Cara Membuat Buku Keuangan Pribadi

Cara membuat buku keuangan pribadi sangatlah mudah. Apalagi kalau hanya laporan keuangan sederhana. Membuat neraca keuangan individu secara teratur akan menolong kamu dalam mengawasi dan mengurus keuangan dengan lebih bagus. Utamanya pula akan menolong dalam mengelola keuangan pribadi.

Supaya kamu lebih pahami, baca pembahasan mengenai keutamaan neraca keuangan individu dan panduan membuat di bawah ini. Membuat laporan keuangan pribadi itu sangatlah penting. Cara membuat buku keuangan pribadi itu cukup gampang.

Keutamaan mengetahui cara membuat buku keuangan pribadi:

Pada intinya neraca keuangan individu ialah laporan yang memvisualisasikan keadaan keuangan kamu. Ini agar pemasukan dan pengeluaran kita bisa lebih terkontrol. Utamanya pula untuk mengetahui posisi keuangan kita.

Apalagi kalau kita menjalankan bisnis dan keuangan itu sangat berguna untuk mencatat dan untuk membuat posisi keuangan kita agar nantinya bisa kita siapkan untuk hari tua nanti.

Read More: Aplikasi Keuangan Gratis, Aplikasi Keuangan Gratis untuk PC, Aplikasi Keuangan Android Offline

Ada banyak faedah yang kamu dapat peroleh dengan membuat laporan ini, misalkan saja:

  1. Membuat kamu lebih sadar akan rutinitas memakai uang.
  2. Memberi info yang pasti mengenai keadaan keuangan individu.
  3. Menolong membuat rencana anggaran.
  4. Menolong mengurus peruntukan asset dan utang.
  5. Jadi bukti yang akan menolong proses mengajukan utang.

Dengan semua faedah ini kamu juga makin lebih tertolong untuk merealisasikan arah keuangan yang ingin kamu capai. Kita bisa setidaknya mengetahui kas keluar dan atau arus kas masuk. Sembari berharap kita bisa menyiapkan dana pensiun.

Pada dasarnya ada dua tipe neraca keuangan individu, yakni:

1. Laporan cash flow individu (individual aliran kas pernyataan)

Laporan cash flow individu ialah neraca keuangan yang berisi info cash flow masuk dan keluar. Dalam kata lain laporan cash flow memperlihatkan penghasilan dan pengeluaran kamu pada waktu periode tertentu.

Adapun yang dikatakan sebagai cash flow masuk ialah apa saja yang hasilkan uang. Misalnya seperti upah, bunga rekening tabungan, pendapatan tambahan, dividen investasi, keuntungan dari pemasaran saham dan obligasi, sampai hasil pemasaran asset individu seperti rumah atau kendaraan.

Saat itu cash flow keluar ialah semua pengeluaran yang kamu kerjakan seperti ongkos sewa rumah, berbelanja bulanan, makan, bill listrik, ongkos selingan, dan sebagainya.

Lalu, berapa penting laporan cash flow individu ini?

Cara membuat buku keuangan pribadi dengan neraca keuangan individu tipe ini penting untuk menolong kamu ketahui cash flow bersih yang kamu punyai.

Misalkan, jika cash flow bersih positif ini bermakna penghasilan kamu semakin tinggi dibanding pengeluaran hingga ada tersisa uang yang kamu punyai pada masa itu. Kebalikannya, jika cash flow bersih negatif bermakna pengeluaran kamu semakin besar dibanding penghasilan.

Dengan ketahui cash flow bersih ini kamu dapat pahami bagaimana kondisi keuangan kamu sendiri. Disini kamu juga dapat mengendalikan bagaimana pengendalian yang pas untuk jaga kondisi keuangan masih positif.

2. Laporan neraca keuangan individu (individual balance sheet)

Neraca keuangan individu tipe ini memberi kisah keseluruhnya akan kekayaan yang kamu punyai pada waktu periode tertentu.

Ada banyak hal yang umumnya dicatat dalam laporan neraca individu, salah satunya:

1. Asset

Asset ialah semua sumber daya yang berharga dan bisa diubah jadi uang. Beberapa macam asset misalnya:

Kas dan sama dengan kas. Uang kontan yang kamu punyai di dompet atau yang tersimpan di rekening tabungan, rekening giro, dan yang lain.

Asset berbentuk (tangible assets). Asset berbentuk object seperti rumah, mobil, perhiasan dan sebagainya.

Asset tidak berbentuk (intangible assets). Asset non fisik seperti royalti, saham, atau obligasi.

