Bawaslu Gowa Gelar Sosialisasi Antisipasi Sengketa Pemilihan
Bawaslu Gowa Gelar Sosialisasi Antisipasi Sengketa Pemilihan

Bawaslu Gowa Sosialisasi Antisipasi Sengketa Pemilihan

Diposting pada

CAFEBERITA.COM – Bawaslu Gowa Sosialisasi Antisipasi Sengketa Pemilihan, Jumat (23/07/2020) di hotel Bukit Indah, Malino.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa menggelar sosialisasi tata cara penyelesaian sengketa pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Sosialisasi dihadiri langsung oleh Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kordiv. Hukum Penindakan Pelanggaran (HPP) dan staf HPP se-Kabupaten Gowa.

Ketua Bawaslu Kabupaten Gowa, Samsuar Saleh dalam sambutannya menyampaikan, tujuan sosialisasi dilakukan untuk menghadapi tahapan pencalonan di Kabupaten Gowa.

Utamanya, bagaimana cara dalam penyelesaian apabila dikemudian hari ada sengketa. Utamanya pada Pilkada Bupati Gowa 2020 ini.

Sosialisasi tata cara penyelesaian sengketa ini kami lakukan sebagai bentuk persiapan apabila terjadi sengketa pada pemilihan bupati di Kabupaten Gowa, ungkapnya pada Jumat (23/07/2020) di hotel Bukit Indah, Malino.

BACA JUGA :   Appi-ARB Calon Wali Kota Makassar Terbaik dan Ideal

Pimpinan Bawaslu Sulsel, Kordiv. penyelesaian sengketa, Asradi menyampaikan, bahwa dibutuhkan mental yang kuat untuk menyelesaikan sebuah sengketa yang terjadi dalam Pilkada.

Sebab, ada begitu banyak kepentingan. Olehnya itu butuh mental yang betul-betul tak mudah goyah. Ini demi kemaslahatan semua warga. Khususnya Gowa.

Dalam penyelesaian sengketa Pemilu di butuhkan mental yang kuat bagi pengawas Pemilu, sehingga pengawas Pemilu harus betul-betul dibekali dengan ilmu tata cara penyelesaian sengketa.

Asradi menambahkan, bahwa sengketa dalam pemilu bisa terjadi salah satunya karena salah satu pasangan calon merasa dirugikan oleh calon yang lain.

BACA JUGA :   Bawaslu Sulsel Apresiasi PPKD Bawaslu Gowa

Sengketa Pemilu biasanya terjadi karna salah satu pasangan calon (Paslon) merasa dirugikan, dan disinilah peran pengawas Pemilu.

Olehnya itu harus mampu menyelesaikan sengketa seadil-adilnya. Demi kebaikan bersama.

Dan Bawaslu hadir untuk memberikan solusi dan meredam sengketa ini. Jangan sampai ada kandidat yang merasa dirugikan.

Hadir dalam sosialisasi, Juanto Komisioner Bawaslu Gowa, Kordiv. Pengawasan dan Hubal, Yusnaeni Kordiv Penindakan Pelanggaran, Suharli Kordiv SDM dan Organisasi beserta Korsek Bawaslu Kabupaten Gowa.

Selain itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa menerima kunjungan Bawaslu Kabupaten Takalar dalam rangka Rakor Konsolidasi Data Pemilih di Daerah perbatasan di Sekretarian Bawaslu Gowa pada Kamis (23/07/2020)

BACA JUGA :   Keluarga SYL Pasang Badan untuk Danny-Fatma?

Rakor ini membahas Daftar Pemilih untuk menghindari persoalan administrasi kependudukan yang ada diperbatasan jelang Pilkada 2020.

Ketua Bawaslu Kabupaten Takalar Ibrahim Salim dalam Rakor Daring bersama Pengawas Kecamatan (Panwascam) menyampaikan harapannya di Pilkada 2020.

Harapan kita pada Pilkada 2020 Tidak tercederai dengan persoalan administrasi kependudukan sehingga terjadi mobilisasi massa pada saat pencoblosan 9 Desember 2020, harapnya.