Beranda Berita BAIN HAM RI PSC 119 Trauma Healing di Masamba

BAIN HAM RI PSC 119 Trauma Healing di Masamba

0
BAIN HAM RI - PSC 119 Palopo Gelar Trauma Healing Korban Masamba
BAIN HAM RI

BAIN HAM RI dan PSC 119 Palopo Gelar Trauma Healing Bagi Korban Bencana Masamba

Banjir bandang yang melanda Kecamatan Masamba, kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan pada Senin (13/7/2020) masih menyisakan luka mendalam.

Ada begitu banyak korban meninggal dunia dan tak sedikit diantaranya kehilangan tempat tinggal.

Sejauh ini curah hujan yang tinggi masih sesekali terjadi di Masamba. Masih menyisahkan duka dan trauma bagi korban bencana.

Tim Sar dan Penanggulangan Bencana Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Badan Advokasi Investigasi Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (BAIN HAM RI) kini terus bergerak memberikan bantuan.

DPP BAIN HAM RI bersama-sama dengan Public Safeti Center (PSC) 119 Kota Palopo, Sulawesi Selatan yang dipimpin langsung oleh dr. Andi Fadly.

BACA JUGA :   Karang Taruna - Pemkab Sidrap Distribusikan Bantuan ke Masamba

Pertolongan yang diberikan BAIN HAM RI dan PSC 119 Palopo sejauh ini, diantaranya memberikan pertolongan medis.

Selain itu, juga membantu mendistribusi bantuan kebutuhan pokok sehari-hari kepada korban bencana.

Kegiatan lainnya, berupaya melakukan aksi memulihkan trauma warga. Salah satu caranya dengan menggelar trauma healing bagi korban.

Sasarannya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Seperti melakukan berbagai game.

Dan sejauh ini disambut dengan semangat bagi korban bencana dengan teriakan Masamba Hebat dan Masamba keren pada aksi trauma Healing ini.

Turunkan 3 Tim

Tim di lokasi dibagi dalam 3 tim kecil yang terdiri dari tim evakuasi, tim logistik dan tim mobile klinik.

BACA JUGA :   Gratis, Wisma Isolasi Mandiri Appi-Rahman Bukti Nyata Keseriusan Basmi Covid-19

Tim evakuasi melakukan evakuasi kepala korban selamat dan korban meninggal dunia,Tim logistik menyiapkan dapur umum dan posko logistik serta tenda pengungsian.

Tim mobile klinik melakukan pertolongan kegawatdaruratan.

Posko yang terletak di desa radda mencakup 6 dusun yaitu dusun radda, dusun lewadi, dusun roa, dusun petambua, dusun bone, dusun meli.

Jumlah KK yang terdampak 1876 KK dan 5.234 nyawa. Sampai saat ini korban meninggal dunia 43 orang dan korban hilang 427 orang.

Kordinator tim, dr.Andi Fadly, mengatakan kebutuhan masyarakat saat yang sangat mendesak adalah perlengkapan bayi dan anak, sembako, perlengkapan dapur, perlengkapan kamp pengungsi danobat obatan serta air bersih.

BACA JUGA :   Kapolda Sulsel Lepas 30 Ton Beras Kapolri Ke Masamba

Selain mengelar Trauma Healing tim juga saat ini bersama sama membuat WC umum, sanitasi air bersih, mushollah serta hunian sementara, ” kata dr.Andi Fadly.

Bagi masyarakat atau dermawan yang peduli kemanusian di Masamba Kabupaten Luwu Utara yang ingin berdonasi untuk memberikan bantuan bisa melalui kami atau lewat Bank mandiri cab. Palopo dengan Nomor rekening 1700003467499 Atas nama dr. Andi Fadly.

“Semoga bantuan yang di berikan dapatmengurangi beban korban,” harapnya. (mis)

Tinggalkan Komentar