Cara Mengatasi Saat Motor Mogok Karena Banjir
Cara Mengatasi Saat Motor Mogok Karena Banjir

Cara Mengatasi Saat Motor Mogok Karena Banjir

Cara Mengatasi Saat Motor Mogok Karena Banjir – Musim penghujan memang menjadi musuh yang tak terhindarkan bagi para pengendara sepeda motor. Mulai dari motor yang mudah kotor, terhambatnya aktifitas dan motor menjadi ngadat.

Cari tahu juga penyebab motor mogok, cara mengatasi motor mogok, penyebab motor matic mogok, cara mengatasi motor matic mogok, penyebab motor mogok di tanjakan, motor mogok tidak bisa di engkol, penyebab motor mogok tiba-tiba, motor mogok togel

Baca Juga Tips Memilih Oli Motor – Pelumas Mesin Motor Terbaik

Nah, pada momen-momen tertentu terkadang motor kita terjebak banjir yang cukup tinggi sehingga menyebabkan motor kita mogok. Berikut adalah beberapa tindakan pertama saat motor kita mogok karena banjir.

Cara Mengatasi Saat Motor Mogok Karena Banjir

Pertolongan Pertama Saat Motor Mogok karena Banjir

Ketenangan diperlukan saat menghadapi kondisi ini. Jika anda panik maka tidak akan menyelesaikan masalah.

Tuntunlah motor anda ketempat teduh atau tempat yang memungkinkan anda memeriksa kendaraan anda.

Selanjutnya keluarkan peralatan standar yang diperlukan seperti obeng, kunci busi, kain kering, amplas. Sebelumnya selalu siapkan alat-alat ini.

Beberapa bagian yang perlu anda perhatikan adalah busi, saringan udara, karburator dan knalpot.

Busi tugasnya mirip pemantik api untuk memicu proses pembakaran. Bayangkan saja jika pemantik api anda terkena air, pasti macet kan.

Baca Juga Memahami Dan Memilih Lampu Motor

Jika tidak ada “api” maka tidak ada pembakaran. Oleh karena itu, hal pertama adalah keluarkan busi anda dan keringkan dengan kain kering. Setelah kering jangan lupa membersihkan kepala busi dengan amplas.

Setelah busi kering, keringkan juga “rumah”dari si busi.

Caranya, tutup lubang busi dengan kain kering lalu mulailah starter motor dengan kick starter dalam posisi off. Lakukan beberapa kali sampai air didalam rumah busi keluar. Baru pasanglah busi kembali.

Untuk saringan udara, jika terendam air saat motor dinyalakan akan terdengar suara “berebet”. Untuk sementara lepas saringan udara itu lalu baru pasang lagi sesampainya dirumah.

Jangan lupa untuk mengeringkan saringan udara tersebut sebelum dipasang. Bisa dengan cara cukup diangin-anginkan saja.

Mengatasi motor berhenti berikutnya dengan mengeluarkan sisa air yang masuk ke karburator. Caranya, pertama tutup kran saluran bahan bakar dari tangki menuju karbu.

Gunakan obeng untuk memutar baut pembuangan sampai mentok. Setelah itu bahan bakar akan keluar bersama air yang tersisa.

Jika sisa air dan bahan bakar keluar sempurna, kembalikan baut pembuangan dengan sempurna dan buka tuas kran kembali.

Untuk knalpot, ini adalah elemen yang paling sering kemasukan air. Karena hal itu, beberapa motor baru didesain memiki knalpot yang agak miring keatas.

Jika knalpot kemasukan air, arus gas buang akan terhambat dan menyebabkan mesin berhenti.

Untuk mengeluarkannya cukup mudah. Posisikan motor dengan standar tengah dan buatlah supaya posisi motor miring ke belakang dan biarkan air mengalir.

Setelah dirasa cukup, tetesi knalpot dengan sedikit oli agar knalpot tidak berkarat.

Cara mengatasi motor berhenti karena banjir yang terakhir, periksa oli motor. Ada kemungkinan oli tercampur air saat banjir terjadi.

Kuraslah ruang oli dengan cara mengeluarkan sisa oli, lalu masukan sedikit bensin dan lakukan kick starter.

Setelah itu keluarkan bensin, dan ulangi langkah tersebut sekali lagi. Jika sudah, keringkan ruang oli dengan kompresor (jika ada) baru dimasukan oli baru.

Kalimat Yang Berkaitan Dengan Artikel : cara mengeluarkan air dari karburator, busi mengeluarkan air, tindakan jika motor ngadat ngadat, menjaga motor agar tidak mogok saat banjir, Mengatasi motor knalpotnya kemasukan air, membuang air yg msk ke ruang pmbakaran krn terendam banjir, hal pertama saat motor terkena banjir, ciri bensin motor ke masukan air, cara ngeluarin bensin dari karburator, cara mengeringkan oli

Motor Mogok apa penyebabnya?

Yang memicu motor mogok yang pertama serta teringan yaitu kendaraan kekurangan bensin atau bahan bakar. Jikalau masalah ini terjadi, sudah dipastikan kendaraan tak segera bisa jalan, lantaran mesin kendaraan motor memanglah bekerja lantaran tersedianya bahan bakar yang berwujud bensin atau slf…. Sebab itulah pada akhirnya motor juga berhenti.

Bagaimanakah cara memperbaiki motor yang mogok?

Trik Membetulkan Motor Mogok Sendiri Secara Gampang

  • Check Bahan Bakar.
  • Check Filter Udara.
  • Lepaskan Busi, Lantas Teteskan Oli.
  • Membersihkan Tutup Tangki Bensin.
  • Ganti Busi.
  • Membawa Ke Bengkel.

Mengapa motor mendadak tak dapat hidup?

Kebanyakan yang memicu motor mati tiba-tiba waktu jalan disebabkan motor yang kekurangan bahan bakar. Disamping itu, yang memicu yang lain, dapat muncul lantaran sirkulasi tungku bensin terhalang…. Motor mendadak mati juga dapat ditenggarai oleh overheat mesin.

Mengapa motor waktu di gas malahan mati?

Satu diantara yang tersering jadi yang memicu motor mati waktu di gas yaitu keadaan busi kurang kuat. Masalah ini membuat pengapian jadi tak prima. Lantas mesin brebet, serta sewaktu di gas, mesin jadi mati. Apabila ini terjadi, check keadaan busi dengan menanggalkannya.

Motor Mio mogok apa penyebabnya?

Disamping oli mesin yang menyusut, yang memicu motor matic berhenti tiba-tiba sewajarnya bisa dikarenakan ada bagian yang telah kotor, mempunyai masalah atau butuh tukar. Kotoran ini terletak dapat tersebarkan di sejumlah bagian, dapat karena debu di luar atau hasil pembakaran di mesin.