Cara Membuat Gelang Dari Benang Rajut

Cara mem­bu­at gelang dari benang rajut san­gat­lah mudah. Mungkin semua orang bisa mem­bu­at­nya sendiri di rumah. Cara mem­bu­at gelang ini ten­tun­ya harus diper­hatikan detail­nya. Ini agar kiranya tam­pak indah ter­pasang di tan­gan.

Jan­gan lupa cari tahu juga cara mem­bu­at gelang nama sendiri, cara mem­bu­at gelang dari benang wol satu war­na, gelang benang tip­is, cara mem­bu­at gelang dari benang jahit sim­ple, teknik mem­bu­at gelang, cara mem­bu­at gelang dari benang jahit ala korea, teknik pem­bu­atan gelang dari benang wol, cara mem­bu­at gelang per­sa­ha­batan dari benang jahit

Bahan yang dipakai adalah bahan nomor 1 yaitu benang rajut poly­ester dan Gelang rajut ini bisa dipakai oleh pria atau wani­ta.

Benang poly­ester ini san­gat mudah per­awatan­nya dan bersi­fat anti kusut. Juga bisa mem­per­ta­hankan ben­tuknya den­gan baik. Olehnya itu san­gat cocok untuk dibu­at gelang.

Baca Juga:

Mer­a­jut Awal­nya Dilakukan Kaum Pria

Cara Mem­bu­at Syal Rajut Dis­er­tai Video

Bela­jar Mer­a­jut : Tan­gan Gemetaran, Selalu Salah Masuk Lubang

Kopi­ah Rajut Makas­sar Har­ga Murah

Pada dasarnya Benang poly­ester ini juga cocok dipakai seba­gai bahan untuk mem­bu­at tas rajut, bros, dom­pet, dan seba­gainya selain pro­duk paka­ian dan wear­able.

Yah, seti­daknya den­gan menge­tahui bagaimana cara mem­bu­at gelang rajut, maka itu bisa men­ja­di salah satu sum­ber peng­hasi­lan.

Spesifikasi Gelang Dari Benang Rajut

Cara Membuat Gelang Dari Benang Rajut
Cara Mem­bu­at Gelang Dari Benang Rajut

Untuk Spec­i­fi­ca­tion­snya adalah all­size

  • ALL SIZE ini adalah 14, 15, 16, 17 , 18 , 19 cm (Bisa Diatur)

Gelang rajut simple tetapi menghasilkan money

Men­ga­pa gelang rajut dise­but sim­ple dan bisa meng­hasilkan mon­ey?

Yah, ten­tu saja hal ini dikare­nakan cara mem­bu­at­nya memang sim­ple. Apala­gi bukan hanya bagus untuk dipakai sendiri, gelang ini pula bisa mem­bu­at kita mem­bu­ka usa­ha skala kecil.

Lihat Juga Hakpen Rajut Men­ge­nal Macam-Macam Uku­ran dan Ben­tuk

Pastinya cukup den­gan men­jual­nya pada rekan maupun pada orang lain atau bahkan bisa pula dijual di mar­ket­place seper­ti Face­book, Toko­pe­dia, Laza­da, atau Shopee.

Alat ser­ta Bahan Mem­bu­at Gelang Rajut

  • Benang rajut den­gan 2 war­na yang berlainan.
  • Aksesories tam­ba­han atau per­nak-pernik yang lain
  • Gunt­ing
  • Korek Api

Harga gelang rajut

Terkait har­ga gelang rajut tak ada har­ga pasti. Har­ga yang saat ini banyak kita jumpai dijual dipasaran. Mis­al­nya di mar­ket­place berma­cam-macam.

Mes­ki begi­tu, har­ga terse­but bisa ditak­sir dik­isaran har­ga Rp10 ribu-Rp50 ribu rupi­ah atau ter­gan­tung dari tingkat kesukaran yang dim­i­li­ki. Begi­t­upu­la den­gan bera­pa banyak war­na benang yang dipakai.

