeser tuas ke posisi M (Man­u­al). Itu bisa kita lakukan keti­ka mobil dalam keadaan berhen­ti. Bisa juga keti­ka dalam keadaan ber­jalan dan lang­sung menggeser tuas (+) untuk menam­bah gigi dan tuas (-) untuk men­gu­ran­gi gigi. (*)

*********

Cara pindah gigi mobil manual

Cara Men­gal­ihkan Gigi Mobil Man­u­al den­gan Betul

Dalam memakai mobil ten­tu saja harus paha­mi cara men­gontrol­nya. Sekarang ini, mekanisme mobil ter­diri dari 2 tipe yakni mobil matik dan mobil man­u­al.

Kemu­ngk­i­nan, beber­a­pa orang yang mulai ter­tarik untuk mem­pun­yai mobil matik kare­na pemaka­ian­nya lebih gam­pang diband­ing mobil man­u­al.

Mobil matik cuman mem­bu­tuhkan ped­al gas dan rem untuk men­gop­erkanasikan­nya.

Tidak pakai repot men­gal­ihkan trans­misi gigi dan ped­al kopling sama dalam mobil man­u­al.

Tetapi, pecin­ta mobil man­u­al juga ada banyak.

Argu­men­nya ialah aksel­erasi dari mobil man­u­al lebih kuat diband­ing mobil matik kare­na memi­li­ki mekanisme kopling yang dipakai untuk atur kecepatan kendaraan seper­ti keing­i­nan.

Biasanya, trans­misi pada mobil man­u­al mem­pun­yai gigi 5 pemer­cepatan yang diop­era­sion­alkan lewat tuas per­snel­ing.
Untuk men­gal­ihkan tuas per­snel­ing ini diper­lukan pijakan kopling dan harus beru­rut sesuai nomor yang bera­da di tuas itu.

Oleh kare­nanya, ada cara untuk men­gal­ihkan gigi pada mobil man­u­al. Diku­tip dari Auto2000, berikut cara kom­plet men­jalankan gigi mobil man­u­al.

Cara Mengalihkan Gigi Mobil Manual

Saat memakai mobil man­u­al, yakinkan Anda sudah menge­tahui cara masukkan gigi wak­tu mobil mulai dila­jukan.

Berikut cara masukkan gigi mobil den­gan tepat, dim­u­lai dari sta­tus netral sam­pai masuk gigi.

  • 1. Lihat Sta­tus Gigi Netral

Sta­tus gigi netral harus ada di ten­gah. Cara ketahuinya, bila tuas per­snel­ing dap­at dig­er­akkan ke kanan dan kiri, mak­nanya pada kon­disi netral.

  • 2. Masukan Gigi

Masukan ke gigi satu sama cara geser tuas ke pal­ing kiri dan dorong di depan. Masuk ke gigi dua, triknya ialah masuk dari gigi satu sama meredam tuas trans­misi ke sisi kiri dan ambil ke belakang lang­sung, dan seba­gainya.

  • 3. Sta­tus Mundur

Bila ingin mundur, sta­tuskan tuas per­snel­ing ke netral, lalu dorong ke kanan dan tarik ke belakang.

Cara Turunkan Gigi Mobil Manual

Sesu­dah tahu cara masukkan gigi mobil man­u­al, saat ini seba­liknya, yakni turunk­an dari sta­tus tert­ing­gi ke pal­ing ren­dah.

Cara turunk­an gigi mobil man­u­al sebe­tul­nya gam­pang saja, yakni den­gan mem­ba­lik cara masukkan gigi dari netral ke sta­tus ting­gi.

Namun, ada sesu­atu hal yang per­lu jadi per­ha­t­ian yakni masalah kecepatan mobil. Untuk turunk­an gigi mobil, harus saat sudah capai kecepatan yang dian­jurkan.

Seba­gai con­toh, bila kecepatan kendaraan masih di angka 50 km/jam, tidak boleh operkan ke sta­tus teren­dah (gigi satu atau dua).

Yakinkan Anda turunk­an gigi bila kecepatan mobil telah di bawah 50 km/jam atau sesuai buku pan­d­u­an.

Dan satu per­i­hal kem­bali yang per­lu jadi per­ha­t­ian ialah cara turunk­an gigi mobil man­u­al harus beru­ru­tan.

Jika Anda sedang berk­endara di sta­tus gigi lima, kare­na itu untuk turun ke gigi tiga harus melalui gigi empat dahu­lu.

