Bappeda Dekati Unismuh Enrekang
Bappeda Dekati Unismuh Enrekang

Bappeda Dekati Unismuh Enrekang! Mau Bikin Apa?

Diposting pada

CAFEBERITA.COM – Bappeda Dekati Unismuh Enrekang. Tujuannya ingin menjalin kerjasama. Utamnya dalam rangka pengembangan dunia ilmu pendidikan dan ITE.

Sejauh ini Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Litbang sudah membahasnya langsung di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Enrekang.

Kepala Bappeda Litbang Enrekang, DR. Ir. Chaedar Bulu mengatakan, pihaknya saat ini membuat kerjasama dengan Unismuh Enrekang dalam hal penelitian.

“Berpedoman pada Permendagri, tentang tugas pokok dan fungsi terkait Litbang. Ini yang mau dikerjasamakan,” bebernya, saat berkunjung di Kampus Andalan warga Enrekang ini, Senin (6/7/2020).

Menurut DR. Ir. Chaedar Bulu, bila kerjasama ini berlanjut maka ini sangat menarik karena Unismuh ini adalah lembaga pendidikan. Olehnya itu sangatlah tepat bila bersama-sama melakukan penelitian dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.

“Terkait dengan itu, tentunya Bappeda litbang sesuai dengan tupoksi yang kami emban, makanya kita audiensi dengan universitas,” bebernya.

Katanya lagi, kalau sukses Bappeda Dekati Unismuh Enrekang ini maka kerjasama akan dilanjutkan ke tingkat propinsi bahkan hingga pusat. Meski begitu, Unismuh Enrekang tetap menjadi yang pertama.

BACA JUGA :   Wabup Pinrang Serahkan Sertifikat Tanah Untuk Warga

Sekadar diketahui, pertemuan ini untuk menindak lanjuti rencana MOU antara Bappeda Litbang dan Unismuh Enrekang dan pertemuan kali ini dilakukan untuk merumuskan substansinya.

“Kami mau rencana perjanjian kerjasama dalam bidang penelitian bagi dosen maupun mahasiswa,” tambahnya.

Tujuan utamanya, katanya lagi, dalam rangka pengembangan dunia ilmu pendidikan dan ITE.

Jadi kedepannya pembahasan bukan hanya terfokus pada kerja sama, tetapi juga pengembangan potensi yang ada di Kabupaten Enrekang.

Lebih jauh, DR. Ir. Chaedar Bulu mengakui, potensi Enrekang yang ada saat ini bisa menjadi sangat luar biasa jika dikembangkan dan tentunya akan berdampak pada tingkat kesejahteraan masyarakatnya Enrekang sendiri.

BACA JUGA :   Pemilihan Duta Anak Kota Parepare Berlangsung Ketat

“Asalkan ada sinergi antara Pemerintah daerah dengan lembaga terkait,” ujarnya.

Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Enrekang, Drs. Yunus. Busa M.Si, mengatakan sangat mengapresiasi kunjung dan jalinan kerjasama ini kedepanya.

Dia bilang keinginan pemerintah daerah melalui Bappeda Litbang untuk membangun kemitraan terkait penelitian dan pengembangan itu sangat luar biasa. Harus disambut baik.

Hal ini dikarenakan ada harapan yang sangat menguntungkan kedua belah pihak. Baik itu dosen dan mahasiswa maupun pihak pemerintah daerah.

“Ini bisa menggali potensi dan sumber daya yang dimiliki,” pujinya.

BACA JUGA :   Warga Enrekang Tanam Pohon Pisang di Jalan Ini

Pertemuan kedua tokoh inspiratif ini berlangsung serius namun tetap santai. Ada banyak poin penting yang perlu digaris bawahi.

Salah satunya sinergi antara Pemerintah kabupaten Enrekang dengan Lembaga-lembaga terkait harus dan sangatlah diperlukan, khususnya pada bidang Akedemisi.

Hal ini dikarenakan dalam bidang Akademisi terdapat tenaga profesional, sarana-prasarana, serta lulusan yang mumpuni. Kalau ini diberdayakan maka akan menghasilkan dampak pada tingkat kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, harus didukung oleh seluruh elemen juga masyarakat luas. Tak boleh tidak Bappeda Dekati Unismuh Enrekang! (rls)