Video Cara Membuat Gelang Dari Benang Rajut

Berikut ini cara mem­bu­at gelang dari benang rajut dari saya. Kiranya ada yang bermi­nat untuk men­con­tohnya dan bela­jar mem­bu­at­nya untuk kemu­di­an dijual sendiri.

FAQ MERAJUT

Apakah yang dimaksud dengan kata merajut?

Menu­rut Kamus Besar Bahasa Indone­sia (KBBI), mak­na kata mer­a­jut meru­pakan menyi­rat jar­ing-jar­ing.

Apa nama lain dari merajut?

Menu­rut Tesaurus Bahasa Indone­sia, per­samaan kata mer­a­jut meru­pakan meren­da, menekat, men­gait, menyi­rat, men­ganyam.

Bagaimanakah caranya merajut?

Cara Mer­a­jut

  • Buat lil­i­tan den­gan ujung benang.…
  • Letakkan lil­i­tan di atas benang ke segi lil­i­tan.
  • Mengam­bil benang lewat lil­i­tan.…
  • Ambil sim­pul den­gan kuat, sem­bari men­ja­ga supaya lil­i­tan di atas masih ter­bu­ka.
  • Masukan lil­i­tan yang baru itu ke satu jarum rajut.

Tas Rajut gunakan benang apa?

Benang yang dipakai buat mer­a­jut beragam. Ada benang wol kenari, nylon, benang pan­da, benang poly­ester, benang katun orchid, benang jar­ing, benang ray­on, benang Athena dan seterus­nya.

Apa benang wol dapat buat merajut?

Type benang wol juga pas dalam mer­a­jut topi, sweater atau syal.

Benang Polycherry buat apa?

Benang ini rata-rata dipasarkan di Toko bahan ker­a­ji­nan, bahan alat jahit, atau bahan craft. Benang Poly­cher­ry Mili­ki kira-kira 50 war­na yang elok.… Benang rajut poly­ester Onit­suga Poly­cher­ry ini lebih sesuai buat bahan raju­tan tas, dom­pet, taplak, bros dan seterus­nya kecuali pro­duk wear­able.

Benang polyester buat merajut apa?

Benang Poly­ester

Benang rajut ini dibu­at berba­han 100% ser­at poly­ester. Benang ini mili­ki daya ser­ap ren­dah maka dari itu tak mere­sap keringat. Tetapi kuat, plas­tis, tak sim­pel kusut dan tak sim­pel lun­tur. Type benang ini sesuai buat bahan mer­a­jut tas, dom­pet, taplak, bros dan seterus­nya kecuali pro­duk wear­able.

Benang Rajut Soft Cotton buat apa?

Katun halus (soft cot­ton). Tek­sturnya yang lem­but amat sesuai buat proyek per­ab­otan bayi, umpa­manya topi, sweater, baby cocoon, dan seterus­nya. Tidak hanya itu, pem­bawaan­nya yang “jatuh” sesuai dipakai buat pon­cho, syal, sto­la, bolero, dsb.

Benang Rajut Nilon sesuai buat apa?

Benang nylon pun­ya struk­tur yang nyaris seru­pa den­gan benang poly, tetapi nylon nam­pak lebih lentur dan halus. Rata-rata benang nylon difungsikan untuk mem­bikin tas, dom­pet, san­dal dan sep­a­tu. Supaya lebih baik dan kukuh, per­lu diin­gat mem­berinya lin­ing atau lapisan dalam pro­duk tas atau dom­pet Anda.

Cara Membuat Gelang

Berikut ini adalah Cara Mem­bu­at Gelang Tan­gan dari Bahan Tali, Gam­pang dan Elok. Gelang adalah aksesori tan­gan yang dicin­tai oleh beber­a­pa orang.

Sam­pai sekarang ini, tipe dan mode gelang yang terse­bar di pasar telah terba­gi dalam berma­cam wujud. Har­ga yang dija­jakan juga bervari­atif, dari murah sam­pai mahal bergan­tung kual­i­tas yang dicari.