Sekalian men­gop­erkan gigi, kecepatan kendaraan turut dipelankan. Tidak boleh men­dadak turunk­an gigi dari 5 ke tiga kare­na hal itu akan pun­ya pen­garuh pada mesin dan ele­men yang lain.

Itu keteran­gan berke­naan cara men­gal­ihkan gigi mobil man­u­al selengkap­nya dan dap­at Anda ker­jakan.

Silakan bagikan artikel ini apa­bi­la dirasa mem­berikan man­faat.

Cara Menyetir Mobil Matic: Panduan Lengkap untuk Pemula
Gam­bar Pix­abay

Cara Menyetir Mobil Matic: Panduan Lengkap untuk Pemula

Ingin bela­jar cara menye­tir mobil mat­ic den­gan mudah? Baca artikel ini untuk men­da­p­atkan pan­d­u­an lengkap untuk pem­u­la den­gan tips-tips yang bergu­na dan trik-trik efek­tif.

Intro­duc­tion

Menye­tir mobil mat­ic bisa men­ja­di tan­ta­n­gan besar bagi pem­u­la, teruta­ma jika Anda sudah ter­biasa menye­tir mobil man­u­al. Namun, den­gan lati­han yang cukup dan pema­haman ten­tang teknik yang benar, Anda bisa den­gan mudah menye­tir mobil mat­ic. Di artikel ini, kami akan mem­berikan pan­d­u­an lengkap ten­tang cara menye­tir mobil mat­ic untuk pem­u­la. Kami akan mem­ba­has langkah-langkah yang per­lu Anda lakukan untuk menye­tir mobil mat­ic den­gan aman dan efek­tif, ser­ta mem­berikan tips dan trik yang bergu­na untuk memu­dahkan pros­es bela­jar Anda.

Apa itu Mobil Matic?

Sebelum kita mem­ba­has ten­tang cara menye­tir mobil mat­ic, mari kita ter­lebih dahu­lu mema­ha­mi apa itu mobil mat­ic. Mobil mat­ic adalah mobil den­gan trans­misi otoma­tis, yang berar­ti bah­wa mobil ini tidak memer­lukan kopling untuk meng­gan­ti gigi. Mobil mat­ic memi­li­ki dua ped­al, yaitu ped­al gas dan ped­al rem. Ped­al gas digu­nakan untuk mem­per­cepat mobil, sedan­gkan ped­al rem digu­nakan untuk menghen­tikan mobil.

Persiapan Sebelum Menyetir Mobil Matic

Sebelum Anda mulai menye­tir mobil mat­ic, ada beber­a­pa hal yang per­lu Anda per­si­ap­kan. Berikut adalah beber­a­pa tips yang dap­at mem­ban­tu Anda mem­per­si­ap­kan diri sebelum menye­tir mobil mat­ic:

  1. Kenali Mobil Anda

Pastikan Anda sudah men­ge­nal mobil mat­ic Anda den­gan baik sebelum mulai menye­tir. Pela­jari lokasi ped­al gas, ped­al rem, dan tuas gigi pada mobil Anda.

  1. Atur Kur­si dan Kaca Spi­on

Pastikan Anda sudah menye­suaikan kur­si Anda den­gan posisi yang nya­man dan sesuai den­gan pos­tur tubuh Anda. Selain itu, pastikan juga kaca spi­on mobil sudah diatur den­gan benar.

  1. Kenakan Sabuk Penga­man

Sebelum mem­u­lai menye­tir mobil mat­ic, pastikan Anda sudah men­ge­nakan sabuk penga­man den­gan benar. Sabuk penga­man dap­at mem­ban­tu melin­dun­gi Anda dalam kece­lakaan.

  1. Cek Rem dan Lam­pu Mobil

Pastikan rem dan lam­pu mobil Anda berfungsi den­gan baik sebelum mulai menye­tir. Ini adalah hal yang pent­ing untuk kese­la­matan Anda dan orang lain di jalan.

Langkah-Langkah Menyetir Mobil Matic

Sete­lah Anda mem­per­si­ap­kan diri, sekarang saat­nya untuk mem­pela­jari langkah-langkah menye­tir mobil mat­ic. Berikut adalah pan­d­u­an lengkap untuk menye­tir mobil mat­ic:

1. Mulai Mobil

  1. Masukkan kun­ci ke dalam kon­tak dan putar kun­ci hing­ga mesin mobil hidup.
  2. Tekan ped­al rem dan pastikan mobil bera­da dalam posisi parkir ℗.
  3. Lep­askan rem tan­gan jika mobil dilengkapi den­gan rem tan­gan.
  4. Tekan ped­al rem dan pin­dahkan tuas gigi ke posisi netral (N).

