spot_imgspot_img

Top 5 This Week

spot_img

Related Posts

Cara Mengatasi Hidung Mampet yang Dapat Anda Lakukan di Rumah

Mengatasi hidung yang mampet – Anda dapat mengatasi hidung yang tersumbat dengan cara alami tanpa perlu minum obat. Ada banyak faktor yang membuat hidung tersumbat. Pilek, flu, alergi, sampai terinfeksi Covid-19 dapat membuat hidung berlendir dan tersumbat.

Hidung yang tersumbat karena lendir atau ingus, membuat seseorang sulit bernafas dan mencium sesuatu. Kondisi ini tentu membuatnya tidak nyaman, terutama jika itu terjadi pada anak -anak. Sebelum minum obat kimia untuk meredakan hidung tersumbat, ini membantu Anda mencoba cara yang lebih alami.

Baca Juga: Klinik THT Bekasi Timur Berikut Daftarnya Tepercaya dan Terkenal

Meringkas The Healthline dan Medical News Today, berikut adalah cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat yang mudah Anda coba:

Uap Air

Dengan uap air dapat diyakini bisa mengatasi masalah hidung yang tersumbat. Uap yang berasal dari air panas atau minuman panas dapat membantu mengencerkan lendir di hidung dan membantu menghilangkannya. Menangani hidung yang tersumbat dengan metode ini cukup mudah.

Yang perlu Anda siapkan hanyalah mangkuk besar, air panas, dan handuk. Tuang air panas ke dalam mangkuk atau baskom besar. Arahkan kepala ke baskom dan kemudian tutup dengan handuk. Lambat perlahan dari air panas. Sehingga hasilnya efektif, lakukan metode ini 3-4 kali sehari.

Baca Juga: Nama Bandar Udara di Indonesia Beserta Asalnya

Anda juga dapat menggunakan humidifer jika ada alat ini di rumah. Humidifer berfungsi untuk mempertahankan dan meningkatkan kelembaban ruangan. Udara lembab dapat membuat jaringan dan pembuluh darah di hidung menjadi lebih rileks. Lendir atau ingus yang ditemukan di hidung juga dapat mengalir lebih baik dengan menggunakan humidifer.

Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat selain menghirup uap juga dapat membantu mengatasi hidung yang tersumbat sebelah atau keseluruhan. Panaskan air untuk dimandikan lalu tuangkan ke dalam ember atau bak mandi. Tambahkan cukup air dingin agar tidak terlalu panas. Jika air terasa cukup hangat, Anda dapat menggunakannya untuk mandi.

Baca Juga: Wisata Pemandian Air Panas Parang Wedang Di Parang Tritis

Minum banyak air dan makanan hangat

jika hidung Anda tersumbat karena flu atau, penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Minum banyak cairan, terutama air dapat membantu melarutkan lendir dan mencegah peradangan hidung. Jika Anda pilek disertai sakit tenggorokan, minuman hangat seperti teh madu dapat membantu meringankan gatal di tenggorokan. Makanan pekat dan hangat seperti sup ayam juga dapat membantu meringankan gejala sakit tenggorokan dan meredakan hidung yang tersumbat.

Kompres dengan air hangat

cara berikutnya untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan mengompres hidung menggunakan air hangat. Metode ini dapat digunakan untuk orang dewasa dan anak -anak. Rendam handuk kecil atau kain ke dalam air hangat. Anda dapat menambahkan beberapa potong jahe ke air hangat sebelum merendam handuk. Kemudian peras handuk sampai tidak terlalu basah. Tempel atau letakkan handuk di hidung atau dahi.

Baca Juga: 30 Tempat Wisata di Bogor Terbaru, Terhits dan Instagramable

Cara lain untuk menangani hidung tersumbat

Selain menggunakan uap air untuk dikompres, ada beberapa cara lain untuk mengatasi hidung tersumbat, termasuk:

  • Memijat dengan lembut di area batang hidung.
  • Makan makanan pedas.
  • Air minum dicampur dengan satu sendok teh cuka apel.
  • Minum teh jahe hangat.
  • Tidur menggunakan bantal untuk menopang kepala.

Cara mengatasi hidung mampet sebelah secara alami

Saat hidung tersumbat karena flu atau pilek, rasanya sangat mengganggu. Namun, pernahkah Anda bertanya -tanya mengapa tampaknya selalu tersumbat?

Ternyata ini bukan hanya imajinasi, ada alasan ilmiah di baliknya. Mengutip majalah kesehatan pria, Rachel Roditi, M.D., seorang ahli bedah di divisi THT di Brigham dan Rumah Sakit Wanita mengatakan bahwa ada respons fisiologis yang disebut siklus hidung.

Baca Juga: Sayuran Penambah Darah yang Baik untuk Mengatasi Anemia

Ini adalah proses di mana lubang hidung bergiliran menghisap lebih banyak udara. Inilah alasan mengapa Anda merasakan hidung tersumbat di sebelah dan cara efektif untuk mengatasinya.

Struktur di kedua sisi hidung yang disebut turbinat inferior bertanggung jawab atas udara yang hangat dan melembabkan sebelum mencapai paru -paru.

Ini akan melindungi paru -paru dengan mengurangi kekeringan dan iritasi. Prosesnya cukup merepotkan, sehingga hidung akan menyalurkan sumber dayanya ke satu sisi daripada yang lain untuk membuat proses lebih efisien. Dapat mengirim lebih banyak aliran darah ke satu lubang hidung, yang menghangatkan udara yang masuk ke sana, tetapi juga menyebabkan turbin di sisi itu membengkak.

Pembengkakan berarti ada lebih sedikit ruang bagi udara untuk masuk. Namun, ini cukup kecil, kecuali Anda menderita pilek, infeksi, alergi, atau masalah struktural, seperti septum yang menyimpang, Anda mungkin tidak menyadarinya.

Namun, ketika Anda sakit, aliran darah ke hidung meningkat lebih banyak lagi, memicu lebih banyak pembengkakan dan produksi lendir yang lebih besar di area hidung. Meskipun tersumbat di seluruh hidung, Anda merasa lebih kuat dalam satu lubang hidung di mana turbin berbengkur sebagai bagian dari siklus hidung normal.

Hidung tersumbat di sebelah karena flu atau pilek dapat dengan jelas membuat frustrasi dan sering memengaruhi aktivitas sehari -hari. Banyak orang berpikir hidung tersumbat adalah hasil dari terlalu banyak lendir di saluran hidung. Namun, hidung tersumbat biasanya merupakan akibat dari pembuluh darah yang meradang dalam sinus.

Pilek, flu, alergi, atau infeksi sinus semuanya dapat mengobarkan pembuluh darah ini. Terlepas dari alasan hidung tersumbat, ada cara mudah untuk meringankannya. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai cara untuk menangani hidung di sebelah:

1. Gunakan pelembab udara (humidifier)

Humidifier bisa menjadi cara yang cepat dan mudah untuk mengurangi nyeri sinus dan membantu meringankan hidung tersumbat. Mesin mengubah air menjadi uap air yang perlahan mengisi udara, meningkatkan kelembaban di dalam ruangan.

Menghirup udara lembab ini dapat menenangkan jaringan yang teriritasi dan pembuluh darah bengkak di hidung dan sinus. Beberapa orang mengklaim bahwa udara yang dipanaskan dan lembab juga dapat membantu lendir yang tersumbat mengalir dengan lebih baik.

Namun, ulasan tersebut telah menunjukkan bahwa tidak ada bukti saat ini untuk mendukung ini. Jika Anda mengalami gejala hidung yang tersumbat di sebelah, Anda mungkin masih mendapat manfaat dari menempatkan pelembab di sekitar rumah atau kantor.

