Berkebun di Halaman Rumah yang Sempit, Ini Tipsnya!

Berkebun di Halaman Rumah yang Sempit, Ini Tipsnya!

3. Mempersiapkan wadah

Hal terpenting yang harus dilakukan berikutnya adalah menyiapkan wadah tanam. Wadah ini bisa berupa ember bekas atau jenis perkakas rumah yang tak lagi dipakai. Bahkan bisa juga tempat cat bekas.

Baca Juga: 4 Tips Kecantikan ala SehatQ.com

Alangkah baiknya, bila kita menggunakan pot yang memiliki ukuran kecil ini agar lahan yang nantinya kita buat bisa menampung banyak jenis tumbuhan.

4. Memakai tata cara vetikultur

Metode berikutnya yang dapat kita lakukan bila hendak berkebun di halaman rumah yang kecil ialah dengan memakai tata cara vetikultur.

Cara vetikultur ini ialah suatu tata cara berkebun yang menggunakan bidang vertikal, semacam dingding, pagar, jendela serta lain sebagainya.

Bila kalian mengunakan tata cara vetikultur, maka kalian dapat mengkreasikan bermacam model, mulai dari model tempel, tegak, digantung sampai model rak.

Sebagian tipe tumbuhan yang dapat ditanam memakai tata cara vetikultur, ialah tumbuhan kangkung, tomat, sawi, seledri, pakcoi, serta sebagian tipe tumbuhan yang lain.

5. Memakai cara hidroponik

Tidak hanya memakai tata cara vetikultur, kalian pula dapat berkebun memakai tata cara hidroponik. Di mana, tata cara hidropnik ini ialah suatu tata cara bercocok tanam yang tidak memakai tanah. Cara bercocok tanam seperti ini menggunakan air.

Baca Juga: Tempat Makan di Makassar yang Unik

6. Memakai tata cara tambulampot

Langkah berikutnya, kita bisa memakai tata cara tambulampot. Cara berkebun ini ialah singkatan dari tumbuhan buah di dalam pot. Cocok dengan namanya, tata cara bercocok tanam ini lebih dikhususkan buat tumbuhan buah.

Menggunakan cara ini kita hanya butuh pot berkaki, kayu, tanah liat ataupun polybag, setelah itu tanah, kompos serta sekam.

7. Memakai cara aeroponik

Terakhir terdapat tata cara aeroponik. Bercocok tanam dengan cara ini ialah bercocok tanam yang awalnya berasal dari kata“ aero” yang berarti hawa serta“ ponus” yang berarti energi.

Apabila didefinisikan, aeroponik ialah tata cara bercocok tanam yang memakai udara sebagai media tanam. Kelebihan dari tata cara aeroponik ini merupakan mutu, aroma, dan cita rasa tumbuhan jadi lebih baik serta lebih fresh.

Nah, itulah cara bercocok tanam di rumah yang sempit. Tergantung dari pilihan masing-masing kiranya metode mana yang bisa kita terapkan dan sesuai dengan kondisi di rumah kita. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.