2. Pindahkan Tuas Gigi ke D atau R

Sete­lah mema­su­ki mobil mat­ic dan menyalakan mesin, langkah selan­jut­nya yang harus dilakukan adalah memindahkan tuas gigi ke posisi D atau R, ter­gan­tung pada arah yang ingin Anda tuju.

  1. D untuk Maju

Jika Anda ingin meng­ger­akkan mobil ke depan, pin­dahkan tuas gigi ke posisi D (Dri­ve). Dalam posisi ini, mobil akan berg­er­ak maju secara otoma­tis saat Anda menekan ped­al gas.

  1. R untuk Mundur

Jika Anda ingin mundur, pin­dahkan tuas gigi ke posisi R (Reverse). Mobil akan berg­er­ak mundur secara otoma­tis saat Anda menekan ped­al gas.

Pent­ing untuk selalu mem­per­hatikan posisi tuas gigi saat menye­tir mobil mat­ic, agar tidak salah langkah dan mem­i­ni­malkan risiko kece­lakaan. Pastikan tuas gigi sudah bera­da pada posisi yang tepat sebelum meng­ger­akkan mobil.

Selain itu, per­hatikan juga indika­tor di dash­board mobil untuk memas­tikan mobil sudah bera­da dalam posisi yang benar. Jika ada masalah atau ker­aguan, sebaiknya segera berhen­ti dan memerik­sa kem­bali posisi tuas gigi sebelum melan­jutkan per­jalanan.

3. Mempercepat Mobil

  1. Sete­lah memindahkan tuas gigi ke posisi dri­ve (D) atau reverse ®, lep­askan ped­al rem secara per­la­han.
  2. Tahan ped­al gas den­gan lem­but dan per­la­han-lahan, hing­ga mobil mulai berg­er­ak.
  3. Jan­gan menekan ped­al gas ter­lalu dalam atau ter­lalu cepat, kare­na hal ini bisa mem­bu­at mobil melun­cur ter­lalu cepat dan berba­haya.

4. Menghentikan Mobil

  1. Keti­ka Anda ingin menghen­tikan mobil, lep­askan ped­al gas dan tekan ped­al rem secara per­la­han-lahan.
  2. Jan­gan menekan ped­al rem ter­lalu dalam atau ter­lalu cepat, kare­na hal ini bisa mem­bu­at mobil berhen­ti den­gan keras dan berba­haya.
  3. Sete­lah mobil berhen­ti, pastikan tuas gigi sudah dalam posisi netral (N), dan tahan ped­al rem hing­ga mobil berhen­ti sepenuh­nya.
  4. Tarik rem tan­gan jika mobil dilengkapi den­gan rem tan­gan, dan matikan mesin mobil.

Tips-Tips Menyetir Mobil Matic yang Efektif

Selain langkah-langkah dasar menye­tir mobil mat­ic di atas, ada beber­a­pa tips dan trik yang dap­at mem­ban­tu Anda menye­tir mobil mat­ic den­gan lebih efek­tif. Berikut adalah beber­a­pa tips yang bisa Anda coba:

  1. Jan­gan Menekan Ped­al Gas Ter­lalu Cepat atau Ter­lalu Dalam

Jan­gan menekan ped­al gas ter­lalu cepat atau ter­lalu dalam saat mem­per­cepat mobil, kare­na hal ini bisa mem­bu­at mobil melun­cur ter­lalu cepat dan berba­haya. Tekan ped­al gas den­gan lem­but dan per­la­han-lahan, hing­ga mobil mulai berg­er­ak.

  1. Gunakan Rem den­gan Benar

Jan­gan menekan ped­al rem ter­lalu dalam atau ter­lalu cepat saat menghen­tikan mobil, kare­na hal ini bisa mem­bu­at mobil berhen­ti den­gan keras dan berba­haya. Tekan ped­al rem secara per­la­han-lahan, dan pastikan Anda sudah tahan ped­al rem hing­ga mobil berhen­ti sepenuh­nya.

  1. Per­hatikan Indika­tor Trans­misi

Per­hatikan indika­tor trans­misi di dalam mobil, yang menun­jukkan posisi tuas gigi mobil. Ini bisa mem­ban­tu Anda memas­tikan bah­wa tuas gigi sudah bera­da di posisi yang benar saat menye­tir.