Lihat Juga Alat dan Bahan untuk Mer­a­jut Bagi Pem­u­la

Pela­jari juga ten­tang; cara mem­bu­at gelang dari 1 tali, cara mem­bu­at gelang nama sendiri, cara mem­bu­at gelang kayu, cara mem­bu­at gelang dari manik-manik, cara mem­bu­at gelang dari tali prusik sim­ple, cara mem­bu­at gelang hitam polos, cara mem­bu­at gelang dari benang jahit ala korea, cara mem­bu­at gelang per­sa­ha­batan dari benang jahit

Trend mem­bu­at gelang den­gan cara DIY atau Do It Your­self alias mem­bu­at gelang sendiri cukup terke­nal akhir-akhir ini. Gelang yang dibikin sendiri ten­tu saja akan mem­pun­yai nilai dan arti yang lebih dalam dari­pa­da gelang yang dibeli sele­sai.

Teruta­ma bila Anda ingin mem­bu­at dan mem­berinya seba­gai hadi­ah ke orang pal­ing dekat seper­ti teman dekat. Semakin lebih khusus bila Anda mem­bu­at sendiri.

Dalam artikel ini kali, akan diberi beber­a­pa cara mem­bu­at gelang DIY yang dap­at Anda ker­jakan sendiri di dalam rumah.

Anda dap­at mem­berinya ke teman dekat, rekan, adik atau kakak seba­gai hadi­ah. Beber­a­pa bahan yang dipakai juga may­ori­tas ialah beber­a­pa bahan ramah lingkun­gan dan bahan daur ulan­gi.

Hing­ga Anda bisa juga turut per­an dalam meno­long kuran­gi dan men­daur ulan­gi barang sisa pan­tas gunakan. Sela­mat mem­prak­tikkan.

1. Gelang Kalung Mutiara

Gelang berba­han mutiara bisa mem­berinya nilai dan kesan-kesan fem­i­nin untuk peng­gu­nanya. Butir-butir mutiara yang diga­bungkan den­gan pita satin bisa men­dukung penampi­lan Anda jadi lebih menawan dan ala­mi. Gelang bik­i­nan sendiri dari mutiara selain­nya murah, gam­pang dibikin. Berikut bahan dan cara mem­bu­at gelangnya;

Bahan yang diper­lukan:

  • Tali senar
  • Mutiara
  • Pita satin, war­na sesuai den­gan sel­era
  • Benang jahit

Cara mem­bu­at gelang:

  • Ukur perge­lan­gan tan­gan­mu dan tam­bah uku­ran 2/3 cm senar untuk fin­is­ing.
  • Potong pita, yakinkan pan­jangnya tidak cocok perge­lan­gan tan­gan, kare­na akan mengikat­nya jadi pita.
  • Berikan senar pada jarum, selan­jut­nya awali den­gan mem­bu­at sim­pul pada awal 3/4 pita.
  • Berikan mutiara pada tali senar.
  • Selan­jut­nya men­gakhiri den­gan lipatan hing­ga mutiara ter­bungkus oleh pita.
  • Turu­ti jalur, sam­pai semua mutiara sudah ter­pasang pada pita.
  • Sesu­dah semua mutiara habis dipasangkan, sim­pul mati di mutiara pal­ing akhir.
  • Yakinkan di ke‑2 segi mutiara dis­im­pul mati hing­ga mutiara tidak gam­pang lep­as.
  • Supaya semakin kuat, senar harus dibakar memakai api.

2. Gelang Tali Kepang

Gelang tali kepang ter­hi­tung yang ter­banyak dan gam­pang dida­p­at di toko atau toko online. Tetapi, bila Anda ingin mem­berinya seba­gai hadi­ah, supaya lebih khusus dan memi­li­ki mak­na seharus­nya Anda mem­bu­at sendiri. Bahkan juga Anda dap­at mem­bu­at untuk dipasarkan kem­bali. Selain­nya lebih irit, cara mem­bu­at juga tidak susah. Berikut bahan dan cara mem­bu­at gelang tali kepang;

Bahan yang diper­lukan:

  • 3 tali kulit atau belu­dru war­na
  • 3 kawat cincin
  • 2 kawat ikat pen­capit
  • 1 kun­ci gelang

Cara mem­bu­at gelang:

