Cara Membuat Gelang Dari Benang Rajut

Cara Membuat Gelang Sendiri

Senar sebagai salah satunya material bahan yang dapat dipakai untuk membuat gelang. Senar sendiri terdiri jadi dua tipe yaitu senar pancing (yang betuknya masih tetap) dan senar elastis (yang elastis seperti karet).

Pelajari juga tentang; cara membuat gelang dari 1 tali, cara membuat gelang nama sendiri, cara membuat gelang manik-manik, bahan bahan membuat gelang, cara membuat gelang kayu, cara membuat gelang dari benang jahit ala korea, cara membuat gelang hitam polos, cara membuat gelang dari tali prusik simple

Berikut ini tahap demi tahap cara membuat gelang dengan bahan senar pancing yang bisa dipraktikkan di dalam rumah.

Untuk gelang dengan bahan dasar senar elastis dapat disaksikan di artikel ini panduan pembikinannya.

Cara Membuat Gelang dari Senar Pancing

Untuk membuat gelang dengan material senar pancing, diperlukan benda kecil yang diberi nama stopper. Memiliki bentuk seperti merica/pasir dibuat berbahan semacam seng atau besi. Cara memakainya terlihat seperti panduan di atas.

Tahap 1

Pertama persiapkan seutas senar pancing, masukan stopper membawa ujung senar melalui ring, lalu tekuk sampai masuk ke stopper.

Tahap 2

Kemudian atur tempatnya supaya mendekat pada ring, sesudah rapat, capit stoper supaya senar tidak bergerak/masih tetap pada tempatnya.

Tahap 3

Kemudian buat manik-manik sesuai dengan selera kita, tutup kembali segi lainnya dengan memakai stopper.

Tahap 4

Cara paling akhir berikan kait/pengunci gelang. Dapat berbentuk kait 1-0 atau juga bisa berbentuk kait udang.

Panduan pilih kait untuk gelang:

Jika gelang yang kita bikin memakai material lumayan berat, akan semakin aman jika kita pilih kait udang supaya gelang tidak gampang lepas saat dikenai. Tetapi jika kita memprioritaskan sisi seni dan keelokan kait 1-0 akan jadi opsi yang pas untuk terpasang di gelang (terlihat seperti gambar berikut ini.
kait-1-0-silver-daun

Bagaimana Cara Menghitung Gelang:

Umumnya orang menghitung lingkar gelang dengan memakai cara sbgi berikut ini, yaitu menghitung lingkar pergelangan tangan lalu menambahnya 1-2 cm. Cara ini tidak salah tetapi akan memberinya hasil yang kurang tepat, terutamanya untuk gelang dengan mode bangle yang lingkarnya tidak bisa disamakan/diganti.cara-1.

Seharusnya ukurlah lingkar tangan pada bagian yang terbesar, saat jemari dalam status meruncing (seperti saat akan menggunakan gelang, seperti terlihat pada gambar berikut ini:

Cara Membuat Gelang Sendiri
Cara Membuat Gelang Sendiri

Hasil pengukur gelang dengan cara seperti ini akan lebih tepat. Dengan dengan bekal ukuran ini seterusnya tinggal mengimplementasikannya saat menyusun manik-manik. Selalu yakinkan u menghitung gelang dengan kontribusi penggaris saat sebelum akhiri serangkaian dengan simpul mati.

Selamat mempraktikkan membuat gelang manik-manik sendiri di dalam rumah.