  1. Tidak Per­lu Memindahkan Gigi Secara Man­u­al

Anda tidak per­lu memindahkan gigi secara man­u­al saat menye­tir mobil mat­ic, kare­na mobil ini sudah dilengkapi den­gan sis­tem trans­misi otoma­tis yang dap­at menye­suaikan gigi secara otoma­tis.

  1. Tetap Fokus dan Ten­ang

Pastikan Anda tetap fokus dan ten­ang saat menye­tir mobil mat­ic, teruta­ma saat per­ta­ma kali men­co­ba menye­tir mobil ini. Jan­gan ter­lalu gugup atau khawatir, kare­na hal ini bisa mem­bu­at Anda salah langkah dan berber­ba­haya.

  1. Prak­tikkan di Tem­pat yang Aman dan Ten­ang

Sebelum men­co­ba menye­tir mobil mat­ic di jalan raya, lebih baik prak­tikkan ter­lebih dahu­lu di tem­pat yang aman dan ten­ang, seper­ti di lapan­gan kosong atau di hala­man rumah. Hal ini bisa mem­ban­tu Anda lebih mudah mema­ha­mi cara ker­ja mobil mat­ic dan merasa lebih per­caya diri saat men­gen­darai mobil di jalan raya.

  1. Per­hatikan Lingkun­gan sek­i­tar

Tetap per­hatikan lingkun­gan sek­i­tar saat menye­tir mobil mat­ic, dan pastikan Anda selalu mem­per­hatikan ram­bu-ram­bu lalu lin­tas ser­ta kon­disi jalan yang akan Anda lewati. Hal ini bisa mem­ban­tu Anda menghin­dari kece­lakaan dan merasa lebih aman saat berk­endara.

FAQ — Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa yang harus dilakukan jika mobil matic tersendat saat mempercepat?

Jika mobil mat­ic tersendat saat mem­per­cepat, ada beber­a­pa hal yang bisa dilakukan, seper­ti:

  • Perik­sa kon­disi mesin mobil, dan pastikan tidak ada masalah pada sis­tem trans­misi.
  • Pastikan Anda menekan ped­al gas den­gan lem­but dan per­la­han-lahan, jan­gan ter­lalu cepat atau ter­lalu dalam.
  • Cek apakah ada masalah pada sis­tem injek­si bahan bakar, yang bisa mem­pen­garuhi per­for­ma mobil.

2. Apa yang harus dilakukan jika mobil matic tidak mau bergerak saat mempercepat?

Jika mobil mat­ic tidak mau berg­er­ak saat mem­per­cepat, ada beber­a­pa hal yang bisa dilakukan, seper­ti:

  • Perik­sa kon­disi mesin mobil, dan pastikan tidak ada masalah pada sis­tem trans­misi.
  • Pastikan tuas gigi sudah bera­da di posisi yang benar, dan perik­sa apakah ada masalah pada sis­tem trans­misi.
  • Cek apakah ada masalah pada sis­tem rem mobil, yang bisa mem­pen­garuhi per­for­ma mobil.

3. Apakah mobil matic lebih sulit dikendarai daripada mobil manual?

Tidak, sebe­narnya mobil mat­ic lebih mudah dik­endarai dari­pa­da mobil man­u­al, kare­na Anda tidak per­lu repot-repot memindahkan gigi secara man­u­al. Namun, memang per­lu sedik­it adap­tasi dan lati­han saat per­ta­ma kali men­co­ba menye­tir mobil mat­ic.

Kesimpulan

Menye­tir mobil mat­ic bisa men­ja­di alter­natif yang lebih mudah dan prak­tis bagi mere­ka yang tidak ter­biasa den­gan mobil man­u­al. Namun, Anda per­lu mema­ha­mi cara ker­ja mobil mat­ic dan melatih keter­ampi­lan menye­tir den­gan baik agar bisa men­gen­darai mobil ini den­gan aman dan nya­man. Den­gan mengiku­ti langkah-langkah dasar dan tips yang sudah dise­butkan di atas, dihara­p­kan Anda bisa men­ja­di penge­mu­di mobil mat­ic yang han­dal dan ter­ampil. Jan­gan lupa selalu mem­per­hatikan kese­la­matan dan atu­ran lalu lin­tas saat berk­endara, dan selalu fokus dan ten­ang saat menye­tir mobil mat­ic.

Orig­i­nal­ly post­ed 2020-12-14 19:22:01.

Pos terkait