  • Imban­gi pan­jang uku­ran diu­lan­gi sam­pai tiga tali, gabungkan den­gan kawat pen­capit, lalu eratkan den­gan tang.
  • Pasang satu kawat cincin pada ujungnya. Selan­jut­nya, pasang kun­ci gelang. Eratkan kem­bali den­gan tang.
  • Kepang tali yang rapi sam­pai ujung. Gabungkan ujungnya dan eratkan den­gan kawat pen­capit.
  • Lan­tas, pasang kawat cincin.
  • Buat hiasan gelang den­gan ter­sisa tali. Bila sukai den­gan ban­dul-ban­dul lain, juga bisa meng­gu­nakan ban­dul dan pasang pada bagian ujung atau ten­gah gelang den­gan kawat cincin.

3. Gelang Tali Sepatu

Cara mem­bu­at gelang sete­lah itu dari tali sep­a­tu dan sedotan. Bahan sedotan plas­tik yang dipakai ini kali adalah wujud usa­ha daur ulan­gi yang dap­at Anda ker­jakan buat meno­long jaga lingkun­gan. Sam­pah plas­tik ialah tipe sam­pah yang pal­ing susah terg­erai, oleh kare­na itu diper­lukan kesadaran dan kreasi war­ga untuk mem­pros­es­nya.

Mem­bu­at gelang den­gan bahan tali sep­a­tu dan sedotan plas­tik lumayan gam­pang. Yang Anda per­lukan hanya tali sep­a­tu sisa, sedotan, gunt­ing dan beber­a­pa bahan yang dap­at Anda sak­sikan di bawah ini;

Bahan yang diper­lukan:

  • Tali sep­a­tu bun­dar
  • Sedotan ben­ing
  • Gunt­ing
  • Selotip
  • Peng­garis
  • Bolpoin
  • Korek api

Cara mem­bu­at gelang:

  • Per­si­ap­kan sedotan. Ukur 1,5 cm dan tandai den­gan pena, lan­jutkan sam­pai sedotan habis.
  • Gunt­ing-gunt­ing sedotan tiap 1,5 cm.
  • Per­si­ap­kan tali sep­a­tu, ukur sama pan­jang, rekatkan sisi ten­gah­nya pada meja den­gan selotip.
  • Masukan sebuah sedotan ke tali, lalu masukan bagian lain tali bersi­lang. Ambil tali sam­pai sedotan bera­da di atas. Ker­jakan terus sam­pai habis. Samakan den­gan perge­lan­gan tan­gan.
  • Sesu­dah lumayan pan­jang, buat sim­pul pada bagian akhir tali.

Apa bahan yang dipakai untuk membuat gelang?

Alat dan Bahan:

  1. 1. Gunt­ing
  2. 2. Tali (terser­ah tali yang karet apa bagaimana) / benang nilon.
  3. 3. Hiasan / manik manik.
  4. 4. Mag­net (bila gelangnya ingin dibikin mirip dap­at dibu­ka cpt pakai mag­net yang khusus buat gelang)

Bagaimana cara membuat gelang dari benang wol?

Cara mem­bu­at gelang dari benang wol yang gam­pang den­gan sedotan:

  1. Per­si­ap­kan sedotan.
  2. Per­si­ap­kan benang wol, ukur sama pan­jang, rekatkan sisi ten­gah­nya pada meja den­gan selotip.
  3. Masukan sebuah sedotan ke benang, lalu masukan bagian lain benang bersi­lang.…
  4. Sesu­dah lumayan pan­jang, buat sim­pul pada bagian akhir benang.

Apa nama tali untuk gelang?

Men­ge­nali Tipe-Jenis Tali yang Digu­nakan untuk Mem­bu­at Gelang

  • Senar Plas­tis.
  • Benang Sulam.
  • Tali Prusik.
  • Tali Satin.
  • Tali Suede.
  • Sor­cery Gen­uine Leather Bracelet 18K Real Gold.
  • Gelang Kulit Tali Lay­er.
  • Gelang Tali Para­cord Gelang Sur­vivor Para­cord Stain­less Steel Buck­le.

