Beranda Politik Bawaslu Gowa Awasi Coklit, Kawal Suara Rakyat

Bawaslu Gowa Awasi Coklit, Kawal Suara Rakyat

0
Bawaslu Gowa Awasi Coklit
Bawaslu Gowa Awasi Coklit

Bawaslu Gowa Awasi Coklit, Kawal Suara Rakyat. Diharapkan, tak terjadi kecurangan pada Pemilu 2020 ini.

Pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa melakukan monitoring ke Kantor Sekretariat Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tombolopao, Tinggimoncong dan Parigi pada, Selasa, (21/07/2020).

Monitoring dilakukan dalam rangka penguatan Panitia Pengawasan Kelurahan dan Desa (PPKD) dalam melakukan pengawasan Pengcocokan dan penelitian (Coklit).

Komisioner Bawaslu Kabupaten Gowa, Kordiv. Pengawasan dan Hubla, Juanto, berpesan kepada PPKD untuk menjalin koordinasi dengan baik kepada PPS dan PPDP dalam melakukan pengawasan Coklit untuk mengawal data pemilih, memastikan hak konstitusi warga secara akurat.

BACA JUGA :   Appi-ARB Calon Wali Kota Makassar Terbaik dan Ideal

Menurutnya, PPKD harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan PPS dan PPDP. Ini sehingga bisa terjalin koordinasi dan kerjasama.

Hal ini diharapkan, semua demi data pemilih dan hak konstitusi warga yang akurat bisa dirampungkan. Dan menyukseskan Pemilu mendatang.

Komisioner Kordiv Hukum, Humas dan Datin, Saparuddin, membahas lebih teknis hukum yang mengatur pengawasan Coklit.

“Perbawaslu 9 Tahun 2019 Pasal 5,” ujarnya.

Dalam Perbawaslu ini jelas diatur bahwa pengawas kecamatan (Panwascam) dan Petugas Pengawas Kelurahan dan Desa (PPKD). Olehnya itu mesti betul- betul mengawasi jalannya ini Coklit.

BACA JUGA :   Erwin Aksa : Relawan Appi-Rahman Jangan Terpengaruh Kampanye Negatif

Dalam kunjungan ini turut hadir Drs. Saiful Jihad, MA.g. Pimpinan Provinsi Sulsel dan Ketua Bawaslu Gowa.

Sebelumnya, Pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan mengunjungi Sekretariat Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa pada Selasa (21/07/2020).

Kunjungan dilakukan untuk memberikan apresiasi kepada Panitia Pengawas Kelurahan dan Desa (PPKD) yang mengalami kecelakaan saat melakukan pengawasan Pencocokan dan penelitian (coklit) pada Pemilihan Kepala Dearah (Pilkada) 2020.

Komisioner Bawaslu Provinsi Sulsel, Kordiv Humas dan Hubal, Saiful Jihad, memberikan apresiasi kepada PPKD yang sudah bekerja dengan baik melakukan pengawasan Coklit.

BACA JUGA :   PKS dan Golkar Konsolidasi Jaringan Menangkan Irman - Zunnun

Kata Saiful, pihaknya Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan maupun Bawaslu RI tentunya sangat mengapresiasi kerja PPKD dalam melakukan pengawasan coklit.

Sebab ada berbagai rintangannya yang harus dihadapi. Tantangan Bawaslu Gowa Awasi Coklit, butuh kerja ekstra.

Misalnya, seperti jangan sampai terjatuh dari jembatan darurat. Kondisinya rapuh dengan jembatan yang licin.

Olehnya itu, kata Saiful Jihad, perlu mengingatkan kepada semua PPKD agar tetap memperhatikan keselamatan dalam melakukan pengawasan coklit ini. Sebab, nyawa kadang menjadi taruhannya.

Tinggalkan Komentar