Asset cair (liquid assets). Berbentuk uang kontan atau benda yang bisa dipasarkan dan diubah jadi uang secara cepat tanpa kehilangan nilainya. Contoh saham dan obligasi.

Asset penghasilan rutin (fixed-income assets). Investasi uang yang dipinjam untuk raih bunga. Misalnya seperti sertifikat deposito, atau surat bernilai.

Asset ekuitas (equity asset). Ownership interest di perusahaan seperti saham, reksadana, dan rekening pensiun.

Baca Juga: Aplikasi Pembukuan Usaha Kecil Terbaik, 10 Aplikasi Bisa Android

2. Liabilities

Liabilities bisa disimpulkan sebagai keharusan utang yang perlu dibayar. Misalnya seperti angsuran mobil, rumah, saldo kartu credit, dan utang yang lain.

3. Kekayaan bersih

Net worth atau kekayaan bersih ialah nilai kekayaan yang kamu punyai dari semua asset dikurangi nilai keharusan utang yang ada.

Panduan membuat neraca keuangan individu

Nah, jika kamu telah memilih untuk mulai membuat neraca keuangan individu, ada banyak panduan yang dapat kamu lihat. Kita bisa melihat laporan arus kas hingga bisa melakukan evaluasi keuangan kita.

Begitupula dengan kita bisa meninjau apa saja pengeluaran rutin yang harus disetop. Apalagi bila kita sedang menggunakan kartu kredit, Laporan kondisi keuangan itu penting.

1. Buat spreadsheet

Bikinlah spreadsheet dan untuk ke bagian-bagian seperti asset, liabilitas dan cash flow. Kamu bisa juga menambah sisi khusus untuk hitung net worth atau kekayaan bersih yang kamu punyai.

2. Catat daftar asset dan nilainya

Buat kolom yang berisi daftar asset yang kamu punyai dan nilainya. Misalkan rekening di bank dan saldonya, saham dan nilainya atau property yang kamu punyai.

3. Catat daftar liabilitas

Sama dengan daftar asset, buat juga kolom yang berisi info akan keharusan utang yang perlu dibayar. Misalkan saldo kartu credit, atau utang di bank.

4. Tetapkan keseluruhan net worth

Sesudah membuat daftar asset dan liabilitas dan nilainya, kalkulasilah keseluruhan dari tiap-tiap kelompok. Misalkan sesudah ditotal nilai asset kamu berharga Rp 90 juta sementara keseluruhan liabilitas Rp 10 juta. Disini kamu bisa mempunyai kisah akan net worth atau kekayaan bersih yang dipunyai.

5. Buat laporan cash flow

Pada bagian terpisah bikinlah semua saluran cash flow bulanan dalam keuangan kamu. Kalkulasi penghasilan yang kamu punyai misalkan dari upah atau pendapatan tambahan. Lantas catat dan keseluruhan semua pengeluaran kamu pada bulan itu, misalkan pengeluaran untuk bill listrik, transportasi, berbelanja bulanan, dan sebagainya.

Keseluruhan semua penghasilan dan pengeluaran lalu saksikan selisihnya untuk ketahui pendapatan bersih kamu.

Contoh neraca keuangan individu

Cara Membuat Buku Keuangan Pribadi
Cara Membuat Buku Keuangan Pribadi

Supaya kamu makin memahami dan sanggup membuat laporan ini secara berdikari silakan lihat contoh neraca keuangan individu ini.

Kamu dapat unduh contoh neraca keuangan individu itu dan merubahnya seperti opsi kamu.

Sesudah kamu membuat neraca keuangan individu, coba untuk melakukan secara teratur dengan mengupdatenya tiap bulan.

Dengan demikian kamu dapat mengawasi tiap pengubahan dalam keuangan kamu dan membuat gagasan keuangan lebih tepat. Tetapi tentunya kita harus tahu dulu cara membuat buku keuangan pribadi.

Keliatannya susah, tetapi ini akan gampang kalau sudah terlatih. Teknisnya benar-benar simpel. Saya mau mencoba menerangkan panduan nomor 1 (satu), yaitu mengenai langkah pengaturannya.

Pertama, persiapkan pena dan kertas seperlunya selanjutnya catatkan tiap pengeluaran dan akseptasi uang sehari-harinya, dengan membuat kolom yang lain, misalnya seperti tabel di bawah ini.