Gelang kariango dibuat dari apa?

Gelang Kar­i­an­go ini berisikan ele­men kom­plet orisi­nal (KARIANGO, bengk­le, adas pulowaras, jin­ten ireng, kla­bet, kayu angin, kayu secang, dan kayu cen­dana) yang dibungkus rapi hing­ga keli­hatan menarik.

Beberapa langkah membuat gelang dari benang jahit?

Cara Mem­bu­at Gelang dari Benang Jahit Biasa:

  • Potong benang jahit sama sesuai uku­ran perge­lan­gan tan­gan.
  • Potong jadi 8 lem­bar den­gan 2 lem­bar dari tiap-tiap war­na.
  • Satukan dan ikat semua benang di bagian ujungnya.
  • Lekatkan pada per­mukaan meja atau lan­tai den­gan solasi.

Cara Membuat Gelang Sendiri

Senar seba­gai salah sat­un­ya mate­r­i­al bahan yang dap­at dipakai untuk mem­bu­at gelang. Senar sendiri ter­diri jadi dua tipe yaitu senar panc­ing (yang betuknya masih tetap) dan senar elastis (yang elastis seper­ti karet).

Pela­jari juga ten­tang; cara mem­bu­at gelang dari 1 tali, cara mem­bu­at gelang nama sendiri, cara mem­bu­at gelang manik-manik, bahan bahan mem­bu­at gelang, cara mem­bu­at gelang kayu, cara mem­bu­at gelang dari benang jahit ala korea, cara mem­bu­at gelang hitam polos, cara mem­bu­at gelang dari tali prusik sim­ple

Berikut ini tahap demi tahap cara mem­bu­at gelang den­gan bahan senar panc­ing yang bisa diprak­tikkan di dalam rumah.

Untuk gelang den­gan bahan dasar senar elastis dap­at dis­ak­sikan di artikel ini pan­d­u­an pem­bik­i­nan­nya.

Cara Membuat Gelang dari Senar Pancing

Untuk mem­bu­at gelang den­gan mate­r­i­al senar panc­ing, diper­lukan ben­da kecil yang diberi nama stop­per. Memi­li­ki ben­tuk seper­ti merica/pasir dibu­at berba­han semacam seng atau besi. Cara memakainya ter­li­hat seper­ti pan­d­u­an di atas.

Tahap 1

Per­ta­ma per­si­ap­kan seu­tas senar panc­ing, masukan stop­per mem­bawa ujung senar melalui ring, lalu tekuk sam­pai masuk ke stop­per.

Tahap 2

Kemu­di­an atur tem­pat­nya supaya mendekat pada ring, sesu­dah rap­at, capit stop­er supaya senar tidak bergerak/masih tetap pada tem­pat­nya.

Tahap 3

Kemu­di­an buat manik-manik sesuai den­gan sel­era kita, tut­up kem­bali segi lain­nya den­gan memakai stop­per.

Tahap 4

Cara pal­ing akhir berikan kait/pengunci gelang. Dap­at berben­tuk kait 1–0 atau juga bisa berben­tuk kait udang.

Panduan pilih kait untuk gelang:

Jika gelang yang kita bikin memakai mate­r­i­al lumayan berat, akan semakin aman jika kita pil­ih kait udang supaya gelang tidak gam­pang lep­as saat dike­nai. Tetapi jika kita mem­pri­or­i­taskan sisi seni dan keelokan kait 1–0 akan jadi opsi yang pas untuk ter­pasang di gelang (ter­li­hat seper­ti gam­bar berikut ini.
kait‑1–0‑silver-daun

Bagaimana Cara Menghitung Gelang:

Umum­nya orang menghi­tung lingkar gelang den­gan memakai cara sbgi berikut ini, yaitu menghi­tung lingkar perge­lan­gan tan­gan lalu menam­bah­nya 1–2 cm. Cara ini tidak salah tetapi akan mem­berinya hasil yang kurang tepat, teruta­manya untuk gelang den­gan mode ban­gle yang lingkarnya tidak bisa disamakan/diganti.cara‑1.

