Cara Mengendarai Mobil Matic di Tanjakan Macet

Cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet – Tanjakan macet adalah sebuah rintangan. Mencari tahu cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet agar bisa terhindar dari bahaya itu sangatlah penting.

Baca Juga: Belajar Mobil Matic dengan Mudah

cara mengemudi mobil matic, mobil matic murah, persneling mobil matic, cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet, mobil matic avanza, mobil matic agya, mobil matic brio, mobil matic jazz

Tanjakan macet akan memberinya rintangan tertentu untuk beberapa pengendara, termasuk untuk pemakai mobil matic. AutoFamily harus tahu bagaimana cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet, hingga nanti tidak kesulitan. Lihat cara yang di bawah ini.

​​​Cara Mengendarai Mobil Matic di Tanjakan Macet

Cara Mengendarai Mobil Matic di Tanjakan Macet
Cara Mengendarai Mobil Matic di Tanjakan Macet

Pada mobil dengan transmisi manual, sopir putuskan kapan harus menukar gigi dan melakukan dengan tekan pedal kopling ke bawah dan pilih gigi yang diharapkan dengan gerakkan tongkat persneling. Sedang pada mobil matic, penggantian gigi dilaksanakan secara automatis, hingga tidak ada kopling atau tuas persneling.

Baca Juga:

Belajar Mengemudi Mobil Matic, Natuna Plus Sim

Kursus Stir Mobil di Pacitan dengan Harga Terjangkau

Kursus Stir Mobil di Madiun, Alamat dan Nomor Telepon

Saat transmisi dimasukkan pada Drive (D), mobil akan secara automatis pilih gigi yang betul sesuai beban mesin dan kecepatan jalan. Umumnya, gigi automatis akan berganti ke gigi yang semakin tinggi bersamaan dengan kenaikan kecepatan, kebalikannya ke gigi yang lebih rendah saat mulai melamban. Sebetulnya, mobil matic akan turun ke gigi yang lebih rendah saat naik, bersamaan dengan pertambahan beban pada mesin.

Tetapi saat Anda stop di tanjakan karena macet, karena itu ada banyak cara yang perlu dilaksanakan. Keadaan semacam ini dikenal juga dengan panggilan hill start. Jika lakukan kekeliruan bisa mengakibatkan resiko yang beresiko. Mobil yang mendadak mundur pada tanjakan bisa mencelakakan keselamatan diri Anda sendiri, pemakai jalan lain, dan orang berjalan kaki.

Untuk bisa berkendaraan saat ada di tanjakan yang macet, Anda bisa ikuti cara yang berikut:

  1. Saat Anda ada di tanjakan, yakinkan Anda memasangkan rem tangan.
  2. Alihkan transmisi kendaraan ke model jalan, diperlihatkan dengan roda gigi ‘D’
  3. Pencet pedal gas secara perlahan-lahan. Demikian Anda rasakan mobil usaha meluncur di depan, Anda bisa melepas rem tangan.
  4. Beri semakin banyak penekanan pada gas, dan bergerak perlahan-lahan ke atas tanjakan. Anda harus memberikan mobil semakin banyak RPM dibanding yang Anda kerjakan di permukaan datar.

Ini bisa sangat terasa mengerikan, terlebih bila Anda belum eksper melakukan. Tidak boleh cemas seiring waktu berjalan dan latihan dengan telaten, rasa optimis Anda akan terjaga saat melakukan seorang diri.

Apa Mobil Matic akan Mundur dengan Sendirinya Saat Ada di Tanjakan?

Ada salah paham jika mustahil untuk mobil matic bisa mundur ke belakang ketika ada di tanjakan. Hal paling betul adalah seperti di mobil manual, bila Anda tidak memberinya cukup RPM pada mobil, bisa saja mobil Anda menuruni bukit sendirinya. Khususnya pada keadaan yang terjal.

Cemas pada kondisi ini bisa membuat Anda lakukan kekeliruan yang lebih beresiko . Maka hal paling penting yang perlu dilaksanakan adalah masih tetap tenang. Pasang rem tangan, lalu coba kembali menariknya secara perlahan-lahan sekalian tekan gas. Yakinkan Anda tekan pedal gas seperlunya agar mobil ingin bekerja maju.

Yakinkan untuk tinggalkan sedikit sela di antara Anda dan kendaraan di depan saat stop pada kondisi macet di tanjakan. Bisa saja sopir yang lain yang membuat kekeliruan aneh dengan resiko membuat kecelakaan nanti.

Jangan sampai beranggapan jika seseorang tahu niat Anda. Pemakai jalan lain kemungkinan tidak sadar bila Anda sedang usaha lakukan hill start. Selalu kerjakan semua pengecekan visual seperti umumnya dan ingat-ingatlah untuk memakai lampu hazard dengan tepat.

Sebetulnya Anda dapat gampang untuk mengendarai mobil matic di tanjakan pada keadaan macet bila mengendarai All New Toyota Raize. Mobil ini mempunyai feature Hill-Start Assist yang memberinya kontribusi meredam pengereman saat ada di tanjakan . Maka, saat Anda ingin stop di tanjakan macet, feature ini akan meredam mobil sekitaran 2-3 detik hingga tidak melorot. Karakternya meredam mobil untuk saat ini agar pengendara tidak cemas secara langsung mencapai pedal gas.

Itu info bagaimana cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet. Mudah-mudahan berguna untuk AutoFamily. Lihat keadaan mobil dengan selalu lakukan servis mobil secara periodik bersama Auto2000 dengan support mekanik handal dan eksper.

FAQ

Mobil matic kalau nanjak pakai gigi apa?

Bila tanjakan dirasakan benar-benar terjal, karena itu cepatlah berpindah ke transmisi D1. Transmisi D1 ini adalah sama dengan transmisi gigi 1 di mobil manual.

Apa mobil matic tidak kuat tanjakan?

Pada mobil dengan transmisi matik sebetulnya kuat naik tetapi ada yang perlu dimengerti oleh pemilik mobil. Hal yang paling penting adalah lihat medan tanjakan, jika terlampau terjal karena itu harus mengalihkan tuas persneling. Tidak boleh pakai status D untuk melalui tanjakan terjal.

Mengapa mobil Matic sulit nanjak?

Mobil matic yang kurang memiliki tenaga ketika ada di dalam tanjakan, bisa disebabkan karena kemampuan mobil yang melewati perbedaan torsi. Bila perbedaan torsi 1 : 10, karena itu kemampuan mobil optimal adalah dengan berat tidak kurang dari 1000 kg.

Cara berpindah gigi mobil matic apa harus pijak rem?

Berpindah ke Gigi N Saat di Lampu Merah

Cara ini justru memendekkan umur gearbox mobil Anda. Disamping itu, bisa mengurangi kampas rem lebih gampang. Umur penggunaan telah paling lebih pendek dari yang semestinya. Walau sebenarnya yang paling betul adalah mengalihkan ke gigi N sekalian mencapai pedal rem.

Mobil Matic s buat apa?

S (Sport) adalah status gigi yang dipakai jika pengendara memerlukan akselerasi lebih saat akan menyusul kendaraan lain atau mengebut. Transmisi cuman ditata untuk bekerja pada status gigi tinggi hingga hasilkan rasio untuk kecepatan yang lebih bagus.

Apa semua mobil matic bisa mundur di tanjakan?

Tidak seperti mobil bertransmisi manual yang bila kehilangan daya akan automatis langsung mundur di tanjakan atau mesinnya mati, mobil matik tidak begitu. Pada keadaan harus stop tiba-tiba, mobil matik tidak langsung akan mundur saat sopir tekan pedal rem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.