Tanggal Keterangan Pendapatan Pengeluaran

Jumlahkan tiap satu bulan sekali, karena itu Anda akan memperoleh jumlah keseluruhan akseptasi dan pengeluaran dalam satu bulan. Selanjutnya coba lihat penghasilan dan pengeluaran Anda sepanjang satu bulan itu. Coba perhatikan cara membuat buku keuangan pribadi di bawah ini.

Apa surplus, impas atau justru minus?

Bila keuangan Anda surplus karena itu pisah tersisa uang itu di dalam tabungan secara terpisah.

Jaga tren surplus keuangan pada bulan-bulan selanjutnya, bila bisa dinaikkan akan lebih bagus.

TanggalKeteranganPendapatanKeterangan
01/01/2015 Gaji  2.000.000 
02/01/2015Biaya listrik 150.000
05/01/2015 Biaya telepon 100.000
10/01/2015 Beras 300.000
23/01/2015 Pendapatan lain750.000 
31/01/2015 TOTAL2.750.000550.000
Contoh Cara Membuat Buku Keuangan Pribadi

Bila impas karena itu ini harus dicurigai, karena permasalahan akan muncul saat Anda alami keperluan yang memiliki sifat insidentil, misalkan ongkos berobat atau beberapa biaya yang lain karakternya tiba-tiba. Cara membuat buku keuangan pribadi seperti ini sangatlah mudah.

Anda harus lakukan analisis simpel pada neraca keuangan yang Anda bikin, lalu lihat apa pos pengeluaran semua ialah memiliki sifat harus atau mungkin sesungguhnya banyak pengeluaran untuk beberapa hal yang sesungguhnya tak perlu.

Bila memang uang Anda habis karena beberapa hal yang karakternya tidak penting, karena itu awal bulan depan belajarlah untuk meredam kemauan Anda untuk keluarkan uang untuk beberapa hal itu.

Bagaimana triknya?

Sibukkan diri Anda dengan rutinitas yang lebih produktif hingga ongkos bisa didesak dan penghasilan bertambah.

Begitupula bila pengeluaran yang dikeluarkan memang untuk beberapa hal yang memiliki sifat harus, karena itu Anda harus menambahkan jatah pekerjaan untuk tingkatkan penghasilan. Artinya Cara membuat buku keuangan pribadi memang harus diperhatikan.

Coba cari aktivitas/pekerjaan yang karakternya gampang ditangani dan memberikan keuntungan, misalkan jualan online keperluan setiap hari, atau menolong menjualkan produk rekanan atau saudara.

Saat ini benar-benar gampang untuk lakukan penawaran lewat media sosial, coba dan Anda akan mendapatkan faedah dari hal itu.

TanggalKeteranganPendapatanKeterangan
01/01/2015 Gaji  2.000.000 
02/01/2015Biaya listrik 150.000
05/01/2015 Biaya telepon 100.000
10/01/2015  Beras 300.000
10/01/2015Rekreasi 2.200.000
23/01/2015 Pendapatan lain750.000 
31/01/2015 TOTAL2.750.0002.750.000
Contoh Cara Membuat Buku Keuangan Pribadi

Tetapi bila keadaan keuangan anda minus, ini harus betul-betul Anda cermati. Minus di sini maknanya pengeluaran anda semakin tinggi dibanding penghasilan.

Bila ini didiamkan terus-terusan karena itu keadaan keuangan Anda betul-betul jelek, memerlukan usaha dalam kehidupan anda untuk mendapatkan pendapatan yang semakin besar atau mendesak gaya hidup anda yang condong konsumtif.

Tanggal Keterangan Pendapatan Pengeluaran

TanggalKeteranganPendapatanKeterangan
01/01/2015 Gaji2.000.000 
02/01/2015Biaya listrik 150.000
05/01/2015 Biaya telepon 100.000
10/01/2015  Beras 300.000
10/01/2015Rekreasi 3.000.000
23/01/2015 Pendapatan lain750.000 
31/01/2015 TOTAL2.750.0003.550.000
Contoh Cara Membuat Buku Keuangan Pribadi

Dari keterangan saya di atas bisa kita simpulkan sesungguhnya lumayan gampang mengurus keuangan individu.

Pokoknya Anda harus tahu lebih dulu status keuangan Anda di bagian yang mana saat sebelum mengurus keuangan. Lantas bertindak riil berdasar hasil penilaian keuangan Anda untuk kehidupan kedepan yang lebih bagus. Sebab dengan mengetahui cara membuat buku keuangan pribadi itu sangatlah bermanfaat. (*)

Default image
Razan
Articles: 219

Leave a Reply