Seharus­nya ukurlah lingkar tan­gan pada bagian yang terbe­sar, saat jemari dalam sta­tus merunc­ing (seper­ti saat akan meng­gu­nakan gelang, seper­ti ter­li­hat pada gam­bar berikut ini:

Cara Membuat Gelang Sendiri
Cara Mem­bu­at Gelang Sendiri

Hasil pen­gukur gelang den­gan cara seper­ti ini akan lebih tepat. Den­gan den­gan bekal uku­ran ini seterus­nya ting­gal mengim­ple­men­tasikan­nya saat menyusun manik-manik. Selalu yakinkan u menghi­tung gelang den­gan kon­tribusi peng­garis saat sebelum akhiri serangka­ian den­gan sim­pul mati.

Sela­mat mem­prak­tikkan mem­bu­at gelang manik-manik sendiri di dalam rumah.

Benang untuk membuat gelang

1. Senar Elastis benang untuk membuat gelang

Kalau kamu pen­gin mem­bu­at gelang tali meman­faatkan senar lentur, kare­nanya yakinkan jika kamu men­ge­nali kete­bal­an senar apa yang kamu per­lukan.

Pasal­nya senar ini mili­ki berane­ka kete­bal­an, yang mana makin tebal kare­nanya senar bakal makin kuat. Senar lentur ini bisa kamu kreativ­i­taskan den­gan beragam macam hiasan seper­ti bebat­u­an atau manik, lho.

Kamu bisa beli senar lentur ini pada har­ga yang dap­at ter­jangkau. Banyak pil­i­han uku­ran mulai den­gan diam­e­ter 0,5 mm, 0,6 mm, 0,7 mm, 0,8 mm, atau 1,0 mm. War­na yang ada yakni putih. Ini salah satu benang untuk mem­bu­at gelang.

2. Benang Sulam benang untuk membuat gelang

Benang sulam rata-rata dipakai untuk mem­bu­at karya seper­ti taplak meja, sarung gagal, atau tut­up poci. Akan tetapi berane­ka macam benang sulam yang terse­bar dipasaran bisa kamu pakai untuk mem­bu­at tali, lho. Semi­sal­nya benang sulam merk Sulam Lokal, Sulam Rose, Sulam Blue Moon, Sulam DMC, ser­ta Sulam Anchor.

3. Tali Prusik benang untuk membuat gelang

Kalau kamu mili­ki hoby meman­jat tebing, kare­nanya kamu ten­tu tahu den­gan macam tali prusik. Tali yang rata-rata dipakai seba­gai alat penga­man untuk meman­jat atau medi­a­tor di antara kara­bin­er ini dap­at juga dipakai seba­gai pen­cip­ta gelang, lho. Den­gan coraknya yang unik, tali prusik san­gat­lah sesuai untuk dibikin acces­sories seper­ti gelang tan­gan, kalung, ser­ta masih­lah banyak kem­bali.

4. Tali Satin benang untuk membuat gelang

Banyak berma­cam karya yang dap­at kamu ker­jakan meman­faatkan tali satin seper­ti cincin, anti­ng-anti­ng, gelang, kalung dan ban­do. Sebab macam tali ini mili­ki per­mukaan yang lebih cemer­lang ser­ta licin. Den­gan pros­es pem­bik­i­nan yang telah dilakukan den­gan dite­nun meman­faatkan ser­at pro­duk­si seper­ti poly­ester. Untuk dap­at mem­bu­at beragam jenis karya meman­faatkan tali satin, kare­nanya kamu pent­ing kua­sai beber­a­pa tehnik tali-temali untuk men­da­p­ati hasil yang elok.

5. Tali Suede benang untuk membuat gelang

Tali suede mili­ki karak­ter wujud gepeng den­gan struk­tur seper­ti kulit suede. Namun demikian tali yang rata-rata dipakai untuk mem­bu­at aksesoris, tidak beraw­al dari hewan asli tetapi meman­faatkan kulit sin­tetis. Sebab kulit sin­tetis con­dong tebal ser­ta rata-rata dipakai untuk mem­bu­at kalung atau gelang.

Pos terkait