Beranda Berita Bupati Sidrap Koordinasi Penyelarasan Perencanaan Pembangunan Desa

Bupati Sidrap Koordinasi Penyelarasan Perencanaan Pembangunan Desa

78
0
Dollah Mando Koordinasi Penyelarasan Perencanaan Pembangunan Desa
Dollah Mando Koordinasi Penyelarasan Perencanaan Pembangunan Desa

CAFEBERITA.COM – Rapat Koordinasi Penyelarasan Perencanaan Pembangunan Desa berlangsung di Aula Kompleks SKPD Sidrap, Selasa (14/7/2020).

Bupati Sidrap, H Dollah Mando, membuka langsung rapat Koordinasi Penyelarasan Perencanaan Pembangunan Desa ini.

Kegiatan ini diharapkan bisa melahirkan Arah Kebijakan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Sidrap.

Hadir dalam acara ini, Inspektorat Kabupaten Rohady Ramadhan, Kepala DPMDPPA, H Abbas Aras, Kepala Bapelitbangda, A Muh Arsjad, para camat, kepala desa dan pendamping desa.

Kepala DPMDPPA, Abbas Aras dalam laporannya menyampaikan, bahwa sebenarnya tujuan kegiatan untuk meningkatkan kapasitas pemerintah desa.

Begitupula untuk pihak BPD, tim penyusun RPJMDesa dan pendamping profesional desa agar lebih proaktif dan termotivasi dalam hal kapasitas perencanaan.

“Peningkatan kapasitas dalam melakukan perencanaan dan penganggaran desa yang selaras dengan arah kebijakan perencanaan kabupaten,” ujar Abbas.

Sementara itu, Bupati Sidrap dalam sambutannya, berharap rapat koordinasi dapat mendukung upaya mensinergikan rencana pembangunan di desa dengan pemerintah daerah. Agar Sidrap bisa lebih berkembang lagi kedepannya.

“Pembangunan yang dimaksud bukan hanya pembangunan yang sifatnya secara fisik,” ujarnya

Tetapi melainkan semua hal terkait penyelenggaraan pemerintah desa, pembinaan, pemberdayaan dan pembangunan, jelasnya.

Dollah selanjutnya mengungkap berbagai pembangunan dan inovasi di desa. Seperti pembinaan pekarangan rumah di Desa Bina Baru.

Pengadaan sarana olahraga di Desa Polewali, pasar desa di Desa Kalosi, serta pengolahan data di Desa Kalosi Alau, pembinaan PKK, Bumdes, penerangan jalan, serta wisata di tiap desa.

“Kenapa Saya sebut ini, agar desa lainnya bisa termotivasi untuk memajukan desanya masing-masing,” sambung Dollah.

Dalam kesempatan itu, Dollah tidak lupa berpesan kepada para kepala desa untuk selalu mensosialisasikan dan memperhatikan protokol kesehatan dalam bekerja.

Rapat koordinasi tersebut dijadwalkan berlangsung dua hari. Hari pertama, Selasa (14/7/2020) diikuti para camat, kepala desa, serta kabid dan kasi DPMDPPA.

Sementara hari kedua, Rabu (15/7/2020) diikuti para tenaga pendamping dprofesional desa, sekretaris desa dan jajaran Bidang Bina Pemerintahan Desa DPMDPPA Sidrap.

Adapun selaku narasumber yakni Kepala Bappelitbangda Sidrap, Inspektur Kabupaten Sidrap, Kadis PMDPPA, Kabid Bina Pemerintahan Desa dan koordinator Pendamping Profesional Sidrap. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here