cara mengendarai Mobil Matic Xtrail

Cara Mengendarai Mobil Matic Xtrail

Ada begitu banyak orang yang hingga saat ini masih bertanya-tanya bagaimana cara mengendarai mobil matic Xtrail, yang baik dan benar. Hal ini dikarenakan mobil matic satu ini masih kerap dikeluhkan kerap mengayun atau anjut-anjutan saat berakselerasi atau lagi asyik-asyiknya melaju cukup kencang.

Malah terkadang pula jarum RPM naik-turun padahal pedal gas yang ada di mobil matix Xtrail ini sudah diinjak konstan? Malah terkadang ada yang juga mengeluhkan kerap terdengar bunyi aneh.

Memang, mengendarai mobil matic atau mobil yang memiliki transmisi secara otomatis, memiliki cara khusus untuk mengendarainya. Ini tentunya tak sama dengan yang masih menggunakan persneling manual.

Di sinilah letak kenyamanan mobil matic yang memakai transmisi otomatis buat perpindahan gigi. Pengemudi tinggal memakai gas dan rem, tidak perlu lagi direpotkan dengan gas, atau kopling, serta stik persneling.

Baca Juga: Ekspor Mobil CBU Sulit Dicapai, Ini Penyebabnya

Meski begitu, rasa muak akan muncul apabila tiba-tiba mobil yang kita kendarai tersebut mengalami masalah.
Apabila kalau kita adalah pengemudi yang baru mengemudikan mobil matic. Nah, berikut mengendarai mobil matic xtrail agar nyaman dan aman.

Baca Buku Manual Mobil Matic Xtrail

Setiap pembelian mobil baru pastilah diiringi novel manual yang informatif serta gampang dimengerti. Jangan buru- buru mengoperasikannya. Buka dulu buku manual terlebih dulu, setelah itu baca dengan seksama.

Apabila terdapat perihal yang kurang dimengerti, kitanya mendatangi Tanya pada costumer servicenya yang senantiasa siap sepanjang 24 jam untuk ditelepon.

Ingat Posisi Serta Kode Stik Persneling

Berbeda dengan mobil manual yang penuh angka, mobil matic memakai kode bagaikan berikut:

P ( Parking): mobil dalam keadaan parkir.
R ( Reverse): mobil berjalan mundur.
N ( Neutral): tanpa gigi.
D ( Drive): mobil berjalan ke depan.

Pelajari kode tersebut dengan seksama. Tentunya kita perlu mengingat kode tersebut di atas. Agar tak ada kesalahan. Ini penting, agar ketika mengendarainya, khususnya di jalan menanjak ataupun memerlukan kecepatan kita bisa lebih mengatur akselerasinya.

Diawali Dari P Ataupun N

Biasakan mengawali mobil matic dari P ataupun N. Ini agar bisa menghindari adanya tabrakan akibat mobil bergerak seketika. Biasakan injak rem sebelum memindahkan stik persneling ke posisi“ D”. Cara mengendarai Mobil Matic Xtrail pun demikian.

Ini harus rutin dilakukan agar kita terhindar dari tabrakan akibat mobil melaju secara seketika saat di- starter. Jangan pernah lupa pula untuk mengecek persneling, apabila mobil tidak ingin dinyalakan, sebab sebagian jenis mobil tidak dapat dinyalakan apabila persneling tidak di posisi ini.

Bebaskan Kaki Kiri

Terpenting lainnya cara mengendarai Mobil Matic Xtrail yang harus dilakukan adalah selalu membebaskan kaki kiri, jangan memakainya untuk menginjak rem. Perkuat feeling untuk membedakan mana yang harus diinjak oleh kaki kiri serta kaki kanan.

Mungkin semua orang sepakat bahwa kaki kiri yang sudah terbiasa menginjak kopling pasti berbeda rasanya ketika harus dibiasakan untuk menggantikan fungsi kaki kanan. Meski begitu, hal tersebut harus dibiasakan demi menghindari adanya hal yang tak diingkan.

Buang Anggapan Rem Sama Dengan Kopling

Untuk sebagian orang mempunyai anggapan yang umumnya menyangka rem bagaikan kopling. Jadi rem diinjak pelan- pelan saat injak gas. Hal ini perlu dihindari, sebab bisa menghancurkan girboks mobil matic.

Hal lain yang paling penting dilakukan adalah didalam mobil matic terdapat yang namanya Tombol OD ataupun menggeser tuas ke posisi 3. Itu gunanya agar bisa menolong kita ketika sedang melakukan akselerasi dalam memakai gigi 3.

Baca Juga: Forescom Chapter Makassar Apakah Masih Eksis?

Apabila kita mau melaju lebih cepat dan aman serta mau mendahului mobil yang terletak didepan kita, maka wajib memakai kecepatan diatas standar.

Kecepatan standar ini ialah antara 60- 80 kilometer/ jam atau dengan kecepatan 60- 80 kilometer/ jam.

Hal lainnya adalah apabila kita hendak menggunakan mode pengoperasian secara manual maka alangkah baiknya memilih metode Pengoperasian M (Manual).

Caranya cukup dengan menggeser tuas ke posisi M (Manual). Itu bisa kita lakukan ketika mobil dalam keadaan berhenti. Bisa juga ketika dalam keadaan berjalan dan langsung menggeser tuas (+) untuk menambah gigi dan tuas (-) untuk mengurangi gigi. (*)