Cara Menciptakan Iklan Di Facebook

Posted on

Pada postingan ini Anda akan mencar ilmu cara menciptakan iklan di Facebook Ads dengan baik. Namun ini khusus untuk pemula.

Facebook ads atau iklan FB menjadi salah satu media penawaran spesial bisnis yang paling menguntungkan. Bisnis Anda mampu berkembang pesat setelah memasang iklan di media sosial yang satu ini.

Bahkan sampai ada beberapa orang dan bahkan agensi digital marketing yang membuka jasa mengiklan dengan FB ads yang tentunya hal tersebut mampu jadi peluang bisnis online yang mempesona.

Ada beberapa tahap yang perlu dilakukan ketika Anda ingin memasang suatu iklan di FB. Supaya Anda tidak gundah, sebaiknya simak dan pahami panduan yang hendak diterangkan pada artikel Cafeberita berikut.

Daftar Isi

Alur Membuat Iklan di Facebook

Alur Membuat Iklan di Facebook

Pahami pula alur dari pembuatan ikan Facebook berikut. Secara garis besar, tahapnya dibagi ke dalam tiga level.

  1. Level campaign, di tahap ini Anda diminta untuk menentukan objective dari iklan yang dibuat.
  2. Memilih seluruh komponen dalam iklan yang disebut sebagai Ad set, meliputi pemilihan pemirsa, anggaran, dan peletakan iklan.
  3. Level Ad, ialah mulai menciptakan dan menerbitkan iklan.

Sekarang Anda sudah mengerti langkah apa saja yang harus ditempuh. Mari lanjutkan pembahasan ke bab tutorial dan Anda mampu eksklusif mempraktikkannya.

Untuk pencatatan budgeting iklan, Anda bisa gunakan aplikasi keuangan. Salah satunya Cafeberita, aplikasi ini memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan keuangan perjuangan, salah satunya budgeting iklan.

Untuk menggunakannya Anda bisa unduh aplikasi Cafeberita secara gratis di Playstore.

Langkah Membuat Iklan di Facebook

1. Buat Halaman Facebook

Buat Halaman Facebook

Iklan di Facebook hanya dapat dibentuk lewat fanpage atau halaman. Sedangkan akun personal tak mampu mempublikasikan iklan.

Oleh alasannya itu, langkah awal yang perlu dijalankan yaitu membuat halaman apalagi dulu. Apabila Anda sudah memiliki halaman, langkah ini mampu dilewati.

  • Log in ke akun Facebook dengan memasukkan email atau username dan password yang dipakai ketika mendaftar. Anda dapat memakai perangkat berupa smartphone atau PC.
  • Setelah berhasil log in, Anda akan diarahkan ke halaman beranda home. Klik pada menu “halaman”. Di performa PC, sajian ini ada di sebelah kiri halaman. Namun di model mobile, Anda bisa mengakses hidangan ini di sebelah kanan.
  • Klik pada opsi “Buat halaman baru”. Setelah itu, cari klasifikasi yang cocok dengan bisnis Anda.
  • Isi form dengan data yang cocok dengan bisnis Anda mencakup nama bisnis, klasifikasi, alamat, dan nomor telepon. Jika sudah lengkap, klik pada tombol “Lanjutkan”.
  • Lakukan pengaturan sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh Facebook.

 

2. Login Facebook Ads

 Login Facebook Ads

Halaman bisnis sekarang sudah siap, lanjutkan dengan menuju ke Facebook Ads Manager. Klik alamat berikut untuk langsung menuju ke laman yang dimaksud:

https://www.facebook.com/ads/manage

Apabila menggunakan aplikasi Facebook di ponsel, mungkin Anda akan diarahkan keluar aplikasi. Sebab laman Facebook Ads Manager ini memang terpisah dari aplikasi utama Facebook.

 

3. Tentukan Kampanye Iklan

Tentukan Kampanye Iklan

Pilih nama halaman yang mau dibuat iklan. Hal ini perlu dijalankan jika Anda mengorganisir banyak halaman sekaligus dalam suatu akun pribadi.

Untuk mengawali pembuatan kampanye atau iklan di Facebook, klik menu “Creation” yang ada di bilah menu sebelah kiri laman Facebook Ads Manager.

Anda juga mampu pribadi mengaksesnya melalui link https://web.facebook.com/adsmanager/creation?act=191225660982018.

Anda akan diarahkan untuk memilih beberapa hal di bawah ini. Perhatikan penjelasannya satu per satu semoga Anda tak salah dalam memilih opsi.

a. Campaign

Seperti yang sudah disebutkan pada poin tentang alur pengerjaan iklan Facebook, level pertama yang mesti dilalui yaitu Campaign. Kaprikornus, Anda mesti memilih tujuan Anda apalagi dahulu pada tahap ini.

Tentukan apa yang ingin Anda capai bila iklan ihwal bisnis Anda sudah tayang di Facebook.