2. Mandi air hangat

Pernahkah Anda mengalami hidung tersumbat dan ternyata Anda dapat bernapas lebih baik setelah mandi air hangat?

Ternyata ada alasan di balik ini. Uap dari kamar mandi dapat membantu menipis lendir di hidung dan mengurangi peradangan. Mandi air panas dapat membantu bernafas kembali normal, setidaknya untuk sementara waktu.

Anda bisa mendapatkan efek yang sama seperti menghirup uap dari air panas di wastafel. Inilah cara yang bisa Anda lakukan:

Nyalakan air hangat di wastafel kamar mandi. Setelah suhu benar, letakkan handuk di kepala dan letakkan kepala di wastafel. Biarkan uap menumpuk, dan menarik napas dalam -dalam.
Berhati -hatilah untuk tidak membasuh wajah di atas air panas atau uap yang terlalu panas.

3. Tetap terhidrasi

Penting untuk minum banyak cairan jika ibu mencurigai alasan hidung tersumbat di samping flu atau flu.

Mempertahankan tingkat hidrasi yang optimal membantu melarutkan lendir di saluran hidung, mendorong cairan keluar dari hidung dan mengurangi tekanan pada sinus.

Lebih sedikit tekanan berarti lebih sedikit peradangan dan iritasi.

Jika ibu juga mengalami sakit tenggorokan, cairan hangat seperti teh juga membantu meringankan ketidaknyamanan di tenggorokan.

4. Gunakan semprotan garam (semprotan hidung)

Menggunakan semprotan garam hidung dapat meningkatkan kelembaban di lubang hidung.

Beberapa semprotan garam juga termasuk dekongestan.

Bicaralah dengan dokter sebelum Anda mulai menggunakan semprotan garam dengan dekongestan.

5. Bersihkan lendir

Ini bukan cara yang menyenangkan untuk dilakukan. Namun, Anda dapat membersihkan lubang hidung yang diblokir dengan pot neti. Neti Pot adalah wadah yang dirancang untuk menghilangkan lendir dan cairan dari saluran hidung. Administrasi Makanan dan Obat -obatan AS (FDA) merekomendasikan penggunaan air suling atau steril alih -alih air keran.

Inilah cara menggunakan Neti Pot:

  • Berdiri dengan kepala di wastafel.
  • Tempatkan pot neti dalam satu lubang hidung.
  • Miringkan panci neti sampai air memasuki saluran hidung.
  • Setelah air mengalir ke lubang hidung, ia akan keluar melalui lubang hidung lainnya dan mengalir ke wastafel.
  • Lakukan ini selama sekitar 1 menit, lalu ganti sisi.

6. Gunakan kompres hangat

Kompres hangat dapat membantu meringankan beberapa gejala hidung tersumbat dengan membuka saluran hidung dari luar. Untuk membuat kompres hangat, pertama rendam handuk dalam air hangat.

Selanjutnya, peras air dari handuk. Kemudian, lipat dan letakkan di hidung dan dahi. Kehangatan dapat memberikan kenyamanan dari semua rasa sakit dan membantu meringankan peradangan di lubang hidung. Ulangi metode ini sesering yang diperlukan.

7. Ikuti obat

Hidung tersumbat di sebelah dapat membuatnya tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari -hari. Untungnya, ada beberapa obat independen lainnya yang dapat membersihkan saluran hidung dan membebaskannya.

Namun, pastikan terlebih dahulu berbicara dengan seorang apoteker saat memilih obat dekongestan, antihistamin, atau alergi.

Selain itu, segera hubungi dokter jika hidung tersumbat tidak membaik setelah minum obat selama lebih dari 3 hari, atau jika ibu juga mengalami demam.

admin
adminhttps://cafeberita.com
Segera hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut dan jadilah bagian dari komunitas eksklusif kami. Jadikan impian hunian sempurna Anda menjadi kenyataan sekarang! Pengunduh Video Online Gratis : https://r.cafe/

Popular Articles