Beranda Berita Bencana Alam di Gowa Terima Santunan Rp15 Juta Per Jiwa

Bencana Alam di Gowa Terima Santunan Rp15 Juta Per Jiwa

29
0
Ahli Waris Bencana Alam di Gowa
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Sebanyak 37 ahli waris korban bencana alam tahun lalu tepatnya 22 Januari 2019 lalu, di Kabupaten Gowa, kembali terima santunan.

Nilai santunan tersebut sebesar Rp15 juta per jiwa dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia.

“Bantuannya telah cair. Dikirim langsung rekening bank para ahli waris pada pukul 13.30 Wita dari Kemensos RI sebanyak Rp 15 juta per jiwa,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, H. Syamsuddin Bidol, Kamis (18/6/2020).

Keseluruhan korban ini, merupakan korban bencana alam tahun 2019 lalu untuk 37 orang di Kabupaten Gowa.

BACA JUGA :   Kumpulan Berita Sidrap: Positif Bertambah 9 Orang Hingga Gratiskan Rapid Test

Ke-37 ahli waris ini adalah tambahan dari 27 ahli waris sebelumnya yang sudah mendapatkan bantuan tahun lalu. Totalnya 64 orang.

Keterlambatan penyaluran bantuan lantaran adanya dokumen kependudukan yang hilang saat bencana alam. Masih ada korban bencana alam yang meninggal belum temukan.

Olehnya itu, Pemkab Gowa harus menyiapkan dulu data-data korban bencana alam tersebut. Berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Sebanyak 27 ahli waris mendapatkan santunan dan sudah dibayar per 25 Januari 2019. Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Gowa.

Didampingi Wakil Bupati Gowa dan Direktorat PSKBA (Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam) Kemensos di di Baruga Karaeng Galesong, di Kantor Bupati Gowa.

BACA JUGA :   Mispala Cosmosentris IAIN Parepare Cerita Kondisi Masamba

Pencairan dana korban bencana alam sudah bisa diambil di rekening bank masing-masing yang berhak terima santunan. Tidak bisa diwakili.

Untuk mengambilnya syarat yang harus disiapkan yakni buku tabungan dan foto copynya. Setelah itu dilaporkan ke Dinas Sosial Kabupaten Gowa.

Caranya, semua camat diminta supaya menghubungi sang ahli waris. Lalu dimimta menfoto copy buku tabungan mereka lalu diberikan ke Dinsos Gowa.

Pasca diprint out lalu menyampaikan lagi ke Dinas Sosial. Ini sebagai bahan laporan ke pusat bahwa ini sudah disalurkan.

Kadis Sosial Kabupaten Gowa berharap dana santunan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh waris.

BACA JUGA :   BAIN HAM RI Dukung Ranperda Wajib Masker

Semoga bencana alam yang terjadi pada 2019 lalu tidak terulang lagi di Kabupaten Gowa. (rls)

Tinggalkan Komentar