Ada 3 jenis tujuan atau objective yang mampu Anda pilih, antara lain:

  • Awareness atau kesadaran
  • Consideration atau pertimbangan
  • Conversion.

Buka tab “Campaign” kemudian klik lagi pada tombol warna hijau dengan goresan pena “+Create”.

Selanjutnya, Anda akan dihadapkan pada pop up window yang memperlihatkan beberapa opsi tujuan campaign.

 

b. Awareness

Pilihan yang pertama dari tujuan campaign di atas adalah Awareness. Jenis awarenees pertama yaitu kesadaran merek, bermaksud untuk membuat orang mengenal merk Anda.

Pemirsa yang menyaksikan tayangan iklan hanyalah mereka yang kepincut dengan bidang sesuai bisnis Anda.

Jenis awareness yang kedua yaitu jangkauan atau reach. Iklan Anda akan meraih orang yang lebih banyak.

Namun tidak siapa pun tersebut kepincut dengan bidang yang sama dengan bisnis yang Anda tawarkan.

c. Consideration

Terdapat 6 tipe consideration di dalam Facebook Ads, ialah:

  • Lalu lintas kunjungan bermaksud untuk memajukan jumlah kunjungan pemirsa ke halaman bisnis.
  • Interaksi bermaksud untuk mengajak pemirsa menyikapi artikel di laman bisnis. jawaban ini dapat berbentuklikes dan komentar.
  • Pemasangan aplikasi untuk mengembangkan jumlah download dan install aplikasi yang ditawarkan.
  • Penayangan video guna mengembangkan jumlah views pada video yang dipromosikan.
  • Pembuatan harapan untuk menciptakan orang terpesona dengan produk Anda dengan cara mendapatkan alamat email calon pelanggan.
  • Pesan untuk menenteng pemirsa yang telah menonton iklan Anda untuk mengantarkan pesan kepada akun bisnis.

d. Conversion

Sama mirip awareness dan consideration, conversion juga dibagi lagi menjadi beberapa jenis:

  • Konversi untuk mengganti jumlah tayangan iklan menjadi angka penjualan produk. Untuk melacak angka konversi yang tercipta dari iklan, Anda perlu memasang tambahan berbentukFacebook Pixel.
  • Penjualan katalog untuk memberikan iklan yang lebih lengkap dibandingkan lazimnya karena berbentuk katalog produk.
  • Kunjungan toko untuk mengajak pemirsa yang telah melihat iklan di Facebook berpindah mengunjungi toko Anda yang ada di luar FB, baik toko online maupun offline.

e. Ad set

Apabila Anda sudah menentukan tujuan campaign yang tepat keperluan, sekarang Anda diminta untuk menciptakan ad set. Berikut ini beberapa hal yang perlu diputuskan.

  • Anggaran dan jadwal, Anda dapat memilih budget iklan yang dibayar per hari atau sekaligus sampai tamat masa promosi. Atur juga agenda penayangan iklan, dari permulaan sampai selsai.
  • Audience, pilih jenis audience yang cocok dengan patokan bisnis Anda. Pilih sesuai dengan lokasi, ketertarikan, kebiasaan, jenis kelamin, dan usia.
  • Audience khusus, pemirsa khusus ditujukan untuk orang-orang yang sebelumnya telah pernah terhubung dengan bisnis Anda. Misalnya, Anda hanya ingin menayangkan iklan untuk orang yang telah pernah mengakses situs web bisnis sebelumnya.
  • Pengecualian, di bab ini, Anda akan diberi akomodasi untuk mengeluarkan orang-orang dari dalam list audience. Contohnya, Anda tidak mau menayangkan iklan untuk orang yang telah menyukai halaman bisnis di Facebook.
  • Lokasi, ingin memasarkan dan mengiklankan produk Anda di lokasi tertentu saja? Jangan lupa untuk mengisi di form lokasi biar iklan Anda cuma tayang di daerah yang diinginkan.
  • Umur dan gender, beberapa produk memang sengaja dibentuk untuk memenuhi keperluan orang di usia tertentu. Begitu pula dengan produk yang dibentuk untuk perempuan, belum pasti dapat digunakan oleh laki-laki. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pengaturan terhadap golongan umur dan juga jenis kelamin.
  • Penargetan, pilih sasaran yang sesuai dengan impian dan keperluan bisnis Anda. Target ini akan memilih langkah apa yang Anda ingin pemirsa kerjakan setelah melihat iklan di Facebook. Jika telah hingga tahap ini, Anda tinggal melakukan pembayaran dan iklan pun siap untuk ditayangkan.

Membuat iklan dengan Facebook Ads masih tergolong cukup mudah. Anda akan dipandu oleh kiat-tips yang ada di laman pengurus iklan.

Jangan lupa untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan sebelum mulai menciptakan iklan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *